Main Article Content
Abstract
Background: Pendidikan lingkungan hidup di Indonesia bertujuan untuk meningkatkan kesadaran generasi muda terhadap keberlanjutan lingkungan. Keterlibatan siswa dalam kegiatan yang mendukung pelestarian alam sejak dini sangat penting untuk membentuk perilaku yang pro-lingkungan. Program "School Garden for Better Future" di SD Kristen Satya Wacana Salatiga dirancang untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya pelestarian alam dan keterampilan praktis dalam pertanian. Metode: Mitra pengabdian dalam program ini adalah 52 siswa kelas 4 di SD Kristen Satya Wacana Salatiga. Metode partisipatif digunakan, dan melibatkan tahapan pertemuan koordinasi, pembuatan taman, monitoring, edukasi, evaluasi, dan integrasi kegiatan pengabdian ke dalam kurikulum sekolah. Data dikumpulkan melalui kuisioner, observasi langsung, dan wawancara, kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil: Taman sekolah telah berhasil dibentuk sebagai sarana pembelajaran lingkungan yang dinamis. Edukasi tentang tanaman hias dan panduan pemeliharaan meningkatkan pemahaman siswa mengenai lingkungan hidup. Evaluasi melalui pengisian kuisioner menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi di antara peserta edukasi, dengan peningkatan pengetahuan dan keterampilan praktis yang signifikan. Integrasi kegiatan pengabdian masyarakat ke dalam kurikulum sekolah dan program ekstrakurikuler mendukung keberlanjutan program ini dengan melibatkan partisipasi aktif dari siswa dan guru. Kesimpulan: Implementasi Program "School Garden for Better Future" di SD Kristen Satya Wacana Salatiga telah berhasil mencapai tujuan utamanya, yaitu memberikan pemahaman kepada siswa tentang pentingnya pelestarian alam serta keterampilan praktis dalam pertanian berkelanjutan.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Aulina, C. N., Salim, A., & Wulandari, F. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Implementasi Pembelajaran Sains di Taman Kanak-Kanak. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 66-72. https://doi.org/10.30651/aks.v6i1.4671
- Azima, N. F. (2021). Pendidikan lingkungan hidup untuk siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Lingkungan dan Pembangunan, 22(02), 1-11. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/plpb/article/view/21618
- Cramer, S., & Tichenor, M. (2020). Nina B. Hollis Research Impact Award Project: Garden-Based Learning. Voices of Reform, 3(1), 139-145. https://doi.org/10.32623/3.00010
- Conte, A. (2022). Benefits of school gardening programs in education: Opportunities and challenges towards sustainability (Capstone Project and Master Thesis). Digital Commons, California State University, Monterey Bay. https://digitalcommons.csumb.edu
- Dewi, A. P., Asmiranda, M., & Alfiana, S. (2024). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Menjaga Kebersihan Di Sekolah. Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(8), 274-282. https://jurnal.kolibi.org/index.php/cendikia/article/view/2269
- Fortuna, D., Muttaqin, M. F., & Amrina, P. (2023). Integrasi Karakter Peduli Lingkungan dalam Program Sekolah Adiwiyata di SDN Cipondoh 5. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 2088-2100. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7557
- Gani, S. A., Razali, R., & Burhansyah, B. (2023). Promoting sustainability and conservation practices through environmental education in Aceh, Indonesia. World Journal of Advanced Research and Reviews, 18(3), 1174-1184. https://doi.org/10.30574/wjarr.2023.18.3.1186
- Ismail, M. J. (2021). Pendidikan karakter peduli lingkungan dan menjaga kebersihan di sekolah. Guru Tua: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 59-68. https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i1.67
- Jumiati, J., & Dinata, M. (2017). Media Pembelajaran Inovatif Untuk Program Sekolah Adiwiyata. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 61-67. https://doi.org/10.31 849/ dinamisia.v1i1.416
- Nissa, K. (2022). School Gardens as a learning approach and their effects on Students in Primary School. In Proceeding International Conference on Language, Literature and Culture (Vol. 1, p. 378). UMSU Press.
- Nuzulia, S., Sukamto, S., & Purnomo, A. (2019). Implementasi program adiwiyata mandiri dalam menanamkan karakter peduli lingkungan. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 6(2), 155-164. https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/SOSIO-FITK/article/view/11334/pdf
- Olsson, D., Gericke, N., & Boeve-de Pauw, J. (2022). The effectiveness of education for sustainable development revisited – a longitudinal study on secondary students' action competence for sustainability. Environmental Education Research, 28(3), 405–429. https://doi.org/10.1080/13504622.2022.2033170
- Pelita, A. C., & Widodo, H. (2020). Evaluasi Program Sekolah Adiwiyata di Sekolah Dasar Muhammadiyah Bantul Kota. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 29(2), 145-157. http://dx.doi.org/10.17977/um009v29i22020p145
- Purwanti, Y., Wisaksono, A., & Aliviameita, A. (2020). Pengabdian Masyarakat Penerapan PHBS di Sekolah. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 161-166. https://doi.org/10.30651/aks.v4i2.2721
- Rieckmann, M. (2017). Education for sustainable development goals: Learning objectives. UNESCO publishing.
- Setiawan, A. W., Agus, Y. H., Widyawati, N., Pudjihartati, E., Herawati, M. M., Suprihati, S., Murdono, D., Natalia, K., Kusuma, J. G. R., Ayu, S., Exvaricha, E., & Asti, Y. P. (2024). Proyek Pencegahan Stunting Melalui Edukasi Pertanian Perkotaan Dan Penganekaragaman Pangan Pada Tingkat Rumah Tangga. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(1), 1057–1068. https://doi.org/10.31764/jmm.v8i1.20414
- Tandean, V., Winarso, H., Pribadi, F., Sofyan, P. A., Gondo, C. C., & Setiawan, A. Z. P. (2023). Pemeliharaan Kesehatan Mata Siswa Kelas 1 SD Kr. Baptis Surabaya Saat Proses Belajar dari Rumah. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(4), 651-663. https://doi.org/10.30651/aks.v7i4.9457
- Tikho, A. E., & Gunansyah, G. (2021). Studi analisis: Implementasi program adiwiyata di sekolah dasar. JPGSD, 9(09), 3384-3398. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/43500
- Wijayanti, S. N., Setiawan, A. N., & Makrufi, A. D. (2021). Muhammadiyah Green School di SMK Muhammadiyah 2 Turi Menuju Sekolah Adiwiyata. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 706-714. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i3.6873
References
Aulina, C. N., Salim, A., & Wulandari, F. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Implementasi Pembelajaran Sains di Taman Kanak-Kanak. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 66-72. https://doi.org/10.30651/aks.v6i1.4671
Azima, N. F. (2021). Pendidikan lingkungan hidup untuk siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Lingkungan dan Pembangunan, 22(02), 1-11. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/plpb/article/view/21618
Cramer, S., & Tichenor, M. (2020). Nina B. Hollis Research Impact Award Project: Garden-Based Learning. Voices of Reform, 3(1), 139-145. https://doi.org/10.32623/3.00010
Conte, A. (2022). Benefits of school gardening programs in education: Opportunities and challenges towards sustainability (Capstone Project and Master Thesis). Digital Commons, California State University, Monterey Bay. https://digitalcommons.csumb.edu
Dewi, A. P., Asmiranda, M., & Alfiana, S. (2024). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Menjaga Kebersihan Di Sekolah. Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(8), 274-282. https://jurnal.kolibi.org/index.php/cendikia/article/view/2269
Fortuna, D., Muttaqin, M. F., & Amrina, P. (2023). Integrasi Karakter Peduli Lingkungan dalam Program Sekolah Adiwiyata di SDN Cipondoh 5. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 2088-2100. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7557
Gani, S. A., Razali, R., & Burhansyah, B. (2023). Promoting sustainability and conservation practices through environmental education in Aceh, Indonesia. World Journal of Advanced Research and Reviews, 18(3), 1174-1184. https://doi.org/10.30574/wjarr.2023.18.3.1186
Ismail, M. J. (2021). Pendidikan karakter peduli lingkungan dan menjaga kebersihan di sekolah. Guru Tua: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 59-68. https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i1.67
Jumiati, J., & Dinata, M. (2017). Media Pembelajaran Inovatif Untuk Program Sekolah Adiwiyata. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 61-67. https://doi.org/10.31 849/ dinamisia.v1i1.416
Nissa, K. (2022). School Gardens as a learning approach and their effects on Students in Primary School. In Proceeding International Conference on Language, Literature and Culture (Vol. 1, p. 378). UMSU Press.
Nuzulia, S., Sukamto, S., & Purnomo, A. (2019). Implementasi program adiwiyata mandiri dalam menanamkan karakter peduli lingkungan. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 6(2), 155-164. https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/SOSIO-FITK/article/view/11334/pdf
Olsson, D., Gericke, N., & Boeve-de Pauw, J. (2022). The effectiveness of education for sustainable development revisited – a longitudinal study on secondary students' action competence for sustainability. Environmental Education Research, 28(3), 405–429. https://doi.org/10.1080/13504622.2022.2033170
Pelita, A. C., & Widodo, H. (2020). Evaluasi Program Sekolah Adiwiyata di Sekolah Dasar Muhammadiyah Bantul Kota. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 29(2), 145-157. http://dx.doi.org/10.17977/um009v29i22020p145
Purwanti, Y., Wisaksono, A., & Aliviameita, A. (2020). Pengabdian Masyarakat Penerapan PHBS di Sekolah. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 161-166. https://doi.org/10.30651/aks.v4i2.2721
Rieckmann, M. (2017). Education for sustainable development goals: Learning objectives. UNESCO publishing.
Setiawan, A. W., Agus, Y. H., Widyawati, N., Pudjihartati, E., Herawati, M. M., Suprihati, S., Murdono, D., Natalia, K., Kusuma, J. G. R., Ayu, S., Exvaricha, E., & Asti, Y. P. (2024). Proyek Pencegahan Stunting Melalui Edukasi Pertanian Perkotaan Dan Penganekaragaman Pangan Pada Tingkat Rumah Tangga. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(1), 1057–1068. https://doi.org/10.31764/jmm.v8i1.20414
Tandean, V., Winarso, H., Pribadi, F., Sofyan, P. A., Gondo, C. C., & Setiawan, A. Z. P. (2023). Pemeliharaan Kesehatan Mata Siswa Kelas 1 SD Kr. Baptis Surabaya Saat Proses Belajar dari Rumah. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(4), 651-663. https://doi.org/10.30651/aks.v7i4.9457
Tikho, A. E., & Gunansyah, G. (2021). Studi analisis: Implementasi program adiwiyata di sekolah dasar. JPGSD, 9(09), 3384-3398. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/43500
Wijayanti, S. N., Setiawan, A. N., & Makrufi, A. D. (2021). Muhammadiyah Green School di SMK Muhammadiyah 2 Turi Menuju Sekolah Adiwiyata. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 706-714. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i3.6873