Isi Artikel Utama

Abstrak

Background: Perkembangan teknologi yang pesat menuntut penyesuaian dalam pendidikan politik. Program pengabdian masyarakat "Politik Asik" merupakan upaya pendidikan politik yang menggabungkan board game dan media pembelajaran. Pendekatan ini bertujuan untuk meningkatkan literasi politik dan keterampilan berpikir kritis, khususnya di kalangan pemilih muda dan perempuan dalam menyongsong tahun politik 2024. Metode: Politik Asik bekerjasama dengan ragam komunitas, PKK, siswa SMA dan perangkat Desa. Dengan model pendidikan politik melalui media boardgame, kepada lima puluh orang peserta dari masing-masing kategori yakni kategori pemuda dan perempuan. Hasil: Melalui pengamatan analisis yang dilakukan, hasilnya menunjukkan bahwa program ini berhasil meningkatkan minat dan partisipasi politik peserta, serta mengembangkan literasi politik yang lebih baik dan kemampuan berpikir kritis. Kelebihan program ini adalah kemampuannya menarik perhatian peserta dan menciptakan pengalaman belajar yang interaktif. Kesimpulan: Kegiatan pengabdian ini menegaskan pentingnya pengembangan metode pendidikan politik yang inovatif untuk memperkuat partisipasi pemilih muda dan perempuan, yang pada gilirannya mendukung demokrasi yang lebih kuat di Indonesia.

Kata Kunci

critical thinking board game political education political literacy democracy enhancement Berpirkir Kritis Board game pemahaman politik pendidikan politik peningkatan demokrasi

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Mustofa, M. U., Utama, R. S., Paskarina, C., Rahmatunnisa, M., & Herdiansah, A. G. (2024). Politik Asik: Upaya Edukasi Politik menggunakan Media Board Game. Jurnal SOLMA, 13(1), 369–379. https://doi.org/10.22236/solma.v13i1.14405

Referensi

  1. Alamri, J., Bena, M., Katili, Y., & Tabo, S. (2023). Pendidikan Politik Generasi Muda Melalui Instrumen Media Sosial. Governance and Politics, 3(1).
  2. Ardita, C. R., Salsabila, U. H., Syarofah, A., Pahlevie, M. S., & Risam, M. R. N. (2021). Peran Teknologi Pendidikan pada Pembelajaran PAI di Masa Pandemi Covid-19. Lisyabab: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 2(2). https://doi.org/10.58326/jurnallisyabab.v2i2.89
  3. Bashori, K. (2018). Pendidikan Politik di Era Disrupsi. Sukma: Jurnal Pendidikan, 2(2), 287–310. https://doi.org/10.32533/02207.2018
  4. Departemen Politik dan Perubahan Sosial CSIS. (2022). Pemilih Muda dan Pemilu 2024: Dinamika dan Preferensi Sosial Politik Pascapandemi.
  5. Ekayani, N. L. P. (2020). Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. artikel Jurusan PGSD, fakultas ilmu pendidikan Universitas …. Jurnal Fakultas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1).
  6. Hardian, M., Hidayah, Y., Suryaningsih, A., & Ardian Feriandi, Y. (2021). Gagasan Pendidikan Politik Bagi Generasi Muda (Sebuah Kajian Literatur). Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 6(3), 552. https://doi.org/10.28926/briliant.v6i3.653
  7. Hasibuan, N. (2016). Pengembangan Pendidikan Islam Dengan Implikasi Teknologi Pendidikan. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 1(2). https://doi.org/10.24952/fitrah.v1i2.313
  8. Jamun, Y. M. (2018). Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(1). https://doi.org/10.36928/jpkm.v10i1.54
  9. Marhaeni, N. H., Fitri, I. A., & Fariha, N. F. (2023). Pelatihan Pembuatan Game Edukasi WordWall Bagi Guru SMA Dharma Amiluhur Yogyakarta. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(4), 988–997. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v7i4.14772
  10. Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1). https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
  11. Rahmah, S. (2021). Pendidikan Politik Bagi Perempuan. Saree: Research in Gender Studies, 3(1), 79–100.
  12. Rahman, A. (2018). Konsep Dasar Pendidikan Politik bagi Pemilih Pemula melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 44. https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8385
  13. Ridwan, M. F. (2022, December 27). Survei: Anak Muda di Bandung Tidak Tertarik Politik Praktis. Republika.Co.Id. https://news.republika.co.id/berita/rnia1y459/survei-anak-muda-di-bandung-tidak-tertarik-politik-praktis
  14. Shalikhah, N. D. (2016). Pemanfaatan Aplikasi Lectora Inspire Sebagai Media Pembelajaran Interaktif. Cakrawala: Jurnal Studi Islam, 11(1). https://doi.org/10.31603/cakrawala.v11i1.105
  15. Siregar, N., Sahirah, R., & Harahap, A. A. (2020). Konsep Kampus Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1). https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i1.13
  16. Suryani, A., & Indah, R. N. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Transformasi Perpustakaan. PRoListik Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2).
  17. Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
  18. Wati, A. (2021). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1). https://doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1728
  19. We Are Social. (2023). The Changing World of Digital In 2023. We Are Social Indonesia. https://wearesocial.com/id/blog/2023/01/the-changing-world-of-digital-in-2023-2/