Main Article Content
Abstract
Background: Fenomena alam dan perubahannya dapat dijelaskan menurut konsep dan prinsip kimia dalam perwujudan literasi numerasi kimia. Temuan permasalahan diantaranya, siswa belum dikenalkan dengan bentuk soal literasi, evaluasi hasil belajar cenderung mengukur ranah kognitif, dominasi bentuk soal berupa pilihan ganda tanpa stimulus mengakibatkan rendahnya literasi siswa hingga pemahaman konsep dan efek miskonsepsi. Tujuan kegiatan ini menguatkan literasi numerasi siswa melalui integrasi pariwisata budaya Sikka (isu sosiosaintifik) dan aplikasi quizizz. Metode: 50 orang terdiri atas 45 siswa dan 5 guru dari SMASK St.Petrus Kewapante adalah mitra pengabdian. Pelaksanaan pengabdian menggunakan metode KUPAR (to know, to understand, to plan, to act, to reflection) dengan pendekatan parcipation action research (PAR). Desain eksperimen tahap aksi adalah one grup pre-test post-test design dengan analisis skor gain dan tampilan quizizz. Hasil: Skor pre-test (33,53%) dan post-test (57,2%) dengan capaian skor gain 35% (kategori sedang). Rerata ketepatan soal dalam mengukur kemampuan siswa mengalami peningkatan 12% skor akurasi dari 36 % (pre-test) hingga 48 % (post-test). Keterbacaan soal dalam mengukur literasi numerasi dinilai semakin baik dengan adanya peningkatan akurasi rerata soal. Kesimpulan: Terdapat peningkatan kemampuan literasi numerasi siswa pada materi kimia hijau melalui kolaborasi unsur pariwisata budaya local dan teknologi quizizz.
Keywords
Article Details
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Apriliana Saputri, H., Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, U., Bella, S., Prastowo, A., Karena, A., Kunci, K., Kognitif, E., Pembelajaran, M., & Dasar, S. (2024). Analisis Penggunaan Quizizz sebagai Media Berbasis Website untuk Evaluasi Kognitif pada Pembelajaran di Sekolah Dasar. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 11(1).
- Artini, N. P. J., & Wijaya, I. K. W. B. (2020). Strategi Pengembangan Literasi Kimia Bagi Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 7(2), 100–108. https://doi.org/10.38048/jipcb.v7i2.97
- Ayub, S., Rokhmat, J., Ramdani, A., & Hakim, A. (2022). Karakteristik Soal Literasi Sains Programme for International Student Assesment (PISA) Tahun 2015. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b). https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4b.1039
- Ayuni, Q., Hakim, A., Supriadi, S., & Hadisaputra, S. (2023). Identifikasi Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa Pendidikan Kimia Universitas Mataram dalam Menjelaskan Fenomena Ilmiah yang Terjadi di Kehidupan Sehari-hari. Chemistry Education Practice, 6(2), 276–282. https://doi.org/10.29303/cep.v6i2.3645
- Cahya, N. N., Saridewi, N., & Muslim, B. (2023). Analisis Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Kimia Uin Syarif Hidayatullah Jakarta Pada Praktikum Kimia Anorganik Dari Rumah. Dalton: Jurnal Pendidikan Kimia Dan Ilmu Kimia, 6(2), 127. https://doi.org/10.31602/dl.v6i2.10734
- Deti Nudiati, & Elih Sudiapermana. (2020). Literasi Sebagai Kecakapan Hidup Abad 21 Pada Mahasiswa. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(2). https://doi.org/10.31960/ijolec.v2i2.307
- Emda Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh, A. (2014). Laboratorium Sebagai Sarana Pembelajaran Kimia Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Ketrampilan Kerja Ilmiah. In Lantanida Journal 2(2).
- Genisa, M. U., Subali, B., Djukri, Agussalim, A., & Habibi, H. (2020). Socio-scientific issues implementation as science learning material. International Journal of Evaluation and Research in Education, 9(2), 311–317. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i2.20530
- Husniyyah, A. A., Erman, E., Purnomo, T., & Budiyanto, M. (2023). Scientific Literacy Improvement Using Socio-Scientific Issues Learning. IJORER: International Journal of Recent Educational Research, 4(4), 447–456. https://doi.org/10.46245/ijorer.v4i4.303
- Imranah, I., Amaliah, R., Kimia, K., Teknologi, I., Permata, K., & Maros, I. (2023). Efektivitas Penggunaan Quizizz sebagai Media Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa Tadris IPA pada Mata Kuliah Kimia Pangan. Chemistry Education Review, 6(2), 2597. https://doi.org/10.26858/cer.v6i2.13315
- Kencana Verawati, Henita Rahmayanti, & Anthony Costa. (2023). Peningkatan Kesadaran Tentang Berlalu Lintas di Jalan Raya Kepada Guru Dan Siswa/I di SMK Yapinuh Pantai Sederhana, Kec. Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Jurnal Abdimas BSI. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas
- Khotimah, H. (2022). Deskripsi Soal Dengan Karakteristik Numerasi. In Husnul Khotimah Kompetensi Universitas Balikpapan 15(1).
- Kurmalasari, T. (2022). Sosialisasi Soal-Soal Asesmen Kompetensi Minimum dengan Menggunakan Aplikasi Quizizz untuk Siswa Paket C Di PKBM Harapan Bangsa. Jurnal Anugerah, 3(2), 111–117. https://doi.org/10.31629/anugerah.v3i2.3813
- Mago, O. Y. T., Nirmalasari, M. A. Y., Kuki, A. D., Bunga, Y. N., & Misa, A. (2021). Effect of the Type of Organic Waste and Retention Time on Biogas Production from Cow Dung. Biota: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Hayati, 155–162. https://doi.org/10.24002/biota.v5i3.3682
- Masliah, L., Nirmala, S. D., & Sugilar, S. (2023). Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4106
- Mitarlis, Azizah, U., & Yonata, B. (2023). The Integration of Green Chemistry Principles in Basic Chemistry Learning to Support Achievement of Sustainable Development Goals (SDGS) through Education. Journal of Technology and Science Education, 13(1), 233–254. https://doi.org/10.3926/jotse.1892
- Muktamar, A. (2023). Asesmen dalam Kurikulum Merdeka Perspektif Pendidikan Agama Islam. Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research, 1.
- Nirmalasari, M. A. Y., Mago, O. Y. T., & Manuk, I. L. (2022). Validitas Instrumen Soal Literasi Numerasi Kimia Hidrokarbon dalam Integrasinya dengan Isu Sosiosaintifik Lokal Sikka. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(4), 1004–1011. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i4.725
- Pardede, S., Lusiana, D., Kristini, I., Hutahean, J., Lesfani, G., Oktaviana, A., & Loko, M. (2023). Pengembangan Literasi Dan Numerasi Melalui Pembuatan Karya Sastra dan Produk Budaya Lokal. Communnity Development Journal, 4(2), 1204–1209.
- PISA 2022 Results (Volume I). (2023). OECD. https://doi.org/10.1787/53f23881-en
- Ramatni, A., Anjely, F., Cahyono, D., Rambe, S., Shobri, M., Sungai Penuh, S., Martadinata No, J. R., Sungai Penuh, P., Sungai Penuh, K., Sungai Penuh, K., Jambi, U., Jambi -Muara Bulian NoKM, J., Darat, M., Jambi Luar Kota, K., Jambi, K., Mulawarman, U., Kuaro, J., Kelua, G., Samarinda Ulu, K., … Timur, J. (2023). Proses Pembelajaran dan Asesmen yang Efektif. Journal on Education, 05(04).
- Rohim, D. C. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal VARIDIKA, 33(1), 54–62. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.14993
- Sugiyarto, & Rabith Jihan Amaruli. (2018). Pengembangan Pariwisata Berbasis Budaya dan Kearifan Lokal. Jurnal Administrasi Bisnis, 7(1), 45–52.
- Sumanik, N. B., Hasanah, K., & Siregar, L. F. (2024). Rancang Bangun Instrumen Soal Literasi Sains Berbasis Quizizz Pada Pokok Bahasan Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 14(1), 58–68. https://doi.org/10.24929/lensa.v14i1.497
- Wijayanto, A. (2016). Penerapan Green Chemistry pada Praktikum Kimia Pangan (Materi Analisis Pemanis Buatan dalam Minuman Ringan). Integrated lab journal, 4(2).
- Yokhebed, Sutarno, S., Masykuri, M., & Prayitno, B. A. (2023). Research Trend of Socioscientific Issues Based on Scopus Journal Database: A Bibliometric Study from 2011 to 2021. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(8), 417–423. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i8.3155
- Zaeni, A. 2022. Pemanfaatan Aplikasi Quizizz sebagai Evaluasi Pembelajaran Matematika pada Siswa Sekolah Dasar. DIRASAH, 5(1), 195-207. https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/dirasah
- Zosima Nervanisa Putri, Irene Lete Manuk, Maria Hedwidgis, & M A Yohanita Nirmalasari. (2022). Kajian Isu Sosiosaintifik dalam Warisan Budaya Sikka. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(3), 761–771. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.681
References
Apriliana Saputri, H., Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, U., Bella, S., Prastowo, A., Karena, A., Kunci, K., Kognitif, E., Pembelajaran, M., & Dasar, S. (2024). Analisis Penggunaan Quizizz sebagai Media Berbasis Website untuk Evaluasi Kognitif pada Pembelajaran di Sekolah Dasar. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 11(1).
Artini, N. P. J., & Wijaya, I. K. W. B. (2020). Strategi Pengembangan Literasi Kimia Bagi Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 7(2), 100–108. https://doi.org/10.38048/jipcb.v7i2.97
Ayub, S., Rokhmat, J., Ramdani, A., & Hakim, A. (2022). Karakteristik Soal Literasi Sains Programme for International Student Assesment (PISA) Tahun 2015. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b). https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4b.1039
Ayuni, Q., Hakim, A., Supriadi, S., & Hadisaputra, S. (2023). Identifikasi Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa Pendidikan Kimia Universitas Mataram dalam Menjelaskan Fenomena Ilmiah yang Terjadi di Kehidupan Sehari-hari. Chemistry Education Practice, 6(2), 276–282. https://doi.org/10.29303/cep.v6i2.3645
Cahya, N. N., Saridewi, N., & Muslim, B. (2023). Analisis Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Kimia Uin Syarif Hidayatullah Jakarta Pada Praktikum Kimia Anorganik Dari Rumah. Dalton: Jurnal Pendidikan Kimia Dan Ilmu Kimia, 6(2), 127. https://doi.org/10.31602/dl.v6i2.10734
Deti Nudiati, & Elih Sudiapermana. (2020). Literasi Sebagai Kecakapan Hidup Abad 21 Pada Mahasiswa. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(2). https://doi.org/10.31960/ijolec.v2i2.307
Emda Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh, A. (2014). Laboratorium Sebagai Sarana Pembelajaran Kimia Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Ketrampilan Kerja Ilmiah. In Lantanida Journal 2(2).
Genisa, M. U., Subali, B., Djukri, Agussalim, A., & Habibi, H. (2020). Socio-scientific issues implementation as science learning material. International Journal of Evaluation and Research in Education, 9(2), 311–317. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i2.20530
Husniyyah, A. A., Erman, E., Purnomo, T., & Budiyanto, M. (2023). Scientific Literacy Improvement Using Socio-Scientific Issues Learning. IJORER: International Journal of Recent Educational Research, 4(4), 447–456. https://doi.org/10.46245/ijorer.v4i4.303
Imranah, I., Amaliah, R., Kimia, K., Teknologi, I., Permata, K., & Maros, I. (2023). Efektivitas Penggunaan Quizizz sebagai Media Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa Tadris IPA pada Mata Kuliah Kimia Pangan. Chemistry Education Review, 6(2), 2597. https://doi.org/10.26858/cer.v6i2.13315
Kencana Verawati, Henita Rahmayanti, & Anthony Costa. (2023). Peningkatan Kesadaran Tentang Berlalu Lintas di Jalan Raya Kepada Guru Dan Siswa/I di SMK Yapinuh Pantai Sederhana, Kec. Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Jurnal Abdimas BSI. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas
Khotimah, H. (2022). Deskripsi Soal Dengan Karakteristik Numerasi. In Husnul Khotimah Kompetensi Universitas Balikpapan 15(1).
Kurmalasari, T. (2022). Sosialisasi Soal-Soal Asesmen Kompetensi Minimum dengan Menggunakan Aplikasi Quizizz untuk Siswa Paket C Di PKBM Harapan Bangsa. Jurnal Anugerah, 3(2), 111–117. https://doi.org/10.31629/anugerah.v3i2.3813
Mago, O. Y. T., Nirmalasari, M. A. Y., Kuki, A. D., Bunga, Y. N., & Misa, A. (2021). Effect of the Type of Organic Waste and Retention Time on Biogas Production from Cow Dung. Biota: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Hayati, 155–162. https://doi.org/10.24002/biota.v5i3.3682
Masliah, L., Nirmala, S. D., & Sugilar, S. (2023). Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4106
Mitarlis, Azizah, U., & Yonata, B. (2023). The Integration of Green Chemistry Principles in Basic Chemistry Learning to Support Achievement of Sustainable Development Goals (SDGS) through Education. Journal of Technology and Science Education, 13(1), 233–254. https://doi.org/10.3926/jotse.1892
Muktamar, A. (2023). Asesmen dalam Kurikulum Merdeka Perspektif Pendidikan Agama Islam. Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research, 1.
Nirmalasari, M. A. Y., Mago, O. Y. T., & Manuk, I. L. (2022). Validitas Instrumen Soal Literasi Numerasi Kimia Hidrokarbon dalam Integrasinya dengan Isu Sosiosaintifik Lokal Sikka. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(4), 1004–1011. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i4.725
Pardede, S., Lusiana, D., Kristini, I., Hutahean, J., Lesfani, G., Oktaviana, A., & Loko, M. (2023). Pengembangan Literasi Dan Numerasi Melalui Pembuatan Karya Sastra dan Produk Budaya Lokal. Communnity Development Journal, 4(2), 1204–1209.
PISA 2022 Results (Volume I). (2023). OECD. https://doi.org/10.1787/53f23881-en
Ramatni, A., Anjely, F., Cahyono, D., Rambe, S., Shobri, M., Sungai Penuh, S., Martadinata No, J. R., Sungai Penuh, P., Sungai Penuh, K., Sungai Penuh, K., Jambi, U., Jambi -Muara Bulian NoKM, J., Darat, M., Jambi Luar Kota, K., Jambi, K., Mulawarman, U., Kuaro, J., Kelua, G., Samarinda Ulu, K., … Timur, J. (2023). Proses Pembelajaran dan Asesmen yang Efektif. Journal on Education, 05(04).
Rohim, D. C. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal VARIDIKA, 33(1), 54–62. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.14993
Sugiyarto, & Rabith Jihan Amaruli. (2018). Pengembangan Pariwisata Berbasis Budaya dan Kearifan Lokal. Jurnal Administrasi Bisnis, 7(1), 45–52.
Sumanik, N. B., Hasanah, K., & Siregar, L. F. (2024). Rancang Bangun Instrumen Soal Literasi Sains Berbasis Quizizz Pada Pokok Bahasan Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 14(1), 58–68. https://doi.org/10.24929/lensa.v14i1.497
Wijayanto, A. (2016). Penerapan Green Chemistry pada Praktikum Kimia Pangan (Materi Analisis Pemanis Buatan dalam Minuman Ringan). Integrated lab journal, 4(2).
Yokhebed, Sutarno, S., Masykuri, M., & Prayitno, B. A. (2023). Research Trend of Socioscientific Issues Based on Scopus Journal Database: A Bibliometric Study from 2011 to 2021. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(8), 417–423. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i8.3155
Zaeni, A. 2022. Pemanfaatan Aplikasi Quizizz sebagai Evaluasi Pembelajaran Matematika pada Siswa Sekolah Dasar. DIRASAH, 5(1), 195-207. https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/dirasah
Zosima Nervanisa Putri, Irene Lete Manuk, Maria Hedwidgis, & M A Yohanita Nirmalasari. (2022). Kajian Isu Sosiosaintifik dalam Warisan Budaya Sikka. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(3), 761–771. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.681