Main Article Content
Abstract
Background: UMKM kini dihadapkan pada tantangan baru, bagaimana bertahan dan bahkan unggul di tengah dinamika pasar global yang semakin kompetitif. Salah satu jalan untuk menghadapi tantangan ini adalah dengan memanfaatkan teknologi terbaru, khususnya Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence/AI). Program Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat ini bertujuan meningkatkan daya saing UMKM di Kota Surakarta melalui penerapan teknologi Kecerdasan Buatan (AI). Metode: Kolaborasi dengan Asia Council for Small Business (ACSB) dan dukungan dari Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat memungkinkan pelatihan dan pendampingan bagi 30 UMKM. Hasil: 85% peserta berhasil mengimplementasikan AI dalam operasional dan pemasaran, termasuk pemanfaatan chatbot dan strategi iklan berbasis AR. E-commerce https://acsbsurakarta.com dengan fitur AR dan AI juga berkontribusi pada peningkatan visibilitas dan penjualan produk UMKM. Kesimpulan: Program ini merupakan program pengabdian kepada masyarakta yang berhasil mendapatkan pendanaan dari program Hibah PkM DRTPM yang berhasil mendorong transformasi digital UMKM, keberlanjutan pelatihan dan penguatan infrastruktur teknologi tetap diperlukan.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Adamopoulou, Eleni, and Lefteris Moussiades. (2020). 584 IFIP IFIP Advances in Information and Communication Technology An Overview of Chatbot Technology. Springer International Publishing. http://dx.doi.org/10.1007/978-3-030-49186-4_31.
- Bakar, Azrizan Abu et al.(2020). Augmented Reality Mengatasi Miskonsepsi Pembentukan Peribahasa Augmented Reality Overcoming Misconceptions about Forming Proverbs. null.
- Bett, Ean S, Timothy C Frommeyer, Tejaswini Reddy, and James Ty Johnson. (2023). Assessment of Patient Perceptions of Technology and the Use of Machine-Based Learning in a Clinical Encounter. Intelligence-Based Medicine 7: 100096. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S2666521223000108.
- Dharma, Prapbowo Ignatha, and Sumarno Sumarno. (2022). Website-Based Sales Reporting Information System with the Laravel Framework (Case Study of Pramana Agency). Procedia of Engineering and Life Science 2(2).
- H., Dinandara Aliya Rahma, and Sulastri Irbayuni. (2023). Menuju Karir Masa Depan: Pelatihan Skill Untuk Analis Data Sebagai Peluang Baru Di Era Digital Melalui Program Studi Independen Di Bitlabs Academy. TRIDHARMADIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Jayakarta 3(1): 5.
- Informasi, Teknologi et al. (2023). IMPLEMENTASI CRM DI UMKM KOTA BANDUNG UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN PELANGGAN. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR).
- Kim, Jeongho et al. (2023). StableVITON: Learning Semantic Correspondence with Latent Diffusion Model for Virtual Try-On. arXiv.org.
- Marelli, Davide et al. (2022). Designing an AI-Based Virtual Try-On Web Application. Sensors.
- Mohamed, Islam Samih, Mohamed Abdelsalam, and Ibrahim F Moawad. (2024). Support Chatbot Based on ChatGPT for Customer Relationship Management in Educational Institutions. International Conference on Computing and Information.
- Mukhlison, None et al. (2022). PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING PADA UMKM LOKAL UNTUK PEMULIHAN EKONOMI DI KELURAHAN KAUMAN KECAMATAN SRENGAT KABUPATEN BLITAR. KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara.
- Rahman, Taufiqur et al. (2020). Taufiqur Rahman AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SENI TARI RANTAYA DI ISI SURAKARTA. null.
- Sanusi, Rikcy et al. (2023). Technology-Based Services in Supporting Visitor Experience and Interaction with Tourism Destinations through AR Gamification Applications. Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia 1(3): 208–15. https://doi.org/10.59024/faedah.v1i3.292.
- Sobron, M, and Lubis. (2021). Implementasi Artificial Intelligence Pada System Manufaktur Terpadu. Seminar Nasional Teknik (SEMNASTEK) UISU 4(1): 1–7. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/semnastek/article/view/4134.
- Tawira, Letwin, Letwin Tawira, Alex Ivanov, and Alex Ivanov. (2022). Leveraging Personalization and Customization Affordances of Virtual Try-on Apps for a New Model in Apparel m-Shopping. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics.
- Triwijayati, Anna et al. (2023). Strategi Inovasi Bisnis Untuk Meningkatkan Daya Saing Dan Pertumbuhan Organisasi Di Era Digital. Jurnal Bisnis dan Manajemen West Science.
- Wardani, Surti, Arsid Arsid, and Arif Siaha Widodo. (2023). Optimasi Social Media Marketing Untuk Pengembangan Produk Lokal Di Desa Ciampea Udik Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor. DEDIKASI PKM.
- Yohanson, A K, Lukmanul Hakim, and Yuniwati Yuniwati. (2023). PERAN PEMIMPIN UNTUK MENINGKATKAN EKONOMI DESA MELALUI SOSIALISASI PENTINGNYA MANAJEMEN ORGANISASI DI DESA PUJO RAHAYU. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat.
References
Adamopoulou, Eleni, and Lefteris Moussiades. (2020). 584 IFIP IFIP Advances in Information and Communication Technology An Overview of Chatbot Technology. Springer International Publishing. http://dx.doi.org/10.1007/978-3-030-49186-4_31.
Bakar, Azrizan Abu et al.(2020). Augmented Reality Mengatasi Miskonsepsi Pembentukan Peribahasa Augmented Reality Overcoming Misconceptions about Forming Proverbs. null.
Bett, Ean S, Timothy C Frommeyer, Tejaswini Reddy, and James Ty Johnson. (2023). Assessment of Patient Perceptions of Technology and the Use of Machine-Based Learning in a Clinical Encounter. Intelligence-Based Medicine 7: 100096. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S2666521223000108.
Dharma, Prapbowo Ignatha, and Sumarno Sumarno. (2022). Website-Based Sales Reporting Information System with the Laravel Framework (Case Study of Pramana Agency). Procedia of Engineering and Life Science 2(2).
H., Dinandara Aliya Rahma, and Sulastri Irbayuni. (2023). Menuju Karir Masa Depan: Pelatihan Skill Untuk Analis Data Sebagai Peluang Baru Di Era Digital Melalui Program Studi Independen Di Bitlabs Academy. TRIDHARMADIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Jayakarta 3(1): 5.
Informasi, Teknologi et al. (2023). IMPLEMENTASI CRM DI UMKM KOTA BANDUNG UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN PELANGGAN. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR).
Kim, Jeongho et al. (2023). StableVITON: Learning Semantic Correspondence with Latent Diffusion Model for Virtual Try-On. arXiv.org.
Marelli, Davide et al. (2022). Designing an AI-Based Virtual Try-On Web Application. Sensors.
Mohamed, Islam Samih, Mohamed Abdelsalam, and Ibrahim F Moawad. (2024). Support Chatbot Based on ChatGPT for Customer Relationship Management in Educational Institutions. International Conference on Computing and Information.
Mukhlison, None et al. (2022). PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING PADA UMKM LOKAL UNTUK PEMULIHAN EKONOMI DI KELURAHAN KAUMAN KECAMATAN SRENGAT KABUPATEN BLITAR. KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara.
Rahman, Taufiqur et al. (2020). Taufiqur Rahman AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SENI TARI RANTAYA DI ISI SURAKARTA. null.
Sanusi, Rikcy et al. (2023). Technology-Based Services in Supporting Visitor Experience and Interaction with Tourism Destinations through AR Gamification Applications. Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia 1(3): 208–15. https://doi.org/10.59024/faedah.v1i3.292.
Sobron, M, and Lubis. (2021). Implementasi Artificial Intelligence Pada System Manufaktur Terpadu. Seminar Nasional Teknik (SEMNASTEK) UISU 4(1): 1–7. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/semnastek/article/view/4134.
Tawira, Letwin, Letwin Tawira, Alex Ivanov, and Alex Ivanov. (2022). Leveraging Personalization and Customization Affordances of Virtual Try-on Apps for a New Model in Apparel m-Shopping. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics.
Triwijayati, Anna et al. (2023). Strategi Inovasi Bisnis Untuk Meningkatkan Daya Saing Dan Pertumbuhan Organisasi Di Era Digital. Jurnal Bisnis dan Manajemen West Science.
Wardani, Surti, Arsid Arsid, and Arif Siaha Widodo. (2023). Optimasi Social Media Marketing Untuk Pengembangan Produk Lokal Di Desa Ciampea Udik Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor. DEDIKASI PKM.
Yohanson, A K, Lukmanul Hakim, and Yuniwati Yuniwati. (2023). PERAN PEMIMPIN UNTUK MENINGKATKAN EKONOMI DESA MELALUI SOSIALISASI PENTINGNYA MANAJEMEN ORGANISASI DI DESA PUJO RAHAYU. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat.