Main Article Content

Abstract

Background: Pendidikan lingkungan hidup di Indonesia bertujuan untuk meningkatkan kesadaran generasi muda terhadap keberlanjutan lingkungan. Keterlibatan siswa dalam kegiatan yang mendukung pelestarian alam sejak dini sangat penting untuk membentuk perilaku yang pro-lingkungan. Program "School Garden for Better Future" di SD Kristen Satya Wacana Salatiga dirancang untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya pelestarian alam dan keterampilan praktis dalam pertanian. Metode: Mitra pengabdian dalam program ini adalah 52 siswa kelas 4 di SD Kristen Satya Wacana Salatiga. Metode partisipatif digunakan, dan melibatkan tahapan pertemuan koordinasi, pembuatan taman, monitoring, edukasi, evaluasi, dan integrasi kegiatan pengabdian ke dalam kurikulum sekolah. Data dikumpulkan melalui kuisioner, observasi langsung, dan wawancara, kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil: Taman sekolah telah berhasil dibentuk sebagai sarana pembelajaran lingkungan yang dinamis. Edukasi tentang tanaman hias dan panduan pemeliharaan meningkatkan pemahaman siswa mengenai lingkungan hidup. Evaluasi melalui pengisian kuisioner menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi di antara peserta edukasi, dengan peningkatan pengetahuan dan keterampilan praktis yang signifikan. Integrasi kegiatan pengabdian masyarakat ke dalam kurikulum sekolah dan program ekstrakurikuler mendukung keberlanjutan program ini dengan melibatkan partisipasi aktif dari siswa dan guru. Kesimpulan: Implementasi Program "School Garden for Better Future" di SD Kristen Satya Wacana Salatiga telah berhasil mencapai tujuan utamanya, yaitu memberikan pemahaman kepada siswa tentang pentingnya pelestarian alam serta keterampilan praktis dalam pertanian berkelanjutan.

Keywords

Adiwiyata Community service Curriculum integration Environmental education School garden Adiwiyata Integrasi kurikulum Pendidikan lingkungan Pengabdian masyarakat School garden

Article Details

How to Cite
Yuliawati, Y., Setiawan, A. W., Sutrisno, A. J., Widyawati, N., Prihtanti, T. M., & Pudjihartati, E. (2024). Program Adiwiyata “School Garden for Better Future” Sekolah Dasar (SD) Kristen Satya Wacana Salatiga . Jurnal SOLMA, 13(2), 997–1006. https://doi.org/10.22236/solma.v13i2.15182

References

  1. Aulina, C. N., Salim, A., & Wulandari, F. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Implementasi Pembelajaran Sains di Taman Kanak-Kanak. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 66-72. https://doi.org/10.30651/aks.v6i1.4671
  2. Azima, N. F. (2021). Pendidikan lingkungan hidup untuk siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Lingkungan dan Pembangunan, 22(02), 1-11. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/plpb/article/view/21618
  3. Cramer, S., & Tichenor, M. (2020). Nina B. Hollis Research Impact Award Project: Garden-Based Learning. Voices of Reform, 3(1), 139-145. https://doi.org/10.32623/3.00010
  4. Conte, A. (2022). Benefits of school gardening programs in education: Opportunities and challenges towards sustainability (Capstone Project and Master Thesis). Digital Commons, California State University, Monterey Bay. https://digitalcommons.csumb.edu
  5. Dewi, A. P., Asmiranda, M., & Alfiana, S. (2024). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Menjaga Kebersihan Di Sekolah. Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(8), 274-282. https://jurnal.kolibi.org/index.php/cendikia/article/view/2269
  6. Fortuna, D., Muttaqin, M. F., & Amrina, P. (2023). Integrasi Karakter Peduli Lingkungan dalam Program Sekolah Adiwiyata di SDN Cipondoh 5. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 2088-2100. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7557
  7. Gani, S. A., Razali, R., & Burhansyah, B. (2023). Promoting sustainability and conservation practices through environmental education in Aceh, Indonesia. World Journal of Advanced Research and Reviews, 18(3), 1174-1184. https://doi.org/10.30574/wjarr.2023.18.3.1186
  8. Ismail, M. J. (2021). Pendidikan karakter peduli lingkungan dan menjaga kebersihan di sekolah. Guru Tua: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 59-68. https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i1.67
  9. Jumiati, J., & Dinata, M. (2017). Media Pembelajaran Inovatif Untuk Program Sekolah Adiwiyata. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 61-67. https://doi.org/10.31 849/ dinamisia.v1i1.416
  10. Nissa, K. (2022). School Gardens as a learning approach and their effects on Students in Primary School. In Proceeding International Conference on Language, Literature and Culture (Vol. 1, p. 378). UMSU Press.
  11. Nuzulia, S., Sukamto, S., & Purnomo, A. (2019). Implementasi program adiwiyata mandiri dalam menanamkan karakter peduli lingkungan. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 6(2), 155-164. https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/SOSIO-FITK/article/view/11334/pdf
  12. Olsson, D., Gericke, N., & Boeve-de Pauw, J. (2022). The effectiveness of education for sustainable development revisited – a longitudinal study on secondary students' action competence for sustainability. Environmental Education Research, 28(3), 405–429. https://doi.org/10.1080/13504622.2022.2033170
  13. Pelita, A. C., & Widodo, H. (2020). Evaluasi Program Sekolah Adiwiyata di Sekolah Dasar Muhammadiyah Bantul Kota. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 29(2), 145-157. http://dx.doi.org/10.17977/um009v29i22020p145
  14. Purwanti, Y., Wisaksono, A., & Aliviameita, A. (2020). Pengabdian Masyarakat Penerapan PHBS di Sekolah. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 161-166. https://doi.org/10.30651/aks.v4i2.2721
  15. Rieckmann, M. (2017). Education for sustainable development goals: Learning objectives. UNESCO publishing.
  16. Setiawan, A. W., Agus, Y. H., Widyawati, N., Pudjihartati, E., Herawati, M. M., Suprihati, S., Murdono, D., Natalia, K., Kusuma, J. G. R., Ayu, S., Exvaricha, E., & Asti, Y. P. (2024). Proyek Pencegahan Stunting Melalui Edukasi Pertanian Perkotaan Dan Penganekaragaman Pangan Pada Tingkat Rumah Tangga. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(1), 1057–1068. https://doi.org/10.31764/jmm.v8i1.20414
  17. Tandean, V., Winarso, H., Pribadi, F., Sofyan, P. A., Gondo, C. C., & Setiawan, A. Z. P. (2023). Pemeliharaan Kesehatan Mata Siswa Kelas 1 SD Kr. Baptis Surabaya Saat Proses Belajar dari Rumah. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(4), 651-663. https://doi.org/10.30651/aks.v7i4.9457
  18. Tikho, A. E., & Gunansyah, G. (2021). Studi analisis: Implementasi program adiwiyata di sekolah dasar. JPGSD, 9(09), 3384-3398. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/43500
  19. Wijayanti, S. N., Setiawan, A. N., & Makrufi, A. D. (2021). Muhammadiyah Green School di SMK Muhammadiyah 2 Turi Menuju Sekolah Adiwiyata. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 706-714. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i3.6873