Main Article Content
Abstract
Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Merupakan Hal Yang Penting Dalam Mendorong Dan Mendukung Proses Pembelajaran Siswa, Terutama Pada Pembelajaran Yang Berkaitan Dengan Sains Dan Lingkungan. Namun Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Masih Menjadi Tantangan Dalam Proses Pendidikan, Yang Disebabkan Karena Pemilihan Model Pembelajaran Yang Belum Bisa Mengembangkan Keaktifan Siswa. Kegiatan Ini Bertujuan Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Kegiatan School Gardening Yang Berbasis Proyek Kokedama Di Lingkungan Sekolah. Kegiatan Ini Melibatkan 25 Siswa Kelas Xi Ipa Sman 103 Jakarta. Kegiatan Ini Terbagi Dalam Tiga Tahapan, Yaitu Tahap Persiapan, Pelaksanaan, Dan Tahap Evaluasi. Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa Kegiatan Ini Efektif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa, Yang Dibuktikan Dengan Peningkatan Skor Motivasi Belajar Siswa Dari Pretest Ke Posttest. Selain Itu, Siswa Juga Menunjukkan Kepuasan Tinggi Terhadap Metode Pembelajaran Yang Interaktif Dan Fasilitas Yang Diberikan Selama Kegiatan. Kegiatan School Gardening Berbasis Kokedama Memberikan Pengaruh Positif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dan Memberikan Pengalaman Yang Menarik Dalam Menerapkan Konsep-Konsep Pembelajaran Berbasis Proyek Di Sekolah, Serta Mendukung. Mendukung Program P5 Di Sekolah.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Blair, D. (2009). The child in the garden: An evaluative review of the benefits of school gardening. Journal of Environmental Education, 40(2), 15–38. https://doi.org/10.3200/JOEE.40.2.15-38
- Dyment, J. E., & Bell, A. C. (2008). Grounds for movement: Green school grounds as sites for promoting physical activity. Health Education Research, 23(6), 952–962. https://doi.org/10.1093/her/cym059
- Elvira, N. Z., & Nirwana, H. (2022). Studi Literatur: Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Jurnal Literasi Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.56480/eductum.v1i2.767
- Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal. Vol. 5 No. 2 (2017) 93-196
- Filgona, J., Sakiyo, J., Gwany, D. M., & Okoronka, A. U. (2020). Motivation in Learning. Asian Journal of Education and Social Studies, 16–37. https://doi.org/10.9734/ajess/2020/v10i430273
- Hemawan, A. (2015). Pengaruh Pemberian Pupuk Organik Cair yang Terbuat dari Ampas Kopi dan Limbah Dapur Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Sawi (Brassica juncea L.). Jurnal Produksi Tanaman, 3(6), 516-523.
- Juliani, R. (2017). Pemanfaatan Ampas Kopi Sebagai Media Tanam pada Pembuatan Pupuk Organik Cair dan Peningkatan Hasil Tanaman Kacang Panjang (Vigna sinensis L.). Jurnal Teknik Pertanian. Lampung, 6(2), 1-8.
- Juliansyah, D., Bahrizal, & Aprilia, R. (2019). Pengaruh Pemberian Media Tanam Ampas Kopi Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Cabai Merah (Capsicum annuum L.). Jurnal Ilmiah Pertanian Agroteknologi, 3(3), 58-65.
- Ozer, E. J. (2007). The effects of school gardens on students and schools: Conceptualization and considerations for maximizing healthy development. Health Education & Behavior Journal, 34(6), 846-863. https://doi.org/10.1177/1090198106289002
- Pearlman, B., & Thomas, J. W. (2000). Former President of the Autodesk Foundation. http://www.bie.org/research/study/review_of_project_based_learning_2000
- Passy, R., Morris, M., & Reed, F. (2010). Impact of school gardening on learning: Final report. National Foundation for Educational Research. Retrieved from https://www.nfer.ac.uk/publications/SHG01/SHG01.pdf
- Suharni. (2017). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1).
- Shihusa, H., & Keraro, F. N. (2009). Using Advance Organizers to Enhance Students’ Motivation in Learning Biology. Eurasia Journal of Mathematics, 5(4), 413–420.
- Udayani, W. (2021). Model Pembelajaran Project-Based Learning Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas X Akuntansi 1 Smk Negeri 1 Bangli. In Jurnal Biologi Kontekstual. Vol. 3, Issue 1. e-ISSN: 2656-9043
- Williams, D. R., & Dixon, P. S. (2013). Impact of garden-based learning on academic outcomes in schools: Synthesis of research between 1990 and 2010. Review of Educational Research, 83(2), 211-235. https://doi.org/10.3102/0034654313475824
References
Blair, D. (2009). The child in the garden: An evaluative review of the benefits of school gardening. Journal of Environmental Education, 40(2), 15–38. https://doi.org/10.3200/JOEE.40.2.15-38
Dyment, J. E., & Bell, A. C. (2008). Grounds for movement: Green school grounds as sites for promoting physical activity. Health Education Research, 23(6), 952–962. https://doi.org/10.1093/her/cym059
Elvira, N. Z., & Nirwana, H. (2022). Studi Literatur: Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Jurnal Literasi Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.56480/eductum.v1i2.767
Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal. Vol. 5 No. 2 (2017) 93-196
Filgona, J., Sakiyo, J., Gwany, D. M., & Okoronka, A. U. (2020). Motivation in Learning. Asian Journal of Education and Social Studies, 16–37. https://doi.org/10.9734/ajess/2020/v10i430273
Hemawan, A. (2015). Pengaruh Pemberian Pupuk Organik Cair yang Terbuat dari Ampas Kopi dan Limbah Dapur Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Sawi (Brassica juncea L.). Jurnal Produksi Tanaman, 3(6), 516-523.
Juliani, R. (2017). Pemanfaatan Ampas Kopi Sebagai Media Tanam pada Pembuatan Pupuk Organik Cair dan Peningkatan Hasil Tanaman Kacang Panjang (Vigna sinensis L.). Jurnal Teknik Pertanian. Lampung, 6(2), 1-8.
Juliansyah, D., Bahrizal, & Aprilia, R. (2019). Pengaruh Pemberian Media Tanam Ampas Kopi Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Cabai Merah (Capsicum annuum L.). Jurnal Ilmiah Pertanian Agroteknologi, 3(3), 58-65.
Ozer, E. J. (2007). The effects of school gardens on students and schools: Conceptualization and considerations for maximizing healthy development. Health Education & Behavior Journal, 34(6), 846-863. https://doi.org/10.1177/1090198106289002
Pearlman, B., & Thomas, J. W. (2000). Former President of the Autodesk Foundation. http://www.bie.org/research/study/review_of_project_based_learning_2000
Passy, R., Morris, M., & Reed, F. (2010). Impact of school gardening on learning: Final report. National Foundation for Educational Research. Retrieved from https://www.nfer.ac.uk/publications/SHG01/SHG01.pdf
Suharni. (2017). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1).
Shihusa, H., & Keraro, F. N. (2009). Using Advance Organizers to Enhance Students’ Motivation in Learning Biology. Eurasia Journal of Mathematics, 5(4), 413–420.
Udayani, W. (2021). Model Pembelajaran Project-Based Learning Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas X Akuntansi 1 Smk Negeri 1 Bangli. In Jurnal Biologi Kontekstual. Vol. 3, Issue 1. e-ISSN: 2656-9043
Williams, D. R., & Dixon, P. S. (2013). Impact of garden-based learning on academic outcomes in schools: Synthesis of research between 1990 and 2010. Review of Educational Research, 83(2), 211-235. https://doi.org/10.3102/0034654313475824