Main Article Content

Abstract

Background: Penguasaan pembelajaran bahasa Inggris baik bagi peserta didik ataupun pengajar di Sekolah Luar Biasa merupakan hal yang tidak mudah untuk diimplementasikan dikarenakan proses untuk mencapai target belajar berbeda dengan kelas regular. Beragam faktor seperti dari segi kognitif, fokus, interaksi, komunikasi, minat, motivasi, emosi, kecemasan, keterlibatan antara siswa dan pengajar, konten materi, dan media belajar memberikan pengaruh pada proses dan hasil pembelajaran bahasa Inggris. Oleh karena itu, dibutuhkan media pembelajaran yang menarik, mudah didapatkan, dan dapat menstimulus minat serta motivasi siswa SLB, salah satunya adalah Audible Flashcard. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini untuk memberikan pelatihan kepada para pengajar di SLB Mahardika Depok dan disimulasikan kepada beberapa siswa SLB tersebut. Metode: Metode kegiatan pengabdian kepada masyarakat menggunakan empat tahapan yakni sosialisasi, pelaksanaan, penerapan teknologi, dan evaluasi. Hasil: Dengan langkah membuat rencana kegiatan pengabdian masyarakat dan disertai dengan analisis kebutuhan melalui observasi, hasil kegiatan pengabdian masyarkat ini menunjukkan para guru menyatakan respon yang positif dalam keikutsertaan pada pelatihan PkM ini. Kesimpulan: Peserta guru mengungkapkan adanya peningkatan pengetahuan mengenai media pembelajaran berbasis multimodalitas, seperti Audible Flashcards. Mereka juga menyatakan rasa percaya diri dan efikasi untuk menggunakan media pembelajaran serupa di masa mendatang.

Keywords

Audible Flashcard Media Pembelajaran Pembelajaran Bahasa Inggris Sekolah Luar Biasa Audible Flashcard Media Pembelajaran berbasis online Pembelajaran Bahasa Inggris Sekolah Luar Biasa

Article Details

How to Cite
Darwadi, R. H. F., & Sundari, H. (2024). Implementasi Pelatihan Penggunaan Audible flashcard Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Guru Sekolah Luar Biasa . Jurnal SOLMA, 13(3), 2655–2668. https://doi.org/10.22236/solma.v13i3.16513

References

Read More