Main Article Content
Abstract
Background: Kegiatan pengabdian ini betujuan untuk melakukan pendampingan penyusunan bahan ajar interaktif berbasis flipbook pada guru-guru SMAN 8 Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara sebagai mitra. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menguatkan literasi digital dan meningkatkan keterampilan mendesain bahasa ajar yang berbasis digital bagi guru-guru SMAN 8 Konawe Selatan. Analisis situasi menunjukkan bahwa masalah yang hadapi mitra adalah masih rendahnya literasi digital sehingga keterampilan dalam menggunakan perangkat digital dalam pembelajaran juga sangat minim. Padahal era teknologi dan program-program dalam dunia pendidikan dewasa ini menuntut guru untuk cakap dalam menggunakan teknologi digital alam pembelajaran. Metode: Metode yang digunakan untuk menyelelesaikan masalah mitra adalah melaksanakan workshop pembuatan bahan ajar berbasis flipbook. Sebanyak 15 peserta ditentukan secara purpossive random sampling yang mewakili tiga bidang ilmu; Bahasa, IPA, dan IPS. Dalam Workshop pembuatan bahan ajar berbasis flipbook, peserta diperkenalkan dengan tiga aplikasi pendukung, yakni; Canva, Heyzine, dan S.id. Pelatihan ketiga bentuk aplikasi digital ini tidak saja meningkatkan keterampilan membuat bahan ajar berbasis digital tetapi juga dapat menguatkan literasi digital guru-guru mereka. Hasil: Hasil program menunjukkan bahwa kegiatan berhasil menguatkan literasi digital dan meningkatkan keterampilan guru dalam mendesain bahan ajar yang bersifat interaktif melalui pengenalan beberapa aplikasi digital dan fitur-fitur yang dapat digunakan dalam media pembelajaran. Kesimpulan: Adanya kegiatan pelatihan ini telah membantu guru dalam mendesai sumber dan media pembelajaran yang efektif dan efisien tanpa harus mengeluarkan uang untuk pembelian aplikasi, tetapi dapat digunakan secara gratis dengan memadukan tiga aplikasi tersebut.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Andina, E. (2011). Buku digital dan pengaturannya. Aspirasi, 2(1), 119-146.
- Angela K D, M. H. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Flipbook Bagi Guru Di SMK Elanus Ruteng Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Solma, 11(3), 644-653. https://doi.org/10.22236/solma.v11i3.9167
- Arsyad, A. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
- Depdiknas. (2003). Media Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan.
- Fauzi Yusa Rahman, Y., Erfan , K., Agus , S., & Indu, I. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Buku Digital Menggunakan Flipbook Pada SDIT Sullamul ‘Ulum. ABDINE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 87-93. https://doi.org/10.52072/abdine.v1i2.214
- Ghea , S., & Sri, F. H. (2023). Pengembangan Modul Elektronik ‘Flipbook’ Sebagai Bahan Ajar Pengayaan Keterampilan Menulis Bahasa Inggris. ALFABETA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 6(2), 1-11. http://dx.doi.org/10.33503/alfabeta.v6i2.3679
- Juliawan, d. (2023). Penggunaan Canva sebagai Media Pembelajaran untuk Pendidikan. Jurnal Pengabdian Kepada masyarakat (SEWAGATI), 2(2), 12-23. https://doi.org/10.59819/sewagati.v2i2.3306
- Kamsidah. (2024, 06 15). literasi digital pengertian prinsip dan manfaat tantangan dan contoh. Retrieved from https://www.kompas.com.
- Maria Ulfa, I. S. (2023). Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Canva bagi Guru di Desa Durian Gadis. Bina Darma Conference on Community Service Result , 75-85.
- Mulyaningsih, N. N. (2017). Penerapan Media Pembelajaran Digital Book Dengan Kvisoft Flipbook Maker. . Jurnal Pendidikan Fisika,, 5(1), 25-32. http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v5i1.741
- Nafiah, Syamsul, G., Sri , H., Pance, M., Sukron , D., & Sudarto. (2024). Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Flipbook dengan Aplikasi Canva Bagi Guru Sekolah Dasar di Magetan. Jurnal Indonesia Berdaya, 5(1), 101-112. http://dx.doi.org/10.47679/ib.2024647
- Nurul, A. &. (2024). Pengaruh Media E-Flipbook Terhadap Kemampuan Mengenal Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak Kanak Kartika 1-63 Kota Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 8646-8655. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13698
- Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Jenjang SMA?MA. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 79-96. https://doi.org/10.32493/sasindo.v8i2.79-96
- Pratiwi, , I., & Meilan, R. (2018). Peran media pembelajaran dalam meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 173-181. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11762
- Riyanto, L. &. (2012). Pengembangan digital library local conten tpekalongan dalam format buku 3 dimensi. Jurnal LIPI, 1(1), 1-13.
- Saputra, S. A. (2023). Pelatihan Pembelajaran Apresiasi Sastra Berorientasi Afirmasi Literasi Diri Bagi Guru SD di Tasikmalaya. Jurnal Publikasi Pendidikan, 13(1), 38-42. http://dx.doi.org/10.26858/publikan.v13i1.27061
- Sonia, M. &. (2022). Efektivitas Pop Up Flipbook terhadap Pengenala Kosa Kata Bahasa Inggris di Taman Kanak-Kanak Anissa Kota Sungai Penuh. GENERASI EMAS: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(2), 1-9. https://doi.org/10.25299/ge.2023.vol6(2).13177
- Suherdi, D. (2021). Peran Literasi Digital di Masa Pandemik. Cattleya Darmaya Fortuna.
- Widi, A. A. (2023). Pengembangan UKBM Interaktif Flipbook dengan Canva pada Mapel Bahasa Inggris Materi Discussion Text di SMA Negeri 2 Blitar. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 1313-1320. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.437
References
Andina, E. (2011). Buku digital dan pengaturannya. Aspirasi, 2(1), 119-146.
Angela K D, M. H. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Flipbook Bagi Guru Di SMK Elanus Ruteng Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Solma, 11(3), 644-653. https://doi.org/10.22236/solma.v11i3.9167
Arsyad, A. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Depdiknas. (2003). Media Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan.
Fauzi Yusa Rahman, Y., Erfan , K., Agus , S., & Indu, I. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Buku Digital Menggunakan Flipbook Pada SDIT Sullamul ‘Ulum. ABDINE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 87-93. https://doi.org/10.52072/abdine.v1i2.214
Ghea , S., & Sri, F. H. (2023). Pengembangan Modul Elektronik ‘Flipbook’ Sebagai Bahan Ajar Pengayaan Keterampilan Menulis Bahasa Inggris. ALFABETA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 6(2), 1-11. http://dx.doi.org/10.33503/alfabeta.v6i2.3679
Juliawan, d. (2023). Penggunaan Canva sebagai Media Pembelajaran untuk Pendidikan. Jurnal Pengabdian Kepada masyarakat (SEWAGATI), 2(2), 12-23. https://doi.org/10.59819/sewagati.v2i2.3306
Kamsidah. (2024, 06 15). literasi digital pengertian prinsip dan manfaat tantangan dan contoh. Retrieved from https://www.kompas.com.
Maria Ulfa, I. S. (2023). Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Canva bagi Guru di Desa Durian Gadis. Bina Darma Conference on Community Service Result , 75-85.
Mulyaningsih, N. N. (2017). Penerapan Media Pembelajaran Digital Book Dengan Kvisoft Flipbook Maker. . Jurnal Pendidikan Fisika,, 5(1), 25-32. http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v5i1.741
Nafiah, Syamsul, G., Sri , H., Pance, M., Sukron , D., & Sudarto. (2024). Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Flipbook dengan Aplikasi Canva Bagi Guru Sekolah Dasar di Magetan. Jurnal Indonesia Berdaya, 5(1), 101-112. http://dx.doi.org/10.47679/ib.2024647
Nurul, A. &. (2024). Pengaruh Media E-Flipbook Terhadap Kemampuan Mengenal Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak Kanak Kartika 1-63 Kota Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 8646-8655. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13698
Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Jenjang SMA?MA. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 79-96. https://doi.org/10.32493/sasindo.v8i2.79-96
Pratiwi, , I., & Meilan, R. (2018). Peran media pembelajaran dalam meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 173-181. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11762
Riyanto, L. &. (2012). Pengembangan digital library local conten tpekalongan dalam format buku 3 dimensi. Jurnal LIPI, 1(1), 1-13.
Saputra, S. A. (2023). Pelatihan Pembelajaran Apresiasi Sastra Berorientasi Afirmasi Literasi Diri Bagi Guru SD di Tasikmalaya. Jurnal Publikasi Pendidikan, 13(1), 38-42. http://dx.doi.org/10.26858/publikan.v13i1.27061
Sonia, M. &. (2022). Efektivitas Pop Up Flipbook terhadap Pengenala Kosa Kata Bahasa Inggris di Taman Kanak-Kanak Anissa Kota Sungai Penuh. GENERASI EMAS: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(2), 1-9. https://doi.org/10.25299/ge.2023.vol6(2).13177
Suherdi, D. (2021). Peran Literasi Digital di Masa Pandemik. Cattleya Darmaya Fortuna.
Widi, A. A. (2023). Pengembangan UKBM Interaktif Flipbook dengan Canva pada Mapel Bahasa Inggris Materi Discussion Text di SMA Negeri 2 Blitar. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 1313-1320. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.437