Main Article Content

Abstract

Pendahuluan: Kasus pelecehan dan kekerasan seksual pada anak usia dini semakin meningkat setiap tahun ditambah lagi kurangnya kepedulian serta pengetahuan orang tua tentang masalah pendidikan seks, oleh karena itu guru berperan aktif memberikan pembelajaran tentang pendidikan seks untuk anak usia dini. Studi ini bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan guru untuk memahami pentingnya pendidikan seks untuk anak usia dini dapat mengenal anggota tubuhnya agar dapat melindungi diri dari bahaya pelecehan dan kekerasan seksual. Metode: Ceramah interaktif, diskusi dan pelatihan membuat media pembelajaran tentang pendidikan seks untuk anak usia dini dengan jumlah peserta 25 guru-guru PAUD dari 9 lembaga PAUD di Kabupaten Kupang. Hasil: Terjadi peningkatan pengetahuan dan keterampilan dari  nilai pre tes dan post tes 60 menjadi 90. Kesimpulan: Pelatihan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru-guru PAUD untuk membuat media pembelajaran tentang pendidikan seks yang bernilai positif bagi anak anak usia dini untuk melindungi dirinya dari kekerasan dan pelecehan seksual dan kekerasan seksual.

Keywords

Anak Usia Dini Guru Pendidikan Seks

Article Details

How to Cite
Amseke, F. V., Lelo, K., Banoet, J., & Afi, A. V. (2024). Penguatan Pendidikan Seks Anak Usia Dini Bagi Guru PAUD di Kabupaten Kupang. Jurnal SOLMA, 13(2), 1209–1219. https://doi.org/10.22236/solma.v13i2.14566

References

  1. Akbar, Z., & Mudzdaliffah, F. (2012). Program pendidikan seks untuk meningkatkan proteksi diri dari eksploitasi seksual pada anak usia dini. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan, 25(16), 1-6.
  2. Awaru, A.O.T., Syukur, M., Manda, D., Torro, S., Rahman, A., Nurlela, Najamuddin. (2022). Sosialisasi penerapan pendidikan seksual pada guru taman kanak-kanak sebagai upaya pencegahan kekerasan seksual pada anak usia dini di Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI), 2(4), 445-450
  3. Cahyanti, P. (2019). Peran Guru dalam memberikan pendidikan seks di KB Mutiara Bangsa Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan. pp 494-500.
  4. Cahyanti, P., Purwadi, & Suyono, H. (2021). Peran guru sebagai Educator dalam pendidikan Seks di KB Mutiara Bangsa Yogyakarta. Jurnal Literasi, 12(2), 77-84.
  5. Gerda, M. M., Wahyuningsih, S., & Dewi, N. K. (2022). Efektivitas Aplikasi Sex Kids Education untuk Mengenalkan Pendidikan Seks Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3613– 3628. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2170.
  6. Jatmikowati, T.E., Angin, R., & Ernawati, E.(2015). Model dan Materi Pendidikan Seks Anak Usia Dini Perspektif Gender untuk Menghindarkan Sexual Abuse. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 34(3), 1-15.
  7. Kementerian Pendidikan dan Budaya. (2017). Diriku. Edisi ke-4. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. Jakarta.
  8. Muflihah, H, F., & Shaluhiyah, Z P. N. P. (2019). Pengaruh Permainan Puzzle Dan Metode Diskusi Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Anak Usia Dini (5-6 Tahun) Mengenai Seksualitas (Studi Di Tk Kelurahan Bugangan, Semarang Timur, Kota Semarang). Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 7(1), 483–490.
  9. Ningsih, Y.T. (2018). Pelatihan Pendidikan Seksual untuk meningkatkan pengetahuan tentang seksualitas anak pada guru di Kab. Tanah Datar. Jurnal RAP UNP, 9(2), 205-212
  10. Oktarina, N. D., & Liyanovitasari, L. (2019). Media Cerita Bergambar Tentang Pengenalan Seks Dini Meningkatkan Pengetahuan Anak Usia Dini. Jurnal Kesehatan Perintis (Perintis’s Health Journal), 6(2), 110–115. https://doi.org/10.33653/jkp.v6i2.296
  11. Salukh Kekson. (2023). Mencengangkan! 87 persen korban kekerasan seksual di NTT adalah anak-anak.Victory News: Kupang.
  12. Simanjuntak, E. & Prayitno, I.S.P. (2022). Peran Guru Sekolah Minggu terhadap Pendidikan Seks bagi Anak Sekolah Minggu Usia Dini. Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika, 5(2), 169-192.
  13. Suhasmi, N.C., & Ismet, S. (2021). Materi Pendidikan Seks Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 5(01), 164-174.
  14. Syahalam, I.R., Indah, R.N., & Syam, R.Z.A. (2023). Program edukasi sexs pada lingkungan anak di taman baca masyarakat sukamulya. Jurnal Literasi Perpustakaan dan Informasi UHO, 3(3), 106-116.
  15. Zubaedah, S. (2016). Pendidikan Seks Bagi Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak (TK) Islam Kota Yogyakarta. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 2(2), 55-68