Main Article Content

Abstract













Pendahuluan: Kasus perundungan (bullying) di lingkungan sekolah menjadi perhatian khusus di Kota Surabaya, mengingat tingginya angka kasus kekerasan terhadap anak. Data dari DP3APPKB Kota Surabaya mencatat 173 kasus kekerasan selama Januari-Agustus 2023, dengan 122 di antaranya melibatkan anak-anak. Metode: Pendekatan Community-Based Participatory Research (CBPR), melibatkan pelatihan dan sosialisasi tentang pendekatan Freudian Defense Mechanism untuk mencegah bullying. Sasaran program adalah 23 guru dari Kelompok Kerja Kepala Sekolah SD/MI Muhammadiyah Kota Surabaya. Hasil: Program ini meningkatkan pengetahuan guru mengenai pendekatan mekanisme pertahanan diri Sigmund Freud dalam mencegah bullying. Sebelum pelatihan, hanya 26,09% guru yang memahami konsep ini, namun setelah pelatihan, pemahaman guru meningkat signifikan menjadi 86,96%. Kesimpulan: Program ini berhasil meningkatkan pemahaman guru tentang pencegahan bullying dengan pendekatan Freudian Defense Mechanism. Pelatihan ini diharapkan dapat membantu menciptakan lingkungan sekolah yang lebih aman dan mendukung perkembangan siswa secara psikologis.













Keywords

Bullying Mekanisme Pertahanan Diri Sigmund Freud

Article Details

How to Cite
Syarifuddin, S., Hidayatullah, A., & Wahono, W. (2024). Pendampingan terhadap K3S SD/MI Muhammadiyah Kota Surabaya dalam Membangun Kesadaran Stop Bullying dengan Pendekatan Freudian Defense Mechanism. Jurnal SOLMA, 13(3), 1948–1957. https://doi.org/10.22236/solma.v13i3.16178

References

  1. Afandi, A., Laily, N., Wahyudi, N., Umam, Helmi, M., Kambau, R. A., Rahman, S. A., Sudirman, M., Jamilah, Kadir, N. A., Junaid, S., Nur, S., Parmitasari, R. D. A., Nurdiyanah, Wahyudi, J., & Wahid, M. (2022). Metodologi Pengabdian Kepada Masyarakat. Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.
  2. Amin, M. B. D. (2019). Fenomena Swafoto di Kalangan Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya Perspektif Psikoanalisis Sigmund Freud dan Islam. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.
  3. As’ad, & Hafid, M. (2023). Mekanisme Pertahanan Diri Penderita Bipolar Disorder. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Islam, 2(2), 117–123. https://www.journal.ibrahimy.ac.id/index.php/attawazun/article/view/3373
  4. Asteka, P. (2018). Kajian Psikologi Sigmund Freud Dalam Novel Setetes Embun Cinta Niyala Karya Habiburrahman El Shirazy. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 8–12. https://doi.org/10.31943/bi.v3i1.22
  5. Asy’Ari, A. I. (2023). Miris! Ratusan Kasus Kekerasan Melibatkan Anak Masih Ditemukan di Surabaya. Jawapos.Com. https://www.jawapos.com/berita-sekitar-anda/013038748/miris-ratusan-kasus-kekerasan-melibatkan-anak-masih-ditemukan-di-surabaya
  6. Harahap, R. S., & Toni, T. (2023). Peran Guru Dalam Pencegahan Bullying Di Sekolah Smks (X) Rantauprapat Ditinjau Dari Peraturan Kemendikbud Nomor 82 Tahun 2015. Research and Development Journal of Education, 9(1), 357. https://doi.org/10.30998/rdje.v9i1.15687
  7. Helaluddin, & Syawal, S. (2018). Psikoanalisis Sigmund Freud dan Implikasinya dalam Pendidikan. Academia.Edu, March, 1–16. http://www.academia.edu/download/60642918/Psikoanalisissigmudfreud20190919-88681-dfxtxf.pdf
  8. Husin, H. (2018). Id, Ego Dan Superego dalam Pendidikan Islam. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 11(23), 47. https://doi.org/10.35931/aq.v0i0.3
  9. Lesmana, G. (2021). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. UMSUPRESS.
  10. Maulana, D. I., & Fadhilah, I. (2024). Peran Pemerintah dalam Upaya Perlindungan Anak dari Kekerasan Seksual di Wilayah Kota Surabaya. Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2(9), 404–418.
  11. Naima, Z. (2022). Analisis Konflik Psikologis Tokoh Lathifah dalam Novel Cincin Kalabendu Karya Liza Samchah. Institut Agama Islam Darussalam Blokagung Banyuwangi.
  12. Novitasari, S., Ferasinta, & Padila. (2023). Faktor Media Terhadap Kejadian Bullying pada Anak Usia Sekolah. Jurnal Kesmas Asclepius, 5(1), 1–7.
  13. Ochocka, J., & Janzen, R. (2014). Breathing life into theory: Illustrations of community-based research – Hallmarks, functions and phases. Gateways: International Journal of Community Research and Engagement, 7(1). https://doi.org/10.5130/ijcre.v7i1.3486
  14. Peraturan Pemerintah RI. (2023). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 46 Tahun 2023 Tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan.
  15. Permana, F. A. (2021). Upaya Meningkatkan Pemahaman Materi Kesebangunan dan Kekongruenan melalui Metode Praktek Langsung. Jurnal Serambi PTK, VIII(5), 466–478.
  16. Pratiwi, F., & Hayati, Y. (2022). Ego Defense Mechanism in Rapijali’s Novel 2: Become By Dee Lestari: Sigmund Freud’s Psychoanalysis Study. PERSONA: Language and Literary Studies, I(3), 416–428.
  17. Sakkir, G. (2021). Modul Digital Mata Kuliah Perkembangan Peserta Didik. Uinversitas.
  18. Solihah, A. M. (2023). Rakornas dan Ekspose KPAI 2023: Membangun Indonesia Bebas Kekerasan Terhadap Anak. Kpai.go.id. https://www.kpai.go.id/publikasi/rakornas-dan-ekspose-kpai-2023-membangun-indonesia-bebas-kekerasan-terhadap-anak
  19. Solihah, I. F., & Ahmadi, A. (2022). Mekanisme Pertahanan Ego Tokoh Utama dalam Kumcer Sambal & Ranjang Karya Tenni Purwanti (Tinjauan Psikoanalisis Sigmund Freud). Bapala, 9(2), 14–27.
  20. Sugi. (2023). Mata siswi SD di Gresik ditusuk hingga buta - “Perundungan di Indonesia sudah darurat.” Bbc.Com. https://www.bbc.com/indonesia/articles/czr1xkdvk8jo
  21. Susilawaty, A., Tasruddin, R., Ahmad, D., & Salenda, K. (2016). Panduan Riset berbasis komunitas (Community Based Research) (Issue 1).
  22. Syaeful Bahar, M., Nurhayati, A., Nuril Huda, M., dan Hasan Mahfudh Penyunting Ahli, W., Niam, K., Basyid, A., Halim, A., & Arifin dan Ali Mustofa, A. (2022). Model Partisipasi Berbasis Komunitas dalam Pembangunan Desa (Potret Masyarakat Samin dan Tengger di Jawa Timur).
  23. Wijaya, H., & Darmawan, I. P. A. (2019). Optimalisasi Superego dalam Teori Psikoanalisis Sigmund Freud untuk Pendidikan Karakter. Proceedings Seminar Nasional.
  24. Zakiyah, E. Z., Humaedi, S., & Santoso, M. B. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Remaja dalam Melakukan Bullying. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 324–330. https://doi.org/10.24198/jppm.v4i2.14352