Main Article Content

Abstract

Background: Perkembangan teknologi dan komunikasi yang semakin maju berdampak pada UMKM, salah satunya melalui penerapan digitalisasi pada kegiatan produksi. Hal tersebut mampu memudahkan UMKM dalam mengatasi kendala selama proses produksi, sehingga produksi optimal mampu tercapai. Mengetahui sebaran karakteristik peserta sebagai responden dan pemetaan pengetahuan serta pemetaan hasil peserta yang sudah menerapkan digitalisasi pada kegiatan produksi. Metode: Peserta kegiatan yaitu UMKM di Kecamatan Rancabungur yang terdiri atas Forum UMKM dan Forum IKM dengan total 39 orang. Metode yang dilakukan berupa ceramah dengan pemamparan materi yang menarik dan efektif serta diakhiri dengan sesi diskusi. Evaluasi dilakukan dengan memberikan pre test dan post test kepada UMKM sebagai peserta kegiatan. Hasil: Karakteristik UMKM sebagai responden diketahui beragam yang dinilai dari 7 komponen. Dari hasil pemetaan pengetahuan diketahui bahwa UMKM masih memiliki pengetahuan dan pemahaman yang masih rendah mengenai digitalisasi produksi. Sama halnya pada hasil pemetaan penerapan digitalisasi produksi yang mayoritas masih belum menerapkan dengan berbagai kendala yang dihadapi. Kesimpulan: Informasi terkait transformasi digital pada bisnis UMKM, khususnya digitalisasi produksi dinilai penting untuk diimplementasikan dalam mencapai produksi yang optimal.

Keywords

Digitalisasi optimalisasi produksi UMKM Digitalization MSME's optimization production

Article Details

How to Cite
Mulyani, M., Haris, O., & Sari, P. N. (2023). Sosialisasi Optimalisasi Produksi Usaha Mikro kecil Menengah Melalui Penerapan Digitalisasi . Jurnal SOLMA, 12(3), 1337–1345. https://doi.org/10.22236/solma.v12i3.13177

References

  1. Basry, A., Sari, E.M. (2018). Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Pada Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM). Jurnal IKRA-ITH Informatika, 2(3), 53-60. https://doi.org/10.28932/jutisi.v3i3.665
  2. Damanik, W.S., et al. (2022). Peningkatan Kapasitas Produksi dan Pengembangan Kelembagaan pada Usaha Minuman Tradisional Kostfood. Jurnal Aksiologiya, 6(3), 370-377. https://doi.org/10.30651/aks.v6i3.9209
  3. Dhayanasaridewi, I.G.A.D. (2022). Analisis Digitalisasi Industri, Penciptaan Kesempatan Kerja Dan Tingkat Pengangguran Terbuka Di Indonesia. Jurnal Kompleksitas, 9(1), 21-29. https://doi.org/10.56486/kompleksitas.vol9no01.18
  4. Hamzah, L.M., & Agustien, D. (2019). Pengaruh Perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Terhadap Pendapatan Nasional Pada Sektor UMKM di Indonesia. Jurnal Ekonomi Pembangunan 8(2), 127-135. https://doi.org/10.23960/jep.v8i2.45
  5. Hanu, F. (2017). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Komunikasi terhadap Komitmen Organisasi dengan Kepemimpinan sebagai Variabel Moderasi pada STEKOM Semarang. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 2(1), 30-38. https://doi.org/10.29407/nusamba.v2i1.584
  6. Hariani, E., et al. (2022). Strategi Pemasaran Digital Produk UMKM di Kota Pasuruan dengan Aplikasi LINKTREE. Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdira, 2(3), 101-108. https://doi.org/10.31004/abdira.v2i3.170
  7. Ilyas. (2022). Optimalisasi peran petani milenial dan digitalisasi pertanian dalam pengembangan pertanian di Indonesia. Jurnal JEBM, 24(2), 259-266. https://doi.org/10.30872/jfor.v24i2.10364
  8. Ilyas, R., & Hartono, R. (2023). Digitalisasi UMKM dan Pertumbuhan Ekonomi.
  9. Joni, I., et al. (2023). Strategi Optimalisasi Produksi Dan Pendapatan UMKM Keripik Petampe Selama Pandemi Covid-19 Melalui Pencarian Sumber Air Tawar, Manajemen Rantai Pasok Keripik Petampe, Ttg Mixer Dan Dough Sheeter. Jurnal COVIT, 3(1), 25-32. https://doi.org/10.31004/covit.v3i1.11966
  10. Kusmulyono, M.S. (2020). Mekanisasi Produksi untuk Peningkatan Kualitas dan Standardisasi Produk UMKM LeBon Tangerang. Jurnal Pengabdi, 3(2), 65-72. https://doi.org/10.26418/jplp2km.v3i2.40650
  11. Lisdiyanta, T., & Muhtadi. (2023). Evaluasi Pelatihan Teknologi Informasi dan Komunikasi Bagi Petani di Sumatera Utara, Sumatera Barat dan Sumatera Selatan. Jurnal SOLMA, 12(2), 640-652. https://doi.org/10.22236/solma.v12i2.11152
  12. Novitasari, A.T. (2022). Kontribusi UMKM Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Era Digitalisasi Melalui Peran Pemerintah. Journal of Applied Business and Economic (JABE), 9(2), 184-204. http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v9i2.13703
  13. Perdana, D., et al. (2022). Peningkatan Kapasitas Produksi Pada UMKM Kerupuk Menggunakan Teknologi. Jurnal INTEGRITAS, 6(1), 145-154. https://doi.org/10.36841/integritas.v6i1.1619
  14. Prayogi, A., & Kirom, M.I. (2022). Pendampingan Pengembangan Digitalisasi UMKM Masyarakat Desa Wonoyoso Pekalongan Menghadapi Era New Normal. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat, 3(1), 14-24. https://doi.org/10.52060/jppm.v3i1.652
  15. Purba, E., et al. (2022). Pelatihan Manajemen Kewirausahaan “Tips Eksis dan Bertahan dalam Berbagai Situasi” bagi Pengusaha UMKM di kota Pematangsiantar. Jurnal Pengabdi, 5(1), 19-24. https://doi.org/10.26418/jplp2km.v5i1.48809
  16. Sakinah, et al. (2021). Effective Design and Visual Aids. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan dan Agama Islam, 20(2), 125-136. https://doi.org/10.47467/mk.v20i2.434
  17. Sienatra, K.B., et al. (2023). Akselerasi Digitalisasi Sentra Wisata Kuliner Wiyung Kota Surabaya Dalam Rangka Meraih Keunggulan Kompetitif Pasca COVID-19. Jurnal Madaniya, 4(2), 712-719. https://doi.org/10.53696/27214834.453
  18. Setiawan, F., et al. (2023). Model Loyalitas Pelanggan: Suatu Explorasi Membangun Determinasi Sistem Pengukuran Kinerja Strategis (Kajian Empiris UMKM di Bandar Lampung). Jurnal Riset Akuntansi dan Manajemen, 12(2), 83-95. https://doi.org/10.33024/jur.jeram.v12i2.9684
  19. Solehudin, H. Rd., et al. (2023). Strategi Pemasaran Online Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) CeuEms Frozen Food di Beji Depok dalam Menghadapi Persaingan Usaha. Jurnal SOLMA, 12(2), 459-468. https://doi.org/10.22236/solma.v12i2.12049
  20. Vhikry, M., & Mulyani, A.S. (2023). Mencermati Dampak Digitalisasi Bagi UMKM Pasca Pandemi Covid 19. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(8), 7287-7290. https://doi.org/10.47492/jip.v3i8.2373
  21. Wijaya, et al. (2020). Digitalisasi UMKM. Sumatera Barat: Insan Cendikia Mandiri.
  22. Yasir, J.R., et al. (2022). Pengaruh Modal, Digitalisasi Informasi dan Kreativitas terhadap Peningkatan Daya Saing Usaha Mikro Kecil Menengah di Pelabuhan Tanjung Ringgit Kota Palopo. Jurnal AL-Kharaj, 4(1), 23-36. https://doi.org/10.24256/kharaj.v4i1.2846