Main Article Content

Abstract

Background: Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran terutama di satuan pendidikan sekolah dasar dapat dilakukan berbagai upaya salah satunya penerapan model pembelajaran inovatif (PBL dan PjBL). Berdasarkan penelitian tentang siswa sekolah dasar masih dijumpai kemampuan siswa sekolah dasar dalam berfikir kritis dan kreatif masih kurang. Tujuan dari pelaksanaan workshop penerapan PBL dan PjBL diharapkan mampu menciptakan pembelajaran yang mampu mendorong siswa dalam berfikir kritis dan kreatif. Metode: Kegiatan ini melibatkan kerjasama dengan sekolah mitra. Terdapat 200 guru di Malang Raya yang akan menjadi peserta pelatihan. Metode pelaksanaan kegiatan ini yaitu workshop pelatihan, pendampingan dan impelementasi Pembelajaran BPL dan PjBL di kelas. Dalam pendesiminasian model pembelajaran ini, tim akan mendampingi dan melakukan observasi. Hasil: Model ini memiliki dampak signifikan pada hasil pembelajaran siswa. Kesimpulan: guru-guru dapat melaksanakan pembelajaran yang mengarah pada kontruktivitisme, membangun pengetahuan peserta didik, menumbuhkan kemandirian dan disiplin. 

Keywords

Guru Aisyiyah Guru Muhammadiyah PBL Pelatihan PjBL Aisyiyah teacher Muhammadiyah teacher PBL PjBL Training

Article Details

How to Cite
Yayuk, E., Worowirastri E., D., & Tinus, A. (2024). Pelatihan Model PBL dan PjBL Bagi Guru-Guru Muhammadiyah-Aisyiyah Se Kota Malang . Jurnal SOLMA, 13(1), 536–546. https://doi.org/10.22236/solma.v13i1.14430

References

  1. Agoestyowati, R. (2017). Branding Serial KKPK: Tinjauan Pada Minat Literasi Anak-Anak. Occupational Medicine, 53(4), 130.
  2. Aizikovitsh-Udi, E., & Cheng, D. (2015). Developing Critical Thinking Skills from Dispositions to Abilities: Mathematics Education from Early Childhood to High School. Creative Education, 06(04), 455–462. https://doi.org/10.4236/ce.2015.64045
  3. Angelina, O. P., Handayani, R. D., & Maryani, M. (2023). Implementation of STEM Project-Based Learning (PjBL) student worksheet through the “otok-otok” boat game on engineering thinking skills. Momentum: Physics Education Journal, 7(1), 116–124. https://doi.org/10.21067/mpej.v7i1.7238
  4. Chintya, J., Haryani, S., Linuwih, S., & Marwoto, P. (2023). Analysis of the Application of the Project Based Learning (PjBL) Learning Model on Increasing Student Creativity in Science Learning in Elementary Schools. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(6), 4558–4565. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i6.2726
  5. Dani, D. K., Paksi, H. P., & Sutaji, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPAS Topik Keunikan Kebiasaan Masyarakat di Sekitarku Kelas IV SDN Sukowati Kapas Bojonegoro. Journal on Education, 6(1), 1174–1187. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3063
  6. Emilia, E., Rachmadyanti, P., & Fadjarwati, F. (2023). Implementasi Model PBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika di SDN Medaeng 2 Sidoarjo. Journal on Education, 6(1), 993–1001. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3034
  7. Hanna, A. N., Sucipto, L., Riska, K., & Kurniawati, A. (2024). Analysis of the Effectiveness of Problem-Based Learning Method in Developing Students ’ Analytical Mathematical Thinking Skills. 262–274.
  8. Hayuana, W., Suwono, H., & Setiowati, F. K. (2023). Effectiveness of PBL STEM to Improve Problem Solving Skills. Bioedukasi, 21(2), 144. https://doi.org/10.19184/bioedu.v21i2.39740
  9. Iskandar, I. (2023). Empowering Student Entrepeneurship: A 21st Century Learning Approach using TPACK Integrated PjBL Model. Utamax : Journal of Ultimate Research and Trends in Education, 5(2), 139–151. https://doi.org/10.31849/utamax.v5i2.13116
  10. Jannah, A., Mahfud, M. Z., & Komarayanti, S. (2023). Implementasi Pjbl Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Motivasi Belajar Peserta Didik Di Sma Muhammadiyah 3 Jember. ScienceEdu: Jurnal Pendidikan IPA, VI(1), 23–31.
  11. Kalelioğlu, F., Gülbahar, Y., Kalelioğlu, F., & Gülbahar, Y. (2014). International Forum of Educational Technology & Society The Effect of Instructional Techniques on Critical Thinking and Critical Thinking Dispositions in Online Discussion Linked references are available on JSTOR for this article : The Effect of Instructi. Educational Technology & Society, 17(1), 248–258.
  12. Kamal, R., & Khusna, S. (2023). Model PjBL Berbasis Entrepreunership pada Pembelajaran Tematik Materi Koperasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Membentuk Karakteristik Siswa Sekolah Dasar. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 6(1), 34. https://doi.org/10.31764/pendekar.v6i1.12538
  13. Karlina, R., & Wirdati, W. (2023). Pelaksanaan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di SMA Negeri 7 Padang. As-Sabiqun, 5(3), 738–751. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v5i3.3306
  14. Lestari, D. A., Wakhyudin, H., Nursyahidah, F., & Istikomah, A. (2023). Efektifitas PBL terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Kelas V Tema 5 Ekosistem Subtema 2 Hubungan Antar Makhluk Hidup dalam Ekosistem di SD Supriyadi. Journal on Education, 5(4), 13026–13034. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2301
  15. Martind, F. S., Karmila, N., & Kartika, R. (2016). Penerapan Model Pbl Tema 7 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 3 SDN Gunung Gede. 09, 1–23.
  16. Maulidah, R., Susanti, E., Mahmudah, I. R., & Makiyah, Y. S. (2023). How Preservice Teachers Perceive Their Collaboration Team Working Skills During PjBL. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(6), 4237–4244. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i6.3592
  17. Muhammad Sabir, R., & Rumondang. (2023). Developing a Learning Model Based on Hybrid Learning and PjBL. KnE Social Sciences, 2023, 309–318.https:/doi.org/10.18502/kss.v8i4.12912
  18. Mulyadi, E. (2016). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatan Kinerja dan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 22(4), 385. https://doi.org/10.21831/jptk.v22i4.7836
  19. Nicolas, A. M. B., & Ramos, P. R. (2022). Teaching Dilemmas and Student Motivation in Project-based Learning in Secondary Education. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 16(1). https://doi.org/10.14434/ijpbl.v16i1.33056
  20. Parasamya, C. E., & Wahyuni, A. (2017). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika, 2(1), 42–49.
  21. Pasaribu, D., Tanjung, L. M., Yantina, R., Utami, T., & Perangin Angin, L. M. (2023). The Effect of the PBL Model to Increase Student Learning Activities in Integrated Thematic Learning in Elementary Schools. Journal of Educational Analytics, 2(2), 263–272. https://doi.org/10.55927/jeda.v2i2.4340
  22. Patron, E., Linder, C., & Wikman, S. (2021). Qualitatively different ways of unpacking visual representations when teaching intermolecular forces in upper secondary school. Science Education, April, 1–29. https://doi.org/10.1002/sce.21662
  23. Ramdania, V. N., Wulan, S., & Dwiprabowo, R. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika dengan Strategi Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, II(1), 78–85.
  24. Ratheeswari, K. (2018). Information Communication Technology in Education. Journal of Applied and Advanced Research, 3(S1), 45. https://doi.org/10.21839/jaar.2018.v3is1.169
  25. Ristyawati, D. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Pjbl Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pembelajaran Matematika Materi Membandingkan Dan Mengurutkan Bilangan Cacah. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 4(1), 343–351. https://doi.org/10.46306/lb.v4i1.255
  26. Roza, M. H., & Damanik, M. (2022). Pengaruh Model PBL Terhadap Keaktifan Siswa dan Hasil Belajar Kimia SMA/MA pada Materi Koloid. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia, 4(2), 157. https://doi.org/10.24114/jipk.v4i2.36101
  27. Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Cikokol 2 [The Importance of Understanding the Characteristics of Elementary School Students at SDN Cikokol 2]. Septiani, Nevi Afiani, Rra, 2(1), 7–17.
  28. Sofyan, F. A. (2019). Implementasi Hots Pada Kurikulum 2013. Inventa, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.36456/inventa.3.1.a1803
  29. Tsuraya, F. G., Azzahra, N., Azahra, S., & Maharani, S. P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Sekolah Penggerak. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 179–188. https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i1.860
  30. Wicaksana, T. I., Ambiyar, A., Maksum, H., & Irfan, D. (2022). Penerapan model (PJBL) untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar dalam mata pelajaran pemrograman berorientasi objek. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 470. https://doi.org/10.29210/30032058000
  31. Widarbowo, D., Nofirman, N., Jasiah, J., Surur, M., & Astuti, E. D. (2023). Meta-Analysis Study for the Use of Project Based Learning Models in Teaching and Learning Activities. Journal on Education, 5(4), 16306–16311. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2781
  32. Wiratman, A., Ajiegoena, A. M., & Widiyanti, N. (2023). Pembelajaran Berbasis Keterampilan Proses Sains: Bagaimana Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(1), 463–472.
  33. Zaafour, A., & Salaberri Ramiro, M. S. (2022). Implementing Cooperative Project-Based Learning: Difficulties and Innovative Solutions. World Journal of English Language, 12(5), 425. https://doi.org/10.5430/wjel.v12n5p425
  34. Zhang, Y., Song, H., Liu, X., Tang, D., Chen, Y. E., & Zhang, X. (2017). Language learning enhanced by massive multiple online Role-Playing games (MMORPGs) and the underlying behavioral and neural mechanisms. Frontiers in Human Neuroscience, 11(March), 1–8. https://doi.org/10.3389/fnhum.2017.00095