Main Article Content

Abstract

Pendahuluan: Teknologi Artificial Intelligence (AI) memiliki potensi besar untuk mendukung proses pembelajaran terutama dalam konteks bahan ajar untuk anak usia dini. Namun, pendidik PAUD masih kesulitan dalam memanfaatkan teknologi AI untuk diterapkan dalam pembuatan bahan ajar. Metode: Mitra dalam kegiatan ini yaitu PAUD Bunda Gemilang di Kecamatan Nanggung, dengan jumlah peserta 10 (sepuluh) orang guru. Metode yang digunakan yaitu edukasi, pelatihan, dan pendampingan. Pengambilan data melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi Hasil: Berdasarkan analisis data yang dilakukan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan guru PAUD Bunda Gemilang dalam membuat bahan ajar menggunakan teknologi AI. Namun, guru PAUD Bunda Gemilang masih kesulitan mengintegrasikan AI ke dalam kurikulum pembelajaran PAUD. Kesimpulan: Edukasi dan pendampingan membuat bahan ajar berbasis AI untuk guru PAUD penting dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di PAUD.

Keywords

Artificial Intelligence (AI) Bahan Ajar Edukasi PAUD Pendampingan

Article Details

How to Cite
Adiningsih, Y., Royani, I., & Latipah, D. (2024). Edukasi dan Pendampingan Pembuatan Bahan Ajar untuk Anak Usia Dini Berbasis Artificial Intelligence (AI) di Kecamatan Nanggung. Jurnal SOLMA, 13(3), 2762–2774. https://doi.org/10.22236/solma.v13i3.16379

References

Read More