Main Article Content

Abstract

ackground: Sekolah Adiwiyata bertanggung jawab mengembangkan karakter peduli lingkungan untuk mendukung pembangunan berkelanjutan. Kepedulian siswa terhadap lingkungan terbentuk melalui pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola sampah, dengan tujuan meningkatkan kepedulian siswa di Sekolah Adiwiyata. Metode: Kegiatan diawali dengan sosialisasi mengenai proyek pengelolaan sampah berkelanjutan (Sustainable Waste Treatment), dilanjutkan dengan pelatihan pengolahan sampah organik dengan budidaya maggot dan pembelajaran berbasis proyek. Selama pembelajaran proyek, pendampingan dan evaluasi dilakukan secara berkala.  Peserta kegiatan berjumlah 60 siswa. Keberhasilan kegiatan pengabdian ini didasarkan pada hasil pretest-posttest dan produk/karya siswa. Hasil: Hasil respon peserta menunjukkan 69,67% peserta menganggap sosialisasi dapat meningkatkan pengetahuan siswa. Pelatihan budidaya maggot BSF meningkatkan pengetahuan, kesanggupan, kesadaran, dan motivasi peserta dengan skor pretest-posttest meningkat 0,17-0,53. Produk maggot yang dihasilkan meliputi 11 jenis, seperti boneka Horta, hand sanitizer, scrub, makanan kucing basah, tepung maggot, suplemen unggas, nutrisi ikan, susu ternak, pelet maggot, maggot sangrai, dan kasgot. Kegiatan ini berhasil mencapai indikator kepedulian dalam pengelolaan sampah. Kesimpulan: Kepedulian siswa terhadap lingkungan mengalami peningkatan dengan proyek pengelolaan sampah berkelanjutan berdasarkan hasil skor pretest-posttest terjadi peningkatan pada seluruh aspek dan siswa dapat mengolah maggot BSF menjadi berbagai produk.

Keywords

Budidaya maggot BSF Kepedulian siswa Pelatihan Pembelajaran proyek Sustainable waste treatment BSF maggot farming Project-based learning Student' awareness Sustainable waste treatment Training

Article Details

How to Cite
Malahayati, E., Prayudhi, L. A., & Anggraini, D. P. (2024). Proyek Sustainable Waste Treatment melalui Budidaya Maggot untuk Meningkatkan Kepedulian Siswa terhadap Lingkungan . Jurnal SOLMA, 13(3). https://doi.org/10.22236/solma.v13i3.16406

References

  1. Aprilianto, R. N., & Arief, A. (2020). Sekolah Adiwiyata Dalam Dimensi Karakter Dan Mutu Pendidikan. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 6(1). https://doi.org/10.30738/trihayu.v6i1.7879
  2. Arisona, R. D. (2018). Pengelolaan Sampah 3R (Reduce, Reuse, Recycle) pada Pembelajaran IPS untuk Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan. Al Ulya, 3(1), 39–51. https://doi.org/10.1177/0958305X231181672
  3. Aziz, R., Ihsan, T., & Permadani, A. S. (2019). Skenario Pengembangan Sistem Pengelolaan Sampah Kabupaten Pasaman Barat dengan Pendekatan Skala Pengolahan Sampah di Tingkat Kawasan dan Kota. Jurnal Serambi Engineering, 4(1), 444. https://doi.org/10.32672/jse.v4i1.977
  4. Azrai, E. P., Rini, D. S., & Suryanda, A. (2020). Micro-teaching in the Digital Industrial Era 4.0: Necessary or not? Universal Journal of Educational Research, 8(4A), 23–30. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081804
  5. Dewi, I. N., Utami, S. D., Effendi, I., Ramdani, A., & Rohyani, I. S. (2020). The Effectiveness of Biology Learning-Local Genius Program of Mount Rinjani Area to Improve the Generic Skills. International Journal of Instruction, 14(1), 265–282. https://doi.org/10.29333/IJI.2021.14116A
  6. Halim Abdul, Mahzum Elmi , Yacob Muhammad, I. I. and H. L. (2021). The Impact of Narrative Feedback, E-Learning Modules and Realistic Video and the Reduction of Misconception. Education Sciences, 11(158), 1–14.
  7. Haul, S., Narut, Y. F., & Nardi, M. (2021). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 2(1), 47–58.
  8. Irwandi & Fajeriadi, H. (2019). Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa SMA di Kawasan. Bio-Inoved, 1(1), 66–73.
  9. Lestari, W., Wigati, I., Sholeh, M. I., Desi Pramita, dan, Islam Negeri Raden Fatah Palembang, U., & Selatan, S. (2022). Instrumen Literasi Digital Guru Menggunakan Model Rasch ORBITAL: JURNAL PENDIDIKAN KIMIA. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 6(2), 104–113.
  10. Nugroho, A., Fatonah, A., Wijaya, D. P. E., Pu-tri, R. P., Fikri, M. N., Setiawan, O., Kur-niawan, L. Y., Astuti, J. S., Primandika, F. T., & Budiarti, S. A. C. (2020). Menumbuhkembangkan Kepedulian Siswa terhadap Lingkungan Melalui Kegiatan Penghijauan di MIM Pakang Andong, Boyolali. Buletin KKN Pendidikan, 2(2), 69–74.
  11. Nurfajriah, N. N., Mariati, F. R. I., Waluyo, M. R., & Mahfud, H. (2021). Pelatihan Pembuatan Eco-Enzyme Sebagai Usaha Pengolahan Sampah Organik Pada Level Rumah Tangga. Jurnal Ikra-Ith Abdimas, 4(3), 194–197.
  12. Rahman, A. (2018). Urgensi Pedagogik dalam Pembelajaran dan Implikasinya dalam Pendidikan. BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 83. https://doi.org/10.29240/bjpi.v3i1.358
  13. Rukmini, P., Rozak, D., & Setyo, W. (2020). Pengolahan Sampah Organik Untuk Budidaya Maggot Black Soldier Fly (BSF). Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat …, 3, 250–253.
  14. Sitorus, L., & Lasso, A. H. (2021). Pendidikan karakter peduli lingkungan melalui pembiasaan dan pembudayaan di Sekolah Menengah Pertama. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2206–2216.
  15. Subur Subur, Abu Dharin, I. W. (2023). Strengthening character education caring for the environment based on Adiwiyata Mandiri in high school. Cypriot Journal of Educational Science, 18(1), 313–324.
  16. Ze, A. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Budidaya Maggot Dalam Meningkatkan Kesadaran Lingkungan (Studi di Bank Sampah Tunas Mulia Kelurahan Ciherang Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya.