Main Article Content

Abstract

Background: Kompetensi guru dalam mengintegrasikan kearifan lokal pada materi pembelajaran berbasis PPT penting dilakukan. Kombinasi antara teknologi dan kearifan lokal menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih menarik dan bermakna bagi siswa. Tujuan pelatihan mengembangkan kompetensi guru dalam menyusun materi pembelajaran berbasis PPT bermuatan lokal. Metode: Penelitian ini dengan metode kuantitatif deskriptif. Pelatihan berfokus kepada guru-guru SMA sederajat dengan jumlah 9 orang di Desa Kepala Pulau, Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau. Penetapan sampel dengan pendekatan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner. Teknis analisis data dengan statistik deskriptif. Pelatihan ini dikatakan berhasil jika 75% aktivitas dan tujuan yang diharapkan tercapai. Hasil: Hasil pelatihan ini menunjukkan bahwa kompetensi awal guru sangat beragaram. Pelatihan yang diberikan memberikan dampak positif terhadap kemajuan kompetensi guru dalam menyusun materi berbasis PPT dengan rata-rata 91,67 berkategori tinggi. Kesimpulan: Kompetensi guru dalam menggunakan PPT sangat penting salam konteks menyusun materi berbasis kearifan lokal. Latihan yang intensif membantu guru menguasai teknis penggunaan PPT dan kearifan lokal sebagai bagian dari proses pembelajaran yang kontekstual.

Keywords

competence, teacher, learning materials, PPT, local wisdom competence kompetensi guru materi pembelajaran PPT kearifan lokal

Article Details

Author Biographies

Mangatur Sinaga, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Riau, Jalan Binawidya, Pekanbaru, Indonesia, 28293

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Zulhafizh Zulhafizh, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Riau, Jalan Binawidya, Pekanbaru, Indonesia, 28293

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Oki Rasdana, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Riau, Jalan Binawidya, Pekanbaru, Indonesia, 28293

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

How to Cite
Sinaga, M., Zulhafizh, Z., Rasdana, O., Charlina, C., Fendrik, M., & Septyanti, E. (2024). Pengembangan Kompetensi Guru dalam Menyusun Materi Pembelajaran Berbasis PPT Bermuatan Kearifan Lokal. Jurnal SOLMA, 13(3), 1650–1661. https://doi.org/10.22236/solma.v13i3.16529

References

  1. Amalida, L., & Halimah, L. (2023). Tantangan Pembelajaran Abad-21: Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Power Point untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 4(1), 54–60. https://doi.org/10.29303/pendas.v4i1.2082
  2. Amaly, A. M., Muhammad, G., Erihadiana, M., & Zaqiah, Q. Y. (2021). Kecakapan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengoptimalkan Pembelajaran Berbasis Teknologi. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(1), 88–104. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(1).6712
  3. Aminah, S. (2019). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran menggunakan MS. Power Point bagi Guru SD 01 Kota Pagar Alam. Ngabdimas, 2(1), 9–17. https://doi.org/10.36050/ngabdimas.v2i1.222
  4. Annisya, S., & Baadilla, I. (2022). Analisis Nilai Karakter melalui Media Animasi Fabel dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 7888–7895. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3648
  5. Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar. Posiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595.
  6. Auzar, A., Faizah, H., Sinaga, M., Charlina, C., & Zulhafizh, Z. (2022). Pelatihan Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Surat Dinas Pegawai Tata Usaha SMP/MTs. Sipissanggi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 59–67. https://doi.org/10.35329/sipissangngi.v2i2.2862
  7. Destianingsih, E. D. (2023). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Baca-Tulis Siswa Kelas 3 di SDN Utan Kayu Selatan 05. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(2), 2869–2877. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10061
  8. Fa’idah, M. L., Febriyanti, S. C., Masruroh, N. L., Pradana, A. A., & Hafni, N. D. (2024). Integrasi Nilai Kearifan Lokal dalam Membentuk Karakter Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. TA’DIBAN: Journal of Islamic Education, 4(2), 79–87. https://doi.org/10.61456/tjie.v4i2.168
  9. Heriyanti, F., Anyan, A., Batu, M. S., Derlini, D., Wijaya, H., & Arisman, A. (2023). Pelatihan Penggunaan Microsoft Powerpoint sebagai Media Pembelajaran. Communnity Development Journal, 4(2), 1104–1108.
  10. Ismiyanti, N. (2020). Perancangan Pembelajaran IPA Menggunakan Software Videoscribe. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 1(2), 50–58. https://doi.org/10.35719/vektor.v1i2.11
  11. Juniarta, H. P., Susilo, E., & Primyastanto, M. (2023). Kajian Profil Kearifan Lokal Masyarakat Pesisir Pulau Gili Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo Jawa Timur. ECSOFIM (Economic and Social of Fisheries and Marine), 1(1), 11–25.
  12. Kartini, K., Hasibuan, D. R. A., Angginami, H., Ritonga, I. H., & Saragih, R. A.-R. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Youtube sebagai Media Edukasi di Kalangan Milenial. Sci-Tech Journal, 2(2), 142–147. https://doi.org/10.56709/stj.v2i2.72
  13. Machmud, K., & Kau, M. E. W. (2023). Solusi terhadap Masalah Guru dalam Pembelajaran Terintegrasi Teknologi melalui Pemanfaatan Computer-Assisted Language Learning (Call). Journal of Community Services on Language, Art, and Culture, 1(2), 64–73.
  14. Maenah, M., Taufiqulloh, T., & Sudibyo, H. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru. Journal of Education Research, 5(2), 3272–3282.
  15. Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan Animasi sebagai Media Pembelajaran berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal on Education, 6(1), 732–741. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2988
  16. Minardi, J., & Akbar, A. S. (2020). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Power Point untuk Peningkatan Kompetensi Guru SD. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(1), 96–100. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i1.2747
  17. Mu’minah, I. H. (2021). Studi Literatur: Pembelajaran Abad-21 Melalui Pendekatan Steam (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) dalam Menyongsong Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 3(1), 584–594.
  18. Munawir, M., Salsabila, Z. P., & Nisa’, N. R. (2022). Tugas, Fungsi dan Peran Guru Profesional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 8–12. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.327
  19. Mustafa, M. N., Hermandra, H., & Zulhafizh, Z. (2019). Teachers’ Strategies to Design Media to Implement Communicative Leaning in Public Schools. Journal of Educational Sciences, 3(1), 13–24. https://doi.org/10.31258/jes.3.1.p.13-24
  20. Mustafa, M. N., Hermandra, H., & Zulhafizh, Z. (2021). Kualitas Penyusunan Rencana Satuan Pendidikan Tingkat Atas. REFLEKSI EDUKATIKA : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(1), 17–24.
  21. Mustafa, M. N., Hermandra, H., Zulhafizh, Z., & Hermita, N. (2018). The Significance of Language Motivation Learning: Correlation Analysis. Advanced Science Letters, 24(11), 8380–8383. https://doi.org/10.1166/asl.2018.12568
  22. Muthoharoh, M. (2019). Media PowerPoint dalam Pembelajaran. Tasyri` : Jurnal Tarbiyah-Syari`ah-Islamiyah, 26(1), 21–32. http://www.e-journal.stai-iu.ac.id/index.php/tasyri/article/view/66
  23. Nuraeni, L., Tamagola, R. H. A., Hafida, N., Wonggor, S., Khairunnisa, K., & Abdul Aziz, A. (2024). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal untuk Menghadapi Isu-Isu Strategis Terkini di Era Digital. Journal on Education, 06(02), 14615–14620.
  24. Nurbayan, T. (2019). Peningkatan Kemampuan Menggunakan Microsoft Power Point sebagai Media Pembelajaran bagi Guru Pendidikan Khusus melalui Kegiatan Pelatihan dengan Metode Tutor Sebaya di Gugus 11 Kota Tangerang. UNIK Pendidikan Luar Biasa, 4(15), 1–15. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK/article/view/8147
  25. Pondoki, P. H., Warouw, Z. W. M., & Rungkat, J. A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Berbasis STEAM terhadap Hasil Belajar IPA Materi Pencemaran Lingkungan pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Tondano. Soscied, 6(1), 1–18.
  26. Prasojo, W. I. B., Putra, C. A., & Setiawan, M. A. (2023). Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran Power Point Pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis di SMK Karsa Mulya Palangka Raya. Jurnal Perspektif Penelitian Pendidikan, 1(1), 28–32. https://doi.org/10.33084/jppp.v1i1.5244
  27. Pratama, A. R., Yulius, Y., Latifa, M., Syafrudin, S., & Messy, M. (2024). Inovasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Mendorong Penanaman Nilai-Nilai Kearifan Lokal. An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 145–152. https://jpion.org/index.php/jpi22Situswebjurnal:https://jpion.org/index.php/jpi
  28. Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2023). Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kompetesnsi Pedagogik. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10(3), 189–196.
  29. Putra, L. D., Arlinsyah, N. D., Ridho, F. R., Syafiqa, A. N., & Annisa, K. (2024). Pemanfaatan Wordwall pada Model Game Based Learning terhadap Digitalisasi Pendidikan Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(1), 81–95. https://doi.org/10.24269/dpp.v12i1.8749
  30. Putra, Y. M., Putri, A. K., Fitriah, S., Amri, U., & Triandana, A. (2023). Pemanfaatan Youtube dalam Pelestarian Bahasa dan Budaya Melayu Jambi. Kongres Internasional …, 1(1), 295–300. http://kimli.mlindonesia.org/index.php/kimli/article/download/127/120
  31. Qadriani, N. L., Hartati, S., & Dewi, A. (2021). Pemanfaatan Youtube dan Edpuzzle sebagai Media Pembelajaran Daring Berbasis Video Interaktif. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.36722/jpm.v4i1.841
  32. Rahim, F. R., Suherman, D. S., & Murtiani, M. (2019). Analisis Kompetensi Guru dalam Mempersiapkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 3(2), 133–141. https://doi.org/10.24036/jep/vol3-iss2/367
  33. Rahmani, R. A., & Abduh, M. (2022). Efektivitas Media PowerPoint Interaktif terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Masa Pandemi. Jurnal Basicedu, 6(2), 2456–2465. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2378
  34. Rahmawati, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint untuk Keterampilan Membaca Intensif. Jurnal Pancar (Pendidik Anak Cerdas Dan Pintar), 6(1), 187–192.
  35. Ramadanti, A., Nizaar, M., Fujiaturrahman, S., Darmurtika, L. A., Rezkillah, I. I., & Ningsih, A. S. P. (2024). Mengintegrasikan Teknologi untuk Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Anak-anak di Daerah Terpencil. Seminar Nasional Paedagoria, 4(1), 118–129.
  36. Salim, A., & Aprison, W. (2024). Pendidikan Multikultural Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 3(1), 22–30. https://jpion.org/index.php/jpi22Situswebjurnal:https://jpion.org/index.php/jpi
  37. Salsabila, U. H., Mustika, L. A., Utami, S. D., Ikhsan, M. N., & Hasibuan, N. B. (2023). Pemanfaatan Media Sosial dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 11(2), 140–146. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v11i2.10142
  38. Saputri, A., Hariyani, S., & Rahaju, R. (2021). Pembelajaran Barisan dan Deret dengan Model Talking Stick Berbantuan Power Point. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2), 165–178.
  39. Sembiring, D., & Rukhmana, T. (2024). Penyuluh Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Animasi Flash Kepada Guru-guru Sekolah Dasar di Kecamatan Nirwana. Journal of Human And Education, 4(4), 729–736.
  40. Sulistiani, I., & Nugraheni, N. (2023). Makna Guru sebagai Peranan Penting dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Citra Pendidikan, 3(4), 1261–1268. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i4.2222
  41. Tamara, Y. D., & Thohir, M. A. (2022). Analisis Efektivitas Penggunaan Youtube sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh di Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 5(3), 454–462.
  42. Zulhafizh, Z. (2021). Peran dan Mutu Pelaksanaan Pembelajaran oleh Guru di Satuan Pendidikan Tingkat Atas. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 328–339. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3344