Main Article Content

Abstract

Background: Rendahnya manajemen tata kelola usaha, rendahnya alat produksi, dan rendahnya jangkauan pemasaran menjadi permasalahaan yang melatar belakangi adanya kegiatan pengabdian kepada masyarakat agar dapat diberikan solusi yang tepat sesuai permasalahan mitra. Kegiatan ini bertujuan untuk menaikkan kelas angkringan yang mampu menghasilkan produk organik dan alami sebagai brand value nya, agar produk yang di hasilkan dapat di pasarkan melalui sosial media, E-commerce. Metode: Kegiatan PKM di hadiri oleh ibu Rusida sebgai pemilikAngkringan Masuk Monjok beserta enam karyawannya, menggunakan Metode PRA yang mengedepankan keterlibatan mitra secara penuh, diawali perencanaan yaitu analisis situasi, penentuan tema, jadwal, pelaksanaan edukasi, pendampingan, pelatihan, serta evaluasi untuk melihat keberhasilan implementasi kegiatan pada mitra, sedangkan pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan diskusi. Hasil: Mitra dapat meningkatkan tata kelola usaha melalui penerapan brand value, biaya mutu, diferensiais produk, mengahasilkan produk baru berupa serundeng dan bumbu bubuk kemasan, serta mampu memasarkan produknya lewat pemasaran online. Kesimpulan: Angkringan Masuk Monjok naik kelas karena mampu memproduksi bumbu bubuk kemasan, yang disertai label, dan keterangan pada kemasan, dipromosikan serta dipasarkan melalui pemasaran online agar menjangkau pasar yang lebih luas dengan harga yang sangat terjangkau.

Keywords

Brand value Quality Cost Product Differentiation Angkringan Up Class Angkringan naik kelas Biaya mutu Brand value Diferensiasi produk

Article Details

How to Cite
Halpiah, H., Ulfah, B. R. M., Andriana, A., Putra, I. W., Agustina, H. N., Rahmawati, S., Sriyani, L., & Amalia, S. R. (2024). Angkringan Naik Kelas Menggunakan Pendekatan Brand Value Berbasis Biaya Mutu dan Diferensiasi Produk Organik . Jurnal SOLMA, 13(3), 1700–1710. https://doi.org/10.22236/solma.v13i3.16283

References

  1. Atmawidjaja, Rd. H. S., Gunawan, R., Dzaljad, R. G., Naf’an, M. A., Rinjani, N. I., & Mariyam, S. (2024). Potensi Home Industry Fast Food sebagai Peluang Bisnis bagi Warga Aisyiyah dan Muhammadiyah Kota Depok. Jurnal Solma, 13(2), 1220–1229. https://doi.org/10.22236/solma.v13i2.14925
  2. Aysah, S., Halpiah, H., & Putra, H. A. (2023). Pengaruh Pengetahuan dan Praktik Akuntansi terhadap Pengembangan Usaha Pengrajin Bambu. Monex: Journal of Accounting Research, 12(2), 204–217. https://doi.org/10.30591/monex.v12i2.5175
  3. Cahrianto, C., Sunarmo, S., Widuhung, S. D., Arsyad, A. T., Halim, A., & Lakhsamana, N. D. (2024). Sosialisasi Dan Pendampingan Strategi Pemasaran Pada UMKM Dapur Momy Kean Di Bekasi. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 294–301. https://doi.org/10.24198/kumawula.v7i2.45933
  4. Dwijayanti, A., Komalasari, R., Harto, B., Pramesti, P., & Alfaridzi, M. W. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi dan Pemasaran pada UMKM Sablon Anggi Screen di Era Digital. Ikra-Ith Abdimas, 6(2), 68–75. https://doi.org/10.37817/ikra-ithabdimas.v6i2.2408
  5. Halpiah, H., & Putra, H. A. (2022a). Implementasi Akuntansi Sebagai Strategi Bisnis UMKM. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 16(2), 308–321. https://doi.org/https://doi.org/10.32815/jibeka.v16i2.1034
  6. Halpiah, H., & Putra, H. A. (2022b). Penggunaan Sheet Accounting Accounting Sebagai Reformasi Sistem Bookkeeping Pada Industri Rumah Tangga. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(5). https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jmm.v6i5.10696
  7. Halpiah, H., & Putra, H. A. (2024). Mitigasi Kebangkrutan: Penguatan Bisnis UMKM Melalui Intervensi Akuntansi. Jati: Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia, 7(1), 83–94. https://doi.org/10.18196/jati.v7i1.21535
  8. Halpiah, H., Putra, H. A., & Ulfah, B. R. M. (2021). Good Practices and Learning Benefits in the Implementation of Total Quality Management (TQM) in Msmes. 2nd Annual Conference on Education and Social Science (ACCESS 2020), 287–290. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210525.091
  9. Halpiah, H., Putra, H. A., Ulfah, B. R. M., & Hurriati, L. (2021). Pengenalan Pencatatan Akuntansi Kepada Pedagang Kecil Sebagai Pengetahuan Dalam Mengembangkan Usaha. Transformasi: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(3), 139–148. https://doi.org/10.31764/transformasi.v1i3.6088
  10. Halpiah, H., Putra, H. A., Yudistira, A., Qistinnisa, B., Firmansyah, F., & Iqbal, M. Z. (2023). Pendampingan Keberlanjutan Usaha Berbasis Aplikasi Akuntansi. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(6), 6046–6058. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i6.19449
  11. Halpiah, & Putra, H. A. (2023). Keberlanjutan Usaha Berbasis Aplikasi Akuntansi: Referensi bagi UMKM. MEGA PRESS NUSANTARA.
  12. Iskhak, B., & Affandi, M. A. (2018). Fenomena Mahasiswa “Ngopi” di Angkringan 99. Paradigma, 6(1).
  13. Kurniati. (2015). Strategi Adaptasi Pedagang Angkringan Dalam Mempertahankan Eksistensi Hidup Studi Di Kawasan JL. K.H. Ali Maksum Krapyak Yogyakarta (Perbandingan Antara Angkringan Tradisional Versus Angkringan Modern). Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, 5(2), 180–198.
  14. Kusumastuti, R. D., & Kusuma, A. S. (2022). Angkringan Sebagai Ruang Publik Dan Sarana Interaksi Sosial Di Kota Bogor. Jurnal Pustaka Komunikasi, 5(1), 91–105. https://doi.org/10.32509/pustakom.v5i1.1850
  15. Nurdiyansyah, F., Fairuzabadi, A., Akbar, I., & Putra, L. U. (2024). Section Articles Strategi Digital Marketing untuk Meningkatkan Kemandirian Ekonomi Pada Pengrajin Selop Manten. Jurnal SOLMA, 13(1), 16–26. https://doi.org/10.22236/solma.v13i1.14351
  16. Rahmadani, L., & Halpiah, H. (2021). Implementasi Sistem Pengendalian Manajemen Dalam Meningkatkan Produktivitas Dan Mengatasi Hambatan Bisnis Online Body Care Pada PT. Sastro Utama Media Grup. Nusantara Hasana Journal, 1(5), 15–24.
  17. Rizkhie, V. E., Nurhajati, & Asiyah, S. (2024). Penerapan Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Pada UMKM Keripik Buah Di Kota Malang . Jurnal Solma, 13(2), 1090–1096. https://doi.org/10.22236/solma.v13i2.14951
  18. Sari, D. K., Sunaryo, H., & Farida, E. (2024). Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Berbasis Ekonomi Kreatif. Jurnal SOLMA, 13(2), 1007–1011. https://doi.org/10.22236/solma.v13i2.15124
  19. Shalihah, R. B., & Pujiyanti, I. (2020). Perancangan Ruang Di Bangunan Kafe Bertema Up-Angkringan Dengan Efisiensi Kapasitas Ruang. Journal of Architecture Student, 1(2).
  20. Wahyuli, N., Halpiah, H., & Putra, H. A. (2022). Penerapan metode Just In Time Manufacturing (JITM) untuk meningkatkan produktivitas UD. Gala Mebel. Media Bina Ilmiah, 17(5), 803–814. https://doi.org/https://doi.org/10.33578/mbi.v17i5.199
  21. Widagdho, A., Retnowati, M. S., Masyail, M. S., & Pratama, A. A. (2024). Penguatan Kompetitivitas UMKM Kuliner Di Desa Bangunrejo, Ponorogo Melalui Pendampingan Implementasi Media Pemasaran Digital. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 490–496. https://doi.org/10.24198/kumawula.v7i2.54186
  22. Widyadmono, V. M., & Wijayanti, L. E. (2023). Warung Angkringan Bertahan di Tengah Jaman: Membangun Kepuasan Melalui Kualitas Layanan. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Kewirausahaan, 12(1), 36–46.