Main Article Content

Abstract

Pendahuluan: Gangguan mental adalah masalah psikiatri yang paling sering terjadi. Berdasarkan hasil riset Kesehatan Dasar tahun 2020, prevalensi gangguan mental emosional berupa stres dan depresi pada masyarakat berumur di atas 15 tahun di Indonesia mencapai 14 juta orang atau sekitar 6% dari jumlah seluruh penduduk. Studi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran kesehatan mental pada remaja. Metode: Enterpreneur Keperawatan. Hasil: Pada saat pretest, 1 orang mengalami kecemasan ringan, 31 orang mengalami kecemasan sedang, dan 3 orang mengalami kecemasan berat. Setelah postest, 22 orang mengalami kecemasan ringan, 10 orang mengalami kecemasan sedang, dan tidak ada yang mengalami kecemasan berat. Kesimpulan: Program ini dapat meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang kesehatan mental, serta menciptakan lingkungan sekolah yang lebih inklusif dan mendukung bagi siswa. Partisipasi dalam kegiatan edukatif dan layanan konseling telah membantu siswa dalam mengatasi masalah kesehatan mental dan merasa lebih nyaman untuk mencari bantuan. Kolaborasi dengan lembaga kesehatan mental juga memberikan dukungan profesional yang penting bagi kesuksesan program.

Keywords

Edukasi Kesadaran kesehatan Mental Kesehatan mental Remaja

Article Details

How to Cite
Ardiningtyas, L., Buhang, M., Pudjiastuti, G. S., Nurwahyuni, P. R., Runju, A. Y., Pansariang , M., & Darise , T. P. (2024). Edukasi Mental Health Awareness Sebagai Upaya Untuk Menjaga Kesehatan Mental Remaja Di SMK Negeri 1 Kaidipang . Jurnal SOLMA, 13(2), 1289–1296. https://doi.org/10.22236/solma.v13i2.15302

References

  1. Algifari, M., Umari, T., & Yakub, E. (2018). Mental Health of Students Who Are Trading in Smk Muhammadiyah 2 Pekanbaru Kesehatan Mental Siswa Yang Berpacaran Di Smk. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 5(2), 184–183.
  2. Ali, M., & Ansori, M. (2017). Psikologi Remaja (12th ed.). Bumi Aksara
  3. Amin, A. S. El, & Nurhayati, F. (2020). Al-Miftah Lil Ulum Sebagai Metode Dalam Mempermudah Membaca Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Ar-Ridwan Kalisabuk. Jurnal Tawadhu, 4(2), 1187–1208.
  4. De Groot, K., Westerink, H., Braam, A., Zock, H., Pieper, J., & van Uden, R. (2020). Magical mystery tour: rondom levensbeschouwing en geestelijke volksgezondheid.
  5. Depkes RI. (2018). Hasil Utama Riskesdas 2018. Di akses pada tanggal 20 Januari 2019 dari http://www.depkes.go.id/resources/dow nload/info-terkini/ hasilriskes das2018.pdf
  6. Devita, yeni. (2019). Prevalensi Masalah Mental Emosional Remaja di Kota Pekanbaru. 4(1), 33–43.
  7. E.Taylor, S. (2018). Health psychology 10th edition. In International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences: Second Edition
  8. Handayani, T., Ayubi, D., & Anshari, D. (2020). Literasi kesehatan mental orang dewasa dan penggunaan pelayanan kesehatan mental. Perilaku dan promosi kesehatan: Indonesian journal of health promotion and behavior, 2(1), 9-17.
  9. Harnawati, R. A. (2023). Penerapan Manajemen Stres untuk Mengelola Stres. Jurnal Kesehatan Panca Bhakti Lampung, 11(2), 117–122.
  10. Islam, M. I., Khanam, R., & Kabir, E. (2020). Bullying victimization, mental disorders, suicidality and self-harm among Australian high schoolchildren: Evidence from nationwide data. Psychiatry Research, 292(August), 113364. https://doi.org/10.1016/j.psychres.2020.113364
  11. Kessler, R. C., Berglund, P., Demler, O., Jin, R., Merikangas, K. R., & Walters, E. E. (2005). Lifetime prevalence and age-of-onset distributions of DSM-IV disorders in the National Comorbidity Survey Replication. Archives of General Psychiatry, 62(6), 593– 602. https://doi.org/10.1001/archpsyc.62.6.593
  12. Kieling, C., Baker-Henningham, H., Belfer, M., Conti, G., Ertem, I., Omigbodun, O., Rohde, L. A., Srinath, S., Ulkuer, N., & Rahman, A. (2011). Child and adolescent mental health worldwide: Evidence for action. The Lancet, 378(9801), 1515–1525. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(11)60827-1
  13. Lissak, G. (2018). Adverse physiological and psychological effects of screen time on children and adolescents: Literature review and case study. Environmental Research, 164(October 2017), 149–157. https://doi.org/10.1016/j.envres.2018.01.015
  14. Lubis, L. T., Laras Sati, Adhinda, N. N., Yulianirta, H., & Hidayat, B. (2019). Peningkatan Kesehatan Mental Anak Dan Remaja Melalui Ibadah Keislaman. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 16(2), 120–129. https://doi.org/10.51339/isyrof.v3i1.292
  15. Mubasyiroh, R., Yunita, I., & Putri, S. (2017). Determinan Gejala Mental Emosional Pelajar SMP-SMA di Indonesia Tahun 2015. Buletin Penelitian Kesehatan, 45(2), 103–112.
  16. Mustika, I. (2022). Career Planning Education for Nabilah Batam Islamic. 2(2), 184–190
  17. Novianty, A. S., Budiningsih, S., & Hidayat, S. (2018). Hubungan Stres Kerja dengan Timbulnya Kecenderungan Gangguan Mental Emosional Perawat
  18. Nurhayati, T. (2016). Perkembangan Perilaku Psikososial Pada Masa Pubertas. Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 4(1), 1–15.
  19. Pratiwi, S. D., & Djuwita, R. (2022). Hubungan Gaya Hidup dengan Kesehatan Mental Remaja di Indonesia (Analisis Data Global School-Based Student Health Survey Indonesia 2015). Jurnal Epidemiologi Kesehatan Komunitas, 7(1), 382–393. https://doi.org/10.14710/jekk.v7i1.11905
  20. Rothon, C., Head, J., Klineberg, E., & Stansfeld, S. (2011). Can social support protect bullied adolescents from adverse outcomes? A prospective study on the effects of bullying on the educational achievement and mental health of adolescents at secondary schools in East London. Journal of Adolescence, 34(3), 579–588. https://doi.org/10.1016/j.adolescence.2010.02.007
  21. Stefanicia, S., & Devitasari, I. (2022). Hubungan Tingkat Pengetahuan, Usia, Jenis Kelamin, dan Kesehatan Mental dengan Perilaku Berisiko Terkena Infeksi Menular Seksual pada Remaja di Wilayah Kerja Puskesmas Menteng Palangka Raya. Jurnal Surya Medika, 8(2), 291–295. https://doi.org/10.33084/jsm.v8i2.3911
  22. WHO. (2018). Adolescent Mental Health. Diakses pada tanggal 21 Januari 2019 dari http://www.who.int/news-room/fa ct-sheets/detail/adolescent-mentalhealth