Main Article Content
Abstract
Background: Seiring dengan perubahan kurikulum pendidikan menjadi kurikulum merdeka, guru diwajibkan untuk mampu meningkatkan kreativitas dan kompetensi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran di Sekolah, salah satunya adalah dengan membuat modul ajar. Salah satu pendekatan yang dapat membantu guru dalam merancang modul ajar yang memiliki keterkaitan antara tujuan, evaluasi, dan langkah-langkah dalam pembelajaran adalah Understanding by Design. Metode: Kegiatan pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan kepada guru-guru SMP Negeri 2 Dewantara tentang cara merancang dan menyusun modul ajar kurikulum merdek dengan metode konsultasi dan pelatihan. Hasil: penyusunan modul ajar kurikulum merdeka berbasis Understanding by Design (UbD) membuat guru memahami cara mencapai tujuan pembelajaran dan lebih memahami karakteristik peserta didik, Kesimpulan: Pendekatan Understanding by Design dapat membantu guru dalam memahami cara menyusun modul ajar kurikulum merdeka dan dapat meningkatkan kemampuan dan skill guru dalam dunia pendidikan.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Bowen, R. S. (2017). Understanding by Design. In Understanding by Design (Vol. 56, Issue 1, pp. 48–54). https://doi.org/10.2505/4/sc18_056_01_48
- Dack, H., & Merlin-Knoblich, C. (2019). Improving Classroom Guidance Curriculum With Understanding by Design. The Professional Counselor, 9(2), 80–99. https://doi.org/10.15241/hd.9.2.80
- Difinubun, F. A., Makmuri, & Hidajat, F. A. (2022). Analisis Kebutuhan Modul Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMK kelas X. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(4), 853–864. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/griya.v2i4.244
- Erdagi, T., & Dundar, H. (2024). Investigation of the Effects of Understanding by Design Model on Problem-Solving, Collaboration, and Academic Achievement in Social Studies Course. Erzincan University Journal of Education Faculty, 26(2), 330–338. https://doi.org/https://doi.org/10.17556/erziefd.1451042
- Lumbreras, R., & Rupley, W. H. (2020). Pre-service teachers’ application of understanding by Design in lesson planning. International Journal of Evaluation and Research in Education, 9(3), 594–599. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i3.20491
- Marlina, E. (2023). Pembinaan Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Belajar Pada Guru Sekolah Menengah Pertama (Smp). Journal of Community Dedication, 3(1), 88–97.
- Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 5(2), 130–138.
- Pertiwi, S., Sudjito, D. N., & Rondonuwu, F. S. (2019). Perancangan Pembelajaran Fisika tentang Rangkaian Seri dan Paralel untuk Resistor Menggunakan Understanding by Design (UbD). Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.24246/juses.v2i1p1-7
- Putra, Z. R. A., Pratama, C. E., Pramudito, M. S. P., & Nur Fauziyah. (2023). Pengembangan Modul Ajar Matematika Berdiferensiasi Berbasis Understanding by Design (UbD). Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(1), 128–139.
- Rahimah, R. (2022). Peningkatan Kemampuan Guru Smp Negeri 10 Kota Tebingtinggi Dalam Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka Melalui Kegiatan Pendampingan Tahun Ajaran 2021/2022. ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 6(1), 92. https://doi.org/10.30821/ansiru.v6i1.12537
- Salsabilla, I. I., & Jannah, E. (2023). Analisis Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 33–41.
- Setiawan, R., Syahria, N., Andanty, F. D., & Nabhan, S. (2022). Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Bahasa Inggris Smk Kota Surabaya. Jurnal Gramaswara, 2(2), 49–62. https://doi.org/10.21776/ub.gramaswara.2022.002.02.05
- Sumrall, W., & Sumrall, K. (2018). Understanding by Design. Science and Children, 56(1), 48–54. https://doi.org/10.2505/4/sc18_056_01_48
- UnimalNews. (2021, September). Tim PKM Universitas Malikussaleh Gelar Pelatihan Kepada Guru SMPN 2 Dewantara.
- Wiggins, G. P., & McTighe, J. (2005). Understanding by Design (2nd ed.). ASCD
References
Bowen, R. S. (2017). Understanding by Design. In Understanding by Design (Vol. 56, Issue 1, pp. 48–54). https://doi.org/10.2505/4/sc18_056_01_48
Dack, H., & Merlin-Knoblich, C. (2019). Improving Classroom Guidance Curriculum With Understanding by Design. The Professional Counselor, 9(2), 80–99. https://doi.org/10.15241/hd.9.2.80
Difinubun, F. A., Makmuri, & Hidajat, F. A. (2022). Analisis Kebutuhan Modul Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMK kelas X. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(4), 853–864. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/griya.v2i4.244
Erdagi, T., & Dundar, H. (2024). Investigation of the Effects of Understanding by Design Model on Problem-Solving, Collaboration, and Academic Achievement in Social Studies Course. Erzincan University Journal of Education Faculty, 26(2), 330–338. https://doi.org/https://doi.org/10.17556/erziefd.1451042
Lumbreras, R., & Rupley, W. H. (2020). Pre-service teachers’ application of understanding by Design in lesson planning. International Journal of Evaluation and Research in Education, 9(3), 594–599. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i3.20491
Marlina, E. (2023). Pembinaan Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Belajar Pada Guru Sekolah Menengah Pertama (Smp). Journal of Community Dedication, 3(1), 88–97.
Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 5(2), 130–138.
Pertiwi, S., Sudjito, D. N., & Rondonuwu, F. S. (2019). Perancangan Pembelajaran Fisika tentang Rangkaian Seri dan Paralel untuk Resistor Menggunakan Understanding by Design (UbD). Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.24246/juses.v2i1p1-7
Putra, Z. R. A., Pratama, C. E., Pramudito, M. S. P., & Nur Fauziyah. (2023). Pengembangan Modul Ajar Matematika Berdiferensiasi Berbasis Understanding by Design (UbD). Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(1), 128–139.
Rahimah, R. (2022). Peningkatan Kemampuan Guru Smp Negeri 10 Kota Tebingtinggi Dalam Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka Melalui Kegiatan Pendampingan Tahun Ajaran 2021/2022. ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 6(1), 92. https://doi.org/10.30821/ansiru.v6i1.12537
Salsabilla, I. I., & Jannah, E. (2023). Analisis Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 33–41.
Setiawan, R., Syahria, N., Andanty, F. D., & Nabhan, S. (2022). Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Bahasa Inggris Smk Kota Surabaya. Jurnal Gramaswara, 2(2), 49–62. https://doi.org/10.21776/ub.gramaswara.2022.002.02.05
Sumrall, W., & Sumrall, K. (2018). Understanding by Design. Science and Children, 56(1), 48–54. https://doi.org/10.2505/4/sc18_056_01_48
UnimalNews. (2021, September). Tim PKM Universitas Malikussaleh Gelar Pelatihan Kepada Guru SMPN 2 Dewantara.
Wiggins, G. P., & McTighe, J. (2005). Understanding by Design (2nd ed.). ASCD