Main Article Content

Abstract

Background: Sebagian besar siswa madrasah tsanawiyah di kabupaten kudus memiliki paradigma bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang abstrak sehingga sulit dipahami. Menangani kasus ini, peneliti memberikan solusi pelatihan model realistic mathematics education berbasis etnomatematika budaya islam lokal kudus. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru matematika dalam menerapkan model realistic mathematics education berbasis etnomatematika budaya islam lokal kudus. Metode: Kegiatan pelatiahan dilakukan melalui tiga siklus yakni, 1) siklus pelatihan, 2) siklus pembimbingan serta 3) siklus penerapan. Pelaksanaan siklus pelatihan dihadiri oleh 50 guru matematika dan 5 guru matematika menjadi sampel untuk siklus penerapan. Hasil: Berdasarkan hasil observasi dan analisis data yang dilakukan oleh peneliti, ditemukan bahwa ketercapaian tujuan pelatihan ini mencapai 3,625 dari 4 nilai total keseluruhan. Berdasarkan nilai yang didapatkan dari hasil observasi maka ketercapaian tujuan pelatihan ini berada dalam kategori sangat baik. Kesimpulan: Dengan demikian maka dari pelatihan disimpulkan guru dapat mendesain dan menerapkan model realistic mathematics education berbasis etnomatematika budaya islam lokal kudus di dalam pembelajaran matematika.

Keywords

Ethnomathematics Teacher Competence Mathematics Learning Realistic Mathematics Education Etnomatematika Kompetensi Guru Pembelajaran Matematika Realistic Mathematics Education

Article Details

How to Cite
Khofya Haqiqi, A., Nur Malasari, P., Putra, G. T., Wulandari, M. P., El Hikam, N. I., & Taskiyah, A. N. (2024). Pelatihan Model Realistic Mathematics Education Berbasis Etnomatematika Budaya Islam Lokal Kudus Bagi Guru Matematika. Jurnal SOLMA, 13(3). https://doi.org/10.22236/solma.v13i3.16657

References

Read More