Main Article Content

Abstract

Background: Optimalisasi implementasi kurikulum Merdeka di sekolah dilakukan dengan penyusunan modul ajar matematika. Kegiatan yang dilakukan adalah dengan memberikan pelatihan dan pendampingan penyusunan modul ajar matematika yang siap diterapkan di sekolah. Metode: Pelaksanaan kegiatan ini diawali dengan pelatihan oleh pakar kurikulum, selanjutnya dilaksanakan pendampingan penyusunan modul ajar kepada guru matematika. Sebelum dilakukan pelatihan, diawali dengan forum group discussion terhadap pengelola sekolah yang bertujuan untuk mengidentifikasi apa saja kebutuhan sekolah terkait dengan implementasi kurikulum merdeka. Hasil: Kemudian dilanjutkan dengan pelatihan tentang kurikulum Merdeka, modul ajar dan literasi numerasi pada kurikulum Merdeka. Kegiatan pelatihan diikuti oleh subjek dengan baik. Selanjutnya adalah kegiatan pendampingan terhadap penyusunan modul ajar. Kegiatan pendampingan dimulai dengan analisis kurikulum SMP, analisis capaian pembelajaran, penyusunan tujuan pembelajaran dan alur tujuan pembelajaran dan penyusunan modul ajar matematika. Kesimpulan: Kegiatan pelatihan dan pendampingan mendapatkan antusias dan diikuti dengan sangat baik oleh subjek.

Keywords

Optimizing Implementation Merdeka Curriculum Mathematics Teaching Modules Kurikulum Merdeka Modul Pembelajaran Matematika Optimalisasi Implementasi

Article Details

How to Cite
Taufik, M., Inam, A., & Susanti, R. D. (2024). Optimalisasi impelementasi kurikulum Merdeka dengan penyusunan modul ajar matematika. Jurnal SOLMA, 13(2), 898–906. https://doi.org/10.22236/solma.v13i2.13993

References

  1. Andari, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Menggunakan Learning Management System (LMS). Allimna: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 65–79. https://doi.org/10.30762/allimna.v1i2.694
  2. Harta, I., Tenggara, S., & Kartasura, P. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 161–174. https://doi.org/10.21831/pg.v9i2.9077
  3. Inayati, U. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Anad 21 di SD/MI. ICIE (Internasional Conference on Islamic Education), 2(8.5.2017), 293–304.
  4. Kamarullah, K. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21. https://doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729
  5. Kemdikbud. (2022). Buku Saku Penyusunan Perangkat Ajar.
  6. Khoirurrijal, Fadriati, Sofia, Makrufi, A. D., Gandi, S., Muin, A., … Suprapno. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka. In Nucl. Phys. (Vol. 13).
  7. Lukman, H. S., Setiani, A., & Agustiani, N. (2023). Pelatihan Penyusunan Modul Ajar Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kesiapan Imolementasi Kurikulum Merdeka. JMM: Jurnal Masyarakat Mandiri, 7(5), 1–10.
  8. Made, D., & Yusana, W. (2023). IMPROVING TEACHERS ’ ABILITY TO DEVELOP INDEPENDENT CURRICULUM TEACHING MODULES THROUGH TRAINING BY SCHOOL SUPERVISORS AT SMK NEGERI 3 TABANAN. Indonesian Journal of Educational Development ( IJED ), 4(1), 110–117.
  9. Maulinda, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi, 5(2), 130–138.
  10. Noviantari;, I., & Agustina, D. A. (2016). Development of Teaching Modules on Independent Curriculum Implementation. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series, 6(Snip 2022), 1–23.
  11. Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18
  12. NUR, J. (2013). Problematik Kurikulum pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama Berbasis Kompetensi. Jurnal Cemerlang. Retrieved from http://ejurnal.unikarta.ac.id/index.php/cemerlang/article/view/20
  13. Nurhikmayati, I., Wahyuni, A., Irawan, E., & Juandi, D. (2023). Pendampingan Pembuatan Modul Pembelajaran Kurikulum Merdeka Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru Sman 1 Ceper Klaten. Abdimas Galuh, 5(1), 94. https://doi.org/10.25157/ag.v5i1.8999
  14. Setiawan, R., Syahria, N., Andanty, F. D., & Nabhan, S. (2022). Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Bahasa Inggris Smk Kota Surabaya. Jurnal Gramaswara, 2(2), 49–62. https://doi.org/10.21776/ub.gramaswara.2022.002.02.05
  15. Sholihah, D. A., & Mahmudi, A. (2015). KEEFEKTIFAN EXPERIENTIAL LEARNING PEMBELAJARAN MATEMATIKA MTs MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 175. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i2.7332

Most read articles by the same author(s)