Main Article Content

Abstract













Pendahuluan: Kasus perundungan (bullying) di lingkungan sekolah menjadi perhatian khusus di Kota Surabaya, mengingat tingginya angka kasus kekerasan terhadap anak. Data dari DP3APPKB Kota Surabaya mencatat 173 kasus kekerasan selama Januari-Agustus 2023, dengan 122 di antaranya melibatkan anak-anak. Metode: Pendekatan Community-Based Participatory Research (CBPR), melibatkan pelatihan dan sosialisasi tentang pendekatan Freudian Defense Mechanism untuk mencegah bullying. Sasaran program adalah 23 guru dari Kelompok Kerja Kepala Sekolah SD/MI Muhammadiyah Kota Surabaya. Hasil: Program ini meningkatkan pengetahuan guru mengenai pendekatan mekanisme pertahanan diri Sigmund Freud dalam mencegah bullying. Sebelum pelatihan, hanya 26,09% guru yang memahami konsep ini, namun setelah pelatihan, pemahaman guru meningkat signifikan menjadi 86,96%. Kesimpulan: Program ini berhasil meningkatkan pemahaman guru tentang pencegahan bullying dengan pendekatan Freudian Defense Mechanism. Pelatihan ini diharapkan dapat membantu menciptakan lingkungan sekolah yang lebih aman dan mendukung perkembangan siswa secara psikologis.













Keywords

Bullying Mekanisme Pertahanan Diri Sigmund Freud

Article Details

How to Cite
Syarifuddin, S., Hidayatullah, A., & Wahono, W. (2024). Pendampingan terhadap K3S SD/MI Muhammadiyah Kota Surabaya dalam Membangun Kesadaran Stop Bullying dengan Pendekatan Freudian Defense Mechanism. Jurnal SOLMA, 13(3), 1948–1957. https://doi.org/10.22236/solma.v13i3.16178

References

Read More