Main Article Content
Abstract
Pendahuluan: Literasi numerasi berperan dalam pengambilan keputusan dalam kehidupan sehari-hari. Namun kemampuan literasi numerasi di Indonesia belum berkembang. Hal ini dapat dilihat dari hasil studi maupun penelitian terkait kemampuan literasi numerasi di Indonesia. Studi ini bertujuan untuk mengimplementasikan literasi dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada kemampuan literasi numerasi. Metode: ceramah, tanya jawab, dan praktik. Hasil: Hasilnya, terdapat peningkatan tingkat partisipasi guru dalam kegiatan pelatihan dan evaluasi kegiatan sehingga dapat meningkatkan pencapaian kualitas lulusan peserta didik yang berdaya saing. Kesimpulan: Kegiatan ini dapat memberikan manfaat kepada kepada guru-guru dalam mengimplentasikan literasi numerasi dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya dalam penyusunan modul ajar yang sesuai dengan prinsip kurikulum merdeka.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Adnjani, M. D., Kurdaningsih, D. M., & Mulyadi, U. (2021). Pendampingan Literasi Digital Kampung KB RW 2 Kelurahan Gedawang Banyumanik Kota Semarang. Warta LPM, 24(2), 167–175. https://doi.org/10.23917/warta.v24i2.10705
- Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). (Elementary School Education Journal) Literasi Numerasi di SD Muhamadiyah. ELSE (Elementary School Educatio Journal), 3(4), 93–103.
- Geiger, V., Goos, M., & Forgasz, H. (2015). A rich interpretation of numeracy for the 21st century: a survey of the state of the field. ZDM - International Journal on Mathematics Education, 47(4), 531–548. https://doi.org/10.1007/s11858-015-0708-1
- Hadi, S., & Zaidah, A. (2022). Peningkatan Kompetensi Profesionalisme Guru SD Dalam Pengembangan Desain Skenario Pembelajaran Berbasis Literasi Numerasi. Tut Wuri Handayani : Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(4), 141–143. https://doi.org/10.59086/jkip.v2i4.137
- Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018
- Houston, J., Tenza, S. P., Hough, S., Singh, R., & Booyse, C. (2015). The rationale for teaching Quantitative Literacy in 21 st century South Africa : A case for the renaming of Mathematical Literacy 1. The Independent Journal of Teaching and Learning, 10, 6–36.
- Kemdikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Budaya Dan Kewargaan (Vol. 53, Issue 9). https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
- Magdalena, M. (2018). Kesenjangan Pendekatan Model Pembelajaran Conventional Dengan Model Pembelajaran Contextual Terhadap Hasil Belajar Pancasila Di Program Studi Teknika Akademi Maritim Indonesia Medan. Jurnal Warta: 58.
- Mahdiansyah, M., & Rahmawati, R. (2014). Literasi Matematika Siswa Pendidikan Menengah: Analisis Menggunakan Desain Tes Internasional Dengan Konteks Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(4), 452–469. https://repositori.kemdikbud.go.id/540/1/2. mahdiansyah.pdf
- OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in Education. In Perfiles Educativos (Issue 183). https://doi.org/10.22201/iisue.24486167e.2024.183.61714
- Prasetiyo, W. H., Sari, B. I., Rahmawati, N., & Pambudi, G. (2022). Peningkatan Kompetensi Digital bagi Guru Muhammadiyah dalam Menghadapi Society 5.0. Warta LPM, 25(1), 91–100. https://doi.org/10.23917/warta.v25i1.601
- Rusmining, Waluya, S. B., & Sugianto. (2014). Analysis Of Mathematics Literacy, Learning Constructivism And Character Education (Case Studies on XI Class of SMK Roudlotus Saidiyyah Semarang, Indonesia). International Journal of Education and Research, 2(8), 331–340.
- Santia, I. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Smp Berdasarkan Motivasi Belajar Siswa. JIPMat, 3(2), 81–85. https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i2.2748
- Solihin, L. (2020). Darurat Literasi Membaca Di Kelas Awal: Masyarakat Indonesia, 46(1), 34–48. https://doi.org/10.14203/jmi.v46i1.914
- Widodo, A. (2020). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(1), 11–21.
- Winda, R., & Dafit, F. (2021). Analisis Kesulitan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 211–221. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.38941
References
Adnjani, M. D., Kurdaningsih, D. M., & Mulyadi, U. (2021). Pendampingan Literasi Digital Kampung KB RW 2 Kelurahan Gedawang Banyumanik Kota Semarang. Warta LPM, 24(2), 167–175. https://doi.org/10.23917/warta.v24i2.10705
Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). (Elementary School Education Journal) Literasi Numerasi di SD Muhamadiyah. ELSE (Elementary School Educatio Journal), 3(4), 93–103.
Geiger, V., Goos, M., & Forgasz, H. (2015). A rich interpretation of numeracy for the 21st century: a survey of the state of the field. ZDM - International Journal on Mathematics Education, 47(4), 531–548. https://doi.org/10.1007/s11858-015-0708-1
Hadi, S., & Zaidah, A. (2022). Peningkatan Kompetensi Profesionalisme Guru SD Dalam Pengembangan Desain Skenario Pembelajaran Berbasis Literasi Numerasi. Tut Wuri Handayani : Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(4), 141–143. https://doi.org/10.59086/jkip.v2i4.137
Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018
Houston, J., Tenza, S. P., Hough, S., Singh, R., & Booyse, C. (2015). The rationale for teaching Quantitative Literacy in 21 st century South Africa : A case for the renaming of Mathematical Literacy 1. The Independent Journal of Teaching and Learning, 10, 6–36.
Kemdikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Budaya Dan Kewargaan (Vol. 53, Issue 9). https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
Magdalena, M. (2018). Kesenjangan Pendekatan Model Pembelajaran Conventional Dengan Model Pembelajaran Contextual Terhadap Hasil Belajar Pancasila Di Program Studi Teknika Akademi Maritim Indonesia Medan. Jurnal Warta: 58.
Mahdiansyah, M., & Rahmawati, R. (2014). Literasi Matematika Siswa Pendidikan Menengah: Analisis Menggunakan Desain Tes Internasional Dengan Konteks Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(4), 452–469. https://repositori.kemdikbud.go.id/540/1/2. mahdiansyah.pdf
OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in Education. In Perfiles Educativos (Issue 183). https://doi.org/10.22201/iisue.24486167e.2024.183.61714
Prasetiyo, W. H., Sari, B. I., Rahmawati, N., & Pambudi, G. (2022). Peningkatan Kompetensi Digital bagi Guru Muhammadiyah dalam Menghadapi Society 5.0. Warta LPM, 25(1), 91–100. https://doi.org/10.23917/warta.v25i1.601
Rusmining, Waluya, S. B., & Sugianto. (2014). Analysis Of Mathematics Literacy, Learning Constructivism And Character Education (Case Studies on XI Class of SMK Roudlotus Saidiyyah Semarang, Indonesia). International Journal of Education and Research, 2(8), 331–340.
Santia, I. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Smp Berdasarkan Motivasi Belajar Siswa. JIPMat, 3(2), 81–85. https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i2.2748
Solihin, L. (2020). Darurat Literasi Membaca Di Kelas Awal: Masyarakat Indonesia, 46(1), 34–48. https://doi.org/10.14203/jmi.v46i1.914
Widodo, A. (2020). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(1), 11–21.
Winda, R., & Dafit, F. (2021). Analisis Kesulitan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 211–221. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.38941