Main Article Content

Abstract

Pendahuluan: Kegiatan mahasiswa dalam KKN harus berperan aktif dalam pembuatan program-program yang akan dilakukan di sekolah maupun di masyarakat. KKN memberikan pengajaran yang memungkinkan mahasiswa berinteraksi dengan masyarakat, mengidentifikasi permasalahan, dan mencari solusi. Studi ini bertujuan untuk mengetahui keberlanjutan program KKN-Dik di MIM Girimargo dan SD Muh PK Simo. Metode: Wawancara, observasi, dan dokumentasi. Melibatkan 2 kepala sekolah, 3 guru, dan 6 siswa. Hasil: Sebagian besar program belum berhasil sukses dan bermanfaat untuk sekolah maupun warga sekolah. Berdasarkan hasil penelitian dalam pelaksanaan program-program KKN-Dik dari mahasiswa KKN-Dik tidak menunjukkan adanya keberlanjutan atau sustainability. Kesimpulan: Kegiatan KKN selanjutnya diharapkan mahasiswa bisa meningkatkan kembali program-program KKN yang lebih kreatif, lebih menonjol untuk warga sekolah, dan meninggalkan peran yang sangat penting supaya bisa memperoleh hasil keberlanjutan yang baik.

Keywords

PGSD Program KKN-Dik Keberlanjutan Sekolah mitra Keberlanjutan PGSD Program KKN-Dik Sekolah Mitra

Article Details

How to Cite
Putri Rahayu, A., & Amalia, N. (2024). Sustainability (Keberlanjutan) Program KKN-Dik Mahasiswa PGSD UMS Di Sekolah Mitra. Jurnal SOLMA, 13(1), 158–167. https://doi.org/10.22236/solma.v13i1.14293

References

  1. Adhivinna, V. V. (2020). Pendampingan dan Pelatihan Keberlanjutan Pemanfaatan Limbah Masyarakat Menjadi Produk Bernilai Jual Tinggi Kepada Ibu Rumah Tangga Desa Pakunden, Kecamatan Ngluwar, Kabupaten Magelang. ABDIMAS NUSANTARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 178-187.
  2. Baharun, H., Septantiningtyas, N., & Zainab, I. (2020). Strategi Perguruan Tinggi Dalam Menjaga Sustainability Lembaga Melalui Program Kemitraan. MANAGERE : Indonesian Journal of Educational Management, 2(3), 354–365. https://doi.org/10.52627/ijeam.v2i3.66
  3. Elan, E., & Feranis, F. (2017). Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri.Jurnal PAUD Agapedia,1(1), 66-75. http://ejournal.upi.edu/index.php/agapedia/article/download/7168/4764.
  4. Gunamantha, I. M. (2010). Pendidikan Untuk Pembangunan Berkelanjutan: Mengapa, Apa Dan Bagaimana. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 43(3), 215–221.
  5. Hidayat, Rahmat, and Anggraeni Wulandari. Penerapan Program Kependudukan , Keluarga Berencana Dan Pembangunan Keluarga Melalui Kuliah Kerja Nyata Tematik Tahun 2018 Di Yogyakarta. 2021, doi:10.22219/altruis.v2i1.16118.
  6. Joko Prayitno, H., Sutama, Mh., Djalal Fuadi, Mp., Nurhidayat, M., & Koesoemo Ratih, Mp. (n.d.). Panduan Kuliah Kerja Nyata Pendidikan (Kkn-Dik) Edisi Iii Mup-Ums Fkip-Ums.
  7. Milano, Bernard J., and Che-hung Liu. CSR Implementation : Developing the Capacity for Collective Action Dasaratha Rama. 2009, pp. 463–77, doi:10.1007/s10551-008-9737-9.
  8. Muharani, A. N. (2016). SURVEI TENTANG KEBERLANJUTAN DAMPAK DARI PROGRAM KULIAH KERJA NYATA DI DESA WARGA JAYA, DESA CIBADAK DAN DESA PABUARAN (Studi kasus pasca pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA).
  9. Munadi, M., Surakarta, R., & Khuriyah. (2019). Desain Pengembangan Kerjasama Kelembagaan Dalam Peningkatan Profesionalisme Civitas Akademika Di Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan (FITK) IAIN Surakarta. Kelola Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 34–43.
  10. Murni, Muhammad Saleh, Muhammad Daud, Mardhilla Gustin, Dina Riska. PERANAN MAHASISWA KKN DALAM MELAKSANAKAN KEGIATAN TAMBAHAN LOKASI PENGABDIAN DI GAMPUNG TANTUHA. no. 3, 2022, pp. 208–18.
  11. Nugroho, A., et al. (2020). Menumbuhkembangkan Kepedulian Siswa Terhadap Lingkungan melalui Kegiatan Penghijauan di MIM Pakang Andong, Boyolali. Buletin KKN Pendidikan, 2(1), 8–13. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v2i1.10 786
  12. Pranita, D. (2016). Membangun Kapabilitas Dan Strategi Keberlanjutan Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing Pariwisata Bahari Indonesia. Jurnal Vokasi Indonesia, 4(2), 157–170.
  13. Purnomo, E., & Wahyudi, A. B. (2020). Nilai Pendidikan Karakter dalam Ungkapan Hikmah di SD se-Karesidenan Surakarta dan Pemanfaatannya di Masa Pandemi. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(2), 183–193. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2. 561
  14. Purwanto, Ngalim M. (2015). Psikologi Pendidikan. Remaja Rosdakarya: Yogjakarta.
  15. Putri, D. D., Wijayanti, I. K. E., & Widarawati, R. (2021). Upaya Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Masyarakat Berbasis Pemberdayaan Sumber Daya Lokal Melalui Kegiatan KKN Tematik. Jurnal Dinamika Pengabdian (JDP), 6(2), 349–356.
  16. Rachmawati, I. N. (2007). Pengumpulan Data Dalam Penelitian Kualitatif: WaRachmawati, I. N. (2007). Pengumpulan Data Dalam Penelitian Kualitatif: Wawancara. Jurnal Keperawatan Indonesia, 11(1), 35–40. https://doi.org/10.7454/jki.v11i1.184wancara. Jurnal Keperawatan Indonesia, 11(1), 40.
  17. Rahman, Abdur, et al. Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Dalam Bidang Pendidikan , Kesehatan Dan Teknologi Informasi Untuk Mendukung Kemajuan Pariwisata Kab . Dompu. 2021, pp. 39–47.
  18. Rama, D., Milano, B.J., Salas, S., & Liu, C. (2009). CSR implementation: developing the capacity for collective action. Journal of Business Ethics, 85,463–477.
  19. Rosdialena, R., Dewita, E., Maiseptian, F., Thaheransyah, T., & Herawati, A. A. (2021). Keterampilan Komunikasi Terapeutik Penyuluh Agama di Kota Padang. Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 6(2). https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2532522
  20. Saettler, Paul. The Evolution of American Educational Technology. Connecticut: Information Age Publishing. 2004.
  21. Safitri, V., & Dafit, F. (2021). Peran Guru Dalam Pembelajaran Membaca Dan Menulis Melalui Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1356–1364. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/938
  22. Sangadji, Z., Febriadi, I., & Rosalina, F. (2021). Pengentasan Buta Aksara Melalui Pembelajaran Calistung di Kampung Nanggou Distrik Sausapor Kabupaten Tambrauw Papua Barat. Abdimas: Papua Journal of Community Service, 3(1), 6–14. https://doi.org/10.33506/pjcs.v1i1.1315
  23. Santoso, A. A. (2020). Identifikasi Program Tema Pariwisata dalam Kegiatan Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat Universitas Gadjah Mada Berdasarkan Aspek Keberlanjutan Program Kepariwisataan (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).
  24. Sari, F. K., Farida, F., & Syazali, M. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran (Modul) berbantuan Geogebra Pokok Bahasan Turunan. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 135–151.
  25. Scandelius, Christina, and Geraldine Cohen. “Industrial Marketing Management Sustainability Program Brands : Platforms for Collaboration and Co-Creation.” Industrial Marketing Management, vol. 57, The Authors, 2016, pp. 166–76, doi:10.1016/j.indmarman.2016.02.001.
  26. Shediac-Rizkallah, M.C.; Bone, L.R. Planning for the sustainability of community-based health programs: Conceptual frameworks and future directions for research, practice and policy. Health Educ. Res. 1998, 13, 87–108
  27. Suherman, Wawan S. PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI KULIAH KERJA NYATA. 2011, pp. 21–29.
  28. Sunanda, A., et al. (2020). Revitalisasi Perpustakaan untuk Meningkatkan Minat Baca dan Budaya Literasi Siswa MI Muhammadiyah Jambangan, Sragen. Buletin KKN Pendidikan, 2(2), 63–68. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v2i2.11 842
  29. Suryana, S. (2018). Peran Perguruan Tinggi Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Pendidikan Islam Rabbani, 2(2), 368–378. https://journal.unsika.ac.id/index.php/rabbani/article/view/1443.
  30. Suryawati, S. H., & Purnomo, A. H. (2017). Analisis Ex-Ante Keberlanjutan Program Minapolitan. Jurnal Sosial Ekonomi Kelautan Dan Perikanan, 6(1), 61. https://doi.org/10.15578/jsekp.v6i1.5756
  31. Sutabri, T. (2012). Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: CV Andi Offset.
  32. Sutisnawati, A. (2017). Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar. Jurnal MPD, 8(1), 15–24
  33. Syaifuddin Azwar. 2005. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka.
  34. Syardiansah, S. 2019. Peranan Kuliah Kerja Nyata sebagai Bagian dari Pengembangan Kompetensi Mahasiswa. JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam), Vol.7 No.1 Hal.57
  35. Tangen, M., Nasucha, Y., Sutopo, A., Astuti, T. I., & Mrihatini, A. (2021). Penguatan Generasi Cerdas dan Berkarakter bagi. 3(1), 63–73. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i1.14668
  36. Umar, A., et al. 2021. Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Wujud Pengabdian kepada Masyarakat di Tengah Pandemi COVID-19. E-Amal Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, Vol.1 No.1 Hal. 39-47. Url: www.journal.uta45jakarta.ac.id.
  37. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Citra Umbara. Bandung. 2003.
  38. Utami, R. D. (2015). Membangun Karakter Siswa Pendidikan Dasar Muhammadiyah melalui Identifikasi Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Profesi Pendidikan Dasar, 2(1), 32–40. https://doi.org/10.23917/ppd.v2i1.1542
  39. Utami, Ratnasari Diah, et al. Pemberdayaan Guru Dan Fasilitator Dalam Pembelajaran Kelas Rangkap Pada Sanggar Belajar Malaysia Berpendekatan Profil Pelajar Pancasila. no. 1, 2023, pp. 96–106, doi:10.23917/bkkndik.v5i1.22889.
  40. Watson, Allison. TRACE : Tennessee Research and Creative Exchange Sustainability Education in Primary and Secondary Schools : Great Needs and Possible Solutions. 2017.
  41. Yusuf, A. M. (2014). Kuantitatif, Kualitatif, & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.