Main Article Content

Abstract

Pendahuluan: Kasus pelecehan dan kekerasan seksual pada anak usia dini semakin meningkat setiap tahun ditambah lagi kurangnya kepedulian serta pengetahuan orang tua tentang masalah pendidikan seks, oleh karena itu guru berperan aktif memberikan pembelajaran tentang pendidikan seks untuk anak usia dini. Studi ini bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan guru untuk memahami pentingnya pendidikan seks untuk anak usia dini dapat mengenal anggota tubuhnya agar dapat melindungi diri dari bahaya pelecehan dan kekerasan seksual. Metode: Ceramah interaktif, diskusi dan pelatihan membuat media pembelajaran tentang pendidikan seks untuk anak usia dini dengan jumlah peserta 25 guru-guru PAUD dari 9 lembaga PAUD di Kabupaten Kupang. Hasil: Terjadi peningkatan pengetahuan dan keterampilan dari  nilai pre tes dan post tes 60 menjadi 90. Kesimpulan: Pelatihan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru-guru PAUD untuk membuat media pembelajaran tentang pendidikan seks yang bernilai positif bagi anak anak usia dini untuk melindungi dirinya dari kekerasan dan pelecehan seksual dan kekerasan seksual.

Keywords

Anak Usia Dini Guru Pendidikan Seks

Article Details

How to Cite
Amseke, F. V., Lelo, K., Banoet, J., & Afi, A. V. (2024). Penguatan Pendidikan Seks Anak Usia Dini Bagi Guru PAUD di Kabupaten Kupang. Jurnal SOLMA, 13(2), 1209–1219. https://doi.org/10.22236/solma.v13i2.14566

References

Read More