Main Article Content

Abstract

Pendahuluan: Masalah yang terjadi di sekolah dasar adalah minimnya pengetahuan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran di sekolah. Penggunaan teknologi informasi dan informasi dalam pembelajaran salah satunya dengan pemanfaatan LMS (Learning Management System). Studi ini bertujuan untuk membantu guru dalam pelaksanaan pembelajaran baik secara online maupun blended learning. Metode: Diskusi, simulasi, praktek dan diikuti oleh 20 guru SD di Kecamatan Parungponteng Kabupaten Tasikmalaya. Hasil: Adanya peningkatan pemahaman dan kemampuan guru sekolah dasar di Kecamatan Parungponteng Kabupaten Tasikmalaya dalam penggunaan LMS (belajar.kemdikbud.go.id dan Google Classroom). Kesimpulan: Kegiatan ini dapat memberikan manfaat kepada kepada guru-guru dalam mengimplentasikan pembelajaran salah satunya dengan pemanfaatan LMS (Learning Management System) sehingga dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran dan berimbas pada peningkatan prestasi peserta didik.

Keywords

Learning management system Google Classroom belajar.kemdikbud.go.id Google Classroom LMS (Learning Management System) Pelatihan

Article Details

How to Cite
Mahendra, H. H., Nugraha, F., Nurani, R. Z., & Hikmatyar, M. (2024). Pelatihan Penggunaan LMS (Learning Management System) Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal SOLMA, 13(3), 2744–2752. https://doi.org/10.22236/solma.v13i3.15649

References

  1. Adawiyah, S. R., Syuhada, N., & Nurjihadi, A. (2024). Analisis Peluang dan Tantangan Implementasi Learning Management System (LMS). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 6(1), 1004–1014. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i1.6268
  2. Agustian, N., & Salsabila, U. H. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. Islamika, 3(1), 123–133. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047
  3. Andi Sadriani, M. Ridwan Said Ahmad, & Ibrahim Arifin. (2023). Peran Guru Dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Era Digital. Seminar Nasional Dies Natalis 62, 1, 32–37. https://doi.org/10.59562/semnasdies.v1i1.431
  4. Cipta, N. H., Rokmanah, S., & Wijayanti, R. S. (2023). Penggunaan Teknologi sebagai Media Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 23955–23959.
  5. Fakhruddin, A. M., Putri, L. O., Sudirman, P., Annisa, R. N., & As, R. (2022). Efektivitas LMS (Learning Management System) untuk mengelola pembelajaran jarak jauh pada satuan pendidikan. Pendidikan, 6(2), 1–8.
  6. Fauziyah, S., Fauziyah, S., Ekosusilo, M., & Putra, H. K. (2022). Penggunaan LMS (Learning Management System) Berbasis Moodle Ditinjau dari Minat Belajar Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Lembaran Ilmu Kependidikan, 51(2), 88–101.
  7. Gustiana, R. (2022). Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Suatu Kajian Literatur Review Ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia). Jemsi, 3(6), 657–666.
  8. Mahendra, H. H., & Nurani, R. Z. (2020). Pengaruh Penggunaan DLM (Digital Learning Material) Terhadap Aktivitas Belajar IPS Siswa Kelas V Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(1), 114–124.
  9. Mukaromah, E. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Meningkatkan Gairah Belajar Siswa. Indonesian Journal of Education Management and Administration Review, 4(1), 179–185.
  10. Munawir, M., Erindha, A. N., & Sari, D. P. (2023). Memahami Karakteristik Guru Profesional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 384–390. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1108
  11. Parikesit, H., Adha, M. M., Hartino, A. T., & Ulpa, E. P. (2021). Implementasi Teknologi Dalam Pembelajaran Daring Di Tengah Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 545–554.
  12. Prasetyo, H., & Sutopo, W. (2018). INDUSTRI 4.0: TELAAH KLASIFIKASI ASPEK DAN ARAH PERKEMBANGAN RISET. J@ti Undip : Jurnal Teknik Industri, 13(1). https://doi.org/10.14710/jati.13.1.17-26
  13. Pratama, L. D., & Lestari, W. (2020). Pengaruh Pelatihan Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 278–285. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.207
  14. Purba, N., Yahya, M., & Nurbaiti. (2021). Revolusi Industri 4.0 : Peran Teknologi Dalam Eksistensi Penguasaan Bisnis Dan Implementasinya. Jurnal Perilaku Dan Strategi Bisnis, 9(2), 91–98.
  15. Sabran, & Sabara, E. (2019). Keefektifan Google Classroom sebagai media pembelajaran. PROSIDING SEMINAR NASIONAL LEMBAGA PENELITIAN UNIVERSITAS NEGERI Makasar, 122–125.
  16. Sitopu, J. W., Pitra, D. H., Muhammadiah, M., & Nurmiati, A. S. (2023). Peningkatan Kualitas Guru : Pelatihan dan Pengembangan Profesional dalam Pendidikan. Communnity Development Journal, 4(6), 13441.
  17. Slameto. (2010). Belajar & Faktor – Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.
  18. Wicaksono, D., & Iswan. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Di Kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 12 Pamulang, Banten. Jurnal Ilmiah PGSD, 3(2), 111–126.
  19. Yudi Permana, B., Glory, Y. L., & Luki, M. (2024). Evaluasi Penggunaan Learning Management System Sebagai Media untuk Pengambilan Nilai Tes Harian terhadap Siswa SD. Journal of Economics and Business UBS, 13(2).