Main Article Content

Abstract

Background: Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan untuk membantu ibu-ibu pelaku UMKM di Kelurahan Gedung Nasional, Kota Pangkalpinang, yang mengalami kendala dalam inovasi produk dan pemasaran. Kondisi ini membuat usaha yang mereka jalankan kurang berkembang dan kurang diminati oleh konsumen. Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan keterampilan inovasi produk dan pemanfaatan media digital sebagai sarana promosi, sehingga para pelaku UMKM dapat menghasilkan produk yang lebih bervariasi dan memiliki daya saing yang lebih tinggi di pasar. Metode: Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi sosialisasi, pelatihan, dan praktik langsung pembuatan produk “sistik” dengan variasi rasa dan warna menggunakan bahan-bahan alami, serta pelatihan penggunaan aplikasi digital untuk pemasaran serta diakhiri dengan evaluasi dampak program kegitan. Hasil: Hasil kegiatan menunjukkan bahwa para peserta berhasil menciptakan inovasi produk baru dan mampu menggunakan media digital untuk mendukung pemasaran produk mereka. Evaluasi menunjukkan 85% peserta merasa lebih percaya diri dalam menciptakan variasi produk baru, dan 78% peserta telah menerapkan strategi pemasaran digital yang diajarkan. Kesimpulan: Kegiatan ini memberikan dampak positif terhadap peningkatan keterampilan para pelaku UMKM, namun pendampingan lanjutan masih diperlukan untuk mengatasi kendala penerapan teknologi digital secara optimal.

Keywords

Cemilan Sehat Inovasi Produk Pemasaran Digital Pemberdayaan Masyarakat UMKM Cemilan Sehat Inovasi Produk Pemasaran Digital Pemberdayaan Masyarakat UMKM

Article Details

How to Cite
Robing, R., Septia, R., & Ansyari, I. (2024). Diversifikasi Produk dan Pemasaran Cemilan “Sistik” Sehat oleh Kelompok Ibu-Ibu Pelaku UMKM Di Kelurahan Gedung Nasional Kota Pangkalpinang. Jurnal SOLMA, 13(3), 2120–2130. https://doi.org/10.22236/solma.v13i3.15884

References

  1. Aslam, M. M. (2006). Are You Selling the Right Colour? A Cross‐cultural Review of Colour as a Marketing Cue. Journal of Marketing Communications, 12(1), 15–30. https://doi.org/10.1080/13527260500247827
  2. Burton, E. (2023). Color Theory for Artists: How Different Disciplines Apply Color Theory to Their Work. Design Dash. https://designdash.com/2023/11/10/color-theory-for-artists-how-different-disciplines-apply-color-theory-to-their-work/
  3. Badan Pusat Statistik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. (n.d.). https://babel.bps.go.id/
  4. Global Social Media Statistics — DataReportal – Global Digital Insights. (2023). DataReportal – Global Digital Insights. https://datareportal.com/social-media-users
  5. Hynes, N. (2009). Colour and meaning in corporate logos: An empirical study. Journal of Brand Management, 16(8), 545–555. https://doi.org/10.1057/bm.2008.5
  6. Kotler, P. (2013). Manajemen pemasaran jilid 2 / Philip Kotler, Kevin Lane Keller. 2013(2013), 1–99. http://library.um.ac.id/free-contents/downloadpdf.php/buku/manajemen-pemasaran-jilid-2-philip-kotler-kevin-lane-keller-44968.pdf
  7. Labrecque, L. I., & Milne, G. R. (2011). Exciting red and competent blue: the importance of color in marketing. Journal of the Academy of Marketing Science, 40(5), 711–727. https://doi.org/10.1007/s11747-010-0245-y
  8. Nicholson, R. (2007). Book review: Holtzschue, Linda: Understanding Color — An Introduction for Designers Third Edition Published by John Wiley & Sons, Inc., Hoboken, New Jersey, USA. ISBN -13978-0471-71508-5 ISBN-10 0-471-71508-5. Lighting Research and Technology, 39(4), 409–410. https://doi.org/10.1177/1477153507081360
  9. Pedroso, J., E., P., Sulleza, RV., S., Francisco, K., H., M., C., Noman, A., J., O., & Martinez, C.,A., V. (2023). Students’ Views on Using Canva as an All-In-One Tool for Creativity and Collaboration. Journal of Digital Learning and Distance Education, 2(2), 443-461. https://doi.org/10.56778/jdlde.v2i1.117.
  10. Pencarian Data UMKM. (n.d.). https://data-umkm.babelprov.go.id/list_umkm?fltrPemda=7&fltrKecamatan=42&fltrKeludes=&fltrSektor=&fltrKelas=&fltrSearch=
  11. Satriawan, I. (2024, February 20). Kabupaten Bangka Jadi Daerah dengan Penduduk Miskin Terbanyak di Babel, Peringkat Dua Bangka Tengah. Bangkapos.com. https://bangka.tribunnews.com/2024/02/20/kabupaten-bangka-jadi-daerah-dengan-penduduk-miskin-terbanyak-di-babel-peringkat-dua-bangka-tengah?page=2
  12. Singh, S. (2006). Impact of color on marketing. Management Decision, 44(6), 783–789. https://doi.org/10.1108/00251740610673332
  13. Spence, C., & Velasco, C. (2018). Packaging Colour and Its Multiple Roles. In Springer eBooks (pp. 21–48). https://doi.org/10.1007/978-3-319-94977-2_2
  14. Westland, S., Laycock, K., Cheung, V., Henry, P., & Mahyar, F. (2007). Colour harmony. Colour: Design & Creativity, 1(1), 1-15.
  15. Yanto. (2021). Peran Ibu Rumah Tangga Dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga di Desa Sungai Ringin Kabupaten Sekadau. Prosiding Seminar Nasional SATIESP, 978-602-53460-8–8, 1–7. http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/3707/1/ELMIYANTI.pd