Main Article Content

Abstract

Pendahuluan: Secara ilmiah, kreatifitas guru dalam usaha peningkatan mutu pembelajaran di dalam kelas dapat dikaji melalui pelaksanaan suatu penelitian yang biasa disebut dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Namun dalam pelaksanaannya terdapat kendala bagi guru dalam membuat PTK, salah satunya yaitu guru-guru belum paham bagaimana menyusun dan menentukan instrumen yang digunakan dalam penelitian yang dilakukannya. Studi ini bertujuan untuk memberikan pembimbingan kepada guru SMP Negeri 3 Bintan dalam mengembangkan instrumen PTK. Metode: Metode yang digunakan yaitu pembimbingan yang berkelanjutan dengan pola In-On-In dengan jumlah peserta sebanyak 20 guru SMP Negeri 3 Bintan dan 8 guru SMP Tanjungpinang. Hasil: Terjadi peningkatan pemahaman peserta dalam mengembangkan instrumen PTK, di mana peserta dapat mengembangkan instrumen PTK berupa lembar observasi dan angket. Kesimpulan: Metode pelaksanaan pembimbingan dengan pola In-On-In memberikan hasil yang menggembirakan dengan hasil evaluasi pelaksanaan kegiatan menunjukkan sebanyak 82,4% menyatakan setuju dan 17,6% sangat setuju bahwa pemahaman mereka terhadap pengembangan instrumen PTK telah terjadi peningkatan sesudah mengikuti kegiatan pembimbingan.

Keywords

Instrumen Penelitian Tindakan Kelas Pengembangan Pengembangan, Instrumen, Penelitian Tindakan Kelas

Article Details

How to Cite
Izzati, N., Fera, M., & Ramadhona, R. (2024). Pembimbingan Pengembangan Instrumen Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru SMP Negeri 3 Bintan. Jurnal SOLMA, 13(1), 187–195. https://doi.org/10.22236/solma.v13i1.13751

References

  1. Ashadi, N. R., Dewi, S. S., Sulaiman, D. R. A., Ali, A. M. T., Setialaksana, W., Suwahyu, I., & Asriadi, M. (2023). PKM pelatihan penulisan penelitian tindakan kelas terhadap guru SMP Negeri 3 Pattallassang. Vokatek: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 117–122. https://journal.diginus.id/index.php/VOKATEK/index
  2. Ekawarna, Salam, M., & Anra, Y. (2021). Memilih masalah untuk penelitian tindakan kelas: bahan kajian untuk pelatihan guru menyusun laporan hasil PTK. Jurnal Karya Abdi, 5(1), 52–62.
  3. Estriyanto, Y., Saputra, T. W., Widiastuti, I., Towip, & Widiastuti, I. (2023). Pendampingan publikasi ilmiah sebagai pengembangan keprofesian berkelanjutan guru SMK di Surakarta. DEDIKASI: Community Service Report, 5(1), 47–55.
  4. Fahmi, Chamidah, D., Hasyda, S., Muhammadong, Saraswati, S., Muhsam, J., Listiyani, L. R., Rahmawati, H. K., Yanuarto, W. N., Maiza, M., Tarjo, & Wijayanti, A. (2021). Penelitian tindakan kelas: panduan lengkap dan praktis (A. H. Prasetyo, Ed.; 1st ed.). CV. Adanu Abimata. https://penerbitadab.id
  5. Fakhri, M. M., B. Fajar, M., Hidayat, A., Surianto, D. F., Isma, A., Rosidah, & Setialaksana, W. (2023). Pelatihan tindakan kelas (PTK) bagi guru-guru SDN 1 Centre Patalassang di Kabupaten Takalar. Vokatek: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–6.
  6. Fauzi, A., Nisa, B., Napitupulu, D., Abdillah, F., Utama, A. A. G. S., Zonyfar, C., Nuraini, R., Purnia Silvi, D., Setyawati, I., Evi, T., Permana, S. D. H., & Sumartiningsih, M. S. (2022). Metodologi penelitian (1st ed.). CV. Pena Persada.
  7. Giyarsih. (2021). Peningkatan kompetensi guru untuk mengembangkan profesi melalui pembimbingan penulisan PTK bagi guru SMK. Vocational: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 1(3), 93–100.
  8. Haerullah, A., & Hasan, S. (2021). PTK & inovasi guru (E. Purnomo & H. Pasongli, Eds.; 1st ed.). Uwais Inspirasi Indonesia. www.penerbituwais.com
  9. Ishak. (2023). Penelitian tindakan kelas pada kurikulum merdeka belajar (A. S. M. Syam, Ed.; 1st ed.). CV. Dimar Jaya.
  10. Izzati, N., Antika, R., & Dwinata, A. (2023). Classroom action research: what are mathematics teachers’ problems in the implementation? Jurnal Gantang, 8(1), 75–83. https://doi.org/10.31629/jg.v8i1.5673
  11. Mahayanti, N. W. S., & Utami, I. A. M. I. (2017). Pelatihan dan pendampingan penelitian tindakan kelas bagi guru Bahasa Inggris SMP di Kecamatan Sukasada. Jurnal Widya Laksana, 6(2), 145–155.
  12. Nanda, I., Sayfullah, H., Pohan, R., Windariyah Suci, D., Fakhrurrazi, Khermarinah, Mulasi, S., Warlizasusi, J., Hurit Uron, R., Harizahayu, Arianto, D., Wahab, A., Romdloni, Aini Nur, A., & Bawa, I. D. G. A. R. (2021). Penelitian tindakan kelas untuk guru inspiratif (1st ed.). CV. Adanu Abimata. https://penerbitadab.id
  13. Ningsih, S. C. (2017). Pelatihan penyusunan instrumen pengumpulan data penelitian tindakan kelas bagi guru-guru SMP. Jurnal Universitas PGRI Yogyakarta, 1–5.
  14. Nurfauziah, A., Awaliah, I. R., Nizar, A. M., Fauzan, F. A., & Mahfudin, D. (2023). Prinsip-prinsip penelitian tindakan kelas (PTK): suatu kajian literatur. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(1), 1–10.
  15. Nurhidayati, N. (2023). Peningkatan kompetensi penyusunan soal literasi melalui pelatihan dengan pola in-on-in. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 627–633. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.613
  16. Nurulanningsih. (2023). Penelitian tindakan kelas (PTK) sebagai pengembangan profesi guru bahasa Indonesia. Jurnal Didactique Bahasa Indonesia, 4(1), 50–61.
  17. Permana, T. I., Kusumaningtyas, D. I., Fitriyaningsih, M. N., Ayu Mei Shinta, A. A. M., Nurmayasari, K. V., Hi.Padu, H., Pramesti, D. R., & Febriyanti, M. D. (2022). Pengembangan profesionalisme guru di SMP Aisyiyah Muhammadiyah 3 Malang melalui pelatihan penulisan publikasi ilmiah. Jurnal SOLMA, 11(1), 65111. https://doi.org/10.22236/solma.v11i1.8010
  18. Retnasari, D., Wening, S., & Budiastuti, E. (2023). Pengembangan keprofesian berkelanjutan guru SMK melalui pelatihan dan pendampingan penyusunan proposal penelitian tindakan kelas. Jurnal Sinergitas PkM Dan CSR, 7(1), 1–8. https://doi.org/10.19166/jspc.v7i1.6705
  19. Sari, P. K., & Hayun, M. (2021). Modul metodologi penelitian tindakan kelas berbasis project method (Misriandi, Ed.; 1st ed.). UM Jakarta Press.
  20. Slamet, R., & Wahyuningsih, S. (2022). Validitas dan reliabilitas terhadap instrumen kepuasan kerja. Aliansi: Jurnal Manajemen & Bisnis, 17(2), 52–58.
  21. Sukendra, I. K., & Atmaja, I. K. S. (2020). Instrumen penelitian (Fiktorius, Ed.). Mahameru Press.
  22. Trisliatanto, D. A. (2019). Metodologi penelitian: panduan lengkap penelitian dengan mudah (1st ed.). ANDI.
  23. Yansyah, Nadia, H., & Murtiningsih, T. (2020). Pelatihan desain penelitian tindakan kelas bagi guru MGMP bahasa Inggris SMA Kabupaten Barito Kuala. Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 63–70. https://doi.org/10.31537/dedication.v4i1.291