Main Article Content

Abstract

Background: Siswa kelas XI jurusan akuntansi SMKN 12 Kota Malang masih minim pemahaman dan keahlian dalam mengoperasikan software accurate. Kekurangan ini dikarenakan siswa masih sering menggunakan cara manual dalam pengerjaan siklus akuntansi, sehingga siswa kurang terlatih dalam menggunakan software accurate.  Melalui kegiatan pelatihan ini, tim pengabdian Masyarakat bertujuan memberikan edukasi dan pelatihan kepada siswa kelas XI jurusan akuntansi SMKN 12 Kota Malang mengenai software accurate. Metode: Kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari dan diikuti oleh 58 siswa kelas XI SMKN 12 Kota Malang. Siswa diberikat pre-test dan post-test sebagai tolak ukur keberhasilan kegiatan. Kegiatan pengabdian dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi ceramah dan sesi pelatihan dengan praktek studi kasus menggunakan software accurate. Hasil: Hasil analisis pre-test post-test menunjukkan bahwa pengetahuan siswa berbeda signifikan dan meningkat 26,8% dan siswa mampu menghasilkan laporan keuangan neraca skontro dengan software accurate. Kesimpulan: Kegiatan pengabdian ini berhasil memberikan edukasi dan meningkatkan awareness siswa terkait pentingnya skill akuntansi digital baik dalam pembelajaran di sekolah maupun di dunia kerja.

Keywords

Akuntansi Pelatihan Digitalisasi Pembelajaran Akuntansi Pelatihan Digitalisasi Pembelajaran

Article Details

How to Cite
Mentari, S., Ma’ruf Nuris, D., & Ananta Sidharta, E. (2024). Peningkatan Kompetensi Keahlian dengan Pelatihan Software Accurate: Optimalisasi Potensi Siswa SMK di Era Digitalisasi Akuntansi. Jurnal SOLMA, 13(3), 1628–1637. https://doi.org/10.22236/solma.v13i3.16428

References

Read More