Main Article Content

Abstract

Background: Pengelolaan hasil tanaman buah pepaya selama ini dinilai kurang optimal terutama dalam diversifikasi produk dan pemasaran. Dari permasalahan tersebut, tercipta inovasi untuk menaikkan kelas buah pepaya ini, yang dapat diolah menjadi berbagai produk cemilan, seperti keripik pepaya. Media sosial merupakan salah satu platform yang tergolong dalam kategori media internet yang dapat dimanfaatkan secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas promosi produk olahan pepaya melalui platform Whatsapp messenger dan Instagram. Keefektifan iklan dapat dievaluasi dengan menerapkan prinsip AIDA (Attention, Interest, Desire, Action). Metode: Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 50 individu yang memiliki akun di Whatsapp Messenger dan Instagram serta menjadi pengikut akun produk keripik pepaya yang melakukan promosi melalui aplikasi Instagram dan Whatsapp Messenger. Metode analisis data melibatkan pengujian validitas dan reliabilitas data, serta pengujian satu sampel. Hasil: Hasil Penelitian menjelaskan bahwa efektivitas pengiklanan inovasi keripik kekinian dengan olahan dasar buah pepaya melalui Instagram dan Whatsapp messenger di Jakarta pada level cukup baik. Kesimpulan: Hal ini menerangkan bahwa Pengiklanan melalui media Instagram dan WhatsApp Messenger terbukti efektif dalam meningkatkan minat konsumen terhadap produk olahan keripik pepaya.

Keywords

AIDA Kemanjuran Pengiklanan Keripik Buah Pepaya Media Sosial AIDA Kemanjuran Pengiklanan Keripik Buah Pepaya Media Sosial

Article Details

How to Cite
Hady, M. A., Hammam, A., Arrasyid, M. R., Athoriq, R. P., & Wijdan, M. I. (2024). Efektivitas Pengiklanan Inovasi Keripik Kekinian dengan Olahan Dasar Buah Pepaya Melalui Instagram dan Whatsapp Messenger di Jakarta. Jurnal SOLMA, 13(3), 1582–1590. https://doi.org/10.22236/solma.v13i3.13275

References

  1. Afiyah, D. N., Sarbini, R. N., & Daroini, A. (2019). Pendampingan Pembuatan Keripik Jenang Dumbleg Berbahan Dasar Jenang Dumbleg di Kecamatan Gondang Kabupaten Nganjuk. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 3(1), 20. https://doi.org/10.29407/ja.v3i1.13488
  2. Dewi, I. A. P. M. (2016). Efektivitas Iklan Dengan Analisis Aida (Attention. Interest, Desire Dan Action) Studi Pada Pengguna Sepeda Motor Merek Yamaha Di Kota Singaraja. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 8(2), 1. file:///Downloads/24-8708-1-SM.pdf
  3. Diamond, S. (2015). The Visual Marketing Revolution 26 Kiat Sukses Pemasarandi Media Sosial. In Jakarta: Serambi Ilmu Semesta. http://ptgmedia.pearsoncmg.com/images/9780789748652/samplepages/0789748657.pdf
  4. Effendy, & Uchjana, O. (2013). Ilmu Komunikasi. In Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek (pp. 1-230). Bandung: :Remaja Rosdakarya.
  5. Keller, K. L., & Kotler, P. (2012). Management Promotion. In Manajemen Pemasaran (pp. 1-239).
  6. Khairani, Z., Soviyant, E., & Aznuriyandi, A. (2018). Efektivitas Promosi Melalui Instagram Pada Umkm Sektor Makanan Dan Minuman Di Kota Pekanbaru. Jurnal Benefita, 3(2), 239. https://doi.org/10.22216/jbe.v3i2.2738
  7. Kusuma, D. F., & Sugandi, M. S. (2018). Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Yang Dilakukan Oleh Dino Donuts. Jurnal Manajemen Komunikasi, 3(1), 18–33. https://doi.org/10.24198/jmk.v3i1.12963
  8. Prayogi, B. (2022). Analisis Aida Pada Model Periklanan Dengan Endosement Terhadap Minat Donasi Produk Kitabisa.Com Di Instagram. 13. https://books.google.co.id/books?id=0eh9EAAAQBAJ&lpg=PA13&ots=r0DmVrFZTA&dq=Attitude Towards Helping Others Kecenderungan perilaku seseorang ingin mensejahterakan orang lain tanpa mementingkan dirinya sendiri&hl=id&pg=PR1#v=onepage&q&f=false
  9. Priantoro, B. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Media Whatsapp (Studi Kasus Garuda Indonesia Solo). Prosiding Seminar Nasional Cendekiawan, 2. https://doi.org/10.25105/semnas.v0i0.5783
  10. Rachmad;, Y. E., & Sudiarti, S. (2022). Manajemen Pemasaran. In Eureka Media Aksara. https://repository.penerbiteureka.com/publications/558183/manajemen-pemasaran
  11. Sugiyono, 2019. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
  12. Tresnawati, Y., & Prasetyo, K. (2018). Pemetaan Konten Promosi Digital Bisnis Kuliner kika’s Catering di Media Sosial. PRofesi Humas : Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 3(1), 102. https://doi.org/10.24198/prh.v3i1.15333
  13. Untari, D., & Dewi Endah Fajariana. (2018). Neocolonial Identity and Counter-Consciousness. Sekretaris Dan Manajemen, 2(2), 271–278. https://doi.org/10.2307/2757514
  14. Wakil, A., Cahyani, rusnandari retno, Harto, B., Latif, adi sofyana, & Hidayatullah, D. (2022). Transformasi Digital Dalam Dunia Bisnis - Google Books. In Researchgate.Net (Issue August 2022). https://www.google.co.id/books/edition/Transformasi_Digital_Dalam_Dunia_Bisnis/cbOYEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=pieces+adalah&pg=PA74&printsec=frontcover
  15. Wulandari, Y. S., & Fatchiya, A. (2017). Efektivitas Promosi Melalui Twitter Pada Perusahaan Pariwisata Bahari “Ibu Penyu” (the Promotion Effectiveness Through Twitter on Marine Tourism Company “Ibu Penyu”). Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat, 1(2), 195–208. http://ejournal.skpm.ipb.ac.id/index.php/jskpm/article/view/108/55