Main Article Content

Abstract


Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Merupakan Hal Yang Penting Dalam Mendorong Dan Mendukung Proses Pembelajaran Siswa, Terutama Pada Pembelajaran Yang Berkaitan Dengan Sains Dan Lingkungan. Namun Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Masih Menjadi Tantangan Dalam Proses Pendidikan, Yang Disebabkan Karena Pemilihan Model Pembelajaran Yang Belum Bisa Mengembangkan Keaktifan Siswa.  Kegiatan Ini Bertujuan Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Kegiatan School Gardening Yang Berbasis Proyek Kokedama Di Lingkungan Sekolah. Kegiatan Ini Melibatkan 25 Siswa Kelas Xi Ipa Sman 103 Jakarta. Kegiatan Ini Terbagi Dalam Tiga Tahapan, Yaitu Tahap Persiapan, Pelaksanaan, Dan Tahap Evaluasi. Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa Kegiatan Ini Efektif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa, Yang Dibuktikan Dengan Peningkatan Skor  Motivasi Belajar Siswa Dari Pretest Ke Posttest. Selain Itu, Siswa Juga Menunjukkan Kepuasan Tinggi Terhadap Metode Pembelajaran Yang Interaktif Dan Fasilitas Yang Diberikan Selama Kegiatan.  Kegiatan School Gardening Berbasis Kokedama Memberikan Pengaruh Positif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dan Memberikan Pengalaman Yang Menarik Dalam Menerapkan Konsep-Konsep Pembelajaran Berbasis Proyek Di Sekolah, Serta Mendukung. Mendukung Program P5 Di Sekolah.


Keywords

Kokedama Motivasi belajar Pembelajaran berbasis proyek School gardening Kokedama Learning motivation Project based learning School gardening

Article Details

How to Cite
Aulya, R. (2024). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Kegiatan School Gardening Berbasis Proyek Kokedama. Jurnal SOLMA, 13(3), 2404–2414. https://doi.org/10.22236/solma.v13i3.16086

References

  1. Blair, D. (2009). The child in the garden: An evaluative review of the benefits of school gardening. Journal of Environmental Education, 40(2), 15–38. https://doi.org/10.3200/JOEE.40.2.15-38
  2. Dyment, J. E., & Bell, A. C. (2008). Grounds for movement: Green school grounds as sites for promoting physical activity. Health Education Research, 23(6), 952–962. https://doi.org/10.1093/her/cym059
  3. Elvira, N. Z., & Nirwana, H. (2022). Studi Literatur: Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Jurnal Literasi Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.56480/eductum.v1i2.767
  4. Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal. Vol. 5 No. 2 (2017) 93-196
  5. Filgona, J., Sakiyo, J., Gwany, D. M., & Okoronka, A. U. (2020). Motivation in Learning. Asian Journal of Education and Social Studies, 16–37. https://doi.org/10.9734/ajess/2020/v10i430273
  6. Hemawan, A. (2015). Pengaruh Pemberian Pupuk Organik Cair yang Terbuat dari Ampas Kopi dan Limbah Dapur Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Sawi (Brassica juncea L.). Jurnal Produksi Tanaman, 3(6), 516-523.
  7. Juliani, R. (2017). Pemanfaatan Ampas Kopi Sebagai Media Tanam pada Pembuatan Pupuk Organik Cair dan Peningkatan Hasil Tanaman Kacang Panjang (Vigna sinensis L.). Jurnal Teknik Pertanian. Lampung, 6(2), 1-8.
  8. Juliansyah, D., Bahrizal, & Aprilia, R. (2019). Pengaruh Pemberian Media Tanam Ampas Kopi Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Cabai Merah (Capsicum annuum L.). Jurnal Ilmiah Pertanian Agroteknologi, 3(3), 58-65.
  9. Ozer, E. J. (2007). The effects of school gardens on students and schools: Conceptualization and considerations for maximizing healthy development. Health Education & Behavior Journal, 34(6), 846-863. https://doi.org/10.1177/1090198106289002
  10. Pearlman, B., & Thomas, J. W. (2000). Former President of the Autodesk Foundation. http://www.bie.org/research/study/review_of_project_based_learning_2000
  11. Passy, R., Morris, M., & Reed, F. (2010). Impact of school gardening on learning: Final report. National Foundation for Educational Research. Retrieved from https://www.nfer.ac.uk/publications/SHG01/SHG01.pdf
  12. Suharni. (2017). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1).
  13. Shihusa, H., & Keraro, F. N. (2009). Using Advance Organizers to Enhance Students’ Motivation in Learning Biology. Eurasia Journal of Mathematics, 5(4), 413–420.
  14. Udayani, W. (2021). Model Pembelajaran Project-Based Learning Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas X Akuntansi 1 Smk Negeri 1 Bangli. In Jurnal Biologi Kontekstual. Vol. 3, Issue 1. e-ISSN: 2656-9043
  15. Williams, D. R., & Dixon, P. S. (2013). Impact of garden-based learning on academic outcomes in schools: Synthesis of research between 1990 and 2010. Review of Educational Research, 83(2), 211-235. https://doi.org/10.3102/0034654313475824