Main Article Content

Abstract

Background: Fenomena alam dan perubahannya dapat dijelaskan menurut konsep dan prinsip kimia dalam perwujudan literasi numerasi kimia. Temuan permasalahan diantaranya, siswa belum dikenalkan dengan bentuk soal literasi, evaluasi hasil belajar cenderung mengukur ranah kognitif, dominasi bentuk soal berupa pilihan ganda tanpa stimulus mengakibatkan rendahnya literasi siswa hingga pemahaman konsep dan efek miskonsepsi. Tujuan kegiatan ini menguatkan literasi numerasi siswa melalui integrasi pariwisata budaya Sikka (isu sosiosaintifik) dan aplikasi quizizz. Metode:  50 orang terdiri atas 45 siswa dan 5 guru dari SMASK St.Petrus Kewapante adalah mitra pengabdian. Pelaksanaan pengabdian menggunakan metode KUPAR (to know, to understand, to plan, to act, to reflection) dengan pendekatan parcipation action research (PAR). Desain eksperimen tahap aksi adalah one grup pre-test post-test design dengan analisis skor gain dan tampilan quizizz. Hasil: Skor pre-test (33,53%) dan post-test (57,2%) dengan capaian skor gain 35% (kategori sedang). Rerata ketepatan soal dalam mengukur kemampuan siswa mengalami peningkatan 12% skor akurasi dari 36 % (pre-test) hingga 48 % (post-test). Keterbacaan soal dalam mengukur literasi numerasi dinilai semakin baik dengan adanya peningkatan akurasi rerata soal. Kesimpulan: Terdapat peningkatan kemampuan literasi numerasi siswa pada materi kimia hijau melalui kolaborasi unsur pariwisata budaya local dan teknologi quizizz.

Keywords

Kimia Literasi Pariwisata Quizizz Sikka Chemistry Literacy Quizizz Sikka Tourism

Article Details

How to Cite
Nirmalasari, M. Y., Mago, O. Y., Suba, M. E., Aran, A. R. P., & Cawa, A. (2024). Kolaborasi Pariwisata Sikka dan Teknologi Quizizz: Unsur Penguat Literasi Numerasi Kimia Siswa. Jurnal SOLMA, 13(3), 1883–1845. https://doi.org/10.22236/solma.v13i3.16474

References

Read More