Main Article Content

Abstract

Background: Wawasan adalah pengetahuan masyarakat tentang pendidikan tinggi. wawasan terbentuk dari apa yang mereka lihat dan dengar terkait dengan pendidikan tinggi. Tujuan penelitian untuk menetahui bagaimana Wawasan Tentang Perguruan Tinggi Bagi Masyarakat Pedesaan Padang Maninjau Kecamatan Aek Kuo Kabupaten Labuhanbatu Utara. Metode: Metode yang digunakan berupa metode kualitatif dengan tehnik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi analisis miles dan huberman lalu untuk menguji keabsahan mengunakan triagulasi. Hasil: Adapun hasil penelitian yaitu tingkat pendidikan di desa padang maninjau rata-rata berada pada tingkat SMP dan SMA. Pendidikan rendah sebab berdasarkan data yang dtemukan Angka Partisipasi Kasar Pendidikan Tinggi Kabupaten Labuhanbatu Utara APK pendidikan tinggi Labuhanbatu utara pada tahun 2019 sebesar 13,77%, pada tahun 2020 terjadi peningkatan menjadi 18,78%, kemudian di tahun 2021 menurun menjadi 14,87%. Selanjutnya, wawasan masyarakat desa tentang perguruan tinggi didesa padang meninjau memiliki wawasan yang minim terkait perguruan tinggi. Kesimpulan: Rendahnya Pendidikan disebabkan terkait lokasi yang terletak dipolosok desa dan kurangnya kesadaran masyarakat untuk menbaca dan mencari informasi serta memiliki tingkat pendidikan yang rendah dimana menurut sebagian dari mereka menganggap melanjutkan perkuliahan hanya bagi mereka yang punya uang dan untuk kerja tidak perlu kuliah.

Keywords

Masyarakat Pedesaan Perguruan Tinggi Wawasan Higher education Insight

Article Details

How to Cite
Ritonga, M. A. M., & Abdullah, A. (2024). Wawasan Tentang Perguruan Tinggi Bagi Masyarakat Pedesaan Padang Maninjau Kecamatan Aek Kuo Kabupaten Labuhanbatu Utara. Jurnal SOLMA, 13(1), 320–328. https://doi.org/10.22236/solma.v13i1.14678

References

  1. Depag Ri. (2012). Al-Qur’an Dan Terjemahan Kementrian Agama Ri, Cet.I. : Perpustakaan Nasional).
  2. Faiqotus Silvia Nabila, & Umro, J. (2020). Persepsi Masyarakat Terhadap Pentingnya Pendidikan Tinggi Untuk Kaum Perempuan (Studi Kasus Di Desa Curahdringu Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo). Al-Hikmah : Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam, 2(2), 136–148.
  3. Fajari, L. E. W., Sa’diyah, H., Aini, S., & Dzakiroh, F. (2022). Sosialisasi Pentingnya Pendidikan Bagi Generasi Muda Di Kelurahan Cikerai Kecamatan Cibeber Kota Cilegon. I-Com: Indonesian Community Journal, 2(2), 416–425. Https://Doi.Org/10.33379/Icom.V2i2.1609
  4. Hukama, A. F. (2017). Persepsi Masyarakat Pedesaan Terhadap Pendidikan Tinggi (Studi Analisis Teori George Herbert Mead). J-Pips (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 4(1), 1. Https://Doi.Org/10.18860/Jpips.V4i1.7298
  5. Kemdikbud. (2024). Wawasan. Badan Pengembangan Dan Pembinaan Bahasa. Https://Kbbi.Kemdikbud.Go.Id/Entri/Wawasan
  6. Kemenag. (2012). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi. Depertemen Agama Republik Indonesia. Https://Diktis.Kemenag.Go.Id/Prodi/Dokumen/Uu-Nomor-12-Tahun-2012-Ttg-Pendidikan-Tinggi.Pdf
  7. Labura, P. (2023). Berdasarkan Peraturan Bupati Nomor 41 Tahun 2021 Tentang Pedoman Pemberian Beasiswa Bagi Mahasiswa Kabupaten Labuhanbatu Utara Dan Surat Sekretaris Daerah Kabupaten Labuhanbatu Utara Nomor : 400.3/905/Kesra/2023 Perihal Jadwal Seleksi Calon Mahasiswa/I Me. Pemkab Labura. Https://Labura.Go.Id/Page/Lihatberita/Hasil-Seleksi-Calon-Penerima-Mou-Pemkab-Labura-Dengan-Unimed-Tahun-2023
  8. Nisa’, H. (2016). Persepsi Masyarakat Nelayan Terhadap Pendidikan Tinggi (Studi Kasus Di Desa Legung Timur Kecamatan Batang-Batang Kabupaten Sumenep Madura). Skripsi, 1–141. Http://Etheses.Uin-Malang.Ac.Id/3848/
  9. Sugiono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Alfabeta.
  10. Sugiyono. (2018). Teknik Analisis Kualtitatif. Teknik Analisis, 1–7. Http://Staffnew.Uny.Ac.Id/Upload/132232818/Pendidikan/Analisis+Kuantitatif.Pdf
  11. Sukatin, Nuraini, Cahya Azzahra, A., Rahma Yunita, F., Fransiska, S., & Nafi, T. (2022). Manajemen Pelayanan Publik Di Pendidikan Tinggi. Jurnal Ilmiah Sosial Dan Humaniora, 1(2), 70–78.
  12. Tanjung, Laila Sari. (2020). Laporan Potensi Daerah Kabupaten Labuhanbatu Utara. Northsumatrainvest.Id. Https://Www.Northsumatrainvest.Id/Data/Pdf/Publication/10. (Labura) Potensi Daerah.Pdf
  13. Tapinose, E. (2019). Persepsi Masyarakat Terhadap Pendidikan Anak Dalam Melanjutkan Ke Jenjang Perguruan Tinggi Agama Islam Di Desa Air Teras Kecamatan Talo Kabupaten Seluma. Institut Agama Islam Negeri (Iain) Bengkulu.
  14. Thoharudin, M., Suryanti, Y., & Sore, A. D. (2019). Sosialisasi Pentingnya Pendidikan Lebih Tinggi Di Desa Sungai Mali Kecamatan Ketungau Hilir. Jurnal Pengabdian Masyarakat Khatulistiwa, 2(1), 1–9. Https://Doi.Org/10.31932/Jpmk.V2i1.423
  15. Yusuf, M. (2023). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Sma Negeri 1 Kecamatan Kualuh Hilir Kabupaten Labuhanbatu Utara). Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah Dan Tinggi [Jmp-Dmt], 4(1), 16–23. Https://Doi.Org/10.30596/Jmp-Dmt.V4i1.13369