Main Article Content
Abstract
Background: Pemanfaatan Artificial Intelligence telah menghasilkan inovasi di bidang pendidikan, termasuk transformasi cara evaluasi pembelajaran yang awalnya dilakukan secara manual menjadi bersifat automatic assessment. Pelatihan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan peningkatan literasi digital, melalui pelatihan dan pendampingan penggunaan Artificial Intelligence berbantuan Quizizz paper mode sebagai automatic assessment. Metode: Kegiatan pengabdian ini melibatkan guru-guru sekolah dasar yang tergabung dalam Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus Wijaya Kusuma di Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang dengan partisipasi sebanyak 70 orang. Pendekatan yang diadopsi mencakup penyampaian materi melalui ceramah dan sesi diskusi aktif. Hasil: Hasil pengabdian yang telah dilakukan yaitu pertama, tercapainya tujuan pelatihan berupa pemberian pemahaman dan peningkatan literasi digital. Kedua, ketercapaian target materi yang direncanakan secara umum sudah baik. Ketiga, adanya peningkatan pengetahuan yang mengalami peningkatan dengan nilai rataaan pretest dan posttest dari 50,85% menjadi 83,42%. Kesimpulan: Dengan dilaksanakannya pelatihan ini guru memiliki pemahaman yang baik mengenai penggunaan quizizz paper mode sebagai automatic assessment untuk dapat dimanfaatkan menjadi salah satu media dalam pelaksanaan evalauasi pembelajaran.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Adnan, M., & Anwar, K. (2020). Online learning amid the COVID-19 pandemic: Students perspectives. Journal of Pedagogical Sociology and Psychology, 2(1), 45–51.
- Amalia, A. F. (2017). Penerapan Metode Blended Learning Berbasis TIK Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Matakuliah Listrik Magnet II. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(1), 43–46.
- Azizah, B. Y., Hermawan, I., & Farida, N. A. (2023). Penggunaan Aplikasi Quizizz Paper Mode dalam Peningkatan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII SMP Islam Tarbiyyatul Falah Karawang. SALIHA: Jurnal Pendidikan & Agama Islam, 6(2), 281–300.
- Azmi, S. R. M., Dewi, M., & Dailami. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Melalui Pembelajaran Learing Community. Journal of Science and Social Research, VI(2), 404–407.
- Dafitri, H. (2017). Pemanfaatan Wondershare Quiz Creator dalam Tes Berbasis Komputer. QUERY : Jurnal Sistem Informasi, 01(01), 8–18.
- Fauziah, R., & Hadi, M. S. (2023). Analisis Efektivitas Dan Manfaat Quizizz Paper Mode Dalam Pembelajaran Interaktif Di Kelas III SDN Singabraja 02. JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 2721–2730.
- Hasibuan, M. P. (2023). Quizizz Paper Mode Increases Student Learning Motivation in Mathematics Lessons at SD Plus Darul Ilmi Murni. Mahir : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 109–116.
- Hernawati, K. (2009). Membuat Quiz/Evaluasi Dengan WonderShare Quiz Creator. In PPM Jurdik Matematika FMIPA UNY (Vol. 1, Issue November).
- Maulida, M., Gimin, G., & Kartikowati, S. (2019). Powerpoint and Wondershare Quiz Creator Interactive Multimedia Development to Improve Student Learning Motivation. Journal of Educational Sciences, 3(3), 390–400.
- Mispa, R., Putra, A. P., & Zaini, M. (2022). Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Live Worksheet pada Konsep Protista terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMAN 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi), 3(1), 2134–2145.
- Musdar, M. (2023). Pengaruh Penerapan Media Quiziz dalam Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fisika Kelas X IPA. Journal on Education, 6(1), 490–502.
- Nursamsu, & Kusnafizal, T. (2017). Pemanfaatan Media Pembelajaran ICT Sebagai Kegiatan Pembelajaran Siswa Di SMP Negeri Aceh Tamiang. Jurnal IPA Dan Pembelajaran IPA (JIPI), 1(2), 165–170.
- Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH : Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352.
- Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 2 Tahun 2008 Tentang Buku, 1 (2008).
- Pratiwi, M. P., & Maulidiah, E. C. (2022). Pengembangan Buku Panduan Permainan Bola Basket Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Journal of Islamic Education, 4(2), 1–17.
- Purba, L. S. L. (2019). Peningkatan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Quizizz Pada Mata Kuliah Kimia Fisika I. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1), 29–39.
- Putri, A. N., & Hasan, M. A. K. (2023). Penerapan Kecerdasan Buatan sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab di Era Society 5.0. Tarling : Journal of Language Education, 7(1), 69–80.
- Rini, & Zuhdi, U. (2023). Pengaruh Media Quizizz Paper Mode Terhadap Hasil Belajar Materi Penerapan Sikap Pancasila Kelas IV UPT SD Negeri 220 Gresik. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1), 65–74.
- Supianto. (2023). OPPORTUNITIES AND CHALLEGES OF USING ARTIFICIAL INTELLIGENCE IN ASSESMENT. Jurnal Pendidikan Edutama, 10(2), 113–124.
- Supriadi, S. R. R. P., Sulistiyani, & Chusni, M. M. (2022). Inovasi pembelajaran berbasis teknologi Artificial Intelligence dalam Pendidikan di era industry 4.0 dan society 5.0. JPSP: Jurnal Penelitian Sains Dan Pendidikan, 2(2), 192–198.
- Tanjung, R., Hanafiah, Arifudin, O., & Mulyadi, D. (2021). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(4), 291–296.
- Widayanti, W., Yuberti, Y., Irwandani, I., & Hamid, A. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Praktikum Percobaan Melde Berbasis Project Based Learning. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 6(1), 24–31.
References
Adnan, M., & Anwar, K. (2020). Online learning amid the COVID-19 pandemic: Students perspectives. Journal of Pedagogical Sociology and Psychology, 2(1), 45–51.
Amalia, A. F. (2017). Penerapan Metode Blended Learning Berbasis TIK Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Matakuliah Listrik Magnet II. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(1), 43–46.
Azizah, B. Y., Hermawan, I., & Farida, N. A. (2023). Penggunaan Aplikasi Quizizz Paper Mode dalam Peningkatan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII SMP Islam Tarbiyyatul Falah Karawang. SALIHA: Jurnal Pendidikan & Agama Islam, 6(2), 281–300.
Azmi, S. R. M., Dewi, M., & Dailami. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Melalui Pembelajaran Learing Community. Journal of Science and Social Research, VI(2), 404–407.
Dafitri, H. (2017). Pemanfaatan Wondershare Quiz Creator dalam Tes Berbasis Komputer. QUERY : Jurnal Sistem Informasi, 01(01), 8–18.
Fauziah, R., & Hadi, M. S. (2023). Analisis Efektivitas Dan Manfaat Quizizz Paper Mode Dalam Pembelajaran Interaktif Di Kelas III SDN Singabraja 02. JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 2721–2730.
Hasibuan, M. P. (2023). Quizizz Paper Mode Increases Student Learning Motivation in Mathematics Lessons at SD Plus Darul Ilmi Murni. Mahir : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 109–116.
Hernawati, K. (2009). Membuat Quiz/Evaluasi Dengan WonderShare Quiz Creator. In PPM Jurdik Matematika FMIPA UNY (Vol. 1, Issue November).
Maulida, M., Gimin, G., & Kartikowati, S. (2019). Powerpoint and Wondershare Quiz Creator Interactive Multimedia Development to Improve Student Learning Motivation. Journal of Educational Sciences, 3(3), 390–400.
Mispa, R., Putra, A. P., & Zaini, M. (2022). Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Live Worksheet pada Konsep Protista terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMAN 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi), 3(1), 2134–2145.
Musdar, M. (2023). Pengaruh Penerapan Media Quiziz dalam Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fisika Kelas X IPA. Journal on Education, 6(1), 490–502.
Nursamsu, & Kusnafizal, T. (2017). Pemanfaatan Media Pembelajaran ICT Sebagai Kegiatan Pembelajaran Siswa Di SMP Negeri Aceh Tamiang. Jurnal IPA Dan Pembelajaran IPA (JIPI), 1(2), 165–170.
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH : Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 2 Tahun 2008 Tentang Buku, 1 (2008).
Pratiwi, M. P., & Maulidiah, E. C. (2022). Pengembangan Buku Panduan Permainan Bola Basket Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Journal of Islamic Education, 4(2), 1–17.
Purba, L. S. L. (2019). Peningkatan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Quizizz Pada Mata Kuliah Kimia Fisika I. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1), 29–39.
Putri, A. N., & Hasan, M. A. K. (2023). Penerapan Kecerdasan Buatan sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab di Era Society 5.0. Tarling : Journal of Language Education, 7(1), 69–80.
Rini, & Zuhdi, U. (2023). Pengaruh Media Quizizz Paper Mode Terhadap Hasil Belajar Materi Penerapan Sikap Pancasila Kelas IV UPT SD Negeri 220 Gresik. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1), 65–74.
Supianto. (2023). OPPORTUNITIES AND CHALLEGES OF USING ARTIFICIAL INTELLIGENCE IN ASSESMENT. Jurnal Pendidikan Edutama, 10(2), 113–124.
Supriadi, S. R. R. P., Sulistiyani, & Chusni, M. M. (2022). Inovasi pembelajaran berbasis teknologi Artificial Intelligence dalam Pendidikan di era industry 4.0 dan society 5.0. JPSP: Jurnal Penelitian Sains Dan Pendidikan, 2(2), 192–198.
Tanjung, R., Hanafiah, Arifudin, O., & Mulyadi, D. (2021). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(4), 291–296.
Widayanti, W., Yuberti, Y., Irwandani, I., & Hamid, A. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Praktikum Percobaan Melde Berbasis Project Based Learning. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 6(1), 24–31.