Main Article Content

Abstract

Background: Fenomena alam dan perubahannya dapat dijelaskan menurut konsep dan prinsip kimia dalam perwujudan literasi numerasi kimia. Temuan permasalahan diantaranya, siswa belum dikenalkan dengan bentuk soal literasi, evaluasi hasil belajar cenderung mengukur ranah kognitif, dominasi bentuk soal berupa pilihan ganda tanpa stimulus mengakibatkan rendahnya literasi siswa hingga pemahaman konsep dan efek miskonsepsi. Tujuan kegiatan ini menguatkan literasi numerasi siswa melalui integrasi pariwisata budaya Sikka (isu sosiosaintifik) dan aplikasi quizizz. Metode:  50 orang terdiri atas 45 siswa dan 5 guru dari SMASK St.Petrus Kewapante adalah mitra pengabdian. Pelaksanaan pengabdian menggunakan metode KUPAR (to know, to understand, to plan, to act, to reflection) dengan pendekatan parcipation action research (PAR). Desain eksperimen tahap aksi adalah one grup pre-test post-test design dengan analisis skor gain dan tampilan quizizz. Hasil: Skor pre-test (33,53%) dan post-test (57,2%) dengan capaian skor gain 35% (kategori sedang). Rerata ketepatan soal dalam mengukur kemampuan siswa mengalami peningkatan 12% skor akurasi dari 36 % (pre-test) hingga 48 % (post-test). Keterbacaan soal dalam mengukur literasi numerasi dinilai semakin baik dengan adanya peningkatan akurasi rerata soal. Kesimpulan: Terdapat peningkatan kemampuan literasi numerasi siswa pada materi kimia hijau melalui kolaborasi unsur pariwisata budaya local dan teknologi quizizz.

Keywords

Kimia Literasi Pariwisata Quizizz Sikka Chemistry Literacy Quizizz Sikka Tourism

Article Details

How to Cite
Nirmalasari, M. Y., Mago, O. Y., Suba, M. E., Aran, A. R. P., & Cawa, A. (2024). Kolaborasi Pariwisata Sikka dan Teknologi Quizizz: Unsur Penguat Literasi Numerasi Kimia Siswa. Jurnal SOLMA, 13(3), 1883–1845. https://doi.org/10.22236/solma.v13i3.16474

References

  1. Apriliana Saputri, H., Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, U., Bella, S., Prastowo, A., Karena, A., Kunci, K., Kognitif, E., Pembelajaran, M., & Dasar, S. (2024). Analisis Penggunaan Quizizz sebagai Media Berbasis Website untuk Evaluasi Kognitif pada Pembelajaran di Sekolah Dasar. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 11(1).
  2. Artini, N. P. J., & Wijaya, I. K. W. B. (2020). Strategi Pengembangan Literasi Kimia Bagi Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 7(2), 100–108. https://doi.org/10.38048/jipcb.v7i2.97
  3. Ayub, S., Rokhmat, J., Ramdani, A., & Hakim, A. (2022). Karakteristik Soal Literasi Sains Programme for International Student Assesment (PISA) Tahun 2015. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b). https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4b.1039
  4. Ayuni, Q., Hakim, A., Supriadi, S., & Hadisaputra, S. (2023). Identifikasi Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa Pendidikan Kimia Universitas Mataram dalam Menjelaskan Fenomena Ilmiah yang Terjadi di Kehidupan Sehari-hari. Chemistry Education Practice, 6(2), 276–282. https://doi.org/10.29303/cep.v6i2.3645
  5. Cahya, N. N., Saridewi, N., & Muslim, B. (2023). Analisis Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Kimia Uin Syarif Hidayatullah Jakarta Pada Praktikum Kimia Anorganik Dari Rumah. Dalton: Jurnal Pendidikan Kimia Dan Ilmu Kimia, 6(2), 127. https://doi.org/10.31602/dl.v6i2.10734
  6. Deti Nudiati, & Elih Sudiapermana. (2020). Literasi Sebagai Kecakapan Hidup Abad 21 Pada Mahasiswa. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(2). https://doi.org/10.31960/ijolec.v2i2.307
  7. Emda Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh, A. (2014). Laboratorium Sebagai Sarana Pembelajaran Kimia Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Ketrampilan Kerja Ilmiah. In Lantanida Journal 2(2).
  8. Genisa, M. U., Subali, B., Djukri, Agussalim, A., & Habibi, H. (2020). Socio-scientific issues implementation as science learning material. International Journal of Evaluation and Research in Education, 9(2), 311–317. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i2.20530
  9. Husniyyah, A. A., Erman, E., Purnomo, T., & Budiyanto, M. (2023). Scientific Literacy Improvement Using Socio-Scientific Issues Learning. IJORER: International Journal of Recent Educational Research, 4(4), 447–456. https://doi.org/10.46245/ijorer.v4i4.303
  10. Imranah, I., Amaliah, R., Kimia, K., Teknologi, I., Permata, K., & Maros, I. (2023). Efektivitas Penggunaan Quizizz sebagai Media Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa Tadris IPA pada Mata Kuliah Kimia Pangan. Chemistry Education Review, 6(2), 2597. https://doi.org/10.26858/cer.v6i2.13315
  11. Kencana Verawati, Henita Rahmayanti, & Anthony Costa. (2023). Peningkatan Kesadaran Tentang Berlalu Lintas di Jalan Raya Kepada Guru Dan Siswa/I di SMK Yapinuh Pantai Sederhana, Kec. Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Jurnal Abdimas BSI. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas
  12. Khotimah, H. (2022). Deskripsi Soal Dengan Karakteristik Numerasi. In Husnul Khotimah Kompetensi Universitas Balikpapan 15(1).
  13. Kurmalasari, T. (2022). Sosialisasi Soal-Soal Asesmen Kompetensi Minimum dengan Menggunakan Aplikasi Quizizz untuk Siswa Paket C Di PKBM Harapan Bangsa. Jurnal Anugerah, 3(2), 111–117. https://doi.org/10.31629/anugerah.v3i2.3813
  14. Mago, O. Y. T., Nirmalasari, M. A. Y., Kuki, A. D., Bunga, Y. N., & Misa, A. (2021). Effect of the Type of Organic Waste and Retention Time on Biogas Production from Cow Dung. Biota: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Hayati, 155–162. https://doi.org/10.24002/biota.v5i3.3682
  15. Masliah, L., Nirmala, S. D., & Sugilar, S. (2023). Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4106
  16. Mitarlis, Azizah, U., & Yonata, B. (2023). The Integration of Green Chemistry Principles in Basic Chemistry Learning to Support Achievement of Sustainable Development Goals (SDGS) through Education. Journal of Technology and Science Education, 13(1), 233–254. https://doi.org/10.3926/jotse.1892
  17. Muktamar, A. (2023). Asesmen dalam Kurikulum Merdeka Perspektif Pendidikan Agama Islam. Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research, 1.
  18. Nirmalasari, M. A. Y., Mago, O. Y. T., & Manuk, I. L. (2022). Validitas Instrumen Soal Literasi Numerasi Kimia Hidrokarbon dalam Integrasinya dengan Isu Sosiosaintifik Lokal Sikka. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(4), 1004–1011. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i4.725
  19. Pardede, S., Lusiana, D., Kristini, I., Hutahean, J., Lesfani, G., Oktaviana, A., & Loko, M. (2023). Pengembangan Literasi Dan Numerasi Melalui Pembuatan Karya Sastra dan Produk Budaya Lokal. Communnity Development Journal, 4(2), 1204–1209.
  20. PISA 2022 Results (Volume I). (2023). OECD. https://doi.org/10.1787/53f23881-en
  21. Ramatni, A., Anjely, F., Cahyono, D., Rambe, S., Shobri, M., Sungai Penuh, S., Martadinata No, J. R., Sungai Penuh, P., Sungai Penuh, K., Sungai Penuh, K., Jambi, U., Jambi -Muara Bulian NoKM, J., Darat, M., Jambi Luar Kota, K., Jambi, K., Mulawarman, U., Kuaro, J., Kelua, G., Samarinda Ulu, K., … Timur, J. (2023). Proses Pembelajaran dan Asesmen yang Efektif. Journal on Education, 05(04).
  22. Rohim, D. C. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal VARIDIKA, 33(1), 54–62. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.14993
  23. Sugiyarto, & Rabith Jihan Amaruli. (2018). Pengembangan Pariwisata Berbasis Budaya dan Kearifan Lokal. Jurnal Administrasi Bisnis, 7(1), 45–52.
  24. Sumanik, N. B., Hasanah, K., & Siregar, L. F. (2024). Rancang Bangun Instrumen Soal Literasi Sains Berbasis Quizizz Pada Pokok Bahasan Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 14(1), 58–68. https://doi.org/10.24929/lensa.v14i1.497
  25. Wijayanto, A. (2016). Penerapan Green Chemistry pada Praktikum Kimia Pangan (Materi Analisis Pemanis Buatan dalam Minuman Ringan). Integrated lab journal, 4(2).
  26. Yokhebed, Sutarno, S., Masykuri, M., & Prayitno, B. A. (2023). Research Trend of Socioscientific Issues Based on Scopus Journal Database: A Bibliometric Study from 2011 to 2021. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(8), 417–423. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i8.3155
  27. Zaeni, A. 2022. Pemanfaatan Aplikasi Quizizz sebagai Evaluasi Pembelajaran Matematika pada Siswa Sekolah Dasar. DIRASAH, 5(1), 195-207. https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/dirasah
  28. Zosima Nervanisa Putri, Irene Lete Manuk, Maria Hedwidgis, & M A Yohanita Nirmalasari. (2022). Kajian Isu Sosiosaintifik dalam Warisan Budaya Sikka. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(3), 761–771. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.681