Main Article Content
Abstract
Background: Ekonomi kreatif berkembang pesat dan menjadi sektor yang signifikan dalam perekonomian nasional. Salah satu subsektor penting adalah desain grafis, yang memainkan peran vital dalam komunikasi visual dan pengembangan bisnis kreatif. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi bisnis dan keterampilan desain grafis anggota Angkatan Muda Muhammadiyah (Digrapich). Metode: Metode yang digunakan mencakup pelatihan penggunaan perangkat lunak desain grafis, pengembangan bisnis, dan pendampingan dalam strategi kerjasama dan promosi. Mitra dalam program ini adalah Angkatan Muda Muhammadiyah, dengan jumlah peserta sebanyak 10 orang. Hasil: Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan desain grafis peserta, pemahaman manajemen bisnis, serta pembukaan peluang kerja baru dan peningkatan pendapatan. Peserta juga berhasil membangun jaringan profesional yang lebih luas. Kesimpulan: Kesimpulan dari kegiatan ini adalah bahwa program PKM ini efektif dalam meningkatkan keterampilan dan kapasitas bisnis peserta, serta memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan ekonomi kreatif.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Baqir, M. N. (2024, March 9). Memahami Keuntungan dan Tantangan dalam Bisnis Desain Grafis: Analisis SWOT yang Menarik. TambahPinter.Com.
- Christian Jonathan, A., & Valentina, A. (2023). Peran Desain Grafis Pada Peningkatan Brand Awareness Konten Media Sosial Instagram Brand K. Jurnal Serina Sosial Humaniora, 1(3), 108–116. https://doi.org/10.24912/jssh.v1i3.28357
- Darma Dirawan, G., & Muchtar, A. (2022). PKM Pelatihan Desain Grafis pada Siswa SMA Negeri 3 Gowa. In PENGABDI: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (Vol. 3, Issue 2).
- Dronyuk, I., Moiseienko, I., & Gregusml, J. (2019). Analysis of creative industries activities in european union countries. Procedia Computer Science, 160, 479–484. https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.11.061
- Gunawan, S., Lamada, M., & Anita Octavia, S. (2021). Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat.
- Haryani, P. (2024). Pelatihan Desain Grafis Aplikasi Coreldraw Bagi Pemuda Pemudi Karang Taruna Desa Pogung Dalangan. 1–2.
- Hasdar, M., Fera, M., & Syaifulloh, M. (2019). Pemberdayaan Kelompok Bisnis Mahasiswa Berbasis IPTEK Melalui Program Agrofood Technopreneur. Jurnal SOLMA, 8(1), 73. https://doi.org/10.29405/solma.v8i1.3206
- Idrus L. (2019). Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran. ADAARA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2).
- Kemenparekraf RI. (2021). Statistik Ekonomi Kreatif 2021 (Pusat Data dan Sistem Informasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ed.). www.kemenparekraf.go.id
- Maharani, D., & Andri Yusda, R. (2022). Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Photoshop Bagi Remaja Desa Mekar Tanjung Kabupaten Asahan. In Jurnal Pemberdayaan Sosial dan Teknologi Masyarakat (Vol. 2, Issue 2). http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JPSTM
- Mufidah, N. L., & Surjanti, J. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid-19. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(1), 187. https://doi.org/10.23887/ekuitas.v9i1.34186
- Murdiaty, F. H. (2020). Pelatihan Desain Grafis Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Sma Husni Thamrin. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 3(2), 2614–7947.
- Purnomo, N., Nawafilah, Q. N., & Husen. (2023). Vector Based Graphic Design Training to Improve Business Interest. Jurnal Abdimas Berdaya : Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan Dan Pengabdian Masyarakat, 6(2).
- Rosyadi, S., Sabiq, A., Ahmad, A. A., & Yamin, M. (2021). The Cross-Sector Collaboration for Development Policy of Rural Creative Economy: The Case of Bengkoang Creative Hub. Journal of Governance and Public Policy, 8(1), 10–21. https://doi.org/10.18196/jgpp.811339
- Suryadharma, M., Ngurah, A., Asthiti, Q., Nugroho, A., Putro, S., Rukmana, A. Y., & Mesra, R. (2023). Strategi Kolaboratif dalam Mendorong Inovasi Bisnis di Industri Kreatif: Kajian Kualitatif pada Perusahaan Desain Grafis. Sanskara Manajemen Dan Bisnis, 01(03), 172–181. https://doi.org/10.58812/smb.v1.i03
References
Baqir, M. N. (2024, March 9). Memahami Keuntungan dan Tantangan dalam Bisnis Desain Grafis: Analisis SWOT yang Menarik. TambahPinter.Com.
Christian Jonathan, A., & Valentina, A. (2023). Peran Desain Grafis Pada Peningkatan Brand Awareness Konten Media Sosial Instagram Brand K. Jurnal Serina Sosial Humaniora, 1(3), 108–116. https://doi.org/10.24912/jssh.v1i3.28357
Darma Dirawan, G., & Muchtar, A. (2022). PKM Pelatihan Desain Grafis pada Siswa SMA Negeri 3 Gowa. In PENGABDI: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (Vol. 3, Issue 2).
Dronyuk, I., Moiseienko, I., & Gregusml, J. (2019). Analysis of creative industries activities in european union countries. Procedia Computer Science, 160, 479–484. https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.11.061
Gunawan, S., Lamada, M., & Anita Octavia, S. (2021). Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat.
Haryani, P. (2024). Pelatihan Desain Grafis Aplikasi Coreldraw Bagi Pemuda Pemudi Karang Taruna Desa Pogung Dalangan. 1–2.
Hasdar, M., Fera, M., & Syaifulloh, M. (2019). Pemberdayaan Kelompok Bisnis Mahasiswa Berbasis IPTEK Melalui Program Agrofood Technopreneur. Jurnal SOLMA, 8(1), 73. https://doi.org/10.29405/solma.v8i1.3206
Idrus L. (2019). Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran. ADAARA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2).
Kemenparekraf RI. (2021). Statistik Ekonomi Kreatif 2021 (Pusat Data dan Sistem Informasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ed.). www.kemenparekraf.go.id
Maharani, D., & Andri Yusda, R. (2022). Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Photoshop Bagi Remaja Desa Mekar Tanjung Kabupaten Asahan. In Jurnal Pemberdayaan Sosial dan Teknologi Masyarakat (Vol. 2, Issue 2). http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JPSTM
Mufidah, N. L., & Surjanti, J. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid-19. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(1), 187. https://doi.org/10.23887/ekuitas.v9i1.34186
Murdiaty, F. H. (2020). Pelatihan Desain Grafis Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Sma Husni Thamrin. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 3(2), 2614–7947.
Purnomo, N., Nawafilah, Q. N., & Husen. (2023). Vector Based Graphic Design Training to Improve Business Interest. Jurnal Abdimas Berdaya : Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan Dan Pengabdian Masyarakat, 6(2).
Rosyadi, S., Sabiq, A., Ahmad, A. A., & Yamin, M. (2021). The Cross-Sector Collaboration for Development Policy of Rural Creative Economy: The Case of Bengkoang Creative Hub. Journal of Governance and Public Policy, 8(1), 10–21. https://doi.org/10.18196/jgpp.811339
Suryadharma, M., Ngurah, A., Asthiti, Q., Nugroho, A., Putro, S., Rukmana, A. Y., & Mesra, R. (2023). Strategi Kolaboratif dalam Mendorong Inovasi Bisnis di Industri Kreatif: Kajian Kualitatif pada Perusahaan Desain Grafis. Sanskara Manajemen Dan Bisnis, 01(03), 172–181. https://doi.org/10.58812/smb.v1.i03