Main Article Content

Abstract

Pendahuluan: Kegiatan mahasiswa dalam KKN harus berperan aktif dalam pembuatan program-program yang akan dilakukan di sekolah maupun di masyarakat. KKN memberikan pengajaran yang memungkinkan mahasiswa berinteraksi dengan masyarakat, mengidentifikasi permasalahan, dan mencari solusi. Studi ini bertujuan untuk mengetahui keberlanjutan program KKN-Dik di MIM Girimargo dan SD Muh PK Simo. Metode: Wawancara, observasi, dan dokumentasi. Melibatkan 2 kepala sekolah, 3 guru, dan 6 siswa. Hasil: Sebagian besar program belum berhasil sukses dan bermanfaat untuk sekolah maupun warga sekolah. Berdasarkan hasil penelitian dalam pelaksanaan program-program KKN-Dik dari mahasiswa KKN-Dik tidak menunjukkan adanya keberlanjutan atau sustainability. Kesimpulan: Kegiatan KKN selanjutnya diharapkan mahasiswa bisa meningkatkan kembali program-program KKN yang lebih kreatif, lebih menonjol untuk warga sekolah, dan meninggalkan peran yang sangat penting supaya bisa memperoleh hasil keberlanjutan yang baik.

Keywords

PGSD Program KKN-Dik Keberlanjutan Sekolah mitra Keberlanjutan PGSD Program KKN-Dik Sekolah Mitra

Article Details

How to Cite
Putri Rahayu, A., & Amalia, N. (2024). Sustainability (Keberlanjutan) Program KKN-Dik Mahasiswa PGSD UMS Di Sekolah Mitra. Jurnal SOLMA, 13(1), 158–167. https://doi.org/10.22236/solma.v13i1.14293

References

Read More