Main Article Content

Abstract


Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Merupakan Hal Yang Penting Dalam Mendorong Dan Mendukung Proses Pembelajaran Siswa, Terutama Pada Pembelajaran Yang Berkaitan Dengan Sains Dan Lingkungan. Namun Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Masih Menjadi Tantangan Dalam Proses Pendidikan, Yang Disebabkan Karena Pemilihan Model Pembelajaran Yang Belum Bisa Mengembangkan Keaktifan Siswa.  Kegiatan Ini Bertujuan Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Kegiatan School Gardening Yang Berbasis Proyek Kokedama Di Lingkungan Sekolah. Kegiatan Ini Melibatkan 25 Siswa Kelas Xi Ipa Sman 103 Jakarta. Kegiatan Ini Terbagi Dalam Tiga Tahapan, Yaitu Tahap Persiapan, Pelaksanaan, Dan Tahap Evaluasi. Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa Kegiatan Ini Efektif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa, Yang Dibuktikan Dengan Peningkatan Skor  Motivasi Belajar Siswa Dari Pretest Ke Posttest. Selain Itu, Siswa Juga Menunjukkan Kepuasan Tinggi Terhadap Metode Pembelajaran Yang Interaktif Dan Fasilitas Yang Diberikan Selama Kegiatan.  Kegiatan School Gardening Berbasis Kokedama Memberikan Pengaruh Positif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dan Memberikan Pengalaman Yang Menarik Dalam Menerapkan Konsep-Konsep Pembelajaran Berbasis Proyek Di Sekolah, Serta Mendukung. Mendukung Program P5 Di Sekolah.


Keywords

Kokedama Motivasi belajar Pembelajaran berbasis proyek School gardening Kokedama Learning motivation Project based learning School gardening

Article Details

How to Cite
Aulya, R. (2024). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Kegiatan School Gardening Berbasis Proyek Kokedama. Jurnal SOLMA, 13(3), 2404–2414. https://doi.org/10.22236/solma.v13i3.16086

References

Read More