Main Article Content

Abstract

Background: Batu Urip, sebagai kampung cagar budaya, memiliki potensi besar untuk dijadikan sebagai destinasi wisata edukasi yang dapat mengenalkan kekayaan budaya lokal kepada masyarakat luas. Keterbatasan teknologi dan media digital menghambat pengembangan wisata edukasi di Batu Urip akibat kurangnya pengetahuan dan sumber daya untuk konten digital. Minimnya akses informasi menyebabkan rendahnya pemahaman masyarakat tentang sejarah dan budaya lokal, serta rendahnya literasi budaya mengurangi apresiasi terhadap kekayaan budaya. Selain itu, daya tarik wisata edukasi yang perlu ditingkatkan dan kurangnya kesadaran serta perhatian dari pemerintah juga menjadi tantangan. ini bertujuan untuk mendampingi dan mengembangkan wisata edukasi Kampung Batu Urip melalui optimalisasi media website, guna meningkatkan literasi budaya lokal di kalangan masyarakat dan pengunjung. Metode: Pendekatan partisipatif, pelatihan, dan pengembangan konten digital yang sesuai dengan karakteristik budaya lokal. Hasil: Novelty dari pengabdian kepada masyarakat ini terletak pada kombinasi inovatif antara teknologi digital dan pemberdayaan masyarakat dalam pengembangan wisata edukasi. Dengan fokus pada peningkatan literasi budaya lokal dan pelestarian tradisi, Kampung Batu Urip dapat menjadi contoh sukses untuk inisiatif serupa di daerah lain. Optimalisasi media website dalam pendampingan pengembangan wisata edukasi di Kampung Batu Urip sangat penting untuk meningkatkan literasi budaya lokal. Kesimpulan: Dengan memanfaatkan teknologi digital, masyarakat dapat lebih memahami, menghargai, dan melestarikan budaya mereka, serta menarik lebih banyak pengunjung ke kampung tersebut.

Keywords

Pendampingan Wisata Edukasi Batu Urip Website Literasi Assistance Educational Tourism Batu Urip Website Literacy

Article Details

How to Cite
Susilo, A., Satinem, Y., Marsehan, A., Dwinanda, K., & Wahyudi, I. (2024). Pendampingan Pengembangan Wisata Edukasi Kampung Batu Urip melalui Optimalisasi Media Website untuk Meningkatkan Literasi Budaya Lokal. Jurnal SOLMA, 13(3), 1540–1550. https://doi.org/10.22236/solma.v13i3.16466

References

  1. Andriyan, W., Septiawan, S. S., & Aulya, A. (2020). Perancangan Website sebagai Media Informasi dan Peningkatan Citra Pada SMK Dewi Sartika Tangerang. Jurnal Teknologi Terpadu, 6(2), 79–88. https://doi.org/10.54914/jtt.v6i2.289
  2. Askarova, N., Shalamovа, O., & Voronova, L. (2024). The factors in the decision-making of high school graduates about higher education in the digital era. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 13(4), 2039. https://doi.org/10.11591/ijere.v13i4.27618
  3. Bustam. (2022). Museum: Sumber Belajar Dan Pariwisata Sejarah Budaya. Social Landscape Journal, 3(2), 1–8. https://doi.org/10.56680/slj.v3i2.33838
  4. Fajrie, N., Aryani, V., & Kironoratri, L. (2024). Media Belajar Digital Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Sumber Bacaan Dongeng Sastra Anak. Jurnal Elementaria Edukasia, 7(1), 2262–2275. https://doi.org/10.31949/jee.v7i1.8123
  5. Firdaus, D. W. (2017). Pemarisan Nilai-Nilai Historis dan Kearifan Lokal Masyarakat Kampung Adat Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, 4(2), 129. https://doi.org/10.25157/ja.v4i2.906
  6. Gunasti, A., Ma’ruf, A., Rizki, A., Juniar, D., Fitrianti, D., Ani, F., Agustin, M., Reeza, M., Aditya, R., Mardiatul, S., & Afifah, Z. (2022). Pendampingan Pengelolaan Website Sebagai Media Informasi di Desa Ambulu Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(4), 2012. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i4.10942
  7. Hareb Almheiri, A. S., & Abuhassna, H. (2024). Exploring the adoption of cutting-edge management practices by school principals. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 13(4), 2095. https://doi.org/10.11591/ijere.v13i4.28759
  8. Hidayat, Adi & Abdul Gafur. (2015). Pengelolaan dan Pemanfaatan Sumber Belajar di Sekolah Tinggi Pariwisata Ampta Yogyakarta. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(1), 1–15. https://doi.org/10.21831/tp.v2i1.5200
  9. Hidayatullah, A. (2020). Optimalisasi Budaya Literasi dalam Pembangunan Provinsi Nusa Tenggara Barat Gemilang. Prosiding Seminar Nasional IPPeMas 2020. Prosiding Seminar Nasional IPPeMas 2020.
  10. Hurek, M. B. A. (2015). Inventarisasi dan Penilaian Bangunan Cagar Budaya Pada Kampung Bandar dan Kota Lama Kupang dengan Historical Sites Inventory Method. Fakultas Teknik Universitas Tarumanagara, 11(2), 55–68.
  11. Purnomo, Eko & Kodrat Hi Karim. (2021). Desa Peduli Pendidikan melalui pendampingan penulisan Karya Ilmiah (laporan PTK). ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 220–229. https://doi.org/10.29408/ab.v2i2.4207
  12. Ramadani, Sintya Dwi Febrianti, & Ichsan Fauzi Rachman. (2024). Optimalisasi Literasi Digital oleh Pemerintah untuk Mendukung Agenda SDGs Goals-17: Partnership for The Goals. Semantik: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 2(2), 218–229. https://doi.org/10.61132/semantik.v2i2.630
  13. Ratih, D., & Suryana, A. (2020). Nilai-Nilai Kearifan Lokal Leuweung Gede Kampung Kuta Ciamis Dalam Mengembangkan Green Bihavior Untuk Meningkatkan Karakter Mahasiswa. Jurnal Artefak, 7(2), 79. https://doi.org/10.25157/ja.v7i2.4199
  14. Sigit, D. V., Ristanto, R. H., Komala, R., Nurrismawati, A., Prastowo, P., & Katili, A. S. (2024). Analysis of ecological literacy level and creative thinking skills of college students. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 13(3), 1434. https://doi.org/10.11591/ijere.v13i3.25573
  15. Soebijantoro, S., Hartono, Y., & Huda, K. (2023). Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengembangan Wisata Sejarah Monumen Kresek Kabupaten Madiun. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(3), 399–406. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.1079
  16. Syaifullah, M., & Wibowo, B. (2016). Pemanfaatan Benda Cagar Budaya Sebagai Potensi Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Bagi Masyarakat Sekitar di Kota Pontianak Kalimantan Barat. Sejarah dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya, 10(2), 222–233. https://doi.org/10.17977/um020v10i22016p222
  17. Wahyuni, S., Safitri, N., Hutagalung, W. D., Sunatra, P., & Sinurat, D. K. (2023). Tradisi Upacara Adat Pernikahan Suku Karo di Kabupaten Karo. Puteri Hijau: Jurnal Pendidikan Sejarah, 8(2), 205–210. https://doi.org/10.24114/ph.v8i2.47936