Main Article Content

Abstract

Background: Kelompok tani Sehase I desa Tebat Lereh mayoritas penduduk yang berprofesi sebagai petani. Hasil panen yang melimpah, pendapatan mereka tetap rendah karena harga jual cabai naik turun dan tidak stabil. Dimana harga cabai ditengkulak dan dipasar tradisional tidak stabil dan cenderung murah bahkan tidak laku sehingga membusuk. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini yaitu untuk meningkatkan pemberdayaan mitra, peningkatan pendapatan, keterampilan dengan inovasi produk cabai menjadi bubuk (Cambuk) dan pemasaran digital. Metode: Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakan yaitu tahap analisis kebutuhan, tahap pendampingan dan implementasi, dan tahap evaluasi. Indikator keberhasilan kegiatan pendampingan pengolahan cabai menjadi cabai bubuk yaitu dengan mengukur sebelum (pre-test) dan sesudah (post-test) penyuluhan dengan Tingkat pengetahuan dan keterampilan peserta dari segi pembuatan dan manfaat cabai bubuk dan mutu cabai dalam jangka Panjang. Hasil: Terjadi peningkatan pengetahuan dan keterampilan petani yang tinggi dengan Tingkat prensentase 98,83% masuk pada kategori tinggi. Kesimpulan: Kegiatan pendampingan ini memberikan dampak positif terhadap harga jual cabai bubuk dengan peningkatan mutu produk dan menigkatkan pemasaran produk kelompok tani sehase 1.

Keywords

Cabai bubuk Pemasaran digital Pendampingan Tani Chili powder Digital marketing Farming Mentoring

Article Details

How to Cite
Puspita, D., Ichsan, O. A. N., & Syahri, R. (2024). Pendampingan Pengolahan Cabai Menjadi Bubuk (CAMBUK) pada Kelompok Tani Sehase I Desa Tebat Lereh Kota Pagar Alam . Jurnal SOLMA, 13(3), 1724–1734. https://doi.org/10.22236/solma.v13i3.16421

References

  1. Agusli, R., Mariana, A. R., & Suerwan, S. (2019). Sistem Informasi Manajemen Produksi di PT Aneka Paperindo Sejahtera. Jurnal Sisfotek Global, 9(2), 8–13. https://doi.org/10.38101/sisfotek.v9i2.245
  2. Fadhilah, D. A., & Pratiwi, T. (2021). Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing Studi Kasus Usaha Kremes Desa Cibunar Kecamatan Rancakalong. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, XII(1), 17–22.
  3. Imron, M. S., & Nurdian, Y. (2021). Digitalisasi pemasaran keripik tempe dalam menghadapi persaingan dagang selama pandemi Covid-19. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 17(1), 65–76. https://doi.org/10.20414/transformasi.v17i1.3129
  4. Jatiningrum, C., Marantika, A., Rafika, W., & Sari, P. (2022). Pemanfaatan Aplikasi E-Commerce Pada Pemasaran Produk UMKM Kerajinan Batok Kelapa di Kabupaten Pringsewu. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).
  5. Julitasari, E. N., Sulistiarini, E. B., & Payon, Y. S. (2021). Pelatihan Dan Pendampingan Petani Cabe Dalam Pengolahan Cabe Kering Di Desa Bocek, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang. Abdimas Galuh, 3(1), 114. https://doi.org/10.25157/ag.v3i1.5032
  6. Jumiati, Hasriani, Hamzah, Laya, M. A. H., Fajrina, F., Wantoro, B. H., & Yuliana. (2023). Pelatihan Penanganan Panen dan Pascapanen Pada Kelompok Tani Mamampang Penghasil Cabai Organik Di Kota Makassar. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 234–243.
  7. Marliani, S., Namaradzani, F., & ... (2022). Pendampingan Pada Unit Usaha Lampu Hias Ika Lighting Terhadap Pemasaran Di Pusat Galeri Oleh-Oleh. Prosiding …, 814–830.
  8. Maryasih, L., Ariani, N. E., & Febrianty, M. (2023). Pelatihan Digital Marketing Untuk Strategi Pemasaran Pada Produk UMKM di Desa Kueh Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar. 3, 13–19.
  9. Nasikah, D., Septiana, N., & Fuadi, S. (2022). Pelatihan Packaging Dan Branding Dalam Rangka. Sinar Sang Surya (Jurnal Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat ), 6(2), 353–359.
  10. Permatasari, D., Yogapratama, F., Kurniafitra, I. I., & Islamiah, W. (2022). Pelatihan Digital Marketing Sebagai Upaya Pengembangan Strategi Pemasaran Produk Umkm Batik. Transformasi Dan Inovasi, 2(1), 60–72.
  11. Pramartha, I. M. A., Gde, I. P., Artha, C., Istri, A. A., & Dewi, K. G. (2023). Optimalisasi Pembukuan dan Pemasaran Berbasis Digital Kelompok Industri Kecil Menengah Pengrajin Perak di Desa Batubulan. 7(3), 308–317.
  12. Puspita, D., Masdalipa, R., & Asminah, A. (2023). Pelatihan Pengenalan E-Commerce Bagi Pelaku Umkm Di Desa Bandar Aji Kabupaten Lahat. Fordicate, 2(2), 119–124. https://doi.org/10.35957/fordicate.v2i2.4808
  13. Puspita, D., Putrawansyah, F., & Arif, A. (2022). Pelatihan Digital Marketing Untuk Peningkatan Promosi Produk Unggulan Daerah Bipang Tanjung Sakti. Fordicate, 2(1), 65–76. https://doi.org/10.35957/fordicate.v2i1.3556
  14. Putrawansyah, F., Syaputra, A., Itteridi, V., Studi, P., & Sipil, T. (2023). Pkm Optimalisasi Urine Kelinci Menjadi Pupuk Organik Cair ( Poc ) Tanaman Seledri Pada Kelompok Tani Muara. 4(2), 1366–1374.
  15. Rachmanto, A., & Fachrizal, M. R. (2018). Perancangan Enterprise Architecture dengan Framework TOGAF ADM Pada Rumah Sakit Umum di Cimahi. Jurnal Teknologi Dan Informasi, 8(2). https://doi.org/10.34010/jati.v8i2.1037
  16. Setiadi, D., Syahri, R., & Nasrullah, A. (2023). Pemanfaatan Media Sosial untuk Mengoptimalkan Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Pagar Alam. Jurnal Ngabdimas, 6(1), 37–45.
  17. Widiastuti, S. N., Suryana, Y., & Prabowo, A. (2018). Evaluasi Perubahan Pengetahuan dan Keterampilan Petani dalam Pembuatan Kompos Jerami Padi di Kelompok Karya Bersama Pampangan Kab Ogan Komering Ilir. Jurnal Triton, 9(1), 51–58.