Main Article Content

Abstract

Background: UMKM kini dihadapkan pada tantangan baru, bagaimana bertahan dan bahkan unggul di tengah dinamika pasar global yang semakin kompetitif. Salah satu jalan untuk menghadapi tantangan ini adalah dengan memanfaatkan teknologi terbaru, khususnya Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence/AI). Program Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat ini bertujuan meningkatkan daya saing UMKM di Kota Surakarta melalui penerapan teknologi Kecerdasan Buatan (AI). Metode: Kolaborasi dengan Asia Council for Small Business (ACSB) dan dukungan dari Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat memungkinkan pelatihan dan pendampingan bagi 30 UMKM. Hasil: 85% peserta berhasil mengimplementasikan AI dalam operasional dan pemasaran, termasuk pemanfaatan chatbot dan strategi iklan berbasis AR. E-commerce https://acsbsurakarta.com dengan fitur AR dan AI juga berkontribusi pada peningkatan visibilitas dan penjualan produk UMKM. Kesimpulan: Program ini merupakan program pengabdian kepada masyarakta yang berhasil mendapatkan pendanaan dari program Hibah PkM DRTPM yang berhasil mendorong transformasi digital UMKM, keberlanjutan pelatihan dan penguatan infrastruktur teknologi tetap diperlukan.

Keywords

E-commerce Kecerdasan buatan Pemberdayaan masyarakat Transformasi digital UMKM Artificial intelligence Community empowerment Digital transformation E-commerce MSMEs

Article Details

How to Cite
Dawis, A. M., Ardhani, R., Khasanah, A. U., Dzulfiqar Bariq, F. F., & Renosih, N. E. (2024). Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM dengan Teknologi Kecerdasan Buatan . Jurnal SOLMA, 13(3), 2263–2270. https://doi.org/10.22236/solma.v13i3.16243

References

Read More