Main Article Content

Abstract

Background: Sebagai media baru, podcast telah menghadirkan metode kreatif untuk berkomunikasi dengan pendengar dan berbagi konten.  Podcast adalah jenis komunikasi berbasis audio yang telah terbukti berhasil dalam menginformasikan dan mencerahkan pendengar. Pengabdian ini bertujuan untuk pendampingan podcast Karang Taruna Jaghongan dalam Praktik Public Speaking dan sebagai sumber daya instruksional dan pelatihan bagi orang-orang yang ingin menjadi lebih baik dalam berbicara di depan umum, dan menjadi sumber hiburan. Metode: Dengan memanfaatkan media digital sebagai pengetahuan dan keterampilan praktis kepada 12 karang taruna RT 40 dan 36 Kepala Keluarga RT 40. Melalui Podcast Kartar Jaghongan untuk praktik public speaking, tahapan pembuatan podcast, meliputi tahap observasi, tahap tindak lanjut, dan pelaksanaan. Hasil: Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa bekerja dalam tiga tahap: perencanaan dan penjadwalan, serta persiapan dan desain proyek. mahasiswa menyiapkan pencahayaan, mikrofon, dan kamera serta aksesori lainnya untuk podcast. Selain itu, mahasiswa memanfaatkan ruang kosong di depan base camp mahasiswa Karang Taruna untuk membangun studio podcast bergaya outdoor. Setelah mendapat penjelasan rinci tentang strategi, mahasiswa mulai bekerja membuat rencana proyek. Karang Taruna diberi proyek oleh mahasiswanya untuk membuat video yang menggunakan podcast sebagai media berbaginya. Kesimpulan: Dapat dikatakan bahwa, berbeda dengan metode tradisional, program kerja podcast ini dapat menjadi wadah berbicara di depan umum yang kekinian, sehingga memperluas jangkauan audiens.

Keywords

Inovasi Podcast Public Speaking Inovasi Podcast Public Speaking

Article Details

How to Cite
Zaki, A., Agustin, Z. N., Sholikhah, K. I. M., Mutoharoh, H. I., & Firmansah, A. D. (2025). Inovasi Podcast Karang Taruna Jaghongan untuk Praktik Public Speaking. Jurnal SOLMA, 14(2). https://doi.org/10.22236/solma.v14i2.16626

References

  1. Agustina, L., & Setiawan, R. (2020). Fostering a Natural Atmosphere; Improving Students’ Communication Skill in a Business Meeting. Journal of Languages and Language Teaching, 8(3), 307. https://doi.org/10.33394/jollt.v8i3.2746
  2. Barlow, M., Watson, B., Jones, E., Morse, K. J., Maccallum, F., & Rudolph, J. (2023). Building a Workplace-Based Learning Culture: The “Receiver’s” Perspective on Speaking Up. Journal of Applied Behavioral Science, August. https://doi.org/10.1177/00218863231190951
  3. Besser, E. D., Blackwell, L. E., & Saenz, M. (2022). Engaging Students Through Educational Podcasting: Three Stories of Implementation. Technology, Knowledge and Learning, 27(3), 749–764. https://doi.org/10.1007/s10758-021-09503-8
  4. Ihsan, M. D. (2020). The Application of Presentation Practice Production Method for Teaching Speaking Skill: The Perception of Teachers and Students. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 10(1), 30–40. https://doi.org/10.21067/jip.v10i1.3854
  5. Nguyen, M. H., Gruber, J., Marler, W., Hunsaker, A., Fuchs, J., & Hargittai, E. (2022). Staying connected while physically apart: Digital communication when face-to-face interactions are limited. New Media and Society, 24(9), 2046–2067. https://doi.org/10.1177/1461444820985442
  6. Paputungan, F. (2023). Implementasi KKN sebagai Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat sesuai dengan Bidang Ilmu. Media Online) Journal of Education and Culture (JEaC), 3(1), 2986–1012.
  7. Rahmayanti, S., Asbari, M., & Fajrin, S. F. (2023). Pentingnya Public Speaking guna Meningkatkan Kompetensi Komunikasi Mahasiswa. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(3 SE-Articles), 11–14. https://jisma.org/index.php/jisma/article/view/981
  8. Rime, J., Pike, C., & Collins, T. (2022). What is a podcast? Considering innovations in podcasting through the six-tensions framework. Convergence, 28(5), 1260–1282. https://doi.org/10.1177/13548565221104444
  9. Robson, M. G. (2023). Sound, Self and Crisis: Mapping the Affective Dimensions of Podcast Media By.
  10. Rojas-Torrijos, J. L., Caro-González, F. J., & González-Alba, J. A. (2020). The emergence of native podcasts in journalism: Editorial strategies and business opportunities in Latin America. Media and Communication, 8(2), 159–170. https://doi.org/10.17645/mac.v8i2.2699
  11. Sierra-Morán, J., Cabeza-García, L., González-Álvarez, N., & Botella, J. (2024). The board of directors and firm innovation: A meta-analytical review. BRQ Business Research Quarterly, 27(2), 182–207. https://doi.org/10.1177/23409444211039856
  12. Whipple, K., Ashe, I., & Cueva Chacón, L. M. (2023). Examining Podcast Listeners’ Perceptions of the Journalistic Functions of Podcasts. Electronic News, 17(1), 40–66. https://doi.org/10.1177/19312431221137650
  13. YuSheng, K., & Ibrahim, M. (2020). Innovation Capabilities, Innovation Types, and Firm Performance: Evidence From the Banking Sector of Ghana. SAGE Open, 10(2). https://doi.org/10.1177/2158244020920892