Isi Artikel Utama

Abstrak

Pendahuluan: Siswa tuna rungu SLB Negeri 1 Makassar yang memiliki potensi bakat pada keterampilan menjahit mendapatkan diskriminasi dari lingkungan sekitarnya. Sangat disayangkan kekurangan mereka selalu dipandang buruk oleh orang lain tanpa melihat kelebihan yang siswa tunarungu miliki. Studi ini bertujuan untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri siswa tunarungu dalam potensi bakatnya agar dapat berguna untuk keberlanjutan hidup mereka. Metode: 3H (Head, Heart, dan Hand). Hasil: Siswa lebih percaya diri dan terbuka terhadap semua tantangan yang akhirnya menjuarai lomba keterampilan tingkat provinsi dan mewakili wilayah ketingkat nasional. Kesimpulan: Pelatihan ini memberikan manfaat kepada siswa karena dapat menciptakan model pemberdayaan siswa tuna rungu yang berkelanjutan, memberikan bekal keterampilan pemasaran yang langsung dapat diterapkan dalam platform digital, sustainable fashion menjadi inovasi, memanfaatkan bahan daur ulang untuk menghasilkan produk bernilai ekonomi sekaligus ramah lingkungan.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Lukman, L., Astuti, R., Insan, F. M. N., Supirman, S., Asmira, A., & Yahya, M. (2025). Penguatan Potensi Seni Desainer Siswa Tuna Rungu melalui Pendekatan Head, Heart, Hand Di SMALB Negeri 1 Makassar. Jurnal SOLMA, 14(1), 475–486. https://doi.org/10.22236/solma.v14i1.16177

Referensi

  1. Ayu, R. P., Efendi, J., Safaruddin, S., & ... (2023). Pengembangan Alat Pengenalan Benda-Benda Berbahaya di Sekolah pada Anak Tunarungu. Jurnal Penelitian …, 10, 37–44. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/122223
  2. Claxton, S., & Kent, A. (2020). The management of sustainable fashion design strategies: An analysis of the designer’s role. Journal of Cleaner Production, 268(May), 1–40. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2020.122112
  3. Febriansari, D., Sarwanto, S., & Yamtinah, S. (2022). Konstruksi Model Pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) dengan Pendekatan Design Thinking pada Materi Energi Terbarukan. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 8(2). https://doi.org/10.22219/jinop.v8i2.22456
  4. Hübscher, C., Hensel-Börner, S., & Henseler, J. (2022). Social marketing and higher education: partnering to achieve sustainable development goals. Journal of Social Marketing, 12(1), 76-104.
  5. Kementrian Lingkungan Hidup. (2017). Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional. Jakarta: Jakarta.
  6. Kurniawan, D. A., & Santoso, A. Z. (2020). Pengelolaan sampah di daerah sepatan kabupaten tangerang. ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 31-36.
  7. Ma, Y., Xue, W., & Liu, Q. (2023). Diskriminasi dan Kesejahteraan Subyektif Remaja Tunarungu : Peran Identitas Diskriminasi dan Kesejahteraan Subyektif Remaja Tunarungu : Peran Identitas Tunarungu. September. https://doi.org/10.1093/tuli/enac013
  8. Nayoan, J. R., Fitri, A. N. G., Umaroh, C. F., Maharani, D. A., Farhan, F., & Irianti, A. H. S. (2021). Pembuatan Busana Berkualitas Dari Limbah Tekstil Melalui Brand Ciclo. Th Menggunakan Teknik Mixed Media. Fashion and Fashion Education Journal, 10(2), 63-67.
  9. Nidia, C., & Suhartini, R. (2020). Edisi Yudisium Periode Agustus 2020 (Vol. 09).
  10. Pemerintah Indonesia. 2002. Undang-Undang No 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Lembaran Negara RI Tahun 2002, No 109. Sekretariat Negara. Jakarta.
  11. Pemerintah Indonesia. 2016. Undang-Undang No 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. Lembaran Negara RI Tahun 2016, No 5861. Sekretariat Negara. Jakarta.
  12. Putri, V. U. G. (2010). Pemanfaatan Limbah Tekstil Pada Produk Busana. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana, 5(1).
  13. Rahayu, A. (2019). Penanggulangan penganguran dengan pelatihan keterampilan menjahit. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 13(2), 90. https://doi.org/10.32832/jpls.v13i2.2653
  14. Santika, E., F. 2024. Shopee, e-commerce yang paling diandalkan gen z dan milenial Indonesia. URL: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/06/08/shopee-e-commerce-yang-paling-diandalkan-gen-z-dan-milenial-indonesia. Diakses tanggal 1 Juli 2024.
  15. Sumitro, F. 2024. Pidato hari pendidikan nasional 2024 resmi mendikbudristek pdf, unduh di sini. URL: https://www.detik.com/sumut/berita/d-7319437/pidato-hari-pendidikan-nasional-2024-resmi-mendikbudristek-pdf-unduh-di-sini. Diakses tanggal 3 Juli 2024.
  16. Wikansari, R., Satryo, A. P., Shalsabila, E., Deni, N. R., Nisa, R. C., & Agustin, S. P. (2023). Upaya Pemerintah dalam Mengurangi Aktivitas Impor Pakaian Bekas Ilegal di Indonesia. Jurnal Bingkai Ekonomi (JBE), 8(1), 35-42.