Main Article Content

Abstract

Background: Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah jenjang pendidikan menengah vokasi yang menyiapkan lulusannya siap bekerja sehingga kurikulumnya dilengkapi teori dan praktik. Salah satu SMK Negeri (SMKN) di Surabaya memiliki jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga yang menghadapi permasalahan pada media pembelajaran praktik perbankan pada bank mini. Tujuan dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) adalah meningkatkan pengetahuan operasional layanan bank melalui media pembelajaran yang berbasis web. Metode: Mitra pada kegiatan PkM ini hanya satu yaitu SMKN 1 Surabaya dengan jumlah peserta 32 siswa, Metode yang diterapkan pada kegiatan PkM adalah pelatihan dan pendampingan yang berlangsung selama satu hari pada tanggal 01 Februari 2024. Proses pengambilan data melalui wawancara dengan dua orang guru, monitoring dan kuesioner. Hasil: Pada awal pelatihan hanya ada lima siswa yang mampu mengoperasikan menu layanan nasabah secara tepat (15,63%). Sejumlah 30 siswa meningkat kemampuannya (93,75%) setelah dilakukan pendampingan, dua siswa masih belum dapat mengoperasikan menu tersebut karena jaringan internet yang tidak stabil. Narasumber juga memperoleh nilai yang baik terkait dengan penyampaian materi. Kesimpulan: Sejumlah peserta mengikuti pelatihan dengan antusias dan memperoleh manfaat melalui media pembelajaran yang fleksibel.

Keywords

Bank mini Layanan nasabah Pelatihan SMK Customer service Mini banks Training Vocational High School

Article Details

How to Cite
Sihotang, E. T., Sistiyarini, E., Dwiati, A. R., Ambarwati, Y. B., & Nasution, Z. (2024). Pelatihan Operasional Layanan Nasabah (Customer Service) Berbasis Web Pada Pelajar SMK Negeri 1 Surabaya. Jurnal SOLMA, 13(3), 2925–2933. https://doi.org/10.22236/solma.v13i3.14949

References

Read More