Main Article Content

Abstract

Background: UMKM di Indonesia menyumbang sekitar 60% dari PDB dan menyerap lebih dari 97% angkatan kerja, namun banyak di antaranya masih menghadapi tantangan dalam pemasaran digital, khususnya di Kelurahan Sendangmulyo, Kota Semarang. Pelaku UMKM di wilayah ini belum maksimal memanfaatkan media sosial dan fotografi produk yang berkualitas untuk promosi. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pendampingan kepada UMKM dalam pembuatan foto produk menarik sebagai bagian dari strategi pemasaran digital. Metode: Metode yang digunakan meliputi analisis situasi, pemaparan materi, pendampingan foto dan editing, serta evaluasi hasil. Kegiatan ini dilaksanakan pada 25-26 Mei 2024 dengan peserta sebanyak 15 orang dari pelaku UMKM Kelurahan Sendangmulyo, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. Hasil: Hasil pendampingan menunjukkan peningkatan signifikan dalam kualitas foto produk, dengan perbaikan pada pencahayaan, komposisi, dan ketajaman gambar. Feedback dari peserta positif, menunjukkan peningkatan kemampuan dan hasil yang lebih baik dalam promosi melalui media sosial.memotivasi mitra untuk menjalankan usaha mandiri di bidang ini. Kesimpulan: Kegiatan ini berhasil meningkatkan pemahaman dan keterampilan UMKM dalam fotografi produk, membantu mereka lebih kompetitif di pasar digital, dan diharapkan pelatihan digital marketing lainnya seperti desain kemasan, konten video, dan periklanan juga dilakukan untuk memperkuat kompetensi UMKM di era digital.

Keywords

MSEMs Digital Marketing Product Photos Training Photography UMKM Pemasaran Digital Foto Produk Pelatihan Fotografi

Article Details

How to Cite
Pamungkas, Y. B., Fanani, F., Setiawan, Y. B., & Hapsari, R. (2024). Pendampingan Pembuatan Foto Produk sebagai Strategi Promosi untuk Meningkatkan Brand dari Produk UMKM di Kelurahan Sendangmulyo. Jurnal SOLMA, 13(3), 2310–2319. https://doi.org/10.22236/solma.v13i3.15907

References

  1. Allan, C., Dektisa, A., & Wahyudi, A. T. (2024). Estetika dan Ego Ideal: Analisis Retouching pada Foto Produk untuk Instagram Post Anita Spiku. Jurnal DKV Adiwarna Universitas Kristen Petra, 13(1).
  2. Amalia, S., Maria, S., & Lestari, D. (2022). Implementation of Micro Business Productive Assistance for UMKM as an Effort to Grow a Sustainable Economy. JBTI: Jurnal Bisnis Teori Dan Implementasi, 13(3), 203-216. https://doi.org/10.18196/jbti.v13i3.16774
  3. Andersen, T., Byrne, D., & Wang, Q. (2021). How Digital Food Affects our Analog Lives: The Impact of Food Photography on Healthy Eating Behavior. Frontiers in Psychology, 12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.634261
  4. Ardhianto, E. (2024). Teknik Foto Produk menggunakan Smartphone Bagi Pelaku UMKM di Kabupaten Demak Klaster Olahan Bandeng. Abdimas, 3(1), 39-46. https://doi.org/10.47701/abdimas.v3i1.3453
  5. Handayani, I., Haryanti, P., Septiana, A. T., Sulistyo, S. B., Etnanta, Y. C., & Setiyawan, A. (2022). Pelatihan Dalam Upaya Peningkatan Pengetahuan dan Ketrampilan Digital Marketing Bagi UMKM di Purbalingga. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(1), 152. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i1.6141
  6. Harahap, H. S., Dewi, N. K., & Ningrum, E. P. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi UMKM. Jurnal Loyalitas Sosial: Journal of Community Service in Humanities and Social Sciences, 3(2), 77–85. https://doi.org/10.32493/JLS.v3i2.p77-85
  7. Haris, A., Samosir, H. E., & Lubis, S. H. (2022). Marketing communications as strategy expanding market share in era 4.0. International Journal of Social Science and Business, 7(1), 188-198. https://doi.org/10.23887/ijssb.v7i1.53535
  8. Kelurahan Sendangmulyo. (2023). Peta wilayah administrasi Kelurahan Sendangmulyo. Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Semarang. https://sendangmulyo.semarangkota.go.id/
  9. Khoirot Toyyiba, N., Fakhri, M. L., & Febrianita, R. (2023). Pelatihan Dan Pendampingan Teknik Fotografi Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Foto Produk UMKM Nginden Jangkungan. Journal of Community Service (JCOS), 1(3), 268–274. https://doi.org/10.56855/jcos.v1i3.605
  10. Mafaticha, A. and Andni, R. (2023). Swot Analysis in the Development Strategy of Lettuce Farmer UMKM (Case Study of UMKM Alam Tani Hidrofarm Kudus). Journal of Social Science Utilizing Technology, 1(2), 77-85. https://doi.org/10.55849/jssut.v1i2.598
  11. Nadhifah, Z., Amanda, S. A., & Ratih Candrastuti, D. (2021). Charyfa Cakery dalam Food Photography Sebagai Media Promosi Instagram. Specta Journal of Photography, Art, and Media, 5(2). http://dx.doi.org/10.24821/specta.v5i2.5713
  12. Nisrina, D. (2024). Analysis of Business Implementation through the Blue Ocean Strategy Approach in an Effort to face Competition in Culinary Smes. Asian Journal of Applied Business and Management, 3(2), 77-88. https://doi.org/10.55927/ajabm.v3i2.9405
  13. Putri, A. T., Wicaksono, B. T., Artama, R. A., Afriyandi, D., Putri, V. A., Utami, A. T., Erica, B., & Kharir, M. (2023). Pendampingan “Pembuatan Foto Produk” Pada Marketplace Bagi UMKM RW 09 Kelurahan Pandean Lamper, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang. Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 2(4), 373–383. https://doi.org/10.30640/cakrawala.v2i4.1807
  14. Putri, T. (2024). Optimasi Pemasaran Produk umkm melalui Pelatihan Fotografi dan Media Sosial di Desa Sawah Lebar Baru untuk Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Jurnal Abdimas Bsi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 115-123. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v7i1.19922
  15. Retno Utami, A., & Ratnasari, K. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Foto Produk Sebagai Media Promosi Digital Dan Qris Pada Umkm Womenprenuer Bogor. Jurnal Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(4). https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i4.19384
  16. Rizal, M., Laila, A. N., Ali, N., Rohmah, N., Hafi, M., Maula, N., & Waasiah, R. (2021). Sosialisasi Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM di Desa. JP2M: Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat, 2(4), 287–293. http://dx.doi.org/10.33474/jp2m.v2i4.13569
  17. Rizaldi, A., Margareta, F., Simehate, K., Hikmah, S. N., Albar, C. N., & Rafdhi, A. A. (2021). Digital Marketing as a Marketing Communication Strategy. International Journal of Research and Applied Technology, 1(1), 61-69. https://doi.org/10.34010/injuratech.v1i1.5639
  18. Sholeh, M., Rachmawati, Y., & Susetyo, J. (2022). Pendampingan Pembuatan Foto Produk untuk Konten Bagi Pelaku UMKM Sebagai Upaya Promosi di Media Sosial. Sevanam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 01(02), 76–85. http://dx.doi.org/10.25078/sevanam.v1i2.1025
  19. Soedarsono, D. K., Mohamad, B., Adamu, A. A., & Pradita, K. A. (2020). Managing Digital Marketing Communication of Coffee Shop using Instagram. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM), 14(05), 108. https://doi.org/10.3991/ijim.v14i05.13351
  20. Warsiyah, W., Luviadi, A., Huwaina, M., & Fakhrurozi, M. (2023). Pemberdayaan Umkm Melalui Optimasi Media Digital Pada Komunitas Inkusi (Inovasi Kewirausahaan Syariah). AKM: Aksi Kepada Masyarakat, 4(1), 135-142. https://doi.org/10.36908/akm.v4i1.838