Main Article Content

Abstract

Background: Perkembangan zaman yang pesat ini telah memberikan dampak positif maupun negatife terhadap budaya lokal. Salah satu dampak negatifnya yaitu semakin tergerusnya budaya lokal akibat modernisasi dan globalisasi. Kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan budaya lokal di Simpang Koto Medan, Kabupaten Indragiri Hulu melalui upaya literasi dan numerasi berbasis budaya. Metode: Mitra dalam pengabdian ini yaitu Dinas Pendidikan Indragiri Hulu dan SDN 012 Beringin Jaya. Jumlah peserta adalah 12 guru dan 35 siswa. Pengabdian ini dilaksanakan dengan metode penerapan, Pengumpulan informasi melalui wawancara mengenai cagar budaya yang ada di Kabupaten Indragiri Hulu dan soal tes kemampuan literasi dan numerasi. Hasil: Cagar budaya yang ditemukan di kabupaten indragiri hulu yang memiliki nilai budaya dan layak diimplementasikan dalam buku cerita yaitu istana raja Indragiri, makam raja-raja Indragiri, rumah adat melayu, upacara tradisional, dan beberapa kesenian tradisional. Pengabdian ini menghadilkan 3 buah buku cerita bergambar yang valid untuk digunakan siswa sekolah dasar sebagai penguatan literasi dan numerasi. Kesimpulan: Pengabdian ini mampu memberdayakan guru dalam menghasilkan buku-buku inovatif untuk pembelajaran serta melalui penerapan buku cerita bergambar berbasis budaya ini juga mampu memberikan penguatan literasi dan numerasi siswa dengan tingkat pemahaman literasi siswa sebesar 69% dan pemahaman numerasi 57%.

Keywords

Indragiri Hulu Culture Literacy Local culture Numeracy Picture book Buda Indragiri Hulu Budaya lokal Buku bergambar Literasi Numerasi

Article Details

How to Cite
Alim, J. A., Hermita, N., Alpusari, M., Marhadi, H., Erlisnawati, E., Fendrik, M., Septiana, L., Dita, R., & Siregar, S. (2024). Literasi dan Numerasi Budaya: Megabdikan Warisan Simpang Koto Medan Kabupaten Indragiri Hulu. Jurnal SOLMA, 13(3), 1711–1723. https://doi.org/10.22236/solma.v13i3.16473

References

  1. Acharya, B. R., Kshetree, M. P., Khanal, B., Panthi, R. K., & Belbase, S. (2021). Mathematics Educators’ Perspectives On Cultural Relevance Of Basic Level Mathematics In Nepal. Journal on Mathematics Education, 12(1), 17–48. https://doi.org/https://doi.org/10.22342/jme.12.1.12955.17-48
  2. Ananda, A., Musaddat, S., & Dewi, N. K. (2022). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Cerita Rakyat Putri Mandalika Untuk Kelas IV SDN 1 Sukamulia. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(1), 452–461. https://doi.org/10.58258/jime.v8i1.2658
  3. Anggriani, M., Rijalul Akbar, M., Mulyadi, & Widayati, U. (2022). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Interaktif Berorientasi Literasi dan Pendidikan Karakter Siswa untuk Meningkatkan Kemampuan dan Minat Membaca Kelas V SDN 63 Dodu Kota Bima. Jurnal Pendidikan Bahasa, 12(2), 1–10.
  4. Annas, A. N., Baguna, I., Kobandaha, F., Salasa, S. A., Nuzul, M., & Abdul, H. (2024). Urgensi literasi terhadap kemampuan berpikir kritis anak. Jurnal Ilmiah Penelitian Mandira Cendikia, 2(14), 1–6.
  5. Arianty, R. (2023). Penggunaan Buku Cerita Bergambar dalam Menumbuhkan Gerakan Literasi sebagai Kesiapan Asesmen Kompetensi Minimum di Sekolah Dasar. DIDAKTIKA : Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 6(1). https://doi.org/10.21831/didaktika.v6i1.41475
  6. Asriyani, W. D., & Setyadi, D. (2023). Eksplorasi etnomatematika pada permainan tradisional daerah Kaliwungu. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 348–360. https://doi.org/10.33654/math.v9i2.2151
  7. Bayraktar, A. (2021). Value of Children’s Literature and Students’ Opinions Regarding Their Favourite Books. International Journal of Progressive Education, 17(4), 341–357. https://doi.org/10.29329/ijpe.2021.366.21
  8. Dewi, D. L., & Ekawati, R. (2022). Students’ Numeracy Skills in Solving the Fourth Level of Minimum Competency Assessment Question Development on Ratio and Proportion. MATHEdunesa, 11(1), 278–286. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n1.p278-286
  9. Fendrik, M., Marsigit, & Wangid, M. N. (2020). Analysis of Riau traditional game-based ethnomathematics in developing mathematical connection skills of elementary school students. Ilkogretim Online - Elementary Education Online, 19(3), 1605–1618. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2020.734497
  10. Gogahu, D. G. S., & Prasetyo, T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Bookstory untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1004–1015. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.493
  11. Gunawan, G., Suhardi, S., & Makawawa, J. C. (2023). Developing Picture Storybook Learning Media in Terms of Students’ Critical and Creative Thinking Skills. Jurnal Prima Edukasia, 11(2), 161–175. https://doi.org/10.21831/jpe.v11i2.56795
  12. Halim, A., Yosanny, A., & Soegandi, A. (2012). Efektivitas Prinsip Redundansi dalam Presentasi Perkuliahan. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 3(2), 901. https://doi.org/10.21512/comtech.v3i2.2319
  13. Hidayah, N. A. N., Winarno, W., & Istiqlal, M. (2022). Developing mathematics comics through Instagram themed local culture as an alternative learning solution. Ethnomathematics Journa, 3(2), 74–85. https://doi.org/10.21831/ej.v3i2.50504
  14. Hutauruk, A. J. (2020). Karakteristik Etnomatematika dalam Pembelajaran Sekolah. Prosiding Webinar Ethnomathematics, 1(1), 58–62.
  15. Iskandar, M. F., Dewi, D. A., & Hayat, R. S. (2024). Pentingnya Literasi Budaya dalam Pendidikan Anak SD: Sebuah Kajian Literatur. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(1), 785–794. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i1.723
  16. Izza, L. S. (2023). Pembentukan Dan Pencarian Identitas Budaya Indonesia. Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Sejarah, 2(1), 160–168. https://doi.org/10.22437/krinok.v2i1.24465
  17. Jayanti, G. D., Setiawan, F., Azhari, R., & Putri Siregar, N. (2021). Analisis Kebijakan Peta Jalan Pendidikan Nasional 2020-2035. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 6(1), 40–48. https://doi.org/10.47435/jpdk.v6i1.618
  18. Kurniawan, W., & Hidayati, T. (2020). Ethnomathematics in Borobudur Temple and Its Relevance in Mathematics Education: A Literature Study. Jurnal Pendidikan Progresif, 10(1), 91–104. https://doi.org/10.23960/jpp.v10.i1.202011
  19. Loko, O., Kaka, P. W., & Laksana, D. N. L. (2022). Bahan Ajar Multilingual Untuk Pembelajaran Siswa Sekolah. Jurnal Citra Pendidikan (JCP), 2(1), 180–189.
  20. Marni, & Pasaribu, L. H. (2021). Peningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemandirian Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1902.
  21. Muhammad, A. F. N., & Novitasari, N. I. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Pemahaman Matematik Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 4(1), 80–93.
  22. Mulyati, E. S., Azzahra, S. N., & Rachman, I. F. (2024). Memperkuat Literasi Dan Numerasi: Kunci Membangun Kualitas Pendidikan Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(1), 26–35. https://doi.org/10.61722/jemba.v1i1.55
  23. Muna, N., Suyitno, A., & Asikin, M. (2020). Potensi Mobile Learning Berbasis Etnomatematika Untuk Mengembangkan Kemampuan Literasi Matematis Pada Masa Pandemi.
  24. Nisa, T., & Murtaplah. (2021). Pengembangan Literasi Dan Numerasi Dalam Proses Belajar Dan Mengajar.
  25. OECD. (2019). PISA 2018: Insights and Interpretations. OECD Publishing.
  26. OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume II): Learning During – and From – Disruption. II.
  27. Oktaviani, C., Alim, J. A., Antosa, Z., & Hermita, N. (2022). Pengembangan Audible Books Berbasis Etnomatematika Sebagai Media Literasi Untuk Siswa Di Sekolah Dasar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2464–2478. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5355
  28. Oktaviani, C., Herwin, H., Adiwardana, M. R., Fianto, Z. A., & Dahlan, S. C. (2024). Harmonizing Math and Culture: Exploring Ethnomathematics in Malay Culture through Children’s Storybooks. Journal of IInovation in Educational and Cultural Research, 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.46843/jiecr.v5i2.1155
  29. Poernomo, E., Kurniawati, L., & Atiqoh, K. S. N. (2021). Studi Literasi Matematis. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 3(1), 83–100. https://doi.org/10.15408/ajme.v3i1.20479
  30. Prasetiawan, H., Effendi, K., & Kurniawan, S. J. (2020). Media Komik Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Nilai Sosial. PD ABKIN JATIM Open Journal System, 1(2), 65–75.
  31. Pratikno, A. S., & Hartatik, A. (2023). Pudarnya Eksistensi Kesenian Tradisional Ludruk Akibat Globalisasi Budaya. Civis : Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 12(2), 56–70. https://doi.org/10.26877/civis.v12i2.10623
  32. Primamukti, A. D., & Farozin, M. (2018). Utilization of interactive multimedia to improve learning interest and learning achievement of child. Jurnal Prima Edukasia, 6(2), 111–117. https://doi.org/10.21831/jpe.v6i2.19183
  33. Purwaningrum, A. P., Kusmanto, A. S., Ahyani, L. N., & Purwoko, R. Y. (2023). Pengembangan Media Buku Matematika Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Edupedia, 7(2). https://doi.org/10.24269/ed.v7i2.2394
  34. Putra, Z. H., Witri, G., & Syahrilfuddin. (2020). Matematika Dan Budaya Melayu Dalam Buku Bergambar Matematika Berjudul “ Gelang Comel Buatan Kite .” Jurnal Mutiara Pendidikan Avalilable, 5(1), 48–54. https://doi.org/https://doi.org/10.51544/mutiarape ndidik.v5i1.1120
  35. Rindengan, M. (2023). The Utilization of Picture Storybook: Can It Increase Students’ Critical and Creative Thinking Skills? Jurnal Prima Edukasia, 11(2), 176–185. https://doi.org/10.21831/jpe.v11i2.56854
  36. Rizky, M., & Karneli, Y. (2022). Efektifitas Pendekatan Cognitive behavioral therapy (CBT) untuk Mengatasi Depresi. Jurnal Literasi Pendidikan, 1(2), 265–280.
  37. Saptono, B. (2023). The Effectiveness of E-Books in Learning: An Analysis of Trends in Elementary Schools. Jurnal Prima Edukasia, 11(2), 206–214. https://doi.org/10.21831/jpe.v11i2.59484
  38. Sari, S. Y., Gusmania, Y., & Hasibuan, N. H. (2023). Pengembangan komik digital sebagai media literasi numerasi. PYTHAGORAS: JURNAL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA, 12(1), 85–94. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v12i1.5033
  39. Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03(02), 171.
  40. Septikasari, R. (2018). Keterampilan 4C abad 21 dalam pembelajaran. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, VIII(2), 112–122.
  41. Sholeh, M., & Supriadi, N. (2021). Etnomatematika pada Buku Saku Digital Berbasis Android Materi Segitiga dan Segiempat MTs. 2682, 191–204.
  42. Suryana, A., Zaki, I. B., Sua, J., Phua, G., Jekson, J., & Celvin, C. (2021). Pentingnya Membaca Buku bagi Generasi Baru di Era Teknologi Bersama Komunitas Ayobacabatam. National Conference for Community Service Project (NaCosPro), 3, 715–720.
  43. Suryatin, S., & Sugiman, S. (2019). Comic book for improving the elementary school students’ mathematical problem solving skills and self-confidence. Jurnal Prima Edukasia, 7(1), 58–72. https://doi.org/10.21831/jpe.v7i1.10747
  44. Teguh, M. (2013). Gerakan literasi sekolah dasar. Prosiding Seminar Nasional 15 MARET 2017, 18–26.
  45. Utomo, F. B. B. (2018). Developing illustrated story books to improve beginning reading skills and learning motivation. Jurnal Prima Edukasia, 6(2), 118–128. https://doi.org/10.21831/jpe.v6i2.16456
  46. Wahyuni, A., Effendi, L. A., Angraini, L. M., & Andrian, D. (2020). Developing instrument to increase students’ geometry ability based on Van Hiele level integrated with Riau Malay culture. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 24(2). https://doi.org/10.21831/pep.v24i2.33811
  47. Wulandari, D., Dwi Yunianti, V., Wahyuningsih, Y., Guru, P., & Dasar, S. (2023). Analisis Ketertarikan Siswa Sekolah Dasar terhadap Kebudayaan Indonesia. Journal on Education, 5(2), 2376–2382.
  48. Yayuk, E., Restian, A., & Ekowati, D. W. (2023). Literasi Numerasi dalam Kerangka Kurikulum Merdeka Berbasis Art Education. 7(2), 228–238.