Isi Artikel Utama
Abstrak
Pelatihan pembuatan modul digital di sekolah dasar merupakan sebuah kegiatan yang
bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru di sekolah dasar terutama dalam
keterampilan memanfaatkan teknologi. Dosen sebagai agen perubahan sekaligus
fasilitator dalam pelatihan bekerja sama dengan kepala sekolah dan guru-guru dalam
mengembangkan kompetensi guru yang lebih baik. Pelatihan ini diikuti sebanyak 11
guru sekolah dasar di Kabupaten Sumedang. Pada tahap persiapan, analisis kebutuhan
dilaksanakan untuk mengetahui masalah-masalah yang muncul terkait pembelajaran
yang mengintegrasikan teknologi. Berdasarkan permasalahan tersebut, disusun rencana
tindak lanjut untuk mengatasi masalah yang terjadi. Selanjutnya, pada tahap pelaksanaan
pelatihan berlangsung, diberikan materi-materi berkaitan dengan pembuatan modul
digital serta praktik langsung guna meningkatkan kemampuan dalam mengembangkan
modul digital tersebut. Setelah pelatihan dilaksanakan evaluasi dengan diadakannya
refleksi peserta pelatihan pengukuran setelah penerapan pelatihan pembuatan modul.
Pelatihan ini telah berkontribusi pada peningkatan kompetensi guru melalui
pemanfaatan teknologi dan kreativitas dengan pembuatan materi pembelajaran
interaktif.
Kata Kunci
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2025 Oleh authors. Lisensi Jurnal SOLMA, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
Referensi
- Ahyani, L. N., Purwaningrum, J. P., & Prihandono, A. (2024). Pendampingan Pembuatan Digital Interactive Module P5 Berbasis Pembelajaran Diferensiasi Bagi Guru SD 2 Puyoh Kabupaten Kudus. Jurnal SOLMA, 13(1), 254–262.
- Amini, R., & Darni, R. (2023). Pelatihan Pembuatan E-Modul Interaktif berbasis Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Literasi Digital Guru SD dan SMP di Kapau Kabupaten Agam Training of Information Technology-based Interactive E-module design to Improve Digital Literacy for Elementary. 8(3), 614–622.
- Edi, R., & Haryani, M. E. (2022). Pendampingan Pembuatan E-modul untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Digital bagi Guru MGMP IPA Kota Pagaralam. 4(4), 1638–1646.
- Iskandar, D., Zuwerni, Z., & Sofyan, S. (2022). Pengembangan E-Modul Pelatihan Aplikasi Google Workspace For Education Untuk Penguatan. 3(2), 1005–1018.
- Jenita, Harefa, A. T., Pebriani, E., Hanafiah, Rukiyanto, B. A., & Sabur, F. (2023). Pemanfaatan Teknologi Dalam Menunjang Pembelajaran: Pelatihan Interaktif Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Communnity Development Journal, 4(6), 13121–13129.
- Lambert, M. (2019). Practical Research Methods in Education. Routledge.
- Marito, W., Riani, N., Adi, P., Siregar, S., Sari, D. N., Pembinaan, U., Indonesia, M., Muhammadiyah, U., Utara, S., Muslim, U., & Al, N. (2019). Workshop Pembuatan E-Modul Menggunakan Canva Bagi Guru-Guru Smp Muhammadiyah 7 Medan UntuK. Puspitasari, 7–12.
- Nadeak, E., Elfaladonna, F., & Malahayati, M. (2023). Pelatihan Pembuatan Modul Ajar Interaktif Bagi Guru dengan Menggunakan Canva (Studi Kasus: SDN 204 Palembang). Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 2(3), 201–206. https://doi.org/10.59025/js.v2i3.103
- Niken, N. A., Studi, P., Matematika, P., Ilmu, F., Dan, T., Islam, U., & Syarif, N. (2023). Pengembangan E-Modul Berbentuk Flipbook Dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education ( Rme ) Untuk Memfasilitasi Literasi.
- Nuridayanti, Vitalocca, D., Makmur, E., Abdal, N. M., & Ashari, H. (2023). Pelatihan Canva for Teachers Membuat Bahan Ajar yang Menarik dan Efektif. Vokatek : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 279–285. https://doi.org/10.61255/vokatekjpm.v1i3.254
- Rahmadayanti, A., & Purwaningrum, J. P. (2022). Pengaruh Model Core Berbantuan Modul Digital. 1, 26–36.
- Safitri, M. L. O., Wicaksono, Syarifuddin, Iqbal, M., Dino, D., Paraswita, Mursyid, H., Kinanti, Tarigan, D., Elia, W., Faigawati, & Widya Nandasari, D. (2023). Pelatihan dan Bimbingan Penggunaan Canva dan Liveworksheets sebagai Aplikasi Pembelajaran. Jurnal SOLMA, 12(2), 546–554. https://doi.org/10.22236/solma.v12i2.11867
- Suryani, S., Syam, A., & Nurdiansah, N. (2023). PKM Pelatihan Dan Pendampingan Implementasi TIK Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Guru SD Negeri Bulurokeng. Jurnal SOLMA, 11(3), 515–521. https://doi.org/10.22236/solma.v11i3.9853
- Utari, K., Sit, M., & Rakhmawati, F. (2023). Modul Digital Matematika Materi Aritmatika Sosial Berbasis Drill and Practice. 07(August), 2475–2486.
- Zunaidi, A. (2024). Metodologi Pengabdian Masyarakat. Yayasan Putra Adi Dharma.
Referensi
Ahyani, L. N., Purwaningrum, J. P., & Prihandono, A. (2024). Pendampingan Pembuatan Digital Interactive Module P5 Berbasis Pembelajaran Diferensiasi Bagi Guru SD 2 Puyoh Kabupaten Kudus. Jurnal SOLMA, 13(1), 254–262.
Amini, R., & Darni, R. (2023). Pelatihan Pembuatan E-Modul Interaktif berbasis Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Literasi Digital Guru SD dan SMP di Kapau Kabupaten Agam Training of Information Technology-based Interactive E-module design to Improve Digital Literacy for Elementary. 8(3), 614–622.
Edi, R., & Haryani, M. E. (2022). Pendampingan Pembuatan E-modul untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Digital bagi Guru MGMP IPA Kota Pagaralam. 4(4), 1638–1646.
Iskandar, D., Zuwerni, Z., & Sofyan, S. (2022). Pengembangan E-Modul Pelatihan Aplikasi Google Workspace For Education Untuk Penguatan. 3(2), 1005–1018.
Jenita, Harefa, A. T., Pebriani, E., Hanafiah, Rukiyanto, B. A., & Sabur, F. (2023). Pemanfaatan Teknologi Dalam Menunjang Pembelajaran: Pelatihan Interaktif Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Communnity Development Journal, 4(6), 13121–13129.
Lambert, M. (2019). Practical Research Methods in Education. Routledge.
Marito, W., Riani, N., Adi, P., Siregar, S., Sari, D. N., Pembinaan, U., Indonesia, M., Muhammadiyah, U., Utara, S., Muslim, U., & Al, N. (2019). Workshop Pembuatan E-Modul Menggunakan Canva Bagi Guru-Guru Smp Muhammadiyah 7 Medan UntuK. Puspitasari, 7–12.
Nadeak, E., Elfaladonna, F., & Malahayati, M. (2023). Pelatihan Pembuatan Modul Ajar Interaktif Bagi Guru dengan Menggunakan Canva (Studi Kasus: SDN 204 Palembang). Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 2(3), 201–206. https://doi.org/10.59025/js.v2i3.103
Niken, N. A., Studi, P., Matematika, P., Ilmu, F., Dan, T., Islam, U., & Syarif, N. (2023). Pengembangan E-Modul Berbentuk Flipbook Dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education ( Rme ) Untuk Memfasilitasi Literasi.
Nuridayanti, Vitalocca, D., Makmur, E., Abdal, N. M., & Ashari, H. (2023). Pelatihan Canva for Teachers Membuat Bahan Ajar yang Menarik dan Efektif. Vokatek : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 279–285. https://doi.org/10.61255/vokatekjpm.v1i3.254
Rahmadayanti, A., & Purwaningrum, J. P. (2022). Pengaruh Model Core Berbantuan Modul Digital. 1, 26–36.
Safitri, M. L. O., Wicaksono, Syarifuddin, Iqbal, M., Dino, D., Paraswita, Mursyid, H., Kinanti, Tarigan, D., Elia, W., Faigawati, & Widya Nandasari, D. (2023). Pelatihan dan Bimbingan Penggunaan Canva dan Liveworksheets sebagai Aplikasi Pembelajaran. Jurnal SOLMA, 12(2), 546–554. https://doi.org/10.22236/solma.v12i2.11867
Suryani, S., Syam, A., & Nurdiansah, N. (2023). PKM Pelatihan Dan Pendampingan Implementasi TIK Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Guru SD Negeri Bulurokeng. Jurnal SOLMA, 11(3), 515–521. https://doi.org/10.22236/solma.v11i3.9853
Utari, K., Sit, M., & Rakhmawati, F. (2023). Modul Digital Matematika Materi Aritmatika Sosial Berbasis Drill and Practice. 07(August), 2475–2486.
Zunaidi, A. (2024). Metodologi Pengabdian Masyarakat. Yayasan Putra Adi Dharma.
