Main Article Content

Abstract

Background: Pelatihan untuk menyelesaikan masalah Olimpiade sangat diperlukan oleh calon guru maupun guru matematika, karena merupakan agenda rutin Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Penyelesaian masalah olimpiade matematika membutuhkan pembiasaan dan strategi khusus dalam mencari solusinya. Meningkatkan kemampuan penyelesaian masalah olimpiade matematika bagi guru dan mahasiswa calon guru matematika yang membutuhkan pembiasaan dan strategi khusus dalam mencari solusinya. Metode: Metode ServiceLearning yang terdiri dari 1) Perencanaan PkM, 2) In Service Training 1, 3) On The Job Training 4) In Service Training 2. Hasil: Hasil menunjukkan adanya peningkatan rata-rata hasil pre-test dan post-test dari 27.92 menjadi 65.83 (skala 0-100). Peningkatan ini didukung oleh penyedian modul yang dapat dipelajari oleh peserta baik saat ToT maupun setelah pelatihan. Penggunaan pendekatan blended learning pada pelaksaan ToT juga memberikan fleksibilitas kepada peserta untuk meningkatan kemampuannya tanpa dibatasi oleh tempat pelatihan. Kesimpulan: Kegiatan TOT olimpiade Matematika secara signifikan dapat meningkatkan capaian hasil pelatihan mahasiswa calon guru/guru matematika.

Keywords

Guru Olimpiade ToT Guru Olimpiade ToT

Article Details

How to Cite
Balkist, P., Kertayasa, I. K., Kadir, K., Anggareni, P., Rosjanuardi, R., & Priatna, N. (2025). Training of Trainers (ToT) Olimpiade Matematika Untuk Calon Guru dan Guru Matematika. Jurnal SOLMA, 13(3), 2853–2864. https://doi.org/10.22236/solma.v13i3.16016

References

  1. Ayuningtyas, N., & Sukriyah, D. (2020). Analisis Pengetahuan Numerasi Mahasiswa Matematika Calon Guru. Jurnal Delta-Pi, 9(2), 237–247.
  2. Basri, h., kurnadi, b., fajar tafriliyanto, c., bayu nugroho, p., madura, u., bima, s., & muhammadiyah kotabumi, u. (2021). Investigasi kemampuan numerasi mahasiswa calon guru matematika. Jurnal penelitian dan pendidikan matematika, 4(2), 72–79. Https://doi.org/10.30605/proximal.v4i2.1318
  3. Budi, o. :, prawoto, p., sulaiman, r., savitri, d., fardah, d. K., matematika, j., surabaya, u. N., & kunci, k. (2019). Pelatihan pendamping olimpiade matematika smp kabupaten tulungagung. 5(1), 21–24.
  4. Daniel chandra, t., irawati, s., susanto, h., hasanah, d., & universitas negeri malang, f. (2019). Pelatihan calon pembina olimpiade matematika bagi guru smp di kabupaten blitar (vol. 3, issue 1). Http://peduli.wisnuwardhana.ac.id/index.php/peduli/index
  5. Darmawan, P., Yohanes, B., & Hadi, M. R. (2023). Analisis Penyebab Rendahnya Kemampuan Pemecahan Masalah Calon Guru Matematika Menggunakan APKL, USG, dan Diagram Fishbone. Jurnal Tadris Matematika, 6(2), 199–218. https://doi.org/10.21274/jtm.2023.6.2.199-218
  6. Deliana pasaribu, s., pasini mairing, j., punding, w., aritonang, h., & sari purnama, p. (2022). Penerapan pembelajaran blended untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas x sma. Jurnal primatika, 11(1), 11–20.
  7. Fitrianawati, m., & sintawati, m. (2018). Peningkatan kompetensi guru pembimbing olimpiade matematika siswa sekolah dasar se-kecamatan tempel. Sniemas uad, 205–2010. Http://disdik.slemankab.go.id/baca/bidang-pembinaan-sd/646/seleksi-olimpiade-sains-
  8. Ibrahim, n. (2012). Meningkatkan hasil belajar matematika dengan blended learning dan motivasi berprestasi siswa. In perspektif ilmu pendidikan (vol. 26).
  9. Jupri, A., & Drijvers, P. (2016). Student Difficulties in Mathematizing Word Problems in Algebra. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 12(9), 2481–2502. https://doi.org/10.12973/eurasia.2016.1299a
  10. Kemendikbud. (2022). Silabus osn smp smp tahun 2022.
  11. Kurniawati, S., & Munahefi, D. N. (2024). Study Literatur Metode Pembelajaran Blended learning dengan Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Keberbakatan Olahraga (SKO). Prosiding Seminar Nasional Matematika, 7, 405–410. https://proceeding.unnes.ac.id/prisma
  12. Muktyas, I. B., Sulistiawati, Amin, M., & Fajarudin, F. (2022). Pelatihan (Pengimbasan Master Trainer) Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Guru Mata Pelajaran Matematika SMP Kabupaten Bogor. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(2), 308–317. https://doi.org/10.30653/002.202272.78
  13. Oktaviani, E. C. (2022). Efektivitas Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru. JSG: Jurnal Sang Guru, 1(3), 164–171. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/jsg/index
  14. Rifa’i, A. A. (2018). On/Off-the Job Training Guru: Sebuah Keniscayaan dalam Mendukung Peningkatan Efektivitas Pembelajaran. Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 01–10. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v5i1.824