Main Article Content

Abstract

Background: Upaya pelatihan dan pendampingan pelaku UMKM Kabupaten Sambas di bidang keuangan antara lain melalui implementasi strategi pengembangan usaha, pemasaran berbasis digital serta penyusunan laporan keuangan. Namun sejauh ini, belum pernah dilakukan pelatihan maupun pendampingan pembuatan rencana bisnis (business plan) bagi pelaku UMKM Kabupaten Sambas khusus nya yang bergerak di sektor kuliner padahal UMKM selayaknya menjalankan tata kelola bisnis yang teratur. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan serta keterampilan pembuatan dokumen rencana bisnis (business plan) bagi pelaku UMKM bidang kuliner. Metode: Pelatihan dilakukan pada 15 pelaku UMKM sektor kuliner di kabupaten Sambas. Kegiatan diselenggarakan di Rumah BUMN Kabupaten Sambas dan berlangsung dalam 3 tahapan, yakni tahap diskusi, pemaparan teori serta praktik menggunakan metode Community Based Participatory (CBPR). Peningkatan pengetahuan dan keterampilan diukur dengan kuesioner pra dan pasca pelatihan. Hasil: Evaluasi capaian keberhasilan pelatihan dengan kuesioner memperoleh hasil perubahan signifikan pengetahuan dan keterampilan pembuatan rencana bisnis (business plan) peserta yaitu dari 20% menjadi 100% dibandingkan sebelum mengikuti pelatihan. Kesimpulan: Pelatihan yang telah diselenggarakan memberikan dampak yang cukup besar untuk pengembangan UMKM di Kabupaten Sambas agar semakin produktif dengan memperluas koneksi pasar yang lebih luas dalam upaya mencapai misi UMKM naik kelas.

Keywords

Business Plan Financial Training MSMEs Rumah BUMN Pelatihan Keuangan Rencana Bisnis Rumah BUMN UMKM

Article Details

How to Cite
Noviriani, E., Sentiya, N., & Roshani, R. (2024). Business Plan Untuk Maksimalisasi Cuan: Pelatihan Bagi UMKM Sektor Kuliner di Kabupaten Sambas. Jurnal SOLMA, 13(2), 1012–1021. https://doi.org/10.22236/solma.v13i2.14687

References

  1. Anggraini, L. D., Faradillah, & Rosalina, W. (2022). Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis SAK EMKM Pada Pelaku Usaha Clothing Line. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 540–546. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i2.9745
  2. Elfaki, K. E., Handoyo, R. D., & Ibrahim, K. H. (2021). The Impact of Industrialization, Trade Openness, Financial Development, and Energy Consumption on Economic Growth in Indonesia. Economies, 9(4), 174. https://doi.org/10.3390/economies9040174
  3. Hanifa, F. H., Sastika, W., Disastra, G. M., Wahyuningtyas, R., Dewi, A. S., Muslih, M., Kusumahadi, K., Dillak, V. J., & Kurnia. (2021). Pelatihan Business Plan Bagi Pelaku UMKM di Kelurahan Sukaluyu Kecamatan Cibeunying Kota Bandung. Jurnal Industri Kreatif Dan Kewirausahaan, 4(1), 29–38.
  4. Hardiansyah, G., Triana M, N., Kalis, M. C., Mahdi, I., Aripin, & Yani, A. (2023). Analisis Pengaruh Kapabilitas Usaha dan Digital Marketing Terhadap Sustainability UMKM Kain Songket di Kabupaten Sambas dan Kerajinan Bidai di Kabupaten Bengkayang Sebagai Wilayah Perbatasan. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 10(3). https://doi.org/10.35794/jmbi.v10i3.52822
  5. Hasan, S. S. El, Maden, M., Misa, B., & Wahyudi. (2020). Pelatihan Pembuatan Business Plan Bagi Pelaku UMKM di Keluaran Mekarsari. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 37–43.
  6. Hastin, A. A. (2022). Analisis Penyusunan Laporan Keuangan UMKM Berdasarkan SAK EMKM (Studi Kasus UMKM Modes Ellis). STIESIA.
  7. Iman Kalis, M. C., Hendri, M. I., & Safitri, H. (2023). Strategi Pengembangan UMKM Berbasis Kearifan Lokal Dalam Mendukung Perekonomian Daerah Pasca Pandemi Covid-19. MBIA, 22(2), 230–244. https://doi.org/10.33557/mbia.v22i2.2384
  8. Mukaromah, L., Noviriani, E., Alrizwan, U. A., & Zurmansyah, E. (2023). Optimalisasi kemampuan pelaporan SPT tahunan wajib pajak orang pribadi bagi pegawai pondok pesantren. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 6(2), 392–403. https://doi.org/10.33474/jipemas.v6i2.19564
  9. Noviriani, E., Mukaromah, L., & Mulyati, S. (2024). Naik Kelas Dengan Digitalisasi: Penyusunan Laporan Keuangan UMKM Menggunakan Aplikasi “SI APIK.” JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(1), 65. https://doi.org/10.31764/jmm.v8i1.19584
  10. Pratiwi, S. R., Nainggolan, Y. T., & Yuliawati, W. (2021). Teknik Business Plan Bagi UMKM yang Efektif di Masa Pandemi. ABDI WINA - Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 33–41.
  11. Savitri, C. A. (2024). Strategi Pemasaran Usaha Kopi Bubuk Merek Liber.co (Studi Kasus UMKM Liber.co di Kecamatan Sambas Kabupaten Sambas). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science), 22(1), 1–18.
  12. Schönfuß, B., McFarlane, D., Hawkridge, G., Salter, L., Athanassopoulou, N., & de Silva, L. (2021). A catalogue of digital solution areas for prioritising the needs of manufacturing SMEs. Computers in Industry, 133, 103532. https://doi.org/10.1016/j.compind.2021.103532
  13. Schraeder, M., Self, D. R., Jordan, M. H., & Portis, R. (2014). e Functions of Management as Mechanisms for Fostering Interpersonal Trust. Advances in Business Research, 5(1), 50–62.
  14. Shafter, M. E. A., Ghnaem, S. S., & Abdelmotleb, F. A. (2016). The Roles of Management to Increase Efficiency for Employees and Interconnected with Good Leadership. IOSR Journal of Business and Management (IOSR-JBM), 18(11), 8–14.
  15. Yong, L. (2020). Industrialization as The Driver of Sustained Prosperity. United Nations Industrial Development Organization.