Isi Artikel Utama

Abstrak

Background: Pada tahun 2023 cakupan ASI eksklusif bayi usia 6-23 bulan di Indonesia adalah 55,5%, dengan target nasional sebesar 75%. Cakupan ASI eksklusif di Kabupaten Boyolali telah mencapai 79,1% pada tahun 2022, tetapi di Kecamatan Sambi hanya mencapai 50,5% pada tahun 2024 yang berarti angka tersebut belum memenuhi target nasional. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan cakupan ASI eksklusif di wilayah kerja Puskesmas Sambi, Kabupaten Boyolali. Metode: Metode kegiatan ini adalah edukasi gizi masyarakat berdasarkan hasil analisis masalah melalui problem solving cycle menggunakan data primer dan sekunder. Keberhasilan program dianalisis berdasarkan perbedaan rata-rata nilai pre-test dan post-test. Hasil: Berdasarkan hasil kegiatan rata-rata nilai pre-test adalah 77,78 dan rata-rata nilai post-test adalah 83,65. Hal tersebut menunjukkan kenaikan rata-rata nilai sebesar 5,87. Melalui uji statistik ditemukan bahwa, terdapat perbedaan signifikan antara rata-rata nilai pre-test dan post-test dengan nilai p = 0,020 (p < 0,05). Kesimpulan: Penyampaian edukasi dengan metode ceramah dan diskusi tanya jawab dikombinasikan dengan media leaflet, buku resep, video, dan alat peraga pada program edukasi "GENDIS (Generasi Emas dengan ASI Eksklusif)" berhasil meningkatkan pengetahuan peserta mengenai solusi praktik ASI eksklusif bagi Ibu bekerja.

Kata Kunci

Exclusive Breastfeeding Intervention ASI Eksklusif Edukasi Intervensi

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Selviana, T. A., Ma’mun, W., Putri, S. N. A. H., Septiana, R., Safitri, R., Lestari, A., & Andarwati, D. A. D. (2024). Peningkatan Cakupan ASI Eksklusif melalui Program Edukasi “GENDIS” (Generasi Emas dengan ASI Eksklusif) di Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali. Jurnal SOLMA, 13(2), 837–847. https://doi.org/10.22236/solma.v13i2.15440

Referensi

  1. Adri, R. F. (2020). Pengaruh Pre-Test Terhadap Tingkat Pemahaman Mahasiswa Program Studi Ilmu Politik pada Mata Kuliah Ilmu Alamiah Dasar. MENARA Ilmu, 14(1).
  2. Ary, D., Jacobs, L.C., & Razavieh, A. (1976). Pengantar Penelitian Pendidikan. Terjemahan oleh Arief Furchan. (1982). Surabaya: Usaha Nasional.
  3. Andiani, N., & Akmaliah, I. F. (2012). Alat Pendeteksi Golongan Darah Manusia Berbasis Mikrokontroler 89s51. In Prosiding SNATIKA.
  4. Azhar, F., Madona, P., & Tianur. (2014). Alat pembaca golongan darah dan Rhesus. Jurnal Teknik Elelktro Dan Komputer, 2(2), 145–152.
  5. Bupati Boyolali. (2023). Peraturan Daerah Kabupaten Boyolali Nomor 5 Tahun 2023 tentang Penyelenggaraan Kesehatan Ibu, Bayi Baru Lahir, dan Anak. Indonesia.
  6. Enindelastri, La Ode M S dan Adius K. (2021). Pengaruh Edukasi Melalui Media Leaflet terhadap Pengetahuan dan Sikap Siswa SMAN 14 Bombana tentang Covid 19. Nursing Update.
  7. Fadhillah, N., Priyadi N.P., dan Ratih I. (2020). Penggunaan Leaflet, Booklet dan Video untuk Tingkatkan Pengetahuan, Sikap, Keyakinan dan Niat Ibu Remaja mengenai Pemberian ASI Eksklusif di 2 Kecamata di Kabupaten Magelang. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(5), 700-707.
  8. Hardjito, Koekoeh. (2023). Optimalisasi Media Leaflet dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Sikap Ibu tentang ASI Eksklusif. Jurnal Inovasi Riset Ilmu Kesehatan, 2(1), 83-90.
  9. Kementerian Kesehatan RI. (2023). Survei Kesehatan Indonesia (SKI) dalam Angka. Indonesia.
  10. Kementerian Kesehatan RI. (2022). Profil Kesehatan Kabupaten Boyolali Tahun 2022. Indonesia.
  11. Kementerian Kesehatan RI. (2021). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan Masa Sebelum Hamil, Masa Hamil, Persalinan, Masa Sesudah Melahirkan, Pelayanan Kontrasepsi, serta Pelayanan Kesehatan Seksual. Indonesia.
  12. Kristiana, Y. (2020). Pendidikan Kesehatan dalam Meningkatkan Pengetahuan Keluarga untuk Mendukung Pemberian ASI Eksklusif. Jurnal Sains Kebidanan, 2(1), 1-7.
  13. Masitah, R. (2022). Pengaruh Pendidikan Gizi Terhadap Pengetahuan Ibu Berkaitan dengan Stunting, ASI Eksklusif, dan MPASI. Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(3).
  14. Mauildar, M., Iskandar, & Fauziah. (2023). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Media Leaflet Terhadap Tingkat Pengetahuan dan Sikap Lansia dalam Pemanfaatan Posyandu. Prosiding SEMDI-UNAYA, 111–125.
  15. Mulyani, S. & Sulistiawan, A. (2021). Pendidikan Kesehatan ASI Eksklusif dan Teknik Menyusui yang Benar. Jurnal Karya Abdi, 5(3), 515-517.
  16. Nadia, U., & Fajri, N. (2021). Pengaruh Penyuluhan dengan Metode Demonstrasi Terhadap Pengetahuan Ibu Tentang Pola Makan Balita. JIM FKep, 5(3).
  17. Nirwana, B. S., Viridula, E. Y., Awatiszahro, A., Rofiah, K., Tanjungsari, A., & Ruhayati, A. (2022). Sosialisasi Manfaat Pijat Bayi dengan Media Leaflet untuk Meningkatkan Literasi Kesehatan Masyarakat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2).
  18. Nurjanah, I., Hamidah, A. dan Sari, Y.M. (2022). Dukungan Ibu dalam Pemberian ASI Eksklusif”. Jurnal Pemberdayaan dan Pendidikan Kesehatan, 1(2), 47-56.
  19. Oktari, A., & Silvia, N. D. (2016). Pemeriksaan Golongan Darah Sistem ABO Metode Slide dengan Reagen Serum Golongan Darah ABO. Jurnal Teknologi Laboratorium, 5(2), 49–54.
  20. Panjaitan, H.C., Sineri, D.I., Puteri, H.S., Febriyadin, F., & Pujihastuti, E.S. (2022). Edukasi Gizi dan Penyusunan Menu Pemulihan untuk Peningkatan Pengetahuan Ibu Hamil KEK. Magistrorum Et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2(3), 465-487.
  21. Prahmana, R.C.I. (2012). Pendesainan Pembelajaran Operasi Bilangan Menggunakan Permainan Tradisional Tepuk Bergambar Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar (SD). Unpublished Thesis. Palembang: Sriwijaya University.
  22. Presiden RI. (2012). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2012 tentang Pemberian Air Susu Ibu Eksklusif. Indonesia.
  23. Puspitasari, D. I., Siti, N., & Setyaningrum, R. (2022). Webinar: Upaya Mendukung Keberhasilan Pemberian ASI Eksklusif. Abdi Geomedisains, 2(2), 72-79.
  24. Putri, A.A.D., & Naim., S. (2021). Determinan Pemberian ASI Eksklusif: Analisis Data Sekunder Survei Demografi dan Kesehatan 2017. Amerta Nutrition, 284-291. Available at: https://doi.org/10.20473/amnt.v5i3.2021.
  25. Quraisy, C.C.R.A.S., Sineri, D.I., Haruni, D.S., & Puteri, H.S. (2022). Peningkatan Pengetahuan Ibu Hamil: Penyuluhan Gizi dengan Media Kalender Makanan “Steril KEK”. Magistrorum Et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2(3), 488-503.
  26. Rahmiyati, R. (2019). Pengaruh E-Booklet tentang ASI Eksklusif terhadap Peningkatan Pengetahuan Ibu Hamil Trimester III, Unpublished Thesis. Yogyakarta: Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Yogyakarta.
  27. Ramadhanti, F M, Enik S dan Mohammad J. (2022). Pengaruh Edukasi Gizi dengan Media Video Motion Graphics terhadap Pengetahuan dan Sikap tentang Obesitas Remaja. Jurnal Gizi, 11(1), 22-31.
  28. Rifa’i, A., Astuti, S.L.D. dan Setyorini, Y. (2020). Pengetahuan Ibu Menyusui Pasca Edukasi tentang ASI Eksklusif. Jurnal Keperawatan Global, 5(2), 56-117.
  29. Safitri, Neneng. (2022). Edukasi Kesehatan Menggunakan Media Video terhadap Pengetahuan dan Sikap Pemberian ASI Eksklusif pada Ibu Hamil Trimester III di Palangka Raya. Jurnal Surya Medika (JSM), 8(1), 54-64.
  30. Sumiati, S., & Marsofely, R. L. (2017). Penggunaan Leaflet terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Keluarga Baru. Jurnal Media Kesehatan, 10(1), 52–57.
  31. Suminar, S. R. (2011). Analisis Hukum Terhadap Pemberian Transfusi Darah di Rumah Sakit Berdasarkan Undang-Undang No. 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit. Syiar Hukum, 13(3), 247–264.
  32. Taufiqoh, S., Suryantoro, P., Kurniawati, H.F. (2017). Maternal Parity and Exclusive Breastfeeding History are Significantly Associated with Stunting in Children Aged 12-59 Months. Majalah Obstetri & Ginekologi, 25(2), 66-70.
  33. World Health Organization and UNICEF. (2021). Global Breastfeeding Scorecard 2021 Protecting Breastfeeding through Bold National Actions during The Covid-19 Pandemic and Beyond.