Main Article Content
Abstract
Background: Konselor sekolah berperan penting untuk mendampingi perkembangan siswa secara utuh. Maka konselor sekolah seharusnya menguasai layanan bimbingan yang memandang keutuhan manusia. Bimbingan profetik memandang manusia secara utuh dalam dimensi ketuhanan, sesama manusia dan alam. Permasalahan ditempat pengabdian diantaranya: (1) Semua Guru BK belum memahami layanan BK Profetik; (2) Sebagian besar Guru BK belum terampil menggunakan pendekatan BK Profetik; dan (3) Semua Guru BK belum terampil menggunakan metode sokratik. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru BK dalam mengimplementasikan BK profetik. Metode: Mitra pada kegiatan PkM ini yakni Guru BK di SMK Muhammadiyah 1 Bantul yang berjumlah 6 orang. Metode yang diterapkan pada kegiatan PkM melalui pelatihan dan pendampingan selama empat kali dalam dua semester. Pertemuan pertama terfokus pada landasan filosofis BK Profetik dan hakikat manusia dalam perspektif bimbingan profetik, Kedua terfokus melatih keterampilan layanan BK profetik berbasis metode sokratik. Keberhasilan kegiatan pengabdian diukur menggunakan angket evaluasi dan refleksi. Hasil: (1) 93,8% peserta mendapatkan pemahaman tentang BK profetik dan hakikat manusia; (2) 90% terampil menggunakan metode sokratik dalam layanan BK profetik. Kesimpulan: Pengabdian ini telah memberikan dampak positif berupa peningkatan pemahaman dan keterampilan guru BK SMK Musaba dalam layanan BK di Sekolah.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Afiati, Evi, Robby Zidny, Rahmawati Rahmawati, Alfiandy Warih Handoyo, and Mohamad Saripudin. 2023. “Peningkatan Keterampilan Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Menyelenggarakan Layanan Bimbingan Dan Konseling Berorientasi Education for Sustainable Development (ESD): Sebuah Studi Kasus Di Banten, Indonesia.” Jurnal Studi Kasus Kegiatan Masyarakat 1(1):1–7. http://doi.org/10.53889/jskkm.v1i1.256.
- Afni, Fadila, Elvida Rosif, Lou Fatahilla, and Muhammad Iqbal Baihaqi. 2023. “Filsafat Ilmu: Ide, Gagasan, Penalaran Dan Logika Sebagai Dasar Pengetahuan.” Tashdiq: Jurnal Kajian Agama Dan Dakwah 1(3):91–100. https://doi.org/10.5281/zenodo.12741360.
- Alwina, Sakura, Pradana Chairy Azhar, and Azri Ranuwaldy Sugma. 2023. “Peran Konselor Sekolah Dasar Dalam Menangani Masalah Sosial Dan Emosional Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Sintaksis 5(2):21–29. https://doi.org/10.55263/sintaksis.v5i2.489.
- Chaeratunnisa, Elsa, Fitria Sari, and Sholeh Hidayat. 2024. “Konsepsi Filsafat Idealisme Dalam Penerapan Pembelajaran Di Sekolah Dasar.” Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan 15(1). http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2024.15(1).27-38.
- Dewi, Elawati, Devy Habibi Muhammad, and Ari Susandi. 2022. “Peran Pendidikan Akhlak Dalam Penanggulangan Krisis Moralitas Sosial Di Era Globalisasi.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 4(1):213–22. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3525.
- Diorarta, Raphita. 2020. “Tugas Perkembangan Remaja Dengan Dukungan Keluarga: Studi Kasus.” Carolus Journal of Nursing 2(2):111–20. https://doi.org/10.37480/cjon.v2i2.35.
- Fradinata, Suci Amaliya, and Dina Sukma. 2023. “Keterampilan Dasar Konselor Dalam Melakukan Konseling Individu.” Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial 2(2):119–28. https://doi.org/10.58540/jipsi.v2i2.238.
- Hamka. 2014. Pribadi Hebat. Jakarta: Gema Insani.
- Hasanuddin, Hasanuddin, and Khairuddin Khairuddin. 2021. “Dukungan Sosial, Penyesuaian Diri Dan Kesejahteraan Psikologis Pada Siswa SMA Negeri 2 Binjai.” Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA 13(2):148–55. http://dx.doi.org/10.22373/psikoislamedia.v1i1.1493.
- Hornsby, Karen L., and Wade M. Maki. 2008. “The Virtual Philosopher: Designing Socratic Method Learning Objects for Online Philosophy Courses.” Journal of Online Learning and Teaching 4(3):391–400.
- Husaini, Adian. 2020. Filsafat Ilmu: Perspektif Barat & Islam. Gema Insani.
- Ilyas, Ilyas. 2022. “Strategi Peningkatan Kompetensi Profesional Guru.” Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP) 2(1):34–40. https://doi.org/10.54371/jiepp.v2i1.158.
- Indriya, Indriya. 2020. “Konsep Tafakkur Dalam Alquran Dalam Menyikapi Coronavirus Covid-19.” SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I 7(3). http://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15048.
- Kathryn, Susanna, Jummi Burungan, and Donny Charles Chandra. 2023. “Pelatihan Worship Leader untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Bethany Church Malaysia Kuching, Malaysia.” Jurnal PKM Setiadharma 4(3):148–56. https://doi.org/10.47457/jps.v4i3.411.
- Kusuma, Hollanda Arief, Tonny Suhendra, Anton Hekso Yunianto, and Tauriq Fuji Nur Akbar. 2023. “Takzim: Jurnal Pengabdian Masyarakat.” https://doi.org/10.31629/takzimjpm.v3i1.5539.
- Lesmana, Gusman. 2021. Penyusunan Perangkat Pelayanan Bimbingan Dan Konseling. Prenada Media.
- Nugraha, Ariadi, Shopyan Jepri Kurniawan, and Hardi Santosa. 2021. “Analisis Kebutuhan Bimbingan Kelompok Berbasis Kespro Untuk Mengembangkan Perilaku Seksual Sehat Remaja.” JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa 5ada rambu(2):55–62. http://dx.doi.org/10.31100/jurkam.v5i2.1029.
- Padesky, Christine A. 1993. “Socratic Questioning: Changing Minds or Guiding Discovery.” in A keynote address delivered at the European Congress of Behavioural and Cognitive Therapies, London. 24.
- Poitras, Marie-Eve, Emilie Bélanger, Vanessa T. Vaillancourt, Simone Kienlin, Mirjam Körner, Isabelle Godbout, Joelle Bernard-Hamel, Sarah O’Connor, Patricia Blanchette, and Lobna Khadhraoui. 2021. “Interventions to Improve Trainers’ Learning and Behaviors for Educating Health Care Professionals Using Train-the-Trainer Method: A Systematic Review and Meta-Analysis.” Journal of Continuing Education in the Health Professions 41(3):202–9. https://doi.org/10.1097/CEH.0000000000000375.
- Rahman, Imas Kania. 2017. “Gestalt Profetik (G-Pro) Best Practice Pendekatan Bimbingan Dan Konseling Sufistik.” Jurnal Bimbingan Konseling Islam 8(1). https://doi.org/10.21043/kr.v8i1.2216.
- Santosa, Hardi. 2022. Bimbingan Dan Konseling Berparadigma Profetik. UAD Press.
- Santosa, Hardi, and Agung Budi Prabowo. 2022. “Need Analysis of Islamic Prophetic Guidance and Counseling for Developing Students’ Noble Character.” KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal) 9(1):1–14. http://dx.doi.org/10.24042/kons.v9i1.10389.
- Santosa, Hardi, and Hardi Prasetiawan. 2021. “Prophetic Guidance Training through the Socratic Method for MGBK in Pringsewu Regency.” Community Empowerment 6(7):1163–70. https://doi.org/10.31603/ce.4429.
- Santosa, Hardi, Syamsu Yusuf, and Ilfiandra Ilfiandra. 2019. “KRR Sebagai Program Pengembangan Perilaku Seksual Sehat Remaja Pada Revolusi Industri 4.0.” Indonesian Journal of Educational Counseling 3(3):233–42. https://doi.org/10.30653/001.201933.104.
- Sofian, Muhamad. 2017. “Konsep Pendidikan Islam Dalam Perspektif Ibnu Khaldun Dan Relevansinya Terhadap Uu Sisdiknas No. 20 Tahun 2003.” Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam 10(2):311–30. https://doi.org/10.32832/tawazun.v10i2.1165.
- Stojković, Nadežda, and Dmitriy G. Zerkin. 2023. “Pedagogy of Socratic Method of Teaching ESP.” Journal of Teaching English for Specific and Academic Purposes 555–65. https://doi.org/10.22190/JTESAP230519040S.
- Sulastri, Saptiana, and Mai Yuliastri Simarmata. 2020. “Nilai Pendidikan Karakter Kerja Keras Dalam Novel Tentang Kamu Karya Tere Liye.” Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora 4(1):43–50. https://doi.org/10.23887/jppsh.v4i1.24336.
- Tan, Charlene, and Azhar Ibrahim. 2017. “Humanism, Islamic Education, and Confucian Education.” Religious Education 112(4):394–406. https://doi.org/10.1080/00344087.2016.1225247.
- Vanderhook, Christie A. 2020. “The Type of Questions Being Promoted in a 10th Grade Social Studies Textbook.”
- Wahda, Nur Aqiqah, and Indo Santalia. 2024. “Pengaruh Filsafat Yunani Terhadap Pemikiran Islam.” Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial 1(12). https://doi.org/10.5281/zenodo.12741360.
- Winarni, Tri, Hardi Santosa, and Wahyu Nanda Eka Saputra. 2024. “Tren Penelitian Konseling Islam: Sebuah Studi Bibliometrik.” Nusantara of Research: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri 11(2):113–26. https://doi.org/10.29407/nor.v11i2.22541.
- Wirth, Karl R., and Dexter Perkins. 2008. “Learning to Learn.”
References
Afiati, Evi, Robby Zidny, Rahmawati Rahmawati, Alfiandy Warih Handoyo, and Mohamad Saripudin. 2023. “Peningkatan Keterampilan Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Menyelenggarakan Layanan Bimbingan Dan Konseling Berorientasi Education for Sustainable Development (ESD): Sebuah Studi Kasus Di Banten, Indonesia.” Jurnal Studi Kasus Kegiatan Masyarakat 1(1):1–7. http://doi.org/10.53889/jskkm.v1i1.256.
Afni, Fadila, Elvida Rosif, Lou Fatahilla, and Muhammad Iqbal Baihaqi. 2023. “Filsafat Ilmu: Ide, Gagasan, Penalaran Dan Logika Sebagai Dasar Pengetahuan.” Tashdiq: Jurnal Kajian Agama Dan Dakwah 1(3):91–100. https://doi.org/10.5281/zenodo.12741360.
Alwina, Sakura, Pradana Chairy Azhar, and Azri Ranuwaldy Sugma. 2023. “Peran Konselor Sekolah Dasar Dalam Menangani Masalah Sosial Dan Emosional Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Sintaksis 5(2):21–29. https://doi.org/10.55263/sintaksis.v5i2.489.
Chaeratunnisa, Elsa, Fitria Sari, and Sholeh Hidayat. 2024. “Konsepsi Filsafat Idealisme Dalam Penerapan Pembelajaran Di Sekolah Dasar.” Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan 15(1). http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2024.15(1).27-38.
Dewi, Elawati, Devy Habibi Muhammad, and Ari Susandi. 2022. “Peran Pendidikan Akhlak Dalam Penanggulangan Krisis Moralitas Sosial Di Era Globalisasi.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 4(1):213–22. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3525.
Diorarta, Raphita. 2020. “Tugas Perkembangan Remaja Dengan Dukungan Keluarga: Studi Kasus.” Carolus Journal of Nursing 2(2):111–20. https://doi.org/10.37480/cjon.v2i2.35.
Fradinata, Suci Amaliya, and Dina Sukma. 2023. “Keterampilan Dasar Konselor Dalam Melakukan Konseling Individu.” Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial 2(2):119–28. https://doi.org/10.58540/jipsi.v2i2.238.
Hamka. 2014. Pribadi Hebat. Jakarta: Gema Insani.
Hasanuddin, Hasanuddin, and Khairuddin Khairuddin. 2021. “Dukungan Sosial, Penyesuaian Diri Dan Kesejahteraan Psikologis Pada Siswa SMA Negeri 2 Binjai.” Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA 13(2):148–55. http://dx.doi.org/10.22373/psikoislamedia.v1i1.1493.
Hornsby, Karen L., and Wade M. Maki. 2008. “The Virtual Philosopher: Designing Socratic Method Learning Objects for Online Philosophy Courses.” Journal of Online Learning and Teaching 4(3):391–400.
Husaini, Adian. 2020. Filsafat Ilmu: Perspektif Barat & Islam. Gema Insani.
Ilyas, Ilyas. 2022. “Strategi Peningkatan Kompetensi Profesional Guru.” Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP) 2(1):34–40. https://doi.org/10.54371/jiepp.v2i1.158.
Indriya, Indriya. 2020. “Konsep Tafakkur Dalam Alquran Dalam Menyikapi Coronavirus Covid-19.” SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I 7(3). http://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15048.
Kathryn, Susanna, Jummi Burungan, and Donny Charles Chandra. 2023. “Pelatihan Worship Leader untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Bethany Church Malaysia Kuching, Malaysia.” Jurnal PKM Setiadharma 4(3):148–56. https://doi.org/10.47457/jps.v4i3.411.
Kusuma, Hollanda Arief, Tonny Suhendra, Anton Hekso Yunianto, and Tauriq Fuji Nur Akbar. 2023. “Takzim: Jurnal Pengabdian Masyarakat.” https://doi.org/10.31629/takzimjpm.v3i1.5539.
Lesmana, Gusman. 2021. Penyusunan Perangkat Pelayanan Bimbingan Dan Konseling. Prenada Media.
Nugraha, Ariadi, Shopyan Jepri Kurniawan, and Hardi Santosa. 2021. “Analisis Kebutuhan Bimbingan Kelompok Berbasis Kespro Untuk Mengembangkan Perilaku Seksual Sehat Remaja.” JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa 5ada rambu(2):55–62. http://dx.doi.org/10.31100/jurkam.v5i2.1029.
Padesky, Christine A. 1993. “Socratic Questioning: Changing Minds or Guiding Discovery.” in A keynote address delivered at the European Congress of Behavioural and Cognitive Therapies, London. 24.
Poitras, Marie-Eve, Emilie Bélanger, Vanessa T. Vaillancourt, Simone Kienlin, Mirjam Körner, Isabelle Godbout, Joelle Bernard-Hamel, Sarah O’Connor, Patricia Blanchette, and Lobna Khadhraoui. 2021. “Interventions to Improve Trainers’ Learning and Behaviors for Educating Health Care Professionals Using Train-the-Trainer Method: A Systematic Review and Meta-Analysis.” Journal of Continuing Education in the Health Professions 41(3):202–9. https://doi.org/10.1097/CEH.0000000000000375.
Rahman, Imas Kania. 2017. “Gestalt Profetik (G-Pro) Best Practice Pendekatan Bimbingan Dan Konseling Sufistik.” Jurnal Bimbingan Konseling Islam 8(1). https://doi.org/10.21043/kr.v8i1.2216.
Santosa, Hardi. 2022. Bimbingan Dan Konseling Berparadigma Profetik. UAD Press.
Santosa, Hardi, and Agung Budi Prabowo. 2022. “Need Analysis of Islamic Prophetic Guidance and Counseling for Developing Students’ Noble Character.” KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal) 9(1):1–14. http://dx.doi.org/10.24042/kons.v9i1.10389.
Santosa, Hardi, and Hardi Prasetiawan. 2021. “Prophetic Guidance Training through the Socratic Method for MGBK in Pringsewu Regency.” Community Empowerment 6(7):1163–70. https://doi.org/10.31603/ce.4429.
Santosa, Hardi, Syamsu Yusuf, and Ilfiandra Ilfiandra. 2019. “KRR Sebagai Program Pengembangan Perilaku Seksual Sehat Remaja Pada Revolusi Industri 4.0.” Indonesian Journal of Educational Counseling 3(3):233–42. https://doi.org/10.30653/001.201933.104.
Sofian, Muhamad. 2017. “Konsep Pendidikan Islam Dalam Perspektif Ibnu Khaldun Dan Relevansinya Terhadap Uu Sisdiknas No. 20 Tahun 2003.” Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam 10(2):311–30. https://doi.org/10.32832/tawazun.v10i2.1165.
Stojković, Nadežda, and Dmitriy G. Zerkin. 2023. “Pedagogy of Socratic Method of Teaching ESP.” Journal of Teaching English for Specific and Academic Purposes 555–65. https://doi.org/10.22190/JTESAP230519040S.
Sulastri, Saptiana, and Mai Yuliastri Simarmata. 2020. “Nilai Pendidikan Karakter Kerja Keras Dalam Novel Tentang Kamu Karya Tere Liye.” Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora 4(1):43–50. https://doi.org/10.23887/jppsh.v4i1.24336.
Tan, Charlene, and Azhar Ibrahim. 2017. “Humanism, Islamic Education, and Confucian Education.” Religious Education 112(4):394–406. https://doi.org/10.1080/00344087.2016.1225247.
Vanderhook, Christie A. 2020. “The Type of Questions Being Promoted in a 10th Grade Social Studies Textbook.”
Wahda, Nur Aqiqah, and Indo Santalia. 2024. “Pengaruh Filsafat Yunani Terhadap Pemikiran Islam.” Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial 1(12). https://doi.org/10.5281/zenodo.12741360.
Winarni, Tri, Hardi Santosa, and Wahyu Nanda Eka Saputra. 2024. “Tren Penelitian Konseling Islam: Sebuah Studi Bibliometrik.” Nusantara of Research: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri 11(2):113–26. https://doi.org/10.29407/nor.v11i2.22541.
Wirth, Karl R., and Dexter Perkins. 2008. “Learning to Learn.”