Main Article Content

Abstract

Background: Kaum perempuan bisa menjadi pemberdaya dan contoh masyarakat dalam menanggulangi kemiskinan ekstrim. Namun ketakutan akan rugi yang lebih besar dari produk yang tidak terjual serta pemahaman ibu rumah tangga terkait dengan poin-poin krusial dalam berbisnis seperti perencanaan dalam memulai bisnis, pemilihan produk, strategi marketing, hingga pembukuan dan manajemen keuangan yang baik untuk keberlanjutan usaha masih minim. Tujuan pengabdian masyarakat ini untuk memberikan pendampingan pemberdayaan perempuan pelaku usaha industri rumahan dalam upaya keberlanjutan ekonomi rumah tangga. Metode: Metode yang digunakan adalah metode Participatory Action Research (PAR) di Desa Sengkaling, Kelurahan Mulyoagung, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang dengan jumlah 25 pelaku usaha industri rumah tangga. Data diambil dengan observasi, wawancara, pelatihan dan pendampingan. Hasil: Pemahaman yang lebih baik oleh perempuan pelaku usaha tentang perencanaan bisnis, produk, pemasaran, dan pembuatan laporan keuangan dasar. Dengan pemahaman pelaku usaha industri rumah tangga yang lebih baik, maka kaum perempuan juga bisa menjadi pioneer untuk menanggulangi kemiskinan ekstrim dalam sektor rumah tangga. Kesimpulan: Melalui pelatihan dan pendampingan perencanaan bisnis untuk usaha mikro terlihat adanya peningkatan pengetahun perempuan pelaku usaha Industri Rumah Tangga. Sudah tidak ada lagi ketakutan akan rugi yang lebih besar dari produk yang tidak terjual serta pemahaman ibu rumah tangga terkait dengan poin-poin krusial dalam berbisnis seperti perencanaan dalam memulai bisnis, pemilihan produk, strategi marketing, hingga pembukuan dan manajemen keuangan yang baik untuk keberlanjutan usaha sudah mulai meningkat.

Keywords

Industri Rumah Tangga Perencanaan Bisnis Keberlanjutan Ekonomi Industri Rumah Tangga Perencanaan Bisnis Keberlanjutan Ekonomi

Article Details

How to Cite
Meylianingrum, K., El Fahmi, E. F. F., & Jaya, T. J. (2024). Pemberdayaan Perempuan Pelaku Usaha Industri Rumahan Dalam Upaya Keberlanjutan Ekonomi Rumah Tangga. Jurnal SOLMA, 13(3), 2637–2645. https://doi.org/10.22236/solma.v13i3.16536

References

  1. Fauziah, F., Nurfadillah, M., & Karhab, R. S. (2020). Meningkatkan Produktivitas Pelaku UMKM melalui Pelatihan Perencanaan Bisnis. Jurnal Abdimas Mahakam, 4(1), 37–43. https://doi.org/10.24903/jam.v4i1.716
  2. Jamil, M., Mutmainnah, D., & Azizah, M. (2022). Pendampingan Manajemen Usaha Dan Manajemen Keuangan Pada Umkm Bakul Kembang Official Kelurahan Kedurus Kecamatan Karang Pilang Kota Surabaya. SHARE “SHaring - Action - REflection,” 8(2), 196–207. https://doi.org/10.9744/share.8.2.196-207
  3. Masnita, Y., Nurhaida, D., & Pohan, H. T. (2021). Penyusunan Rencana Bisnis Umkm. JUARA: Jurnal Wahana Abdimas Sejahtera, 33–42. https://doi.org/10.25105/juara.v2i1.8535
  4. Noor, R. (2018). Esensi Perencanaan Bisnis yang Memadai Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM ). Jurnal Abdimas BSI, 1(3), 454–464. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas/article/view/4112/2525
  5. Parmono, A., & Zahriyah, A. (2021). Pelaporan Keuangan Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Kabupaten Jember. JIAI (Jurnal Ilmiah Akuntansi Indonesia), 6(2), 209–241. https://doi.org/10.32528/jiai.v6i2.4983
  6. Rahmadi, A. N., Sucahyo, I., Septiandi, V., Supriyanto, S., & Mubarok, H. (2023). Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga dalam Membuka Peluang Usaha Baru Guna Meningkatkan Perekonomian. Jurnal Pengabdian …, 4(3), 2630–2635. Retrieved from http://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/1588%0Ahttps://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/download/1588/1094
  7. Setiawati, E., & Rozinah, S. (2020). Pemberdayaan Ibu-Ibu Rumah Tangga Dalam Upaya Meningkatkan Ekonomi Keluarga Melalui Pengelolaan Usaha Rumahan di Tangerang Selatan. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 231–240. https://doi.org/10.30651/aks.v4i2.2611
  8. Setyaningrum, F. (2019). Strategi Laporan Keuangan Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah. Optima, 2(2), 14. https://doi.org/10.33366/opt.v2i2.1164
  9. Syahdan, S. (2019). Peran Industri Rumah Tangga (Home Industry) pada Usaha Kerupuk Terigu terhadap Pendapatan Keluarga di Kecamatan Sakra Kabupaten Lombok Timur. Manazhim, 1(1), 45–63. https://doi.org/10.36088/manazhim.v1i1.136
  10. Taan, H. (2021). Konsep Dasar Perencanaan Pemasaran Dan Proses Penyusunannya. Jurnal Manajemen, 5(2), 344–356.
  11. Umayyah, U., Idris, I., & Ubaidillah, M. H. (2021). PAR (Participatory Action Research): Pengelolaan Sampah Rumah Tangga di Lingkungan Desa Kunjorowesi. Jurnal Abdidas, 2(2), 383–391. Retrieved from https://abdidas.org/index.php/abdidas/article/view/637
  12. Wulandari, I., & Budiantara, M. (2022). Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) Melalui Online Single Submission. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 386–394. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i2.8205