Isi Artikel Utama

Abstrak

Background: Penggunaan media pemasaran online menjadi keharusan bagi pelaku usaha di era 5.0. Sayangnya, kemampuan membuat pemasaran online tidak dimiliki oleh semua orang, termasuk pemilik UMKM di Dusun Kampungbaru Kabupaten Malang. Tujuan kegiatan untuk memberikan edukasi, pelatihan dan pendampingan pembuatan tiktok shop sebagai sarana pemasaran produk untuk menaikkan penjualan pada UMKM Dusun Kampungbaru. Metode: Pendampingan dilaksanakan pada bulan Juli-Agustus 2024, subjek dampingannya adalah pemilik UMKM Kripik dan Batik di Dusun Wonosari. Metode pendampingan menggunakan tiga tahapan yaitu analisis kebutuhan, pendampingan pembuatan dan evaluasi kegiatan. Hasil: Hasilnya UMKM Kripik Kabul memiliki media pemasaran baru melalui tiktok shop, pengetahuan dan ketrampilan menggukanan media sosial meningkat, pemilik UMKM mampu mengisi katalog produk. Kesimpulan: Saran bagi pengabdian selanjudnya penggunaan tiktok shop dikembangkan dengan memanfaatkan menu dalam aplikasi tiktok. Selain itu, hendaknya proses pendampingan dilakukan dengan durasi yang lebih lama dan perlu dilakukan evaluasi berkelanjutan setelah kegiatan pendampingan selesai.

Kata Kunci

Mentoring Digital Marketing TikTok Shop and Product Sales Pendampingan Pemasaran Digital Tiktok Shop dan Penjualan Produk

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Pusposari, L. F., Firmantika, L., Hidayat, I. W., & Saputri, A. B. (2024). Pendampingan Penguatan Pemasaran melalui Tiktok Shop sebagai Upaya Meningkatkan Penjualan Produk UMKM. Jurnal SOLMA, 13(3), 2442–2451. https://doi.org/10.22236/solma.v13i3.16668

Referensi

  1. Abubakar, H., Palisuri, P., Hernita, Syarifuddin, Syamsuddin, I., & Herman, R. (2021). Keberlanjutan Usaha Mikro Dan Kecil Pedesaan Melalui Pemberdayaan Sumberdaya Lokal. Prosiding 5th Seminar Nasional Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat 2021, 480–485.
  2. Adila, W., & Subari. (2015). Peranan Strategi Promosi Pemasaran Terhadap Peningkatan Volume Penjualan. Jurnal Lentera: Kajian Keagamaan, Keilmuan Dan Teknologi, 13(1), 47-55.
  3. Amelia, S. S., & Iswadi. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Sebagai Media Promosi Dalam Meningkatkan Penjualan Pada PT Tunas Jaya. Technomedia Journal, 8(3), 1–13. https://doi.org/10.33050/tmj.v8i3.2087
  4. Arifin, I., & Nurjayanti, N. (2024). Rekonstruksi Poster Sebagai Media Aspirasi Dan Propaganda Mahasiswa. MITZAL (Demokrasi, Komunikasi Dan Budaya). Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Ilmu Komunikasi, 9(1), 1. https://doi.org/10.35329/mitzal.v9i1.4951
  5. Arum, M. P., & Hidayat, C. M. (2023). Pelatihan Dan Sosialisasi Tiktok Shop Sebagai Strategi Digital Marketing Untuk Optimalisasi UMKM Menuju Digitalisasi. IJCOSIN: Indonesian Journal of Community Service and Innovation, 3(2), 33–41. https://doi.org/10.20895/ijcosin.v3i2.1099
  6. Ermaya, B. S. (2015). Kawasan Pedesaan. 16(2), 2835–2874.
  7. Fajri, F. N., & Zhafira, N. (2024). Pelatihan Pembuatan Media Promosi (TikTok Shop) Guna Memajukan Pendapatan UMKM dan Pengetahuan Tentang Promosi Digital. Dinamika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 5–9. https://doi.org/10.56457/dinamika.v2i1.553
  8. Hermawan, Y., & Muryati. (2022). Analisis Kebutuhan Pendampingan Belajar Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid 19 di Dusun Bandingan Gombong. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM), 9(1), 27–36.
  9. Kesuma, A., Amalia, S., & Lestari, D. (2024). Workshop Penggunaan TikTok Shop untuk Meningkatkan Pendapatan Usaha pada Anggota Desa PRIMA Kelurahan Wedomartani. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 4(2), 36–43. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v4i2.695
  10. Oktaviani, L., Anwar, Z., & Sholiha, I. (2023). Strategi Penjualan di Aplikasi Tik Tok Dalam Perspektif Pemasaran Konvensional dan Pemasaran Syariah. At-Tasharruf: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis Syariah, 5(2), 71–81. https://doi.org/10.32528/at.v5i2.1022
  11. Priyanto, R., Martina, S., Hamzah, F., Riva, P., & Syarifuddin, D. (2018). Peranan Promosi Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Produk Rajutan di CV Konta Djaya Binong Jati. Jurnal Abdimas BSI, 1(2), 296–304.
  12. Purwandani, I., Sismadi, Rosmita, Sofyanty, D., Raynor, A. F., & Aliffiana, S. (2024). Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Shop Sebagai Media Pemasaran Pada Rumah Pangan Lokal Indonesia. Αγαη, 15(1), 37–48.
  13. Rizqiani, N., Sadali, A., & Abadi, M. (2024). Strategi Pemasaran UMKM di Era Digital: Studi Kasus Penggunaan TikTok Shop oleh Sylviea Collection. Sahmiyya: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 3(1), 23–30.
  14. Sa’adah, A. N., Rosma, A., & Aulia, D. (2022). Persepsi Generasi Z Terhadap Fitur Tiktok Shop pada Aplikasi Tiktok. Transekonomika: Akuntansi, Bisnis dan Keuangan, 2(5), 131–140. https://doi.org/10.55047/transekonomika.v2i5.176
  15. Supriyanto, A., Chikmah, I. F., Salma, K., & Tamara, A. W. (2023). Penjualan Melalui Tiktok Shop dan Shopee: Menguntungkan yang Mana.? BUSINESS: Scientific Journal of Business and Entrepreneurship, 1, 1–16. https://journal.csspublishing/index.php/business
  16. Syahfitri, W., Afrilia, D., Ilmi, N., Sipahutar, R. A. S., & Sidauruk, T. (2024). Pengaruh Munculnya Toko Online Terhadap Penurunan Pendapatan Toko Offline di Pasar Raya MMTC. MANTAP: Journal of Management Accounting, Tax and Production, 2(2), 427–431. https://doi.org/10.57235/mantap.v2i2.2884
  17. Wahidmurni, Nur, M. A., & Pusposari, L. F. (2020). To Be Entrepreneur: Sebuah Peta Jalan Menjadi Pengusaha Milenial (M. Karim (ed.)). CV. Dian’s Print.
  18. Wijoyo, S. G. (2023). Fenomena Aplikasi TikTok Shop Sebagai Alternatif Belanja Hemat. DARUNA: Journal of Communication, 3(1), 109–114.
  19. Wiranti, N. E., Magriasti, L., & Frinaldi, A. (2024). Peranan Perangkat Desa Dalam Membantu Pelaku UMKM Mengembangkan Usahanya. Journal Pendidikan Ilmu, (16), 1–7. https://e-journal.upr.ac.id/index.php/JP-IPS/article/view/14139