Main Article Content

Abstract

Background: Seiring dengan perubahan kurikulum pendidikan menjadi kurikulum merdeka, guru diwajibkan untuk mampu meningkatkan kreativitas dan kompetensi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran di Sekolah, salah satunya adalah dengan membuat modul ajar. Salah satu pendekatan yang dapat membantu guru dalam merancang modul ajar yang memiliki keterkaitan antara tujuan, evaluasi, dan langkah-langkah dalam pembelajaran adalah Understanding by Design. Metode: Kegiatan pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan kepada guru-guru SMP Negeri 2 Dewantara tentang cara merancang dan menyusun modul ajar kurikulum merdek dengan metode konsultasi dan pelatihan. Hasil: penyusunan modul ajar kurikulum merdeka berbasis Understanding by Design (UbD) membuat guru memahami cara mencapai tujuan pembelajaran dan lebih memahami karakteristik peserta didik, Kesimpulan: Pendekatan Understanding by Design dapat membantu guru dalam memahami cara menyusun modul ajar kurikulum merdeka dan dapat meningkatkan kemampuan dan skill guru dalam dunia pendidikan.

Keywords

Kurikulum merdeka Modul ajar Understanding by Design Independent curriculum Understanding by design Teaching modul

Article Details

How to Cite
Aklimawati, A., Wulandari, W., Isfayani, E., Listiana, Y., Hafidz, A., & Andala, H. (2024). Pendampingan Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Berbasis Understanding by Design (UbD) untuk Guru SMP. Jurnal SOLMA, 13(3), 1687–1699. https://doi.org/10.22236/solma.v13i3.16078

References

Read More