Main Article Content

Abstract

Background: Kegiatan pengabdian ini betujuan untuk melakukan pendampingan penyusunan bahan ajar interaktif berbasis flipbook pada guru-guru SMAN 8 Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara sebagai mitra. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menguatkan literasi digital dan meningkatkan keterampilan mendesain bahasa ajar yang berbasis digital bagi guru-guru SMAN 8 Konawe Selatan. Analisis situasi menunjukkan bahwa masalah yang hadapi mitra adalah masih rendahnya literasi digital sehingga keterampilan dalam menggunakan perangkat digital dalam pembelajaran juga sangat minim. Padahal era teknologi dan program-program dalam dunia pendidikan dewasa ini menuntut guru untuk cakap dalam menggunakan teknologi digital alam pembelajaran. Metode: Metode yang digunakan untuk menyelelesaikan masalah mitra adalah melaksanakan workshop pembuatan bahan ajar berbasis flipbook. Sebanyak 15 peserta ditentukan secara purpossive random sampling yang mewakili tiga bidang ilmu; Bahasa, IPA, dan IPS. Dalam Workshop pembuatan bahan ajar berbasis flipbook, peserta diperkenalkan dengan tiga aplikasi pendukung, yakni; Canva, Heyzine, dan S.id. Pelatihan ketiga bentuk aplikasi digital ini tidak saja meningkatkan keterampilan membuat bahan ajar berbasis digital tetapi juga dapat menguatkan literasi digital guru-guru mereka. Hasil: Hasil program menunjukkan bahwa kegiatan berhasil menguatkan literasi digital dan meningkatkan keterampilan guru dalam mendesain bahan ajar yang bersifat interaktif melalui pengenalan beberapa aplikasi digital dan fitur-fitur yang dapat digunakan dalam media pembelajaran. Kesimpulan: Adanya kegiatan pelatihan ini telah membantu guru dalam mendesai sumber dan media pembelajaran yang efektif dan efisien tanpa harus mengeluarkan uang untuk pembelian aplikasi, tetapi dapat digunakan secara gratis dengan memadukan tiga aplikasi tersebut.

Keywords

digital literacy interactive teaching meterial flipbook literasi digital bahan ajar interaktif flipbook

Article Details

Author Biographies

Nurlatul Qadriani, Program Studi Sastra Indonesia, Universitas Halu Oleo, Jalan H.E.A. Mokodompit Kampus Hijau Bumi Tridharma Anduonohu Kendari, Indonesia, 93132

Program Studi Sastra Indonesia

Afriani Ulya, Program Studi Sastra Indonesia, Universitas Halu Oleo, Jalan H.E.A. Mokodompit Kampus Hijau Bumi Tridharma Anduonohu Kendari, Indonesia, 93132

Program Studi Sastra Indonesia

Mutmainnah Mutmainnah, Program Studi Sastra Inggris, Universitas Halu Oleo, Jalan H.E.A. Mokodompit Kampus Hijau Bumi Tridharma Anduonohu Kendari, Indonesia, 93132

Program Studi Sastra Inggris

Shafwan Nugraha, Program Studi Sastra Indonesia, Universitas Halu Oleo, Jalan H.E.A. Mokodompit Kampus Hijau Bumi Tridharma Anduonohu Kendari, Indonesia, 93132

Program Studi Sastra Indonesia

Halijah Koso, Program Studi Sastra Inggris, Universitas Halu Oleo, Jalan H.E.A. Mokodompit Kampus Hijau Bumi Tridharma Anduonohu Kendari, Indonesia, 93132

Program Studi Sastra Inggris

How to Cite
Rasiah, R., Qadriani, N., Ulya, A., Mutmainnah, M., Nugraha, S., Koso, H., Bilu, L., Fauzan, M., Jabaru Hidi, A., & Saheya Kowuna Brkt, W. S. (2025). Flipbook untuk Menguatkan Literasi Digital dan Keterampilan Desain Bahan Ajar Interaktif bagi Guru-Guru Sman 8 Konawe Selatan. Jurnal SOLMA, 13(3), 2843–2852. https://doi.org/10.22236/solma.v13i3.15818

References

Read More