Main Article Content

Abstract

Background: Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah jenjang pendidikan menengah vokasi yang menyiapkan lulusannya siap bekerja sehingga kurikulumnya dilengkapi teori dan praktik. Salah satu SMK Negeri (SMKN) di Surabaya memiliki jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga yang menghadapi permasalahan pada media pembelajaran praktik perbankan pada bank mini. Tujuan dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) adalah meningkatkan pengetahuan operasional layanan bank melalui media pembelajaran yang berbasis web. Metode: Mitra pada kegiatan PkM ini hanya satu yaitu SMKN 1 Surabaya dengan jumlah peserta 32 siswa, Metode yang diterapkan pada kegiatan PkM adalah pelatihan dan pendampingan yang berlangsung selama satu hari pada tanggal 01 Februari 2024. Proses pengambilan data melalui wawancara dengan dua orang guru, monitoring dan kuesioner. Hasil: Pada awal pelatihan hanya ada lima siswa yang mampu mengoperasikan menu layanan nasabah secara tepat (15,63%). Sejumlah 30 siswa meningkat kemampuannya (93,75%) setelah dilakukan pendampingan, dua siswa masih belum dapat mengoperasikan menu tersebut karena jaringan internet yang tidak stabil. Narasumber juga memperoleh nilai yang baik terkait dengan penyampaian materi. Kesimpulan: Sejumlah peserta mengikuti pelatihan dengan antusias dan memperoleh manfaat melalui media pembelajaran yang fleksibel.

Keywords

Bank mini Layanan nasabah Pelatihan SMK Customer service Mini banks Training Vocational High School

Article Details

How to Cite
Sihotang, E. T., Sistiyarini, E., Dwiati, A. R., Ambarwati, Y. B., & Nasution, Z. (2024). Pelatihan Operasional Layanan Nasabah (Customer Service) Berbasis Web Pada Pelajar SMK Negeri 1 Surabaya. Jurnal SOLMA, 13(3), 2925–2933. https://doi.org/10.22236/solma.v13i3.14949

References

  1. Ariyanto, E., Herawati, N., Robiah, Juniar, H., & Kharismadewi, D. (2023). Peningkatan Pengetahuan Masyarakat Melalui Pelatihan Pembuatan Minyak Atsiri di Kelurahan Plaju Darat Kota Palembang. Agrokreatif Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(3), 355–361.
  2. Cao, Y., Ajjan, H., & Hong, P. (2018). Post-Purchase Shipping and Customer Service Experiences in Online Shopping and Their Impact on Customer Satisfaction: An Empirical Study with Comparison. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 30(2), 400–416. https://doi.org/10.1108/APJML-04-2017-0071
  3. Guntoro, G., Lisnawita, L., & Sadar, M. (2019). Pelatihan Internet Sehat dan Aman bagi Siswa SMK Masmur Pekanbaru. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(2), 223–230. https://doi.org/10.30653/002.201942.105
  4. Irwandi, S. A., Samekto, A., Ekaningtias, E., Pujiati, D., Shonhadji, N., & Murdiawati, D. (2024). Program Pengabdian Masyarakat melalui Pelatihan Akuntansi Perbankan Transaksi Front Office pada Siswa SMK di Surabaya. Jumpa (Jurnal Pengabdian Masyarakat Paguntaka), 2(2), 11–19.
  5. Mutmainah, S., & Widodo, J. (2014). Manajemen Bank Mini Akuntansi Sebagai Media Pembelajaran Bagi Siswa Program Keahlian Akuntansi Di Smk Nu Lasem Kabupaten Rembang. Economic Education Analysis Journal, 3(3), 470–476.
  6. Ninggar, E. H., Oktiani, H., Noviera, F. R., & Sugiyanto, P. S. (2023). Pelatihan Komunikasi Efektif Guna Meningkatkan Kemampuan Exelent Service Bagi Siswa Smk Di Bidang Pariwisata Dan Perhotelan. Jurnal Pengabdian Sosial Dan Humaniora RAGOM, 01(2), 1–5.
  7. Nurkholis, A., Samsugi, S., Fitratullah, M., Permatasari, B., Widodo, T., & Meilisa, L. (2020). Pelatihan Customer Service untuk Tenaga Kependidikan Smkn 2 Kalianda. Journal of Technology and Social for Community Service (JTSCS), 2(2), 167–172.
  8. Praptiningsih, P., & Yushita, A. N. (2017). The Effect of Mini Bank Laboratory Management, Customer Service Skill and Recording Financial Transactions Skill Toward …. 6(4).
  9. Praseptiawan, M., Ashari, I. F., Bahri, S., Untoro, M. C., Pangestu, A., Afriasnyah, A., & Algifari, M. H. (2023). Empowerment of Partner Schools Through the Development of the Mini Bank Application (m-MiniBank) at SMKN 7 Bandar Lampung. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat Indonesia, 2(9), 468–480. https://jppmi.journalptti.com/index.php/jppmi
  10. Sihotang, E. T., Sistiyarini, E., Rokhmania, N., & Nasution, Z. (2024). Pelatihan Standar Layanan Perbankan bagi Siswa SMK NEGERI 10 Surabaya. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 8(1), 26–33. http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS
  11. Sihotang, E. T., & Yutanto, H. (2021). Tata Kelola Organisasi Mahasiswa Melalui Pengembangan Sistem Informasi. MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 21(1), 99–110. https://doi.org/10.30812/matrik.v21i1.1391
  12. Sistiyarini, E., Herizon, H., & Sembiring, L. C. (2020). Pelatihan Akuntansi Bank Transaksi Back Office Bank Konvensional Bagi SMK UNITOMO Surabaya. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 80–84. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i1.3745
  13. SMKN 1 Surabaya. (2023). Profil. Http://Www.Smkn1-Sby.Sch.Id/. http://www.smkn1-sby.sch.id/
  14. Sriwartini, Y., Radjagukguk, D. L., Pratama, A., & Kunci, K. (2023). Pelatihan Service Excellent Kepada Siswa/Siswi Smk Negeri 3 Depok. Open Community Service Journal, 02(01), 27–34.
  15. Supriyono, S. E., & Khalifaturofi’ah, S. O. (2021). Pelatihan Perbankan Syariah Bagi Guru-Guru SMK. Jurnal Terapan Abdimas, 6(1), 49–54. https://doi.org/10.25273/jta.v6i1.6024
  16. Tahirs, J. P., & Rambulangi, A. C. (2020). Menumbuhkan Minat Berwirausaha melalui Pelatihan Kewirausahaan bagi Siswa SMK. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 125–129. https://doi.org/10.31004/cdj.v1i2.741
  17. Tim Dapodikbud. (2023, July). SMKN 1 SURABAYA. Https://Sekolah.Data.Kemdikbud.Go.Id/. https://sekolah.data.kemdikbud.go.id/index.php/chome/profil/e273b74d-1ee7-4ef2-b124-aa3962301178
  18. Wahyuni, A., Lailani, O. E., Damayanti, I., Yandri, D., & Rosianie, F. A. (2024). Pelatihan Pengelolaan Rekening Berbasis Layanan Internet Banking bagi Para Siswa SMU/SMK Se-Tangerang Selatan. SWADIMAS Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 02(01), 53–58. https://ejurnal.swadharma.ac.id/index.php/swadimas/article/view/444
  19. Wardhani, F. I. (2019). Pelatihan Transaksi Keuangan untuk Praktek Bank Mini di SMKN 5 Pontianak. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (SINDIMAS), 29, 49–53.