Main Article Content

Abstract

Background: Kurikulum Merdeka dirancang untuk memulihkan prinsip dasar pendidikan sesuai dengan undang-undang dengan memberikan kebebasan kepada sekolah, pendidik, dan siswa dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk mempercepat implementasi Kurikulum Merdeka ialah program Guru Penggerak. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peran guru penggerak dalam akselerasi Kurikulum Merdeka di SD N Purwodadi 4. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif bersifat studi kasus. Indept interview dilakukan terhadap 1 orang guru penggerak, 5 orang guru kelas, 1 orang kepala sekolah, 5 orang siswa, 2 orang tua siswa, dan 1 orang fasilitator sekolah penggerak. Selain itu juga dilakukan observasi dan studi dokumen. Hasil: Peran guru penggerak dalam akselerasi Kurikulum Merdeka di SD N Purwodadi 4 meliputi menjadi pemimpin pembelajaran, menggerakkan komunitas praktisi, menjadi coach, menjalin kolaborasi, mewujudkan kepemimpinan siswa, menjadi role model dan menjadi penggerak berbagai kegiatan yang dilakukan di sekolah. Kesimpulan: Peran guru penggerak akan maksimal apabila didukung oleh seluruh warga sekolah, baik kepala sekolah, guru, siswa, komite dan stakeholder yang lain.

Keywords

Akselerasi Guru Penggerak Kurikulum merdeka Sekolah dasar

Article Details

How to Cite
Oktaviani Adhi Suciptaningsih, Radeni Sukma Indra Dewi, Ade Eka Anggraini, Winanjar Rahayu, & Amina Divina P. (2024). Peran Guru Penggerak dalam Akselerasi Kurikulum Merdeka di SDN Purwodadi 4 . Jurnal SOLMA, 13(2), 651–663. https://doi.org/10.22236/solma.v13i2.15169

References

  1. Biddle dan, B.J., Thomas, E.J. (1966). Role Theory: Concept and Research, New York: Wiley.
  2. Bungin, Burhan. (2013). Metode Penelitian Sosial & Ekonomi Format-Format Kuantitatif dan Kualitatif untuk Studi Sosiologi, Kebijakan Publik, Komunikasi, Manajemen, dan Pemasaran. Sidoarjo: Kencana.
  3. Desianti, L.C., Rahayuningsih, T. (2022). Sekolah Penggerak dan Guru Penggerak Evaluation Policy as Pioneers of Changes in the Education System in the New Paradigm Curriculum. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Vol. 6 (1). pp. 128-140. DOI: https://doi.org/10.55215/pedagonal.v6i1.4936.
  4. Faiz, A., Faridah, Program Guru Penggerak sebagai Sumber Belajar, Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 14 (1). pp.82-89. DOI: https://doi.org/10.35457/konstruk.v14i1.1876
  5. Gorton, R.A, & Schneider, G.T. (1990). School Based Leadership, Challenges and Opportunities. Keeper Boulevard, Dubuque: Wm.C. Brown Publishers.
  6. Greenfield, W. (1987). Instructional Leadership: Concept, Issue, and. Controversies. Boston: Allyn and Bacon
  7. Kahn, R.I., Wolfe, D.M., Quinn, R.P., Snoek, J.D., Rosenthal, R.A. (1964)). Organizational Stress: Studies in Role Conflict and Ambiguity. John Wiley.
  8. Kearney, M. S., & Levine, P. B. (2020). Role Models, Mentors, and Media Influences. The Future of Children, 30(1), 83–106.
  9. Lubis, R.R., Amelia, F., Alvionita, E., Nasution, I.E., Y., Lubis, Y.H. (2023). Peran Guru Penggerak dalam Meningkatkan Pemerataan Kualitas Kinerja Guru. Jurnal At-Tadbir: Media Hukum dan Pendidikan. Vol. 33 (1). pp. 70-82. DOI: https://doi.org/10.52030/attadbir.v33i1.170.
  10. Mahlil, H., Bangun, M., (2022). Analisis Program Guru Penggerak sebagai Agen Transformasi dalam Sistem Pendidikan di Kota Subulussalam Provinsi Aceh. Jurnal Prointegrita. Vol. 6 (3). pp. 148-165, DOI: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalprointegrita.v6i3.2434.
  11. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2022 tentang Pendidikan Guru Penggerak.
  12. Riandari, H. (2022) Mentoring Pengimbasan Pendidikan Guru Penggerak di Sekolah Binaan Tahun 2022, Jurnal Edukasia Indonesia. Vol. 3 (7). pp. 21-32.
  13. S. Roucek, Joseph dan Roland L. Warren. 1984. Pengantar Sosiologi. Bina Aksara: Jakarta
  14. Samari. (2022). Pengaruh Kompetensi Guru Penggerak dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media. Vol. 2 (3). pp. 163-169. DOI: https://doi.org/10.52690/jitim.v2i3.
  15. Sarwono, S.W., Meinarno, E.A. (2015). Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
  16. Satriawan, W., Santika, I.D., Naim, A. (2021). Guru Penggerak dan Transformasi Sekolah dalam Kerangka Inkuiri Apresiatif. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam. Vol. 11 (1). DOI: https://doi.org/ 10.24042/alidarah.v11i1.7633.
  17. Sibagariang, D., Sitohang, H., Murniati, E. (2021). Peran Guru Penggerak dalam Pendidikan Merdeka Belajar di Indonesia, Jurnal Dinamika Pendidikan. Vol. 14 (2). pp. 88-99. DOI: https://doi.org/10.51212/jdp.v14i2.53 .
  18. Sijabat, O.P., Manao, M.M., Situmorang, A.R., Hutahuruk, A., Panjaitan, S. (2022). Mengatur Kualitas Guru melalui Program Guru Penggerak. ELIA: Journal of Education Learning and Innovation. Vol. 2 (1). pp. 130-144. DOI: https://doi.org/10.46229/elia.v2i1.404.
  19. Stake, R. E. (1995). The art of case study research. California: SAGE Publications, Inc.
  20. Suciptaningsih, O.A., Haryati, T. (2018). Peran Guru dalam Pendidikan Anti Korupsi bagi Siswa SD. Laporan Penelitian LPPM UPGRIS.
  21. Suciptaningsih, O.A., Haryati, T. (2021). Peran Guru dalam Pendidikan Dasar. Laporan Penelitian LPPM UPGRIS.
  22. Suciptaningsih, O.A., Haryati, T. (2022). Pembelajaran Berbasis Profil Pelajar Pancasila pada Siswa SD Sukorejo 01. Laporan Penelitian LPPM UPGRIS.
  23. Sugiyarta, S.L., Prabowo, A., Ahmad, T.A., Purwinarko, A., Siroj, M.B. (2020). Identifikasi Kemampuan Guru sebagai Guru Penggerak di Karisidenan Semarang. Jurnal Profesi Keguruan. Vol. 6 (2). pp. 215-221. DOI: https://doi.org/10.15294/jpk.v6i2.
  24. Wardani, D.K., Indriayu, M. (2015). Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN. Prosiding Seminar Nasional.
  25. Wenger, E., McDermott, R., & Snyder, W. A. (2002). Cultivating Communities of Practice: A Guide to Managing Knowledge. Boston: Harvard Business Press.
  26. Whitmore, Jhon. (2017). Coaching for Performance the Principles and Practice of Coaching and Leadership.5th Edition. Jhon Muray Press, London.