Main Article Content

Abstract

Background: Tersedak merupakan keadaan darurat yang bisa terjadi pada anak-anak dan memerlukan pertolongan dengan cepat. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam melakukan tindakan pertolongan pertama pada kejadian tersedak. Metode: Mitra dalam kegiatan ini adalah Ibu-Ibu PAUD yang berjumlah 53 orang. Kegiatan dilakukan dengan cara pemaparan menggunakan leaflet penanganan tersedak kemudian dilanjutkan simulasi Heimlich manouver menggunakan phantom anak. Hasil: Pengetahuan dan keterampilan peserta mengalami peningkatan ditandai dengan mampu menjawab pertanyaan dari pemateri dan memperagakan Heimlich manouver secara tepat. Kesimpulan: Tindakan edukasi dan simulasi Heimlich Manouver dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam melakukan pertolongan pertama pada kejadian tersedak anak usia PAUD dan TK.

Keywords

Edukasi Heimlich Manouver Tersedak Choking Education Heimlich Manouver

Article Details

How to Cite
Fitriana, N. F., Riskiyani Dwi Nandia, J., Hakim Nitiprodjo, A., Ratna Estria, S., Widyaningsih, S., Leona Amelia, V., & Andodo, C. (2024). Edukasi dan Simulasi Heimlich Manouver sebagai Upaya Penanganan Tersedak Anak Usia PAUD . Jurnal SOLMA, 13(1), 9–15. https://doi.org/10.22236/solma.v13i1.14420

References

  1. Ain, H. (2019). Penanganan Sumbatan Benda Asing pada Anak Berbasis Critical Care Caring. Media Sahabat Cendekia.
  2. Al Anazi, R., Mureh, B., Al Sulimani, H., Al Arfaj, G., Habeeb, K., & Kofi, M. (2022). Impact of health education on maternal knowledge regarding choking prevention and first aid in children, Riyadh, Saudi Arabia. Age (Mean, SD), 30, 5-18. http://dx.doi.org/10.33545/comed.2022.v5.i1a.223
  3. American Heart Association, 2020. Basic Life Support
  4. Beltrán Guzmán, I., Gil Cuesta, J., Trelles, M., Jaweed, O., Cherestal, S., van Loenhout, J. A. F., & Guha-Sapir, D. (2019). Delays in arrival and treatment in emergency departments: Women, children and non-trauma consultations the most at risk in humanitarian settings. PLoS One, 14(3), e0213362. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0213362
  5. Edirisinghe, N. K., Dalpatadu, S. A. C., & Dissanayake, T. S. (2022). A study of the knowledge of choking, burns, acute poisoning and their first aid practices among mothers of children below 14 years of age attending the District General Hospital, Kalutara. Sri Lanka Journal of Child Health, 51(2), 235-240. https://doi.org/10.4038/sljch.v51i2.10124
  6. Elfeshawy, R., El Sobky, F. A., Mohamed, F. K. I., & Darweesh, H. A. M. (2022). Effect of health education program-based on a health belief model on mothers’ knowledge and practices regarding choking prevention and management for their children. Tanta Scientific Nursing Journal, 25(2), 235-257. https://doi.org/10.21608/tsnj.2022.243373
  7. Kitulwatte, I. D., & Edirisinghe, P. A. S. (2014). Study on unnatural childhood deaths presented to North Colombo teaching hospital, Sri Lanka. Medicine, Science and the Law, 54(2), 74-77. https://doi.org/10.1177/0025802413491249
  8. Mulati, T. S., & Susilowati, D. (2023). Pendidikan Kesehatan Ibu Balita Pengetahuan Dan Ketrampilan Ibu Tentang Perawatan Anak Umur 2-3 Tahun. Penerbit Tahta Media.
  9. Nirwana, B. S., Viridula, E. Y., Awatiszahro, A., Rofiah, K., Tanjungsari, A., & Ruhayati, A. (2022). Sosialisasi Manfaat Pijat Bayi Dengan Media Leaflet Untuk Meningkatkan Literasi Kesehatan Masyarakat. AMALIAH: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 6(2), 238-242.
  10. Paulozzi, L. J., Ballesteros, M. F., & Stevens, J. A. (2006). Recent trends in mortality from unintentional injury in the United States. Journal of safety research, 37(3), 277-283. https://doi.org/10.1016/j.jsr.2006.02.004
  11. Purnamasari, V., Lestari, N., Triana, N., & Sunaringtyas, W. (2023). Pengenalan dan Simulasi Pertolongan Pada Korban Tersedak Dengan Metode Five To Five Pada Siswa Smk Palapa Pare Kediri. WASATHON Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(04), 69-72.
  12. Saccomanno, S., Saran, S., Paskay, L. C., De Luca, M., Tricerri, A., Orlandini, S. M., ... & Messina, G. (2023). Risk factors and prevention of choking. European journal of translational myology, 33(4). https://doi.org/10.4081/ejtm.2023.11471
  13. Saputra, A., Sastrawan, A., & Rahmati, I. (2018). Pengaruh penggunaan media leaflet terhadap hasil belajar Sejarah pada siswa Kelas Xi IIS Man 1 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(8).
  14. Sarabi, N., & Nosratabadi, M. (2022). Effectiveness of Video Education on Mothers' Knowledge of Hazard Factors and First Aid Administration in Choking Incidents. Journal of Comprehensive Pediatrics, 13(2). https://doi.org/10.5812/compreped-121420
  15. Wu, X., Wu, L., Chen, Z., & Zhou, Y. (2018). Fatal choking in infants and children treated in a pediatric intensive care unit: A 7-year experience. International journal of pediatric otorhinolaryngology, 110, 67-69.
  16. Yuliandra, R., & Fahrizqi, E. B. (2019). Pengembangan Model Latihan Jump Shoot Bola Basket. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 3(1), 51-55.