Main Article Content

Abstract

Background: Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran terutama di satuan pendidikan sekolah dasar dapat dilakukan berbagai upaya salah satunya penerapan model pembelajaran inovatif (PBL dan PjBL). Berdasarkan penelitian tentang siswa sekolah dasar masih dijumpai kemampuan siswa sekolah dasar dalam berfikir kritis dan kreatif masih kurang. Tujuan dari pelaksanaan workshop penerapan PBL dan PjBL diharapkan mampu menciptakan pembelajaran yang mampu mendorong siswa dalam berfikir kritis dan kreatif. Metode: Kegiatan ini melibatkan kerjasama dengan sekolah mitra. Terdapat 200 guru di Malang Raya yang akan menjadi peserta pelatihan. Metode pelaksanaan kegiatan ini yaitu workshop pelatihan, pendampingan dan impelementasi Pembelajaran BPL dan PjBL di kelas. Dalam pendesiminasian model pembelajaran ini, tim akan mendampingi dan melakukan observasi. Hasil: Model ini memiliki dampak signifikan pada hasil pembelajaran siswa. Kesimpulan: guru-guru dapat melaksanakan pembelajaran yang mengarah pada kontruktivitisme, membangun pengetahuan peserta didik, menumbuhkan kemandirian dan disiplin. 

Keywords

Guru Aisyiyah Guru Muhammadiyah PBL Pelatihan PjBL Aisyiyah teacher Muhammadiyah teacher PBL PjBL Training

Article Details

How to Cite
Yayuk, E., Worowirastri E., D., & Tinus, A. (2024). Pelatihan Model PBL dan PjBL Bagi Guru-Guru Muhammadiyah-Aisyiyah Se Kota Malang . Jurnal SOLMA, 13(1), 536–546. https://doi.org/10.22236/solma.v13i1.14430

References

Read More