Main Article Content

Abstract

Background: Pengabdian masyarakat dilakukan untuk membantu UMKM Anifa Collection Malang dalam mengatasi tantangan pemasaran digital, manajemen keuangan, dan pemberdayaan masyarakat dalam produksi selop manten. Metode: Kegiatan dilaksanakan melalui observasi, wawancara, sosialisasi, implementasi, dan evaluasi dengan melibatkan pemilik Anifa Collection Malang dan masyarakat sekitar, dengan total peserta sebanyak 11 peserta. Data diambil melalui observasi langsung, wawancara, dan evaluasi setelah implementasi program. Hasil: Pemahaman yang lebih baik kepada pemilik Anifa Collection dalam mengelola bisnis dan memanfaatkan pemasaran digital serta manajemen keuangan. Pemberdayaan masyarakat dalam produksi selop manten juga terlihat meningkatkan potensi ekonomi lokal dan pelestarian budaya tradisional. Kesimpulan: Tercapai peningkatan pemahaman dan keterampilan pemilik Anifa Collection serta pemberdayaan masyarakat dalam produksi selop manten dengan dampak positif berupa peningkatan potensi ekonomi UMKM dan pelestarian budaya tradisional.

Keywords

Pelatihan Pemasaran digital Pemberdayaan masyarakat Selop manten UMKM Community empowerment Digital marketingBridal slippers MSMEs Training

Article Details

How to Cite
Nurdiyansyah, F., Fairuzabadi, A., Akbar, I., & Putra, L. U. (2024). Strategi Digital Marketing untuk Meningkatkan Kemandirian Ekonomi Pada Pengrajin Selop Manten. Jurnal SOLMA, 13(1). https://doi.org/10.22236/solma.v13i1.14351

References

  1. Abidin Achmad, Z., Zendo Azhari, T., Naufal Esfandiar, W., Nuryaningrum, N., Farah Dhilah Syifana, A., & Cahyaningrum, I. (2020). Pemanfaatan Media Sosial dalam Pemasaran Produk UMKM di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 17–31. https://doi.org/10.15642/jik.2020.10.1.17-31
  2. Adina Dwijayanti, P. P. (2021). Pemanfaatan Strategi Pemasaran Digital menggunakan E-Commerce dalam mempertahankan Bisnis UMKM Pempek4Beradek di masa Pandemi Covid-19. Ikra-Ith Abdimas, 4(2), 68–73.
  3. Alinsari, N. (2021). Peningkatan Literasi Keuangan pada UMKM melalui Pelatihan dan Pendampingan Pembukuan Sederhana. Magistrorum et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 256–268. https://doi.org/10.24246/jms.v1i22020p256-268
  4. Chairunisak, U. H., Irfan, M., Putrianti, F. G., & Susanto, D. (2023). Strategi Pengelolaan Keuangan UMKM Pasar Rakyat Candi Umbul. Jurnal SOLMA, 12(1), 304–310.
  5. Dhini Sari Sembiluh, & Wahyu Sulistiad. (2022). The Indonesian Journal of Health Promotion Analisis Implementasi Pemasaran Digital di Rumah Sakit pada Pandemi COVID-19: Literatur Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia, 5(3), 224–232.
  6. Dwijayanti, A., Komalasari, R., Harto, B., Pramesti, P., & Alfaridzi, M. W. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi dan Pemasaran pada UMKM Sablon Anggi Screen di Era Digital. Ikra-Ith Abdimas, 6(2), 68–75. https://doi.org/10.37817/ikra-ithabdimas.v6i2.2408
  7. Fasluki, R. B., Mala, I. K., Syariah, F., & Tribakti, U. I. (2023). Strategi Digital Marketing Oleh Rumah Kurasi Kediri Dalam Meningkatkan Omzet UMKM. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3, 6105–6112.
  8. Halim, A. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju. Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(2), 157–172.
  9. Ibrahim, I., Burhanuddin, B., Saleh, M., Sobry, M., Syafruddin, A., & Salahuddin, S. (2022). Implementasi Pemberdayaan Melalui Budidaya Ikan Nila Melalui Ekstensif Plus Masa Pandemi Covid-19 Di Pagesangan Kota Mataram. Jppmi, 1(Februari).
  10. Idrus L. (2019). EVALUASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 920–935.
  11. Jasri, J., Arfan, N., Hasanuddin, H., & Ali Hasan, H. (2022). Penerapan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah. ILTIZAM Journal of Shariah Economics Research, 6(2), 212–224. https://doi.org/10.30631/iltizam.v6i2.1452
  12. Karnasi, R., Lestari, H. S., Hartanti, R., & Afrizal Elgi. (2023). Penyusunan Anggaran Kas Bagi UMKM Azalea Depok. Dirkantara Indonesia, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.55837/di.v2i1.85
  13. Lina, L. F., & Permatasari, B. (2020). Social Media Capabilities dalam Adopsi Media Sosial Guna Meningkatkan Kinerja UMKM. Jembatan : Jurnal Ilmiah Manajemen, 17(2), 227–238. https://doi.org/10.29259/jmbt.v17i2.12455
  14. Nuraisyah, N., Haryono, D., & Lutfiani, L. (2023). SiKemas Journal PELATIHAN STRATEGI DIGITAL MARKETING BAGI USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KECAMATAN SARJO (MEMBENTUK DAN MENDUKUNG PENGEMBANGAN WIRAUSAHAWAN MUDA DAN PEMULA) DIGITAL MARKETING STRATEGY TRAINING FOR MICRO SMALL AND MEDIUM ENTERPRIS. SiKemas Journal, 2(2), 63–78.
  15. Pratiwi, L. R., Putri, L. F., Wati, D. F., & Wulandari, R. (2023). Re-Branding Produk Sebagai Daya Tarik Pemasaran pada UMKM Jamu di Dusun Kedurus Kabupaten Sidoarjo. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 7(2), 588–596. https://doi.org/10.29407/ja.v7i2.18748
  16. Rafsyanjani, G. M., & Fauzi, A. (2022). Pengembangan Media Promosi Berbasis Website Dengan Aplikasi CMS Wordpress Untuk Menarik Minat Beli Konsumen Pada UMKM Aneka Batik Pamekasan. Jurnal Aplikasi Bisnis, 8.
  17. Saleh, Y., Mustafa, R., Ismail, M., Wakhidah, N., & Panigoro, S. (2023). SOSIALISASI DAN PELATIHAN PEMASARAN BERBASIS DIGITAL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL PADA KELOMPOK TANI DESA BOTUMOPUTI KECAMATAN TIBAWA. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknologi Pertanian, 2(1), 14–19.
  18. Septarina, L., Hakim, L., Marshella Febriani, O., & Azim, F. (2023). Pelatihan Pembuatan Website untuk Pemasaran Produk UMKM Desa Ceringin Asri. NEAR: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 150–153. https://doi.org/10.32877/nr.v2i2.747
  19. Wardana, W., Fitrianna, H., & Suhartanto, S. (2022). Scale Up Business dan Digitalisasi Tata Kelola BUMDes Retno Sembodo dalam Membentuk Kemandirian Ekonomi Masyarakat. Jurnal Pengabdian UNDIKMA: Jurnal Hasil Pengabdian & Pemberdayaan Kepada Masyarakat, 3(2), 178–189.
  20. Yuli Sintakarini, K., Iriani Sri Setiawati, R., Wahed, M., Pembangunan Nasional, U., & Timur, J. (2023). Pembuatan Logo Dan Label Sebagai Branding Produk Pada UMKM Di Kelurahan Sentul Making A Logo And Label As A Product Branding In MSMEs In The Sentul Village. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Dan Teknologi, 2(3), 7–14.
  21. Yuniarsih, Y., & Risdayah, E. (2023). Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Home Industry. Tamkin: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 6(3), 337–356. https://doi.org/10.15575/tamkin.v6i3.24238