Main Article Content

Abstract

Pendahuluan: Kesehatan merupakan hal yang penting bagi setiap individu agar dapat melakukan seluruh aktivitas dengan baik. Kesadaran akan pentingnya kesehatan perlu ditanamkan di berbagai tatanan, termasuk di tatanan sekolah. Pemerintah memiliki peran dalam mengupayakan kesehatan bagi masyarakat khusunya anak dan remaja  sehingga dapat tercipta masyarakat sehat. Studi ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang PHBS di tatanan sekolah. Metode: Ceramah, demonstrasi, pretest, dan postest. Hasil: Terjadi peningkatan nilai pretest dan postest tentang PHBS sebesar 40%, serta demonstrasi pretest dan postest mencuci tangan sebesar 50%. Kesimpulan: Penyuluhan kesehatan tentang PHBS di tatanan sekolah terbukti efektif dalam meningkatkan pengetahuan siswa tentang PHBS dan cuci tangan 6 langkah.

Keywords

Cuci tangan Pengetahuan PHBS Sekolah

Article Details

How to Cite
Iskandar, M., Septiwiyarsi, S., Mutianingsih, M., Rukmana, P., & Fadila, N. (2024). Peningkatan Pengetahuan Siswa Dalam Menciptakan PHBS di Tatanan Sekolah. Jurnal SOLMA, 13(2), 1230–1236. https://doi.org/10.22236/solma.v13i2.15077

References

  1. Arif, A., Wibisono, A. Y. G., & Faridah, I. (2023). Pengaruh Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Dengan Kejadian Diare Di Smpn 3 Cikupa Tahun 2023. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(3), 128–130.
  2. Febriani, C. A., & Al, E. (2022). Penyuluhan Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Tatanan Sekolah Di 01 Langkapura. Journal of Community Services in Humanities and Social Sciences, 4(1), 27–38.
  3. Firdaus, F. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Audio-Visual Dalam Pembelajaran Sains. SPEKTRA : Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 2(01), 46. https://doi.org/10.32699/spektra.v2i01.6
  4. Gainau, M. B. (2022). Perkembangan Remaja dan Problematikanya.
  5. Huliantunisa, Y. (2020). Kumpulan Materi Pengelolaan Usaha Kesehatan Sekolah. 1, 18. https://doi.org/10.31000/jkft.v6i1.5214
  6. Irwan, D. (2018). Etika dan Perilaku Kesehatan. In Taufik Eko (Ed.), book (Cetakan II). www.aging-us.com
  7. Irwan, D. (2020). Etika dan Perilaku Kesehatan - Google Books. In Absolute Media.
  8. Lestari, S. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengetahuan dalam Kesiapan menghadapi Menarche pada Siswi Kelas V SDN Unggul Darul Imarahkabupaten Aceh Besar Tahun 2021. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4.
  9. Melva Diana, F., Susanti, F., & Irfan, A. (2013). Pelaksanaan Program Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Pubs) Di Sd Negeri 001 Tanjung Balai Karimun. Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas, 8(1), 46–51. https://doi.org/10.24893/jkma.v8i1.123
  10. Notoatmodjo. (2018). Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta. Notoatmodjo, (2010). Promosi Kesehatan Teori Dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta., 4(12).
  11. Proverawati, A. (2012). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). 21–22.
  12. RimahDani, D. E., Shaleh, S., & Nurlaeli, N. (2023). Variasi Metode Dan Media Pembelajaran Dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1). https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1829
  13. Salim, M. F., M. Syairaji, M. S., Santoso, D. B., Pramono, A. E., & Askar, N. F. (2022). Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 2 Samigaluh Kulonprogo. Jurnal Pengabdian Dan Pengembangan Masyarakat, 4(1), 19. https://doi.org/10.22146/jp2m.51342
  14. Vanessa, T., Yulianto, A., & Efendi, R. (2023). Penyuluhan Kesehatan Tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Dengan Kejadian ISPA Pada Balita. JURNAL BAGIMU NEGERI, 7(2). https://doi.org/10.52657/bagimunegeri.v7i2.2168
  15. Zubaidah, S., Ismanto, B., & Sulasmono, B. S. (2017). Evaluasi Program Sekolah Sehat di Sekolah Dasar Negeri. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i1.p72-82