Main Article Content

Abstract

Background: Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengimplementasikan Diklat Wawasan Kebhinekaan Global bagi mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam jabatan, dengan tujuan meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap konsep dan praktik multikulturalisme. Pelatihan ini dilaksanakan secara daring dan dirancang untuk membekali calon guru dengan pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola keberagaman budaya di lingkungan pendidikan. Metode: Metode yang digunakan meliputi ceramah, diskusi kelompok, simulasi, dan studi kasus. Evaluasi dilakukan melalui kuis, proyek akhir, dan survei kepuasan peserta. Hasil: peningkatan signifikan dalam pemahaman mahasiswa terhadap budaya lokal, nasional, dan internasional, serta sikap inklusif dan kemampuan mengelola kelas multikultural. Persiapan yang matang, pelaksanaan yang interaktif, dan evaluasi yang komprehensif menjadi kunci keberhasilan diklat ini. Survei kepuasan peserta menunjukkan bahwa 90% peserta merasa diklat sangat bermanfaat dan relevan dengan kebutuhan mereka sebagai calon guru. Kesimpulan: Implementasi diklat ini diharapkan tidak hanya mendukung terciptanya lingkungan pendidikan yang lebih inklusif dan toleran di Indonesia, tetapi juga memberikan kontribusi keilmuan dengan menyediakan model pendidikan multikultural yang dapat diterapkan dan diteliti lebih lanjut oleh para akademisi dan praktisi pendidikan.

Keywords

Diklat Kebhinekaan Global Multikulturalisme Pendidikan Profesi Guru Education and Training Global Sensitivity Multiculturalisme Teacher Profession Education

Article Details

How to Cite
Fitriyah, I. J., Aprilia, S., & Muqoyyidin, A. W. (2024). Peningkatan Pemahaman Multikultural Melalui Diklat Wawasan Kebhinekaan Global pada Mahasiswa PPG Dalam Jabatan . Jurnal SOLMA, 13(2), 1308–1314. https://doi.org/10.22236/solma.v13i2.15431

References

Read More