Main Article Content
Abstract
Background: Perkembangan teknologi informasi telah mengubah lanskap bisnis secara signifikan, termasuk bagi pelaku usaha mikro dan kecil (UMKM). Namun, masih banyak UMKM yang menghadapi tantangan dalam mengadopsi teknologi informasi, pemasaran digital, dan pengelolaan keuangan yang efektif. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menggunakan teknologi informasi dalam melakukan digital marketing dan pengelolaan keuangan UD Sumber Barokah. Metode: Dilakukan pelatihan tentang strategi digital marketing dan penggunaan aplikasi keuangan, disertai dengan pendampingan langsung dalam penerapan praktisnya dengan mitra UD Sumber Barokah. Hasil: Pelatihan dan pendampingan telah berhasil meningkatkan pemahaman dan keterampilan mitra dalam menggunakan teknologi informasi, pemasaran digital, dan pengelolaan keuangan. Mitra mampu membuat strategi digital marketing, mengelola akun media sosial, serta menggunakan aplikasi keuangan untuk penyusunan laporan keuangan secara efektif. Kesimpulan: Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini berhasil mencapai tingkat ketercapaian target yang diharapkan, dengan kesesuaian antara masalah yang dihadapi mitra dan metode yang diterapkan.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Andriani, E., Ashsifa, I., Achmad, A. W., & Robiyanto, F. (2023). Pelatihan Strategi Digital Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Halu Kopi. 3(1), 30–40.
- Andy, P. :, Wati, P., Martha, J. A., Indrawati, A., Artha, N., Layout, F., & Wildan Fajar, : M. (2020). Digital Marketing.
- Ashsifa, I., & Kuncoro, M. T. (2023). Penguatan Ekonomi di Sektor Hilir: Strategi Pengelolaan Keuangan untuk Keberlanjutan UMKM di Era Digital. Sriwijaya Accounting Community Services, 2(2), 57–64.
- Atmanegara, S., Dewa, I., Yuda, M., Arief, M. H., Program, ), Kewirausahaan, S., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2023). Implementasi Pemasaran Digital Sebagai Strategi Untuk Meningkatkan Penjualan Pada UMKM di desa Candijati. Communnity Development Journal, 4(3), 5958–5962.
- Endaryati, E. (2021). Manajemen dan Pengolahan Transaksi Usaha Kecil.
- Ginting, A., Sulistyowati, L., Hafa, F., & Widyawati, R. (2023). Strategi Pemasaran Digital Produk UMKM Paguyuban Kampung Bejo Dengan Aplikasi Linktree Dan Media Sosial.
- Herdinata, C., & Pranatasari, D. F. (2019). Panduan Penerapan Financial Technology Melalui Regulasi, Kolaborasi, dan Literasi Keuangan Pada UMKM.
- Hesniati, H., & Erlen, E. (2021). Penyusunan Strategi Pemasaran Digital dan Modul Pelatihan Karyawan Pada Toko Central Legenda Laundry.
- Indrayani, H. (2017). Penerapan Teknologi Informasi dalam Peningkatan Efektivitas, Efisiensi dan Produktivitas Perusahaan. Jurnal El-Riyasah, 3(1), 48–56.
- Khairunnisa, C. M. (2022). Pemasaran Digital sebagai Strategi Pemasaran: Conceptual Paper. Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 5(1), 98–102.
- Kusumasari, k. Dela, & diatmika, i. P. G. (2022). Pengaruh pemahaman teknologi informasi, pendidikan, umur usaha dan motivasi terhadap implementasi sak emkm pada umkm di kabupaten tabanan. Jimat (jurnal ilmiah mahasiswa akuntansi), 13(03), 843–855.
- Marisa, f., silviana, s., sahbana, m. A., & rofi’i, f. (2022). Peningkatan strategi pemasaran melalui workshop digital marketing dan kolaborasi pada asosiasi umkm “akukarlos” kabupaten malang. Jurnal aplikasi dan inovasi ipteks soliditas (j-solid), 5(2), 307.
- Miller, S., Brooksbank, R., & Fullerton, S. (2019). Technology-Based Marketing Strategies Through the Consumer Lens: How Might Perceptions of Ethicality and Effectiveness Interrelate. International Journal of Technology Marketing, 13(3), 1.
- Rahmatian, B. Y., Syahrian, R. A., & Pitaloka, D. A. (2023). Pengembangan Digital Marketing dan Manajemen Keuangan bagi UMKM untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Development of Digital Marketing and Financial Management for MSMES to Improve the Community ’ s Economy. 8(1), 432–439.
- Saputra, H. T., Rif’ah, F. M., & Andrianto, B. A. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Guna Meningkatkan Daya Saing UMKM. Journal of Economics, Management, Business, and Entrepreneurship, 1(1), 29–37. https://doi.org/10.31537/jembe.v1i1.1275
- Syafikarani, A. (2021). Analisis Strategi Digital Marketing dalam Pemasaran Album K-Pop (Studi Kasus : Weverse Shop – BTS). TANRA: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Dan Desain Universitas Negeri Makassar, 8(1), 1.
- Zanubiya, J., Meria, L., & Juliansah, M. A. D. (2023). Increasing Consumers with Satisfaction Application based Digital Marketing Strategies. Startupreneur Business Digital (SABDA Journal), 2(1), 12–21.
References
Andriani, E., Ashsifa, I., Achmad, A. W., & Robiyanto, F. (2023). Pelatihan Strategi Digital Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Halu Kopi. 3(1), 30–40.
Andy, P. :, Wati, P., Martha, J. A., Indrawati, A., Artha, N., Layout, F., & Wildan Fajar, : M. (2020). Digital Marketing.
Ashsifa, I., & Kuncoro, M. T. (2023). Penguatan Ekonomi di Sektor Hilir: Strategi Pengelolaan Keuangan untuk Keberlanjutan UMKM di Era Digital. Sriwijaya Accounting Community Services, 2(2), 57–64.
Atmanegara, S., Dewa, I., Yuda, M., Arief, M. H., Program, ), Kewirausahaan, S., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2023). Implementasi Pemasaran Digital Sebagai Strategi Untuk Meningkatkan Penjualan Pada UMKM di desa Candijati. Communnity Development Journal, 4(3), 5958–5962.
Endaryati, E. (2021). Manajemen dan Pengolahan Transaksi Usaha Kecil.
Ginting, A., Sulistyowati, L., Hafa, F., & Widyawati, R. (2023). Strategi Pemasaran Digital Produk UMKM Paguyuban Kampung Bejo Dengan Aplikasi Linktree Dan Media Sosial.
Herdinata, C., & Pranatasari, D. F. (2019). Panduan Penerapan Financial Technology Melalui Regulasi, Kolaborasi, dan Literasi Keuangan Pada UMKM.
Hesniati, H., & Erlen, E. (2021). Penyusunan Strategi Pemasaran Digital dan Modul Pelatihan Karyawan Pada Toko Central Legenda Laundry.
Indrayani, H. (2017). Penerapan Teknologi Informasi dalam Peningkatan Efektivitas, Efisiensi dan Produktivitas Perusahaan. Jurnal El-Riyasah, 3(1), 48–56.
Khairunnisa, C. M. (2022). Pemasaran Digital sebagai Strategi Pemasaran: Conceptual Paper. Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 5(1), 98–102.
Kusumasari, k. Dela, & diatmika, i. P. G. (2022). Pengaruh pemahaman teknologi informasi, pendidikan, umur usaha dan motivasi terhadap implementasi sak emkm pada umkm di kabupaten tabanan. Jimat (jurnal ilmiah mahasiswa akuntansi), 13(03), 843–855.
Marisa, f., silviana, s., sahbana, m. A., & rofi’i, f. (2022). Peningkatan strategi pemasaran melalui workshop digital marketing dan kolaborasi pada asosiasi umkm “akukarlos” kabupaten malang. Jurnal aplikasi dan inovasi ipteks soliditas (j-solid), 5(2), 307.
Miller, S., Brooksbank, R., & Fullerton, S. (2019). Technology-Based Marketing Strategies Through the Consumer Lens: How Might Perceptions of Ethicality and Effectiveness Interrelate. International Journal of Technology Marketing, 13(3), 1.
Rahmatian, B. Y., Syahrian, R. A., & Pitaloka, D. A. (2023). Pengembangan Digital Marketing dan Manajemen Keuangan bagi UMKM untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Development of Digital Marketing and Financial Management for MSMES to Improve the Community ’ s Economy. 8(1), 432–439.
Saputra, H. T., Rif’ah, F. M., & Andrianto, B. A. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Guna Meningkatkan Daya Saing UMKM. Journal of Economics, Management, Business, and Entrepreneurship, 1(1), 29–37. https://doi.org/10.31537/jembe.v1i1.1275
Syafikarani, A. (2021). Analisis Strategi Digital Marketing dalam Pemasaran Album K-Pop (Studi Kasus : Weverse Shop – BTS). TANRA: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Dan Desain Universitas Negeri Makassar, 8(1), 1.
Zanubiya, J., Meria, L., & Juliansah, M. A. D. (2023). Increasing Consumers with Satisfaction Application based Digital Marketing Strategies. Startupreneur Business Digital (SABDA Journal), 2(1), 12–21.