Main Article Content

Abstract

Background: Pengelolaan hasil tanaman buah pepaya selama ini dinilai kurang optimal terutama dalam diversifikasi produk dan pemasaran. Dari permasalahan tersebut, tercipta inovasi untuk menaikkan kelas buah pepaya ini, yang dapat diolah menjadi berbagai produk cemilan, seperti keripik pepaya. Media sosial merupakan salah satu platform yang tergolong dalam kategori media internet yang dapat dimanfaatkan secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas promosi produk olahan pepaya melalui platform Whatsapp messenger dan Instagram. Keefektifan iklan dapat dievaluasi dengan menerapkan prinsip AIDA (Attention, Interest, Desire, Action). Metode: Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 50 individu yang memiliki akun di Whatsapp Messenger dan Instagram serta menjadi pengikut akun produk keripik pepaya yang melakukan promosi melalui aplikasi Instagram dan Whatsapp Messenger. Metode analisis data melibatkan pengujian validitas dan reliabilitas data, serta pengujian satu sampel. Hasil: Hasil Penelitian menjelaskan bahwa efektivitas pengiklanan inovasi keripik kekinian dengan olahan dasar buah pepaya melalui Instagram dan Whatsapp messenger di Jakarta pada level cukup baik. Kesimpulan: Hal ini menerangkan bahwa Pengiklanan melalui media Instagram dan WhatsApp Messenger terbukti efektif dalam meningkatkan minat konsumen terhadap produk olahan keripik pepaya.

Keywords

AIDA Kemanjuran Pengiklanan Keripik Buah Pepaya Media Sosial AIDA Kemanjuran Pengiklanan Keripik Buah Pepaya Media Sosial

Article Details

How to Cite
Hady, M. A., Hammam, A., Arrasyid, M. R., Athoriq, R. P., & Wijdan, M. I. (2024). Efektivitas Pengiklanan Inovasi Keripik Kekinian dengan Olahan Dasar Buah Pepaya Melalui Instagram dan Whatsapp Messenger di Jakarta. Jurnal SOLMA, 13(3), 1582–1590. https://doi.org/10.22236/solma.v13i3.13275

References

Read More