Main Article Content

Abstract

Background: Kegiatan pengabdian ini betujuan untuk melakukan pendampingan penyusunan bahan ajar interaktif berbasis flipbook pada guru-guru SMAN 8 Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara sebagai mitra. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menguatkan literasi digital dan meningkatkan keterampilan mendesain bahasa ajar yang berbasis digital bagi guru-guru SMAN 8 Konawe Selatan. Analisis situasi menunjukkan bahwa masalah yang hadapi mitra adalah masih rendahnya literasi digital sehingga keterampilan dalam menggunakan perangkat digital dalam pembelajaran juga sangat minim. Padahal era teknologi dan program-program dalam dunia pendidikan dewasa ini menuntut guru untuk cakap dalam menggunakan teknologi digital alam pembelajaran. Metode: Metode yang digunakan untuk menyelelesaikan masalah mitra adalah melaksanakan workshop pembuatan bahan ajar berbasis flipbook. Sebanyak 15 peserta ditentukan secara purpossive random sampling yang mewakili tiga bidang ilmu; Bahasa, IPA, dan IPS. Dalam Workshop pembuatan bahan ajar berbasis flipbook, peserta diperkenalkan dengan tiga aplikasi pendukung, yakni; Canva, Heyzine, dan S.id. Pelatihan ketiga bentuk aplikasi digital ini tidak saja meningkatkan keterampilan membuat bahan ajar berbasis digital tetapi juga dapat menguatkan literasi digital guru-guru mereka. Hasil: Hasil program menunjukkan bahwa kegiatan berhasil menguatkan literasi digital dan meningkatkan keterampilan guru dalam mendesain bahan ajar yang bersifat interaktif melalui pengenalan beberapa aplikasi digital dan fitur-fitur yang dapat digunakan dalam media pembelajaran. Kesimpulan: Adanya kegiatan pelatihan ini telah membantu guru dalam mendesai sumber dan media pembelajaran yang efektif dan efisien tanpa harus mengeluarkan uang untuk pembelian aplikasi, tetapi dapat digunakan secara gratis dengan memadukan tiga aplikasi tersebut.

Keywords

digital literacy interactive teaching meterial flipbook literasi digital bahan ajar interaktif flipbook

Article Details

Author Biographies

Nurlatul Qadriani, Program Studi Sastra Indonesia, Universitas Halu Oleo, Jalan H.E.A. Mokodompit Kampus Hijau Bumi Tridharma Anduonohu Kendari, Indonesia, 93132

Program Studi Sastra Indonesia

Afriani Ulya, Program Studi Sastra Indonesia, Universitas Halu Oleo, Jalan H.E.A. Mokodompit Kampus Hijau Bumi Tridharma Anduonohu Kendari, Indonesia, 93132

Program Studi Sastra Indonesia

Mutmainnah Mutmainnah, Program Studi Sastra Inggris, Universitas Halu Oleo, Jalan H.E.A. Mokodompit Kampus Hijau Bumi Tridharma Anduonohu Kendari, Indonesia, 93132

Program Studi Sastra Inggris

Shafwan Nugraha, Program Studi Sastra Indonesia, Universitas Halu Oleo, Jalan H.E.A. Mokodompit Kampus Hijau Bumi Tridharma Anduonohu Kendari, Indonesia, 93132

Program Studi Sastra Indonesia

Halijah Koso, Program Studi Sastra Inggris, Universitas Halu Oleo, Jalan H.E.A. Mokodompit Kampus Hijau Bumi Tridharma Anduonohu Kendari, Indonesia, 93132

Program Studi Sastra Inggris

How to Cite
Rasiah, R., Qadriani, N., Ulya, A., Mutmainnah, M., Nugraha, S., Koso, H., Bilu, L., Fauzan, M., Jabaru Hidi, A., & Saheya Kowuna Brkt, W. S. (2025). Flipbook untuk Menguatkan Literasi Digital dan Keterampilan Desain Bahan Ajar Interaktif bagi Guru-Guru Sman 8 Konawe Selatan. Jurnal SOLMA, 13(3), 2843–2852. https://doi.org/10.22236/solma.v13i3.15818

References

  1. Andina, E. (2011). Buku digital dan pengaturannya. Aspirasi, 2(1), 119-146.
  2. Angela K D, M. H. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Flipbook Bagi Guru Di SMK Elanus Ruteng Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Solma, 11(3), 644-653. https://doi.org/10.22236/solma.v11i3.9167
  3. Arsyad, A. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  4. Depdiknas. (2003). Media Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan.
  5. Fauzi Yusa Rahman, Y., Erfan , K., Agus , S., & Indu, I. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Buku Digital Menggunakan Flipbook Pada SDIT Sullamul ‘Ulum. ABDINE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 87-93. https://doi.org/10.52072/abdine.v1i2.214
  6. Ghea , S., & Sri, F. H. (2023). Pengembangan Modul Elektronik ‘Flipbook’ Sebagai Bahan Ajar Pengayaan Keterampilan Menulis Bahasa Inggris. ALFABETA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 6(2), 1-11. http://dx.doi.org/10.33503/alfabeta.v6i2.3679
  7. Juliawan, d. (2023). Penggunaan Canva sebagai Media Pembelajaran untuk Pendidikan. Jurnal Pengabdian Kepada masyarakat (SEWAGATI), 2(2), 12-23. https://doi.org/10.59819/sewagati.v2i2.3306
  8. Kamsidah. (2024, 06 15). literasi digital pengertian prinsip dan manfaat tantangan dan contoh. Retrieved from https://www.kompas.com.
  9. Maria Ulfa, I. S. (2023). Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Canva bagi Guru di Desa Durian Gadis. Bina Darma Conference on Community Service Result , 75-85.
  10. Mulyaningsih, N. N. (2017). Penerapan Media Pembelajaran Digital Book Dengan Kvisoft Flipbook Maker. . Jurnal Pendidikan Fisika,, 5(1), 25-32. http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v5i1.741
  11. Nafiah, Syamsul, G., Sri , H., Pance, M., Sukron , D., & Sudarto. (2024). Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Flipbook dengan Aplikasi Canva Bagi Guru Sekolah Dasar di Magetan. Jurnal Indonesia Berdaya, 5(1), 101-112. http://dx.doi.org/10.47679/ib.2024647
  12. Nurul, A. &. (2024). Pengaruh Media E-Flipbook Terhadap Kemampuan Mengenal Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak Kanak Kartika 1-63 Kota Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 8646-8655. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13698
  13. Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Jenjang SMA?MA. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 79-96. https://doi.org/10.32493/sasindo.v8i2.79-96
  14. Pratiwi, , I., & Meilan, R. (2018). Peran media pembelajaran dalam meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 173-181. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11762
  15. Riyanto, L. &. (2012). Pengembangan digital library local conten tpekalongan dalam format buku 3 dimensi. Jurnal LIPI, 1(1), 1-13.
  16. Saputra, S. A. (2023). Pelatihan Pembelajaran Apresiasi Sastra Berorientasi Afirmasi Literasi Diri Bagi Guru SD di Tasikmalaya. Jurnal Publikasi Pendidikan, 13(1), 38-42. http://dx.doi.org/10.26858/publikan.v13i1.27061
  17. Sonia, M. &. (2022). Efektivitas Pop Up Flipbook terhadap Pengenala Kosa Kata Bahasa Inggris di Taman Kanak-Kanak Anissa Kota Sungai Penuh. GENERASI EMAS: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(2), 1-9. https://doi.org/10.25299/ge.2023.vol6(2).13177
  18. Suherdi, D. (2021). Peran Literasi Digital di Masa Pandemik. Cattleya Darmaya Fortuna.
  19. Widi, A. A. (2023). Pengembangan UKBM Interaktif Flipbook dengan Canva pada Mapel Bahasa Inggris Materi Discussion Text di SMA Negeri 2 Blitar. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 1313-1320. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.437