Main Article Content
Abstract
Pendahuluan: UNESCO membuat suatu kerangka global untuk menghadapi tantangan keberlanjutan hidup yaitu Education for Sustainable Development (ESD) atau pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan. Studi ini bertujuan untuk menerapkan gaya hidup berkelanjutan bagi siswa SLB C Putra Mandiri. Metode: Metode pengabdian ini dilakukan pada 15 siswa dengan media kerajinan shibori. Hasil: Hasil analisis deskriptif menunjukkan adanya pengaruh positif kegiatan ini terhadap siswa SLB C Putra Mandiri. Kesimpulan: Pengenalan sustainable lifestyle melalui kerajinan shibori diharapkan mampu mengenalkan dan membentuk karakter siswa SLB C Putra Mandiri untuk lebih peduli dengan lingkungannya.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Nurulita S, Nadiroh MP, Kuliah M. Pengaruh Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Terhadap Masyarakat dan Lingkungan. Humaniora. 2012;11(1):37-48.
- Chapman AR, Petersen RL, Smith-Moran B. Bumi yang Terdesak: Perspektif Ilmu dan Agama Mengenai Konsumsi, Populasi, dan Keberlanjutan. Mizan Pustaka; 2008 Oct 23.
- Sarwono R. Biochar sebagai penyimpan karbon, perbaikan sifat tanah, dan mencegah pemanasan global: tinjauan. Jurnal Kimia Terapan Indonesia. 2016 Jun 10;18(01):79-90.
- UNESCO. What you need to know about education for sustainable development, dalam https://www.unesco.org/en/education-sustainable-development/need-know (diakses 13 Januari 2024)
- Direktorat Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Gadjah Mada. Education for Sustainable Development (ESD), dalam https://pengabdian.ugm.ac.id/esd-id/ (diakses 13 Januari 2024).
- Prayitno Y, et al. “Pendidikan Berperspektif Lingkungan Menuju Pembangunan Berkelanjutan.” Jurnal WACANA, vol. 16, no.1, 2013, pp. 41-51.
- Suprastowo P. Kebijakan dan Implementasi Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan (Education for Sustainable Development/ESD). 2010.
- Vioreza N, Hilyati W, Lasminingsih M. Education for Sustainable Development: Bagaimana Urgensi dan Peluang Penerapannya pada Kurikulum Merdeka. Journal of Educational Review 1 (1), 2023, 34-47.
- Faroga A, Mulyasana D, Hanafiah H. Manajemen Pembelajaran Keterampilan Handycraft Untuk Meningkatkan Wirausaha Siswa SLB. Nusantara Education Review. 2018;1(1):63-74.
- Muharani A, Fahlevi MR, Mawaddah Q, Priyatna SH, Munika T, Sintia TR, Zakaria N. Literature Review: The Influence of Primary School Level Health Education on Knowledge of Clean and Healthy Living Behaviors. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin. 2023 Dec 22;1(12).
- Maulida U. Gaya Hidup Berkelanjutan Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Dirasah: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam. 2023;6(1):14-21.
- Faidzin S. Peran Dan Fungsi Keluarga Dalam Membangun Kepribadian Remaja Yang Baik Dan Berkelanjutan Di Indonesia: Suatu Tinjauan Literatur: The Role And Functions Of The Family In Building Good And Sustainable Personality Of Youth In Indonesia: A Literature Review. Journal of Sustainable Development Issues. 2022 Oct 2;1(1):1-3.
- Listiadesti AU, Noer SM, Maifita Y. Efektivitas Media Vidio Terhadap Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Anak Sekolah: A Literature Review. Menara Medika. 2020 Sep 20;3(1).
- Nurhayati N, Erni S, Suriani S. Sustainable Life Style Masyarakat Perkotaan (Studi Tentang Gaya Hidup Berkelanjutan Masyarakat Perkotaan di Riau). Sorot. 2016;11(2):75-86.
- Yu H, Li TN, Ran Q, Huang QW, Wang J. Strobilanthes cusia (Nees) Kuntze, a multifunctional traditional Chinese medicinal plant, and its herbal medicines: a comprehensive review. Journal of Ethnopharmacology. 2021 Jan 30;265:113325.
- Rochyadi E. Karakteristik dan Pendidikan Anak Tunagrahita. Pengantar Pendidikan Luar Biasa. 2012. 1-54.
- Humaira A, Rizky A, Leslie S, Izzulhaq Ma. Perkembangan Pengetahuan Dan Keterampilan Bercocok Tanam Dengan Media Sederhana Pada Siswa Sd Sukamaju, Desa Malasari. Proceedings Uin Sunan Gunung Djati Bandung. 2023 Nov 15;3(6):330-7.
- Utami LP, Dewi NL, Pebrianti NP, Nuralvin S, Susanto PC. Persepsi Konsumen Milenial dan Generasi Z terhadap Alternatif Tas Belanja Ramah Lingkungan. InSeminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, dan Sosial Humaniora (SINTESA) 2021 (Vol. 4).
- Sumar WT. Strategi Pemimpin dalam Penguatan Iklim Sekolah Berbasis Budaya Kearifian Lokal:(Budaya Huyula). Deepublish; 2018 Jul 10.
- Nadiroh, Kairah I. Development of Teaching Materials ESD (Education for Sustainable Development) in Coaching Skills of Self Children with Intellectual Challenges in SMA LB C in Jakarta. Jurnal Pendidikan Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan, vol. 16, no. 02, 2015.
References
Nurulita S, Nadiroh MP, Kuliah M. Pengaruh Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Terhadap Masyarakat dan Lingkungan. Humaniora. 2012;11(1):37-48.
Chapman AR, Petersen RL, Smith-Moran B. Bumi yang Terdesak: Perspektif Ilmu dan Agama Mengenai Konsumsi, Populasi, dan Keberlanjutan. Mizan Pustaka; 2008 Oct 23.
Sarwono R. Biochar sebagai penyimpan karbon, perbaikan sifat tanah, dan mencegah pemanasan global: tinjauan. Jurnal Kimia Terapan Indonesia. 2016 Jun 10;18(01):79-90.
UNESCO. What you need to know about education for sustainable development, dalam https://www.unesco.org/en/education-sustainable-development/need-know (diakses 13 Januari 2024)
Direktorat Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Gadjah Mada. Education for Sustainable Development (ESD), dalam https://pengabdian.ugm.ac.id/esd-id/ (diakses 13 Januari 2024).
Prayitno Y, et al. “Pendidikan Berperspektif Lingkungan Menuju Pembangunan Berkelanjutan.” Jurnal WACANA, vol. 16, no.1, 2013, pp. 41-51.
Suprastowo P. Kebijakan dan Implementasi Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan (Education for Sustainable Development/ESD). 2010.
Vioreza N, Hilyati W, Lasminingsih M. Education for Sustainable Development: Bagaimana Urgensi dan Peluang Penerapannya pada Kurikulum Merdeka. Journal of Educational Review 1 (1), 2023, 34-47.
Faroga A, Mulyasana D, Hanafiah H. Manajemen Pembelajaran Keterampilan Handycraft Untuk Meningkatkan Wirausaha Siswa SLB. Nusantara Education Review. 2018;1(1):63-74.
Muharani A, Fahlevi MR, Mawaddah Q, Priyatna SH, Munika T, Sintia TR, Zakaria N. Literature Review: The Influence of Primary School Level Health Education on Knowledge of Clean and Healthy Living Behaviors. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin. 2023 Dec 22;1(12).
Maulida U. Gaya Hidup Berkelanjutan Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Dirasah: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam. 2023;6(1):14-21.
Faidzin S. Peran Dan Fungsi Keluarga Dalam Membangun Kepribadian Remaja Yang Baik Dan Berkelanjutan Di Indonesia: Suatu Tinjauan Literatur: The Role And Functions Of The Family In Building Good And Sustainable Personality Of Youth In Indonesia: A Literature Review. Journal of Sustainable Development Issues. 2022 Oct 2;1(1):1-3.
Listiadesti AU, Noer SM, Maifita Y. Efektivitas Media Vidio Terhadap Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Anak Sekolah: A Literature Review. Menara Medika. 2020 Sep 20;3(1).
Nurhayati N, Erni S, Suriani S. Sustainable Life Style Masyarakat Perkotaan (Studi Tentang Gaya Hidup Berkelanjutan Masyarakat Perkotaan di Riau). Sorot. 2016;11(2):75-86.
Yu H, Li TN, Ran Q, Huang QW, Wang J. Strobilanthes cusia (Nees) Kuntze, a multifunctional traditional Chinese medicinal plant, and its herbal medicines: a comprehensive review. Journal of Ethnopharmacology. 2021 Jan 30;265:113325.
Rochyadi E. Karakteristik dan Pendidikan Anak Tunagrahita. Pengantar Pendidikan Luar Biasa. 2012. 1-54.
Humaira A, Rizky A, Leslie S, Izzulhaq Ma. Perkembangan Pengetahuan Dan Keterampilan Bercocok Tanam Dengan Media Sederhana Pada Siswa Sd Sukamaju, Desa Malasari. Proceedings Uin Sunan Gunung Djati Bandung. 2023 Nov 15;3(6):330-7.
Utami LP, Dewi NL, Pebrianti NP, Nuralvin S, Susanto PC. Persepsi Konsumen Milenial dan Generasi Z terhadap Alternatif Tas Belanja Ramah Lingkungan. InSeminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, dan Sosial Humaniora (SINTESA) 2021 (Vol. 4).
Sumar WT. Strategi Pemimpin dalam Penguatan Iklim Sekolah Berbasis Budaya Kearifian Lokal:(Budaya Huyula). Deepublish; 2018 Jul 10.
Nadiroh, Kairah I. Development of Teaching Materials ESD (Education for Sustainable Development) in Coaching Skills of Self Children with Intellectual Challenges in SMA LB C in Jakarta. Jurnal Pendidikan Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan, vol. 16, no. 02, 2015.