Main Article Content

Abstract

Background: Optimalisasi implementasi kurikulum Merdeka di sekolah dilakukan dengan penyusunan modul ajar matematika. Kegiatan yang dilakukan adalah dengan memberikan pelatihan dan pendampingan penyusunan modul ajar matematika yang siap diterapkan di sekolah. Metode: Pelaksanaan kegiatan ini diawali dengan pelatihan oleh pakar kurikulum, selanjutnya dilaksanakan pendampingan penyusunan modul ajar kepada guru matematika. Sebelum dilakukan pelatihan, diawali dengan forum group discussion terhadap pengelola sekolah yang bertujuan untuk mengidentifikasi apa saja kebutuhan sekolah terkait dengan implementasi kurikulum merdeka. Hasil: Kemudian dilanjutkan dengan pelatihan tentang kurikulum Merdeka, modul ajar dan literasi numerasi pada kurikulum Merdeka. Kegiatan pelatihan diikuti oleh subjek dengan baik. Selanjutnya adalah kegiatan pendampingan terhadap penyusunan modul ajar. Kegiatan pendampingan dimulai dengan analisis kurikulum SMP, analisis capaian pembelajaran, penyusunan tujuan pembelajaran dan alur tujuan pembelajaran dan penyusunan modul ajar matematika. Kesimpulan: Kegiatan pelatihan dan pendampingan mendapatkan antusias dan diikuti dengan sangat baik oleh subjek.

Keywords

Optimizing Implementation Merdeka Curriculum Mathematics Teaching Modules Kurikulum Merdeka Modul Pembelajaran Matematika Optimalisasi Implementasi

Article Details

How to Cite
Taufik, M., Inam, A., & Susanti, R. D. (2024). Optimalisasi impelementasi kurikulum Merdeka dengan penyusunan modul ajar matematika. Jurnal SOLMA, 13(2), 898–906. https://doi.org/10.22236/solma.v13i2.13993

References

Read More

Most read articles by the same author(s)